Waspada…5 Duduk Kasus Akhir Memori Internal Penuh

Sarah Lea
F.Y.I Saya ini dahulu pernah menggunakan ponsel Android Samsung Galaxy Grand Prime SM-G530H. ponsel tersebut memiliki memori internal 8 GB dan RAM 1 GB.

Pada awal-awal penggunaan, semua fitur dan fungsi berlangsung sungguh baik. Hasil jepretan kamera bagus, internetnya cepat di saat digunakan download anime naruto, metode berlangsung tanpa gangguan dst. Intinya semua berlangsung sesuai dengan harapan.

Namun Semuanya Berubah Saat Negara Api Menyerang…!

Saat itu saya tidak punya duit untuk belum mau berbelanja suatu SD Card sebab dari fikiran sendiri memori 8 GB yang dimiliki Samsung Grand Prime sudah lebih dari cukup untuk memuat Foto dan Anime Naruto yang setiap minggunya terus update serialnya.

Pada masa itu pula saya belum memiliki perangkat Notebook yang dapat digunakan untuk memuat file-file yang ada di hape baik itu foto, dokumen, video maupun catatan ringan.

Ternyata, prediksi saya yang menilai 8 GB internal memori itu cukup itu salah besar sebab dalam waktu 2 bulan saja ruang penyimpanan sudah nyaris sarat sehingga tidak ada daerah untuk file lain.

Yang lebih bikin nyesek, memori internal Android yang sarat bukan cuma kendala tidak dapat simpan data lagi, namun ada 5 duduk kendala turunan yang mau timbul jika tidak secepatnya diatasi.

Apa saja kelima duduk kendala tersebut…?

Berikut klarifikasi lengkapnya…!

5 Masalah Akibat Memori Internal Android Penuh

I Saya ini dahulu pernah menggunakan ponsel Android Samsung Galaxy Grand Prime SM Waspada...5 Masalah Akibat Memori Internal Penuh

1. Loading Makara Lambat

Ponsel Android yang memori internalnya sarat digunakan ngapa-ngapain saja susah. Buka browser lelet padahal kuota internet banyak.

Digunakan foto-foto kameranya usang respons sehingga momen penting yang mulanya ingin diabadikan dengan kamera sudah lewat.

2. Kamera Tutup Sendiri

Masih terkait dengan duduk kendala yang pertama tadi dimana di saat akan mengambil gambar, aplikasi kamera mendadak tertutup sendiri. Meskipun dicoba berkali-kali tetap tidak bisa.

Read:  Cara Transfer Pulsa Telkomsel Paling Mudah

3. Aplikasi Tidak Bisa Diupdate

Aplikasi Android umumnya akan memperoleh pembaruan model yang dapat kita download di Playstore. Tetapi hal tersebut tidak akan bisa anda jalankan lagi jika memori internal anda penuh.
Seringkali saya kekurangan paket data sebab update aplikasi yang rata-rata besarnya 50 MB, namun pada di saat instalasinya gagal.

Baca Juga :

Cara Mengatasi Aplikasi WhatsApp Gagal Update

4. Sistem Sering Hang

Bisa buka aplikasi mungkin sudah cukup manis jika ketimbang duduk kendala yang satut ini. Memori internal yang sarat akan memicu metode hang yang ditandai dengan hadirnya pesan “ System Android Telah terhenti”.

5. Kepingin Ganti Hape

Karena sudah letih dengan ke 4 duduk kendala tadi, maka akan timbul duduk kendala no.5 yaitu kesempatan untuk mengubah hape gres dengan spek lebih gahar.

Rahasia

Tapi masalahnya merupakan kesanggupan dana orang yang ingin secepatnya ganti hape tidak pernah berbanding lurus dengan kesempatan sehingga terpaksa mesti memperoleh keadaan Hape Lemot Seperti Keong.

Solusi Untuk Memori Internal Android Cepat Penuh

Karena kekurangan fasilitas untuk memuat limpahan file dari hape serta tidak memiliki wawasan cukup untuk menangani ke 5 duduk kendala diatas saya jadi sering resah sendiri. Sementara kalau saya bawa hape ketukang servis takutnya dikibulin kemudian diminta biaya perbaikan tinggi.

Agar anda tidak mengalami hal yang serupa seumpama saya dulu, berikut merupakan penyelesaian terbaik yang sanggup saya berikan menurut pengalaman pribadi.

Dengan melakukan kiat dari saya ini anda tidak akan mengalami lagi yang namanya Hang, Aplikasi tertutup sendiri walaupun anda tidak memiliki SD Card.

Langkah 1. Bersihkan Cache dan Junk File

Cache merupakan data aplikasi yang disimpan agar aplikasi yang sudah ditutup pada di saat dibuka kembali lebih singkat tidak makan RAM.

Read:  Terbaru! Cara Merubah Kuota Videomax Menjadi Kuota Flash

Sedangkan File Junk itu tujuannya sampah metode yang ada sebab aktifitas dari metode Android itu sendiri maupun aplikasi yang kita jalankan.

Ukuran Cache akan terus meningkat seiring kian sering kita menggunakan aplikasi. Begitupula halnya dengan Junk File.

Untuk itu, agar ada sedikit ruang kosong yang dapat dimanfaatkan metode untuk menghasilkan Cache baru, hapuslah Cache usang secara berkala.

Anda bisa menghapusnya secara manual di santapan pengaturan atau menggunakan aplikasi pembersih metode seumpama Ccleaner, Samsung Device Maintainance dll.

Langkah 2. Cadangkan File di Google Drive

Google sungguh sayang dengan pengguna Android sehingga menawarkan layanan penyimpanan awan seumpama Google Drive dengan batas optimal 15 GB.

Sayangnya banyak yang tidak pernah menggunakan fitur ini padahal diluar sana banyak orang yang mesti mengeluarkan dana tak sedikit untuk berbelanja ruang penyimpanan sebesar yang diberikan Google tadi.

Untuk itu, secepatnya update aplikasi Google Drive anda kini juga dan nikmati ketentraman menyimpan data secara online yang kapan saja sanggup anda kanal kembali seumpama halnya menyimpan data di Harddisk Laptop.

Langkah 3. Sinkronkan Hape Dengan Google Foto

Karena ponsel Android modern memiliki resolusi kamera yang tinggi, satu buah file foto bisa berukurang 5 MB. Jika dalam sehari anda dapat menyimpan 5 buah foto dengan masing-masing berskala 5 MB, anda dapat kalikan sendiri berapa banyak ruang pada memori internal yang diambil cuma untuk foto.

5 Foto x 5  MB = 25 MB

25 MB x 30 Hari =750 MB

Apabila anda tergolong orang yang suka foto-foto dengan hape, sungguh direkomenasikan mensinkronkan perangkat anda dengan aplikasi Google Foto.

Aplikasi ini jika diaktifkan akan secara otomatis membackup foto yang ada di Folder DCIM /  Camera pada memori internal anda ke Google Drive.

Read:  5 Cara Menangani Memori Sarat Hape Pada Android Tanpa Reset

Kalau foto sudah ada cadangannya, anda dapat hapus file yang ada di memori internal biar ada ruang pemanis untuk foto lain.

Umpamanya suatu di saat anda ingin menyaksikan atau membagikan koleksi foto ke sosial media seumpama Facebook anda tinggal menshare link dari foto tersebut tanpa mesti download ulang.

Penutup

Nah itulah kawan-kawan semua klarifikasi singkat saya wacana duduk kendala yang mau diakibatkan memori penyimpanan internal Android penuh, lengkap dengan solusinya.

Semoga isu yang saya bagikan ini sanggup berharga buat anda semua. Jika ada hal yang kurang terang dari klarifikasi diatas silahkan berkomentas dan secepat mungkin akan saya balas.

Terimakasih.

Next Post

Mengatasi Blackberry Q10 Mati Total Berhasil 100%

Mengatasi Blackberry Q10 Mati Total – Assalamualaikum gan, dikala ini aku akan membagikan suatu pengalaman ihwal cara menangani hp mati total tepatnya hp BB Q10. Hp jenis ini memang telah dibilang hp jadul, tetapi ternyata masih cukup tidak mengecewakan juga penggunanya. Sehingga aku putuskan untuk mengangkat problem ini di blog […]
Mengatasi Blackberry Q10 Mati Total Berhasil 100%