Uang 500 Juta Bisa Bangun Rumah Seperti Apa

Uang 500 Juta Bisa Bangun Rumah Seperti Apa

Uang 500 Juta Bisa Bangun Rumah Seperti Apa

Tips Bangun Rumah 50 juta Dilengkapi Contoh Desain Rumahnya

RumahCom –
Bangun rumah 50 juta mungkin tampak seperti
mission impossible. Padahal tidak bisa dikatakan demikian, karena dengan anggaran terbatas Anda tetap bisa membangunnya. Semuanya bergantung kepada secermat mungkin dan secerdas mungkin Anda menekan biaya – biaya tertentu. Biasanya biaya membangun rumah menjadi mahal karena biaya tukang dan fabric yang digunakan. Kedua hal tersebut yang harus dipastikan tak mengalami pembengkakan biaya.

Contohnya, Anda bisa melirik hunian yang dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Namanya program rumah instan sederhana sehat (Risha) yang bisa menjadi solusi alternatif rumah layak huni dengan harga terjangkau bagi masyarakat dengan dana terbatas. Risha merupakan hunian yang dibangun dengan komponen utama berupa panel, beton, dan baut. Rumah ini juga dirancang secara modular atau blok-per-blok yang disusun menjadi satu. Setiap modul dirancang dengan ukuran 3×3 meter dengan harga sekitar Rp four,16 juta.

Penasaran bagaimana bisa bangun rumah 50 juta dengan desain berbeda? Simak tipsnya dalam artikel berikut!

  1. Fokus Penting Bangun Rumah 50 juta
    1. Luas Bangunan
    ii. Pondasi
    3. Dinding
    iv. Atap
    5. Lantai
    6. Plafond

  2. Tips Bangun Rumah 50 juta

  3. 5 Contoh Desain Bangun Rumah 50 juta
    1. Rumah Mungil Minimalis
    2. Rumah Tumbuh
    three. Rumah Semi Industrial
    four. Rumah Konsep Petakan
    v. Rumah dengan Mezzanine

9 Inspirasi Dekorasi Rumah Mungil, Cocok untuk Anda yang Ingin Berhemat

9 Inspirasi Dekorasi Rumah Mungil, Cocok untuk Anda yang Ingin Berhemat

Tips Rumah Dan Apartemen

9 Inspirasi Dekorasi Rumah Mungil, Cocok untuk Anda yang Ingin Berhemat

Fokus Penting Bangun Rumah l juta

Utamanya adalah material rumah memenuhi syarat standar sebuah bangunan layak huni. Sumber: Rumah.com - Green Rahayu 2

Utamanya adalah material rumah memenuhi syarat standar sebuah bangunan layak huni. Sumber: Rumah.com – Green Rahayu 2

Utamanya adalah material rumah memenuhi syarat standar sebuah bangunan layak huni. Sumber: Rumah.com – Dark-green Rahayu 2

Apakah uang 50 juta bisa bangun rumah? Bangun rumah fifty juta jelas bisa, hanya konsekuensinya harus cermat dari sisi fabric dan juga berdamai dengan keinginan muluk. Mau punya rumah di Sawangan, Depok, dengan harga di bawah Rp500 jutaan? Cek pilihan rumahnya di sini!

Dalam membangun rumah 50 juta Anda harus seefektif mungkin dalam menggunakan bujet. Untuk menghemat bujet, salah satunya dengan memilih material yang murah untuk membangun rumah. Artinya tidak perlu membangun dengan material yang harus kelas satu tetapi juga tidak sembarangan memilih bahan.

Read:  Pembangunan Rumah Minimalis Dengan Modal Minimalis

Jika ingin bangun rumah 50 juta, yang paling penting adalah cloth tersebut memenuhi syarat standar sebuah bangunan layak huni. Kisaran harga di dalam pembangunan harus berkisar antara Rp1,2 juta hingga Rp1,five juta rupiah per meter persegi. Di bawah ini sejumlah fokus utama bangun rumah Rp50 juta.

Luas Bangunan

Mengingat
upkeep
minim, Anda tentu hanya bisa membangun rumah di lahan terbatas. Membangun rumah 50 juta berarti mungkin Anda bisa mmebangun rumah dengan luas sekitar 20m2 hingga 40 m2. Di atas lahan tersebut, Anda kira-kira bisa membangun rumah tipe 21 sampai tipe 36. Anda bisa menggunakan konsep minimalis agar rumah di lahan terbatas tersebut tidak terasa sesak.

Pondasi

Tak perlu memakai fabric atau merek ternama dalam membangun rumah 50 juta. Saat ini sudah banyak material rumah harga terjangkau dengan kualitas tinggi. Termasuk untuk pondasi. Namun pondasi adalah hal utama dalam membangun rumah jadi pastikan kekuatan dan daya tahannya.

Tidak perlu pakai batu kali, cukup pondasi batu bata saja. Atau jika kondisi tanahnya bagus bisa langsung dipasang
sloof
beton bertulang, karena ini hanyalah rumah 1 lantai dengan atap baja ringan yang bebannya tidaklah berat.

Dinding

Dinding luar terdiri dari susunan batu bata yang dilapisi aci atau material plester. Supaya aman tidak mudah dijebol, sedangkan sisi dalam cukup memakai penyekat ruangan rangka kayu atau baja ringan, biayanya lebih murah serta tidak perlu diplester dan diaci.

Atap

Menghemat biaya dapat dilakukan dengan memakai material atap dengan baja ringan dibandingkan kayu. Baja ringan lebih murah dan awet dibanding kayu. Penutup atapnya bisa pakai galvalum tapi perlu diberi peredam agar tidak berisik saat hujan. Atau bisa juga memakai asbes maupun atap multiroof.

Lantai

Alternatif keramik untuk alas lantai adalah dengan memakai karpet untuk sementara. Biaya keramik lebih mahal, jadi Anda harus memikirkan pengganti keramik untuk lantai.

Plafond

Untuk atap rumah bisa dengan memasang plafon atau
gypsum
rangka besi
hollow.

Tips Bangun Rumah l juta

Melalui sketsa Anda bisa memperkirakan biaya untuk membangun yang mesti dikeluarkan. Sumber: Pexels - Bidvine

Melalui sketsa Anda bisa memperkirakan biaya untuk membangun yang mesti dikeluarkan. Sumber: Pexels – Bidvine

Melalui sketsa Anda bisa memperkirakan biaya untuk membangun yang mesti dikeluarkan. Sumber: Pexels – Bidvine

Read:  Bangun Rumah Murah 2 Lantai

Bangun rumah 50 juta harus disertai dengan perencanaan yang matang. Pertama-tama Anda bisa membuat sketsa atau gambar rumah terlebih dahulu. Dengan membuat sketsa, Anda bisa memperkirakan biaya untuk membangun yang mesti dikeluarkan. Ada banyak akal dan kreativitas lain yang harus Anda pikirkan juga. Misalnya, menggunakan material bangunan kualitas standar, alih-alih yang mahal.

Anda juga sebaiknya selektif dalam memilih tenaga kerja. Apabila perlu lakukan pengawasan langsung agar para tukang menyelesaikan pekerjaan tepat waktu dna tak buang-buang biaya lagi. Menggunakan tukang bangunan ahli yang produktivitasnya bagus bisa menekan pembengkakan biaya.

Tip Rumah

Dalam membangun rumah fifty juta, Anda bisa menciptakan hunian tinggal yang nyaman dengan bangunan desain rumah tipe 36. Tipe rumah ini mempunyai lahan yang cukup dan juga tidak terlalu luas akan cocok untuk bangunan yang nyaman walaupun memiliki luasan yang cukup terbatas.

5 Contoh Desain Bangun Rumah 50 juta

Desain rumah minimalis memang paling pas buat Anda. Sumber: Rumah.com - Rumah Cantik Minimalis Akses Motor

Desain rumah minimalis memang paling pas buat Anda. Sumber: Rumah.com – Rumah Cantik Minimalis Akses Motor

Desain rumah minimalis memang paling pas buat Anda. Sumber: Rumah.com – Rumah Cantik Minimalis Akses Motor

Bangun rumah fifty juta secara layak dapat dilakukan dengan biaya yang tak menguras seluruh isi kantong Anda. Desain rumah minimalis memang paling pas buat Anda yang ingin membangun rumah tinggal dengan biaya yang relatif lebih murah. Dalam ukuran desain, Anda bisa mengambil ukuran 6×6 meter dengan asumsi di dalam bangunan akan memuat ii kamar tidur, i ruang tamu, 1 kamar mandi, dan ane dapur yang menyatu dengan ruang makan.

Utamakan desain rumah tersebut akan memiliki ruangan yang sempit akan tetapi sangat cukup untuk keperluan Anda dan keluarga kecil.Setelah itu, Anda harus pintar-pintar di dalam menata perabotan atau
piece of furniture
yang nantinya akan diletakkan dalam ruangan rumah tinggal Anda tersebut.

1. Rumah Mungil Minimalis

Meski minimalis desainnya tetap optimal. Sumber: Rumah.com - Elbana City

Meski minimalis desainnya tetap optimal. Sumber: Rumah.com – Elbana Metropolis

Meski minimalis desainnya tetap optimal. Sumber: Rumah.com – Elbana City

Rumah satu lantai dengan desain minimalis ini jelas bisa Anda bangun dengan bujet Rp50 juta. Desainnya sederhana tak memerlukan pendetailan. Atap rumah juga tak berstruktur mahal. Cukup gunakan satu pintu dan dua jendela panjang dan ventilasi udara di atasnya untuk mendesain rumah mungil minimalis ini. Meski minimalis, desainnya tetap optimal.

Read:  Kpr Untuk Bangun Rumah Sendiri

2. Rumah Tumbuh

Anda bisa membangun rumah dengan fungsi ruangan utama terpenuhi lebih dahulu dan menyisakan sedikit lahan kosong di belakang rumah sebagai rumah tumbuh. Sumber: Rumah.com - Tenjo City

Anda bisa membangun rumah dengan fungsi ruangan utama terpenuhi lebih dahulu dan menyisakan sedikit lahan kosong di belakang rumah sebagai rumah tumbuh. Sumber: Rumah.com – Tenjo City

Anda bisa membangun rumah dengan fungsi ruangan utama terpenuhi lebih dahulu dan menyisakan sedikit lahan kosong di belakang rumah sebagai rumah tumbuh. Sumber: Rumah.com – Tenjo Metropolis

Rumah tumbuh di atas menyisakan lahan kosong pada bagian belakang rumah. Anda bisa membangun rumah dengan fungsi ruangan utama terpenuhi lebih dahulu. Seperti ruang tamu, ruang makan, kamar mandi, dan kamar tidur.

Barulah ketika ada bujet lebih Anda bisa membangun kembali atau memperluas rumah Anda dari lahan yang masih kosong di belakang rumah tadi. Gunakan secara efektif rak buku sebagai penyekat atau pembatas ruangan. Selain itu, gunakan perabotan berukuran kecil supaya muat di rumah Anda.

three. Rumah Semi Industrial

Biarkan bahan dinding batu bata di luar rumah terekspos sebagai bagian dari desain industrial. Sumber: Rumah.com - itinyhouses

Biarkan bahan dinding batu bata di luar rumah terekspos sebagai bagian dari desain industrial. Sumber: Rumah.com – itinyhouses

Biarkan bahan dinding batu bata di luar rumah terekspos sebagai bagian dari desain industrial. Sumber: Rumah.com – itinyhouses

Rumah dengan bentuk kotak ini bisa sangat menghemat bujet Anda karena tak perlu bergaya yang aneh-aneh. Biarkan bahan dinding batu bata di luar rumah terekspos sebagai bagian dari desain industrial dengan jendela-jendela kecil dalam desain rumah. Di samping rumah, Anda masih bisa membangun garasi sederhana beratapkan besi.

four. Rumah Konsep Petakan

Gunakan cat dinding warna lembut seperti hijau tosca untuk mempercantik desain minimalis Anda. Sumber: Rumah.com - Rumah Cantik Minimalis

Gunakan true cat dinding warna lembut seperti hijau tosca untuk mempercantik desain minimalis Anda. Sumber: Rumah.com – Rumah Cantik Minimalis

Gunakan true cat dinding warna lembut seperti hijau tosca untuk mempercantik desain minimalis Anda. Sumber: Rumah.com – Rumah Cantik Minimalis

Desain rumah petakan yang tak banyak penyekat dalam rumah jelas menghemat pengeluaran untuk membangun rumah. Meski hanya konsep petakan, yang penting ruang-ruang esensial dalam hunian tetap berfungsi dengan baik. Gunakan cat dinding warna lembut seperti hijau tosca untuk mempercantik desain minimalis Anda. Pada bagian langit-langit rumah Anda juga bisa dicat dan diberi pola.

5. Rumah dengan Mezzanine

Coba tiru desain rumah mezzanine di atas yang menggunakan tangga dari kayu besar dan multifungsi. Sumber: Rumah.com - Rumah ala Korea

Coba tiru desain rumah mezzanine di atas yang menggunakan tangga dari kayu besar dan multifungsi. Sumber: Rumah.com – Rumah ala Korea

Coba tiru desain rumah mezzanine di atas yang menggunakan tangga dari kayu besar dan multifungsi. Sumber: Rumah.com – Rumah ala Korea

Anda bisa
lho
bangun rumah 50 juta dengan spesifikasi dua lantai! Triknya adalah dengan
mezzanine. Meski dari luar hanya nampak satu lantai, tetapi dalam rumah Anda bisa menciptakan bangunan dua lantai. Coba tiru desain rumah
mezzanine
di atas yang menggunakan tangga dari kayu besar dan multifungsi dengan laci penyimpanan pada bagian sampingnya. Agar harmonis, gunakan kayu juga untuk meja dan kursi duduknya, ditambah sofa dan karpet warna senada.


Tonton video berikut ini untuk mengetahui 8 biaya tambahan jual beli rumah yang perlu dipersiapkan!

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Tanya Rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Uang 500 Juta Bisa Bangun Rumah Seperti Apa

Source: https://id.berita.yahoo.com/tips-bangun-rumah-50-juta-062552245.html

Check Also

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal Rencana Anggaran Biaya (RAB) Bangunan Tahun 2020 File Sofcopy Dalam …