Yang Perlu Kamu Ketahui tentang Flashing

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui tentang apa itu flashing. Sebenarnya flashing ini sudah cukup familiar dalam kaitannya dengan smartphone terutama bagi yang suka mengotak-atik Android. Flashing secara definisi merupakan suatu cara untuk menginstal kembali sistem operasi yang ada di smartphone agar kembali fresh atau terlihat seperti baru kembali. Cara untuk flashing ini bisa dengan menggunakan stock room atau custom room. Dengan melakukan flashing pada smartphone kita, maka smarphone yang kita gunakan bisa meningkat performanya. Sayangnya, jika kita gagal atau salah dalam memilih firmware maka dapat menyebabkan softbrick atau resiko terburuknya smarphone yang kita gunakan akan mati total dan sulit untuk diperbaiki lagi, atau istilah lain UnBrick.

Seringkali kita merasa kesal jika smartphone kita sering nge-hang tiba-tiba dan tidak tahu apa yang harus dilakukan. Bagi yang berpikir praktis tentu inginnya langsung dibawa ke tempat servis dan meminta mereka untuk flash ulang sebagai salah satu cara untuk memperbaiki eror yang sering nge-hang tersebut. Namun, tentu saja cara seperti ini membuat kita harus merogoh kocek untuk biaya servis dan kita juga harus meluangkan waktu untuk pergi ke tempat servis. Sedangkan, bagi yang berpikirnya ke depan tentu tidak ingin terus-menerus buang-buang waktu ke tempat servis jika sewaktu-waktu smartphone tersebut rusak. Kita juga perlu belajar untuk memperbaikinya agar bisa menekan biaya yang dikeluarkan. Dengan begitu kita bisa lebih menghemat dan menggunakan uang yang tadinya untuk tukang servis bisa digunakan untuk kebutuhan penting lainnya.

Kita bisa melakukan flashing sendiri jika mau belajar dengan syarat kita harus teliti dalam memilih Firmware/room yang sesuai dengan tipe smartphone yang kalian gunakan. Hal ini dilakukan untuk menghindari bootloop atau stuck di logo ketika melakukan flashing.

Berikut ini beberapa alasan mengapa seseorang harus melakukan flashing pada smartphone-nya:

  • Untuk mengatasi aplikasi yang sering force close tiba-tiba

Jika kita seringkali mendapati aplikasi pada smartphone kita dalam keadaan sering menutup tiba-tiba atau disebut juga force close, maka kita harus melakukan flashing agar kejadian tersebut tidak berulang kali terjadi pada smartphone kita. Karena tentu saja kita akan sering terganggu jika aplikasi yang sedang digunakan seperti sosial media atau game tiba-tiba tertutup secara tiba-tiba.

  • Untuk meningkatkan kinerja smartphone

Layaknya manusia jika sedang kelelahan dan kekurangan stamina, maka kinerja dan produktivitasnya pasti akan menurun. Begitu pula halnya dengan smartphone sehingga kita harus melakukan flashing agar kinerja dan performa dari smartphone dapat meningkat dan lebih lancar. Kita pun juga bisa menambahkan fitur pada smartphone sekaligus menghapus fitur yang sering tidak digunakan pada smartphone.

  • Untuk menghilangkan virus yang cukup parah

Dengan melakukan flashing kita bisa menghilangkan virus dengan cara factory reset. Seperti kita ketahui keberadaan virus pada smartphone kita tentu sangat mengganggu dan bisa merusak aplikasi serta file atau dokumen yang kita simpan di dalamnya. Sehingga kita harus membersihkan segala macam jenis virus yang ada dalam smartphone kita.

Demikian informasi mengenai flashing teknologi yang perlu kita ketahui. Sehingga jika sewaktu-waktu smartphone kita dalam keadaan mati atau nge-hang tiba-tiba serta loading lama ketika mengoperasikan aplikasi, tentu kita bisa mengatasinya sendiri. Semoga bermanfaat.

Related:

NgaDimin has written 142 articles

Computer Life Money

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>