Tutorial Bangun Rumah Dengan Autocad

Tutorial Bangun Rumah Dengan Autocad

Merancang rumah denganAutoCAD adalah salah satu aktifitas yang sedang saya lakukan. Hal ini berawal dari keinginan saya untuk memiliki rumah yang akan saya huni bersama keluarga dan saya jadikan sebuah tempat untuk mendidik anak – anak saya. Untuk mewujudkan itu semua maka saya harus mulai merencanakan dengan sebaik – baiknya, dari tahap perencanaan anggaran, konstruksinya sampai dengan layoutnya ( tata letak ).

Tutorial Bangun Rumah Dengan Autocad

Tahap – tahapan itu tidaklah mudah tapi sangatlah perlu agar jerih payah dan waktu yang kita gunakan tidak terbuang sia – sia. Saya menyesal karena sebelumnya saya tidak pernah memikirkan dan tidak mempunyai perencanaan finansial yang baik sehingga saat saya mulai menikah saya belum mempunyai rumah pribadi untuk keluarga baru saya. Untungnya rumah orang tua saya lumayan cukup untuk menampung kami berdua jadi kami tidak terlalu di pusingkan dengan kebutuhan mendesak terhadap rumah tersebut. Tetapi walau begitu keinginan memiliki rumah sendiri masih menjadi impian kami. Kami ingin memiliki sebuah rumah mungil yang cantik dan asri dengan ditumbuhi bunga – bunga serta sedikit pohon berbuah.

No alt text provided for this image

Ya sudah kembali ke inti artikelnya saja. Maksudnya saya menceritakan pengalaman hidup saya ini adalah agar pengalaman hidup saya ini bisa menjadikan kita semua lebih siap lagi, khususnya untuk kawan – kawan yang sudah merencanakan ingin menikah.

Ketika kami masih tinggal dengan orang tua saya, maka ini adalah kesempatan yang bagus untuk saya merencanakan masa depan keluarga baru saya ini dikarenakan pengeluaran – pengeluaran hidup saya masih belum terlalu banyak maka saat ini lah saya mulai mantapkan perencanaan itu.

Merancang rumah dan perencanaan yang saya lakukan adalah sebagai berikut :

  1. Tahun pertama mempersiapkan anggaran untuk membeli tanah/rumah mungil yang asri.
  2. Tahun kedua mempersiapkan anggaran untuk merenovasi rumah agar sesuai dengan keinginan. Hal ini banyak sekali terjadi oleh sebuah keluarga yang baru memiliki rumah. Dikarenakan kebutuhan akan rumah sudah sangat mendesak maka kadang banyak keluarga baru terpaksa mengeluarkan biaya lain untuk renovasi rumah, karena rumah yang mereka beli/angsur tidak sesuai dengan impian mereka. Hal ini sudah pasti sangat membutuhkan biaya dan waktu apalagi jika merenovasinya tidak dengan perencanaan yang baik juga.

Nah berdasar dari itulah maka pada artikel kali ini saya ingin share beberapa informasi yang mungkin dapat berguna bagi anda yang sedang merencanakan membangun sebuah rumah mungil dengan menggunakan AutoCad.

Langkah – langkah yang harus kita lakukan dalam merancang rumah pada AutoCad adalah sebagai berikut :

Langkah i.

Merancang denah dan siteplan rumah.

Sebelum ke proses menggambar, silahkan baca dulu paparan saya tentang denah rumah ( tapi ya sebatas sepengetahuan saya tentunya, harap maklum jika sedikit ngawur. Denah rumah adalah hal pertama yang harus dibuat dan di fix-kan se gear up-fixnya. Kenapa ? karena apabila gambar telah selesai sampai tahap akhir dan ternyata ada revisi, itu berarti anda harus merubah semua gambar yang telah di buat tadi. Jadi saran saya usahakan tahap denah rumah , siteplan, dan tampak selesai dulu.

Walaupun dalam gambar kerja jumlah lembarnya paling sedikit, tapi karena esensi gambar ada 3 hal di atas, inilah yang membuat tahap tersebut paling lama prosesnya.

Bahan baku yang diperlukan adalah :

  1. Ukuran tanah.
  2. Kebutuhan ruangan ( jumlah penghuni dan peruntukannya ).
  3. Tema rumah.
  4. Ukuran luas akhir bangunan kira – kira.

Tahapan kasar dalam merencanakan bangunan.

  • Awal penggambaran biasanya di mulai dari menggambar site layout.
  • Dilanjut membuat planning kasarnya sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan ( seperti fungsi bangunan, jumlah penghuni, dll )
  • Setelah itu dibuat dulu kotak – kotak untuk zoning yang diinginkan. Usahakan ukuran ruangnya proporsional dan “manusiawi”. Misal untuk kamar tidur ukuran 2,5 m2 mungkin tergolong sempit. 2,75 m2 agak longgar. 3m2 lumayan nyaman. four m2 pasti lega .
Read:  Membangun Rumah Dengan Dana 100 Juta

Ok….sekatang kita coba dulu membuat site layoutnya dengan langkah – langkah sebagai berikut : Tutorial ini menggunakan AutoCAD Architecture 2011.

  1. Setting Drawing Unit.
  • Buka programme AutoCad pada komputer anda.
  • Atur unit yang akan dipakai melalui bill of fare format > units.

No alt text provided for this image

  • Setelah itu akan muncul card Drawing setup. Pada menu ini aturlah satuan ukuran yang ingin anda gunakan. Untuk tutorial ini saya menggunakan satuan millimeter ( mm ).

No alt text provided for this image

  • Lalu pada tab scale aturlah skala yang akan digunakan dan untuk tutorial ini saya menggunakan skala ane : 100 .

No alt text provided for this image

  • Menentukan dan mengatur grid layout bidang gambar. Grid layout ini bisa kita persepsikan sebagai area atau luas tanah yang nantinya akan kita bangun sebuah rumah cantik. Dalam tutorial ini saya tidak menjelaskan secara detil bagaimana cara mengatur filigree tersebut pada AutoCAD Architecture 2011. Jika anda belum mengerti cara mengatur filigree tersebut anda bisa baca dan lihat penjelasannya pada tutorial saya tentang Cara Mengatur Filigree Pada AutoCAD Architecture 2011. Di bawah ini saya hanya memperlihatkan contoh grid yang sudah saya buat dengan memperkirakan luas tanahnya mengacu pada rumah type 36, LT. 90 m2.

No alt text provided for this image

Langkah 2.

Membangun struktur pondasi kolom dan dinding.

Setelah grid layout anda buat maka tahap selanjutnya adalah pembuatan pondasi kolom dan dinding. Dinding-dinding dan struktur kolom ini anda letakan pada filigree yang sebelumnya sudah anda buat sehingga akan terbentuk kotak-kotak yang menandakan masing-masing ruangan pada rumah tersebut. Lihat langkah-langkah pada keterangan dan gambar dibawah ini !

  • Membangun Struktur Pondasi
  • Pada ribbon klik > design tools

No alt text provided for this image

  • Setelah anda klik design tool seperti yang ditunjukan pada gambar di atas maka akan muncul. carte du jour Tool palletes design yang berisi berbagai tool untuk membuat macam-macam bangunan. Pada card Tool Palletes > tab Design > pilih Column. Lihat pada contoh gambar dibawah ini !

No alt text provided for this image

  • Lalu atur letak struktur kolom tersebut sesuai dengan yang kita inginkan pada filigree site program yang telah kita buat pada tahap awal . Untuk tahap latihan awal gunakanlah type column standar. Lihat pada gambar dibawah ini sebagai contoh penempatan struktur cavalcade :

No alt text provided for this image

No alt text provided for this image

  • Membangun Dinding
  • Masih pada meu Tool Palettes-design > klik tab Walls > pilih jenis Walls yang kita inginkan.

No alt text provided for this image

  • Buatlah pada area grid yang telah kita buat dengan menggunakan tool walls yang telah anda pilih sehingga membentuk kotak-kotak yang menandakan batas masing-masing ruangan pada rumah tersebut. Perhatikan gambar di bawah ini !

No alt text provided for this image

Langkah three.

Mengatur posisi dan letak pintu.

Ok sampai tahap ini saya yakin anda sudah memahami maksud dari penjelasan saya di atas. Setelah membuat pondasi dinding maka selanjutnya yang akan kita lakukan adalah membuat pintu dan jendela untuk masing-masing ruangan dan berilah nama pada ruangan-ruangan tersebut agar kita bisa atur peletakan pintu dan jendela serta bukaan yang baik untuk pintu dan jendela tersebut.

langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Pada ribbon klik > design tools.

No alt text provided for this image

  • Lalu muncul menu Tools Pallettes Blueprint > dan pada tab Doors pilih blazon pintu yang akan anda gunakan lalu atur posisi serta letak bukaannya agar terdapat ruang bebas.
Read:  Kasus Penggusuran Jakarta Untuk Pembangunan Rumah Sakit

No alt text provided for this image

  • Klik pada tiap-tiap dinding yang akan kita berikan pintu lalu atur letak bukaan pintu tersebut. Lihat contoh pada gambar di bawah ini !

No alt text provided for this image

Satu hal yang harus anda perhatikan dalam menentukan posisi pintu pada saat merancang rumah yaitu adanya suatu titik akses pada rumah tersebut yang menjadi pusatnya sehingga pada posisi titik akses tersebut kita dapat secara bebas ke masing-masing ruangan di dalam rumah tersebut.

Untuk melihat hasil sementara yang sudah kita buat, aturlah pandangan dengan orbit 3D maka hasil yang tampak akan seperti gambar dibawah ini.

No alt text provided for this image

 Pada gambar diatas masih terlihat belum adanya jendela serta dinding pada area carport dan teras taman masih terlalu tinggi maka kita harus merubah agar terlihat lebih baik dengan menambahkan beberapa jendela dan menurunkan ketinggian dinding tersebut. Sebagai informasi tambahan untuk anda, bahwa standart awal dari dinding yang kita buat mempunyai ketinggian 3000 mm atau 3 m. Secara umum dinding pada luar rumah atau teras taman mempunyai ketinggian 1500 mm atau 1,5 m sebagai pagar. Jika pagar rumah terlalu tinggi itu kurang baik karena akan mengurangi sosialisasi dalam hidup bermasyarakat oleh karena itu pada tahap awal ini kita akan menurunkan ketinggian dinding pagar tersebut.

Menambahkan jendela ke dinding

Pada Ribbon > klik design tool

No alt text provided for this image

  • Pada menu tool palletes > klik tab Windows , pilih blazon jendela yang akan kita gunakan.

No alt text provided for this image

  • Klik pada dinding yang akan kita berikan jendela tersebut, kemudian atur letak dan posisi jendela tersebut.

No alt text provided for this image

Mengurangi ketinggian dinding pagar

  • Klik pada dinding-dinding yang akan kita rubah ketinggiannya, maka akan muncul kotak dialog properties. Pada Base Height masukan angka 1500 sebagai ketinggian dinding yang telah kita klik.

No alt text provided for this image

  • Jika langkah di atas kita lakukan dengan benar maka akan terlihat perubahan pada ketinggian dinding depan rumah tersebut dan adanya jendela pada dinding. Lihat pada gambar dibawah ini :

No alt text provided for this image

Setelah proses pembuatan denah rumah yang bisa diartikan kita telah membuat dinding-dinding maka langkah selanjutnya adalah pembuatan atap rumah dan beberapa komponen exterior yang menurut kita diperlukan untuk membuat rumah agar terlihat lebih cantik.

Ok untuk langkah-langkah dalam pembuatan atap rumah adalah sebagai berikut :

  • Pada Ribbon klik > Pattern Tool, perhatikan gambar di bawah ini.

No alt text provided for this image

Pada menu tool palletes > klik tab Roofing, pilihlah jenis atap rumah yang akan digunakan.

No alt text provided for this image

Lalu letakan pada posisi yang akan anda buat menjadi atap rumah, lihat pada contoh gambar di bawah ini atap tersebut akan terlihat berupa garis putus-putus.

No alt text provided for this image

Sehingga jika kita gunakan orbit 3D maka akan terlihat seperti gambar di bawah ini :

No alt text provided for this image

Pada proses tersebut kita masih perlu mengatur tata letak dan konfigurasi atap tersebut agar sesuai dengan rencana yang kita inginkan yaitu rumah bergaya minimalis. Jika Anda lakukan langkah-langkah yang sesuai dengan penjelasan-penjelasan saya maka hasil akhir akan terlihat seperti pada gambar dibawah ini.

No alt text provided for this image

Langkah 4

Mengatur gaya dan pondasi atap rumah

Pada gambar diatas, bagian atap rumah masih belum terlihat adanya pondasi dinding yang menutupi wilayah roffing. Oleh karena itu kita perlu membuat kembali dinding-dinding pada area Covering. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Klik pada dinding yang akan kita jadikan pondasi Roofing, lihat pada contoh gambar dibawah ini :

No alt text provided for this image

Lalu klik backdrop, dan ubahlah ketinggian dinding tersebut menjadi 6000, perhatikan gambar dibawah ini :

Read:  Bangunan Bunker Kanker Rumah Sakit Sanglah

No alt text provided for this image

Ubah sudut pandang dengan orbit 3D dan ganti mode visual menjadi realistic maka gambar akan terlihat seperti dibawah ini:

No alt text provided for this image

No alt text provided for this image

Sampai tahap ini saya yakin Anda sudah mengerti apa yang telah saya jelaskan bahkan mungkin Anda bisa langsung mempraktekannya. Jika Anda sudah sampai tahap ini maka langkah selanjutnya adalah mengatur dan mengkonfigurasi dinding tersebut dengan Roofing serta mengatur tata letak Roofing agar sesuai dengan gaya yang kita harapkan. Ok sekarang kita mulai langkah konfigurasi roofing tersebut, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Klik pada salah satu Covering > klik Properties > ubah sloope menjadi 30.

No alt text provided for this image

No alt text provided for this image

Jika Anda perhatikan pada gambar diatas secara detail, pada kedua sisi bangunan terdapat dinding yang keluar dari Roofing dan hal ini perlu di perbaiki agar desain menjadi sempurna.

No alt text provided for this image

Klik pada Covering yang akan diatur letaknya.

No alt text provided for this image

Kemudian atur letak dengan klik vertical offset sesuai dengan ketinggian yang kita harapkan. seperti terlihat pada gambar dibawah ini !

No alt text provided for this image

  • Lakukan seperti langkah di atas untuk mengatur Roofing pada sisi yang lainnya. Sehingga kedua Covering menjadi sejajar.

Pada bagian terakhir pembahasan adalah mengatur posisi roofing dengan klik Vertical first agar sesuai dengan kondisi dinding, dan hasil yang tampak akan seperti gambar dibawah ini .

No alt text provided for this image

Untuk tahap pembahasan selanjutnya kita akan memodifikasi Roof line agar ketinggian dinding-dinding yang sudah kita bangun dapat sesuai dengan ketinggian Roofing.

Berikut langkah-langkahnya :

  • Klik pada dinding yang akan kita edit.

No alt text provided for this image

Lalu pada card panel Modify klik > Modify Roof Line

No alt text provided for this image

  • Pada Command Bar : ketik A , dan ikuti instruksi pada control bar

Command: _AecRoofLine

RoofLine [Offset/Project to polyline/Generate polyline/Car project/Reset]: A

Select objects: 1 found ( klik pada roofing )

Select objects: ( tekan enter )

[1] Wall cut line(s) converted.

maka hasilnya akan terlihat seperti gambar dibawah ini :

No alt text provided for this image

  • Lakukan langkah diatas untuk mengedit semua walls atau dinding agar sesuai dengan posisi roofing. Sehingga gambar akan terlihat seperti dibawah ini.

No alt text provided for this image

Sampai tahap ini, maka kita sudah 60 % membuat design rumah minimalis. Untuk membuat desain ini sempurna masih ada beberapa hal yang perlu kita edit dan kita atur agar sesuai dengan desain yang diharapkan. Ok, kita lanjutkan pembahasan kita. Coba anda perhatikan pada gambar diatas, jika kita perhatikan di surface area roofing masih ada yang perlu kita edit agar roofing tidak bersinggungan satu dengan yang lainnya dan letak posisi roofing menjadi menempel pada dinding. Perhatikan gambar dibawah ini adalah bagian Covering yang akan kita edit atau kita trim menyesuaikan dengan dinding.

No alt text provided for this image

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Ganti sudut pandang melalui View > Top
  • Klik pada Roofing.
  • Pada Bill of fare Ribbon, klik tab Roof Slab > Trim

No alt text provided for this image

  • Ikuti intruksi pada Command bar

Command: _AecRoofSlabTrim

Select trimming object (a slab, wall, or polyline): ( klik pada dinding )

Specify side to be trimmed: ( klik pada bagian Roofing yang kita Trim )

Hasilnya akan tampak pada gambar dibawah ini :

No alt text provided for this image

Ok, untuk melihat hasil sementara desain yang sudah kita buat, ubahlah sudut pandang menggunakan orbit 3D lalu ganti Visual Style menjadi Realistic maka akan terlihat seperti gambar dibawah ini :

No alt text provided for this image

Bagaimana apakah Anda sudah mengerti ? ya saya yakin Anda pasti sudah mengerti dengan penjelasan saya di atas. Jika Anda langsung mempraktekan pembahasan ini maka sangat mungkin sekali anda akan bisa merancang rumah dengan menggunakan AutoCAD berdasarkan imajinasi anda sendiri dan berkharakter khas Anda.

Tutorial Bangun Rumah Dengan Autocad

Source: https://id.linkedin.com/pulse/cara-merancang-rumah-dengan-autocad-architecture-dimas-subrata

Check Also

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal Rencana Anggaran Biaya (RAB) Bangunan Tahun 2020 File Sofcopy Dalam …