Terbukti..Ini Cara Meminimalisir Kuota Data Internet Android Paling Jitu

Sarah Lea
Rahasia

Menurut mimin nih ya, harga paket internet disemua provider itu tidak murah walaupun di iklannya senantiasa dikatakan murah.

Pada dikala penawaran spesial provider senantiasa ngaku-ngkau banyak gratis namun waktunya dibatasi cuma dijam pocong alias diatas jam 24:00….

Ada juga yang menampilkan harga relative rendah dari provider lain namun berlaku pada area-area tertentu saja…
Intinya…Syarat dan ketentuan berlaku..

Dengan fakta tersebut, maka wajib hukumnya untuk anda yang memiliki budget terbatas untuk cerdas menertibkan penggunaan data internet.

Tujuannya ?

mudah-mudahan budget keuangan untuk kebutuhan lain tidak habis cuma untuk beli paket data.

Untuk itu Pada postingan kali ini,,mimin akan menerangkan wacana bagaimana cara meminimalisir paket data internet yang benar untuk semua provider internet baik itu XL,Axis, Telkomsel, Smartfren dll.
Panduan ini menurut pengalaman mimin pribadi dan acuan dari aneka macam sumber…

Cara Hemat Paket Data Internet Perangkat Android

1.    Mematikan paket data dikala tidak diperlukan

Agar penggunaan data internet lebih hemat, senantiasa ingat untuk mematikan data seluler pada perangkat android pada dikala tidak diperlukan.

Misalnya anda sedang menjalankan kiprah sekolah atau kantor. Agar melakukan pekerjaan lebih nyaman, matikan data seluler mudah-mudahan data internet tidak terbuang percuma oleh pemberitahuan social media yang tentunya akan mengusik fokus anda dalam bekerja.

Mematikan data internet di hape android tentunya sudah tahu downk caranya..?. Tinggal klik ikon data seluler saja..

2. Gunakan Browser Hemat Data

Google chrome menjadi browser yang paling banyak digunakan pengguna android didunia. Selain sebab factor kecepatan dan penampilan web yang sungguh baik.

Tetapi juga disebakan Google Chrome merupakan aplikasi bawaan system operasi android itu sendiri.

Sayangnya, Google Chrome tidak begitu anggun dalam pengurangan data walaupun sudah mengaktifkan data saver.

Apa itu fitur data saver…?

Fitur Data Saver pada Chrome merupakan fitur yang memungkinkan pengurangan pada dikala browsing .

Sayangnya, fitur ini cuma bisa meminimalisir sedikit data saja. Dari hasil percobaan mimin, dari 20 MB data, cuma 1 MB saja yang dapat diselamatkan.

Kalau anda memang lebih senang browsing menggunakan Google Chrome dibanding browser lain mengkatifkan data saver itu wajib.

Untuk mengaktifkan data saver, buka Google Chorme, klik titik tiga dipojok kanan atas aplikasi, kemudian pilih pengaturan. Selanjutnya klik “ Data Saver On”.

Jika anda punya kekurangan data lebih baik gunakan browser lain. Untuk itu, mimin lebih menganjurkan browser yang memang sudah terbukti paling hemat penggunaan data internet menyerupai Opera Mini.

Dari hasil pengujian, opera mini lebih ekonomis 4 kali lipat  dari Google Chrome dan 2 kali lipat dari browser UC Browser.

Sumber : http://blogs.opera.com

Oleh sebab itu, maksimalkan eksistensi opera mini untuk segala kebutuhan internet anda menyerupai browsing, membuka email, buka facebook, Streaming Video dll.

Selain itu, ada fitur gres opera mini untuk menunjang aktifitas social media anda menyerupai facebook.

Terdapat pemberitahuan facebook sehingga anda tidak perlu menginstall aplikasi facebook lagi yang menyerupai kita tahu sungguh boros data dan RAM.

Streaming youtube juga lebih hemat, sebab video secara otomatis akan diperkecil resolusinya sehingga data yang terpakai lebih sedikit.

3. Matikan Sinkronisasi Otomatis Dari Aplikasi

Auto sync merupakan fitur android mudah-mudahan yang anda install sanggup sinkron dengan server google maupun server aplikasi tersebut.

Sinkronisasi ini memungkinkan server mengantarkan pemberitahuan berupa email atau pemberitahuan pribadi wacana fitur dan update aplikasi.

Tapi pemberiatahuan tersebut menggunakan data internet juga, walaupun kita tidak tahu persis seberapa besar penggunaannya, namun dengan mematikan sinkronisasi otomatis sanggup meminimalisir data internet anda.

Caranya….?

Buka suguhan Pengaturan / Akun & Sync kemudian hilangkan centang pada akun yang ditautkan dengan perangkat anda.

4. Gunakan Aplikasi Lite

Facebook merupakan jejaring social yang memiliki pengguna terbayak dikala ini, tercatat facebook dikala ini memiliki pengguna lebih dari 2 miliar.

Karena sungguh popular, eksistensi aplikasi facebook menjadi aplikasi wajib bagi pengguna ponsel pintar android.

Masalahnya, aplikasi facebook beken boros data sehingga menyulitkan mereka yang terbatas paket datanya.

Sadar akan hal tersebut, facebook menyebarkan aplikasi yang lebih ringan yaitu aplikasi facebook dan masengger model lite (ringan).

Selain ekonomis data, aplikasi ini juga ekonomis ruang penyimpanan sebab ukuran filenya cuma sekitar 1 MB saja. Selain kedua aplikasi tersebut, Line juga menyebarkan aplikasi Line model Lite.

Cuma….aplikasi lite juga fitur-fiturnya banyak dipangkas demi ekonomis data dan ruang penyimpanan .

Rahasia

5. Matikan Update Aplikasi Otomatis Di Playstore
Agar kita bisa menikmati fitur gres dari aplikasi, kita disarankan untuk melaksanakan update aplikasi secara berkala.

Tetapi aktifitas mengupdate aplikasi bakalan menyulitkan saja apabila kita dalam keadaan krisis paket data internet.

Agar data tidak tersedot secara otomatis akhir update aplikasi, matikan fitur update otomatis tersebut dengan cara : Buka playstore – pengaturan  – matikan update otomatis atau atur mudah-mudahan proses update cuma berlangsung pada dikala perangkat tersambung pada jaringan wifi saja.

6. Install Aplikasi Penghemat Data

Supaya lebih ekonomis lagi dalam penggunaan data internet, install aplikasi ekonomis data menyerupai opera max.
Opera max akan melaksanakan pengurangan secara otomatis kepada aplikasi-aplikasi yang dicurigai menggunakan data dalam jumlah banyak.

Aplikasi yang memerlukan data internet akan secara otomatis dikompress penggunaan datanya, misalnya aplikasi social media dan aplikasi chating menyerupai BBM,Line, WA, Line, dan Kakao Talk.

7. Sesuaikan Resolusi Video Youtube

Sama menyerupai Google Chrome, youtube merupakan aplikasi wajib yang ada pada perangkat ponsel pintar dengan system operasi android.

Dengan adanya youtube, kita bisa menonton beraneka video dari aneka macam chanel langganan kita.
Terkadang saking asiknya streaming, kita hingga lupa jikalau paket data internet tinggal sedikit dan sadar setelah ada pemberitahuan dari sms provider.

Untuk meminimalisir penggunaan data dari aktifitas streaming youtube, kerjakan setting resolusi video menjadi lebih rendah misalnya dengan menangkal video dengan mutu HD cuma diputar dikala tersambung dengan jaringan Wifi.

Caranya…?

Buka aplikasi youtube, klik akun anda yang ada dipojok kanan atas kemudian buka Pengaturan / Umum Aktifkan OpsiBatasi penggunaan data seluler ” dan “ Matikan autoplay ”.

Meskipun sudah melaksanakan pengaturan diatas, semestinya aktifitas streaming dikurangi sebab bagaimanapun hematnya, streaming video merupakan aktiftias yang menyita data paling banyak dibandingkan aktifitas online lain.

8. Beli paket 4G

Nah ini yang hot-hotnya, kini kan sudah kala internet 4G yang lebih kencang dari generasi sebelumnya 2G dan 3G.

Yang lebih seru, paket 4G bonusnya lebih banyak dibandingkan paket data internet regular. Misalnya saja nih paket paket Xtra Combo XL yang harganya Rp.59.000 sanggup data regular 2GB (semua jaringan) dan data di area 4G 4 GB.

Tidak cuma XL, provider lain menyerupai Telkomsel juga mengobrol harga yang cukup murah untuk data di area 4G, untuk itu silahkan cek paket lain yang ditawarkan provider yang anda gunakan.
Tapi perangkat saya belum support 4G min..gimana ..?

Tips ini kan salah satu dari sekian kiat yang hendak dijelaskan, jadi baca terus hingga habis. Kalau mau menikmati paket 4G ya semestinya ganti hape saja yang sudah 4G.

Baca Juga :

Smartphone Android 4G Satu Jutaan Terbaik

9. Matikan fitur Auto Download Whatsapp

Fitur auto download whatsapp bahwasanya secara default sudah diaktifkan oleh aplikasi chat WhatsApp (WA), namun fitur ini menghasilkan paket data cepat habis sebab file menyerupai Video dan Gambar yang diupload user lain secara otomatis diunduh perangkat.

Untuk itu kita perlu mematikan fitur ini dengan cara : Buka WA klik tombol suguhan (titik 3 pojok kanan atas) kemudian pilih Setting / Data Usage / Media Auto Download.

Pada pilihan When Using Mobile Data hilangkan centang pada semua pilihan yang ada menyerupai : Images, Audio, Videos, Documents.

Begitu pula dengan pilihan When Connected to Wifi, kerjakan setting menyerupai diatas atau dapat juga dibiarkan secara default.

10. Install aplikasi WPS WPA Tester

Ini ia aplikasi andalan mimin pada dikala paket data internet sedang minim. WPS WPA merupakan aplikasi yang dirancang khusus untuk ponsel pintar android untuk sanggup mengakses Wifi hotspot walaupun diproteksi dengan password dengan syarat Wifi tersebut memiliki WPS aktif.

Cara menggunakan WPS WPA Tester ternyata cukup mudah. Kita cuma perlu install aplikasinya dari google playstore dan jalankan.

Klik suguhan Scan untuk melaksanakan Scaning Hotspot yang dijangkau perangkat dan akan ditampilkan di layar.

Kalau ada hotspot yang dideteksi dan warna icon sinyalnya hijau, memiliki arti hotspot tersebut bisa dibuka, trus klik (Try to Connect). Sebaliknya, jikalau warna icon sinyalnya merah berate hotspot tersebut tidak dapat dibobol oleh aplikasi ini.

Tetapi…

Aplikasi ini lazimnya memerlukan terusan Root pada perangkat, untuk itu pastikan perangkat anda sudah di Root apalagi dahulu.

11. Matikan Update otomatis perangkat lunak

Pembaruan perangkat lunak menyerupai yang sudah mimin jelaskan pada postingan artikel sebelumnya penting untuk kita lakukan.

Tujuannya mudah-mudahan perangkat optimal antara hardware dan softwarenya. Secara default pembaruan perangkat lunak akan didownload secara otomatis.

Meskipun penting, namun proses ini memerlukan data internet yang tidak sedikit. Tidak jarang file yang hendak didownload bisa berskala ratusan MB.

Untuk itu, setting perangkat mudah-mudahan download perangkat lunaknya cuma ditangani dikala perangkat terhubung dengan jaringan Wifi.

Cara mematikan update perangkat lunak otomatis :

Buka suguhan Pengaturan / Tentang Perangkat / Perbarui Perangkat Lunak kemudian hilangkan centang pada pilihan perbarui secara otomatis.

Nah…

Itulah 11 kiat yang dapat mimin berikan untuk meminimalisir penggunaan data internet agar tidak cepat habis.

Semoga kiat yang mimin jelaskan berharga dan jangan lupa like dan sharenya mudah-mudahan kawan terdekat anda juga tahu kiat ini.

Rahasia
Next Post

Samsung Sm-J710f Frp Locked Binary 4 File Combine

Brand : Samsung Model : SM-J710F  Binary/OS : 4/7 Kendala : Lock FRP Pengerjaan : – Flash memakai file kombinasi – Setelah masuk ke sajian factory mode,  Pilih : – IME – tekan *#0808# – pilih DM+ACM+ADB – pilih Reboot – Lalu masuk mode download dan flash memakai official firmware […]
Samsung Sm-J710f Frp Locked Binary 4 File Combine
/* */