Utilitas Bangunan Rumah Tinggal Docx

Utilitas Bangunan Rumah Tinggal Docx

6 Point Utilitas yang wajib ada pada semua bangunan arsitektural (bangunan rumah huni hingga bangunan publik)

Utilitas bangunan adalah suatu kelengkapan yang digunakan untuk menunjang tercapainya unsur-unsur kenyamanan, kesehatan, kemudahan, keselamatan, komunikasi dan mobilitas dalam bangunan.

Untuk menciptakan hunian yang nyaman, kita harus memperhatikan dan menyertakan fasilitas utilitas yang dikoordinasikan dengan perancangan yang lain, seperti perancangan arsitektur, perancangan struktur, perancangan interior dan lain sebagainya.

Perancangan utilitas bangunan terdiri dari:

1.    Sistem pencahayaan

utilitas pencahayaan alami

Pencahayaan dibutuhkan agar mata kita merasa nyaman bila melihat dan beraktivitas. Pencahayaan dapat diperoleh secara alami dan buatan.Republic of indonesia merupakan Negara yang memiliki iklim tropis dimana matahari bersinar sepanjang tahun. Hal ini memberikan keuntungan yang sangat besar karena kita bisa memanfaatkan sinar matahari ini untuk memberikan penerangan pada rumah tinggal atau bangunan dengan sangat mudah.Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan cahaya matahari adalah dengan membuatsystem ventilasi yang baik, Ventilasi dikatakan baik, bila system itu berlangsung secara alamiah dalam artian berlangsung dengan sendiri tanpa alat bantu, misalnya membuat ventilasi menghadap kearah matahari terbit. Selain ventilasi, penggunaan glass block juga bisa menjadi alternative untuk menyalurkan cahaya ke dalam ruangan atau bangunan. Pencahayaan alami juga bisa diperoleh dengan pemasangan genting kaca  pada atap rumah .

utilitas pencahayaan buatan (listrik)

Ketika pencahayaan alami tidak berfungsi , misalnya pada malam hari, maka diperlukan arrangement pencahayaan buatan. Pencahayaan buatan  diperoleh dari lampu, lilin, obor, dll.Arrangement pencahayaan yang baik akan menciptakan suasana rumah yang nyaman dan memudahkan penghuninya beraktivitas.

2.    Sistem pengkondisian udara (penghawaan)

Sistem sirkulasi udara yang baik akan menjadikan rumah atau bangunan terasa nyaman, sehat dan segar, dimana akan menjadikan penghuninya betah berlama-lama di dalamnya. Untuk itu diperlukan usaha untuk mendapatkan udara yang segar, baik udara segar dari alam dan aliran udara buatan.

Read:  Pengertian Dan Fungsi Tembok Bangun Rumah

Cara memperoleh udara segar dari alam adalah dengan cara memberikan bukaan pada daerah yang diinginkan dan memberikan ventilasi yang sifatnya menyilang. Udara yang nyaman mempunyai kecepatan tidak boleh lebih dari 5 km/jam dengan suhu/ temperatur kurang dari 30°C dan banyak mengandung O2.

Daerah di Indonesia kebanyakan kurang memberikan kenyamanan karena udaranya panas (23 -34°C), udaranya kotor (berdebu, berasap) dan angin tidak menentu, khususnya pada bangunan tinggi, angin mempunyai kecepata tinggi. Karena keadaan alam yang demikian, maka diperlukan suatu cara untuk mendapatkan kenyamanan dengan menggunakan alat penyegaran udara (air condition).

iii.    Sistem saluran pipa (plumbing)

Plumbing adalah semua kegiatan yang berhubungan dengan pemasangan, pemeliharaan, dan perawatan instalasi air baik di rumah maupun di gedung.Sistem plumbing yang baik pada rumah tinggal atau gedung merupakan hal yang sangat penting karena air merupakan kebutuhan vital manusia.

System plumbing pada perumahan dan gedung sedikit berbeda, perbedaannya .adalah di gedung system plumbing lebih lengkap dan biasanya ada peralatan pengolahannya.

Pembagian plumbing antara lain:

  • Instalasi plumbing untuk air bersih
  • Instalasai plumbing untuk air bekas
  • Instalasi plumbing untuk air kotor
  • Instalasi plumbing untuk vent
  • Instalasi plumbing untuk air hujan

4.    System Fire Fighting (Sistem Pemadam kebakaran)

Peristiwa kebakaran rumah tinggal maupun gedung menimbulkan kerugian materi yang tidak sedikit.Untuk itu diperlukan sebuah sistem untuk mencegah terjadinya peristiwa ini.Sistem fire Fighting atau sistem pemadam kebakaran adalah system yang dibuat sebagaiupaya preventif (pencegah) terjadinya kebakaran. Sistem ini terdiri dari sistem sprinkler, sistem hidran dan Burn Extinguisher. Dan pada tempat-tempat tertentu digunakan juga sistem fire gas.Tetapi pada umumnya sistem yang digunakan terdiri dari: sistem sprinkler, hidran dan fire extinguisher.

Read:  Media Pembelajaran Rumah Adat Dan Bangunan Adat

5.    Sistem Elektrikal

Sistem elektrikal suatu bangunan adalah pemasok energi untuk penerangan, pendinginan, pemanasan, dan pengoperasian peralatan-peralatan listrik.Sistem ini harus dipasang sesuai peraturan instalasi listrik yang berlaku sehingga memenuhi standar keamanan dan keselamatan bagi penggunanya serta efisien.Sistem elektrikal untuk penerangan harus diintegrasikan dengan sistem pancahayaan pasif dari desain jendela dan bukaan-bukaan pada bangunan.

Umumnya daya listrik diperoleh dari perusahaan pemasok energi listrik PLN.Untuk beberapa hal sumber cadangan listrik berupa generator sering digunakan untuk kondisi darurat, seperti untuk lif, pompa kebakaran, lampu pintu emergensi, telepon, alarm, peralatan kedokteran dirumah sakit, alat-alat dilaboratorium, pabrik, dsb.Sistem jaringan elektrikal harus dilengkapi pengaman berupa grounded (netral), untuk mengurangi dampak statik.Semua ini tergantung kebutuhan, fungsi bangunan, kemudahan penempatan outlet dan intake, fleksibilitas, estetika interior, perawatan dan keamanan.Setiap perencanaan jaringan elektrikal harus dapat pengesahan dari ahli instalatur listrik berlesensi.

6.    Sistem penangkal petir

Secara umum sistem ini berfungsi untuk memproteksi gedung dan sekitarnya dari  petir. Dalam Perlindungan penangkal petir atau anti petir maupun sebutan penyalur petir terdapat dua sistem yang sangat erat berkaitan satu sama lainnya, yang pertama adalah penangkal petir eksternal yaitu instalasi penyalur petir yang sering kita jumpai di atas bangunan berupa batangan tembaga ataupun sistem elektrostatis. Penangkal petir internal atau sering disebut dengan surgge Arraster adalah sustu sistem proteksi internal dalam cakupan instalasi listrik, Lan ( net ) , maupun instalasi komunikasi atau Telpon.Pekerjaan penangkal petir menyangkut meliputi pemassangan dan penyediaan instalasi penangkal petir,  grounding dan pembuatan bak kontrol.

Utilitas Bangunan Rumah Tinggal Docx

Source: https://rumahdesainkoe.blogspot.com/2017/05/utilias-bangunan.html

Check Also

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal Rencana Anggaran Biaya (RAB) Bangunan Tahun 2020 File Sofcopy Dalam …