Kontruksi Bangunan Rumah Diatas Air

Kontruksi Bangunan Rumah Diatas Air

jenis-jenis-pekerjaan-konstruksi-saluran-air

Pekerjaan konstruksi saluran air, merupakan kebutuhan cardinal dalam proses perencanaan aktivitas arsitektur. Baik dalam membangun konsep rumah sederhana, bangunan gedung dan fasilitas sipil lain pada umumnya.

Tak hanya konstruksi struktur bangunan, pembangunan saluran air juga kerap wajib diperhatikan dalam aktivitas arsitektur. Ini dikarenakan kebutuhan air wajib tersedia kapan dan dimanapun seseorang itu berada.

Tanpa proses desain yang baik kebutuhan diatas tidak akan terpenuhi secara lancar. Dan proses pembangunan setelah bangunan membuat proses berjalan kurang efektif. Karena tak jarang, instalasi saluran air berada di dalam struktur bangunan.

Seperti tembok, bagian dasar bangunan, hingga atap. Dan setiap kebutuhan saluran air memiliki karakternya masing-masing. Kesalahan dalam instalasi akan membuat air tidak berjalan dengan baik, dan bahkan berisiko terjadi penyumbatan.

Perbedaan Jenis Konstruksi Saluran Air

Disadari atau tidak, dalam dalam kebutuhannya saluran air membutuhkan jenis produk berbeda satu dengan yang lain. Hal ini dilakukan untuk mengoptimalkan proses budgeting dan efektivitas usia pakai pekerjaan konstruksi saluran air secara keseluruhan.

Saluran Air Bersih.

Jenis kebutuhan ini biasa dibutuhkan pada beragam jenis bangunan. Seperti rumah, gedung, apartemen, bangunan komersial dan fasilitas umum lain. Ini dikarenakan kebutuhan air sering dibutuhkan, terutama untuk aktivitas sanitas dan sebagainya.

Apa jadinya jika sebuah bangunan tidak memiliki saluran air ? Atau apa yang Anda lakukan jika di rumah tidak ada saluran air bersih ? Bisa jadi aktivitas setiap hari seperti mandi dan bahkan memasak akan menjadi perkara yang tidak mudah.

Padahal mandi merupakan aktivitas sanitasi yang wajib terpenuhi setiap hari. Aktivitas ini sering dilakukan untuk melindungi tubuh dari ancaman kuman dan bakteri yang sering menempel dalam aktivitas setiap hari dan mekanisme kimiawi dalam tubuh manusia.

Read:  Gambar Design Bangunan Rumah Yang Keren

Selain untuk kebutuhan tersebut, tak jarang kebutuhan air bersih digunakan untuk aktivitas memasak, mencuci (piring dan pakaian) serta kegiatan lain. Oleh karena itu, jenis saluran ini wajib ada untuk memenuhi kebutuhan air bersih sewaktu-waktu.

Pekerjaan konstruksi saluran air bersih biasanya dilakukan dengan sistem kerja dorongan atau tekanan. Karena sumber air biasa di dapat dari dalam tanah, dan dialirkan ke bagian atas, sehingga memerlukan alat seperti pompa air, dan sebagainya.

Karena bekerja dengan tekanan, maka dibutuhkan produk pipa dengan karakter khusus, atau tahan terhadap tekanan. Produk ini biasanya dapat dipenuhi dengan jenis pipa HDPE atau PVC dengan spesifikasi minimal tahan terhadap tekanan 10 bar atau 10 kg/cm2.

Pekerjaan Konstruksi Saluran Air Kotor.

Sama seperti saluran air bersih saluran air kotor juga sering dibutuhkan pada bangunan seperti rumah, gedung dan fasilitas umum lainnya.
Hanya saja mekanisme kebutuhan ini membutuhkan spesifikasi produk pipa lebih sederhana.

Saluran air kotor umumnya dibutuhkan untuk membuang limpahan air berlebih dari hujan dari atap bangunan. Karena air yang tertampung di atap akan bermasalah jika tidak segera disalurkan (dibuang), dan berisiko membebani struktur bangunan, terutama bagian atap.

Selain itu, saluran buangan juga berfungsi mengalirkan sisa air dari aktivitas sanitasi, seperti mandi dan mencuci. Proses pembuangan yang baik, akan menjaga lingkungan tetap sehat, tanpa ancaman pencemaran yang berdampak pada munculnya masalah kuman dan penyakit.

Berbeda dengan saluran air bersih yang bekerja dengan mekanisme pendorong (menggunakan alat) pembangunan saluran air kotor biasanya bekerja secara alami. Dalam hal ini air mengalir hanya dengan bantuan gaya gravitasi.

Sehingga spesifikasi kebutuhan pipa yang platonic untuk saluran ini tidak terlalu tinggi, dengan ketahanan terhadap tekanan tak sampai 3 bar. Jenis pipa yang cocok untuk kebutuhan ini adalah pipa dari bahan PVC yang dapat dijumpai di toko bangunan dan ritel lain.

Read:  Cara Bangun Rumah Murah Meriah

Tak selalu dengan pipa, mekanisme pembuangan limbah domestik juga sering dikerjakan dengan cara lain. Seperti membangun saluran air dengan beton yang dibentuk dengan sudut kemiringan tertentu, atau biasa kita sebut dengan got atau gorong-gorong.

Dibanding menggunakan pipa, cara ini lebih komplek karena membutuhkan proses pengerjaan dan perhitungan lebih panjang. Meski demikian cara ini dianggap lebih efektif, karena tingkat kerusakan saluran yang relatif lebih rendah (Dibanding menggunakan pipa).

Saluran Air Panas.

Merupakan kebutuhan saluran air tambahan, yang instalasinya tidak wajib ada pada setiap bangunan. Namun untuk kebutuhan komersial dan perhotelan, pekerjaan konstruksi saluran air panas sangat dibutuhkan.

Lebih komplek dari sekedar kebutuhan air bersih, air bersuhu tinggi memiliki sejumlah kelebihan jika dimanfaatkan secara benar. Salah satunya proses sanitasi atau cuci-cuci, pada bangunan komersial seperti restoran, jenis air ini dapat membuat proses pembersihan alat makan lebih efektif.

Dalam kebutuhan mandi setiap hari, beberapa jurnal kesehatan juga membuktikan air hangat memiliki manfaat bagi kesehatan. Terutama proses relaksasi dengan mekanisme peregangan urat yang tegang karena aktivitas setiap hari.

Pekerjaan konstruksi saluran air panas biasanya dipenuhi dengan produk pipa dengan spesifikasi khusus. Selain bekerja dengan tekanan, produk pipa yang dibutuhkan biasanya juga harus tahan terhadap panas, dan mampu menjaga suhu air, hingga saat digunakan.

Pada konstruksi banguanan mod, jenis pipa yang sering digunakan dalam kebutuhan ini diantaranya jenis pipa PPR dan Pipa besi. Keduanya memiliki kelebihan masing-masing dan ideal untuk kebutuhan saluran air panas pada gedung dan bangunan.

Saluran Air Limbah.

Merupakan kebutuhan saluran air kotor tingkat tinggi. Biasanya digunakan untuk mengalirkan fabric berbahaya, seperti limbah pabrik dan sebagainya. Dibutuhkan perhitungan dan perencanaan khusus dalam pekerjaan konstruksi saluran air jenis ini.

Read:  Rumah Luas Bangunan 112 M2

Berbeda dengan jenis limbah domestik yang hanya berpengaruh sedikit terhadap lingkungan, tak jarang aktivitas industri kerap menyisakan limbah dari bahan berbahaya. Selain membutuhkan saluran khusus, dibutuhkan proses pengolahan yang tepat, sebelum limbah dapat dibuang di saluran biasa.

Kebutuhan saluran ini biasanya dibutuhkan pada fasilitas pengolahan limbah besar, seperti pabrik, dan fasilitas kesehatan umum (rumah sakit). Rumah sakit juga sering menghasilkan limbah berbahaya, seperti darah dan fabric menular lain.

Dibanding 3 jenis konstruksi saluran air di atas, bisa jadi jenis saluran limbah berbahaya membutuhkan mekanisme proses pembuangan dan pengolahan khusus. Dan dibutuhkan produk pipa higienis yang mampu mengantar limbah terbuang tepat pada tempatnya.

Selain pemilihan produk yang tepat, dibutuhkan proses instalasi yang efektif dan efisien dalam hal ini. Bahkan dalam pengerjaanya, dibutuhkan sertifikasi khusus yang dikeluarkan oleh lembaga pemerintahan yang membuktikan proses saluran pengolahan dan pembuangan bekerja dengan benar.


PT Anggaza Widya Ridhamulia merupakan perusahaan konstruksi swasta yang sudah menangani berbagai proyek skala nasional selama lebih dari 1 dekade. Apabila Anda membutuhkan layanan jasa konstruksi profesional, silahkan hubungi kami untuk informasi dan konsultasi lanjutan.

Kontruksi Bangunan Rumah Diatas Air

Source: https://www.awrm.co.id/jenis-jenis-pekerjaan-konstruksi-saluran-air/

You May Also Like