Tv Polytron Mati Total (Penyebab & Solusinya)

Joss
Read Time3 Minute, 49 Second
Banyak sekali penyebab kenapa tv polytron mati total, kerusakan ini biasanya ditandai dengan beberapa ciri, misalnya saja yaitu mati total dengan bunyi berdenging dan adapula yang benar-benar mati tidak ada tanda kehidupan, walaupun masalahnya sama, tetapi cara memperbaikinya belum tentu sama.

TV Polytron sudah usang dikenal banyak orang, hingga kini masih banyak yang memakai TV polytron dirumah, alasannya bervariatif, salah satunya yaitu kualitas yang bagus, tidak cepat rusak dan biasanya dijual dengan harga terjangkau.

Polytron yaitu salah satu rekomendasi brand tv yang sudah dipercaya banyak orang, tetapi tetap saja semua tv pun niscaya akan rusak, jadi Anda jangan berfikir untuk mencari brand tv yang tidak akan pernah rusak.

Walaupun polytron sudah dipercaya, bukan berarti tidak akan rusak, hanya saja sanggup bertahan lebih usang daripada brand tv dibawahnya, kalau tv polytron rusak, kami sarankan Anda untuk membaca artikel ini hingga selesai semoga mengetahui penyebab dan cara memperbaikinya:

Penyebab TV Polytron Mati Total

Sebelum ketopik utama, semoga Anda sanggup memahami keseluruhannya, tidak ada salahnya untuk mengetahui penyebab umum kenapa tv polytron sanggup mati total, berikut ini kami sudah merangkumnya:

  • Kerusakan pada power supplay regulator
  • Output regulator bermasalah
  • Short pada salah satu dioda dumper
  • Elco kering atau Short
  • Transistor horizontal short
  • Transformator flyback rusak atau short
  • Timah retak dan tidak merekat sempurna

Penyebab diatas sering ditemukan pada tv polytron tabung dengan tipe yang berbeda-beda, jadi biasnaya kalau tipe berbeda maka penyebab dan cara memperbaikinyapun berbeda, tetapi ada juga yang sama.

Cara Memperbaiki TV Polytron Mati Total

Banyak sekali penyebab kenapa tv polytron mati total TV Polytron Mati Total (Penyebab & Solusinya)

Setelah mengetahui penyebabnya, pribadi saja kita ke pembahasan utama, yaitu cara memperbaikinya, disini kami akan membagi lagi dari gejala-gejalanya:

1. TV Polytron Mati Total Lampu Indikator Berkedip

Kerusakan pertama ini memang jarang terjadi, namun ada beberapa tipe tv polytron yang ditandai dengan tanda-tanda lampu indikator yang terus berkedip, kalau Anda mengalami persoalan ini, kami akan mencoba untuk mencari solusinya:

Jika tv dalam keadaan standby saja, dalam artian tidak sanggup start dan lampu indikator hanya kedip-kedip, Anda sanggup mencoba untuk menyidik C250 yang berukuran 120J 2KV dan resistor 2’2 Ohm, kalau diketahui ada kerusakan pada komponen tersebut, Anda sanggup mencoba untuk menggantinya.

Selain itu, kalau output mengalami penurunan tegangan sekitar 10 volt (biasanya ditandai dengan lampu indikator yang berkedip lebih cepat) yang disebabkan lantaran kurangnya masukan daya ke IC utama, Anda sanggup melaksanakan pengecekan pada elco 10 volt sekunder regulator, yaitu elco C503 dengan ukuran 1000uF 25 volt.

2. TV Polytron MX51323 Mati Total

Seperti yang kami katakan sebelumnya, tv polytron tabung mempunyai cukup banyak tipe dan biasanya penyebabnya pun berbeda walaupun kerusakannya sama, yaitu mati total. Untuk tipe MX51323 biasanya disebabkan lantaran ada Dioda yang mati, Anda sanggup mencoba mengganti D522 = IN4002, sebelum diganti, jangan lupa untuk dicek terlebih dahulu.

Baca juga: Kumpulan Skema TV Polytron Terlengkap

3. TV Polytron MS14500 Mati Total

Ini berbeda tipe lagi, kalau terjadi kerusakan pada tv polytron tipe tersebut, yaitu matot, Anda sanggup melaksanakan pengecekan pada IC TDA 8380A, ini yaitu IC utama yang mengatur pasokan daya pada mesin TV, kalau rusak, maka secara otomatis tv tidak akan sanggup menyala.

4. TV Polytron Slim Mati Total (Berdenging)

Jika kerusakannya disertai dengan bunyi berdenging, itu tandanya power supplay sedang mendapatkan beban yang berat, dan yang membebani power supplay tersebut biasanya yaitu IC Power Vertikal atau Transistor Power Horizontal, Anda harus menyidik komponen tersebut.

Selain itu, kerusakan ini juga sanggup disebabkan lantaran persoalan pada Flyback B+ yang short dengan Ground, solusinya silakan ganti dengan tipe flyback yang sesuai, jangan hingga salah menggantinya.

Baca juga: Solusi TV Polytron Hidup Sebentar Mati Lagi

5. TV Polytron Mati Total Bunyi Cit

Yang terakhir, tidak sedikit orang yang mengalami kerusakan pada tv polytronnya, yaitu matot disertai dengan bunyi mencuit (ciiiittt) kira-kira bergitulah suaranya, kenapa ini sanggup terjadi? ternyata bunyi cit tersebut disebabkan lantaran tegangan + yang terhubung pribadi dengan ground.

Untuk memperbaiki persoalan ini, Anda sanggup mencoba melaksanakan pengecekan pada beberapa komponen diantaranya yaitu Dioda B+ 115 Volt, transistor horizontal, kondensator, flyback  dan IC vertikal.

Artikel terkait:

Demikianlah artikel singkat mengenai penyebab dan solusi tv polytron mati total, kalau ada pertanyaan, kritik dan saran silakan tulis dikolom komentar atau hubungi kami melalui hidangan kontak dibawah, semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih sudah berkunjung.

0 0
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Next Post

Cara Masuk Service Mode Tv China (Tutorial Lengkap)

Sebelumnya kami sudah membahas artikel yang tidak jauh berbeda, kini kami akan memperlihatkan langkah mengenai cara masuk service mode tv china lengkap dengan cara yang paling gampang dan cepat, kami rasa Anda perlu mengetahui ini alasannya yakni memang cukup penting. Pada setiap brand tv mempunyai cara yang berbeda untuk membuka […]

Subscribe US Now