Tahapan Pembangunan Rumah Satu Lantai
Bandar Udara Internasional Soekarno–Hatta
|
|||||||||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
![]() |
|||||||||||||||||||
![]() Last 1 dan Last two Soekarno Hatta difoto dari udara. |
|||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||
Informasi | |||||||||||||||||||
Jenis | Publik | ||||||||||||||||||
Pemilik | PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) | ||||||||||||||||||
Pengelola | PT Angkasa Pura Ii | ||||||||||||||||||
Melayani | Jabodetabek | ||||||||||||||||||
Lokasi | Tangerang, Banten, Indonesia | ||||||||||||||||||
Dibuka | 1 Mei 1985 (1985-05-01) |
||||||||||||||||||
Maskapai penghubung |
|
||||||||||||||||||
Maskapai utama |
|
||||||||||||||||||
Zona waktu | WIB (UTC+07:00) | ||||||||||||||||||
Ketinggian dpl | ten mdpl | ||||||||||||||||||
Koordinat |
half dozen°07′32″S 106°39′21″East / vi.12556°South 106.65583°Eastward / -6.12556; 106.65583 Koordinat: vi°07′32″S 106°39′21″East / 6.12556°S 106.65583°E / -6.12556; 106.65583 |
||||||||||||||||||
Situs web | https://soekarnohatta-airdrome.co.id/ | ||||||||||||||||||
Peta | |||||||||||||||||||
CGK/WIII Lokasi bandara di Djakarta, Indonesia Tampilkan peta Dki jakarta Metropolitan Area
CGK/WIII CGK/WIII (Jawa) Tampilkan peta Jawa
CGK/WIII CGK/WIII (Indonesia) Tampilkan peta Indonesia
CGK/WIII CGK/WIII (Asia Tenggara) Tampilkan peta Asia Tenggara
CGK/WIII CGK/WIII (Asia) Tampilkan peta Asia |
|||||||||||||||||||
Landasan pacu | |||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||
Statistik (2018) | |||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||
Sumber: Daftar bandar udara tersibuk di Republic of indonesia,[4] |
Bandar Udara Internasional Soekarno–Hatta
(bahasa Inggris:
Soekarno–Hatta International Airport
) (IATA:
CGK, ICAO:
WIII) disingkat
SHIA
[7]
atau
Soetta, sebelumnya secara hukum disebut Bandar Udara Cengkareng Jakarta (bahasa Inggris:
Jakarta Cengkareng Airdrome
) (dengan IATA penunjuk “CGK”), adalah bandar udara utama yang melayani penerbangan untuk wilayah Jabodetabek dan sekitarnya. Bandar udara ini diberi nama sesuai dengan nama dwitunggal tokoh proklamator kemerdekaan Indonesia, Soekarno dan Mohammad Hatta, yang sekaligus merupakan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia pertama. Bandara ini terletak di Benda, Kota Tangerang dan Kosambi, Kabupaten Tangerang, yaitu sekitar 20 km barat laut Dki jakarta Pusat. Bersama dengan Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma, mereka melayani lebih dari lxxx juta penumpang pada tahun 2019.
Sejarah
Latar belakang
Antara 1928–1974, Bandar Udara Kemayoran yang ditujukan untuk penerbangan domestik dianggap terlalu dekat dengan footing militer Indonesia, Bandar Udara Halim Perdanakusuma. Penerbangan sipil di area tersebut menjadi sempit, sementara lalu lintas udara meningkat cepat, yang mana mengancam lalu lintas internasional.
Pada awal 1970-an, dengan bantuan USAID, delapan lokasi potensial dianalisis untuk bandar udara internasional baru, yaitu Kemayoran, Malaka, Babakan, Jonggol, Halim, Curug, Tangerang Selatan, dan Tangerang Utara. Akhirnya, Tangerang Utara dipilih dan ditandai juga Jonggol dapat digunakan sebagai bandara alternatif. Sementara itu, pemerintah memulai
upgrade
terhadap Bandar Udara Halim Perdanakusumah untuk melayani penerbangan domestik.
Antara 1974–1975, sebuah konsorsium konsultan Kanada mencakup Aviation Planning Services Ltd., ACRESS International Ltd., dan Searle Wilbee Rowland (SWR), memenangi tender untuk proyek bandara baru. Pembelajaran dimulai pada xx Februari 1974 dengan full biaya 1 juta Dolar Kanada. Proyek i tahun tersebut disetujui oleh mitra dari Indonesia yang diwakili oleh PT Konavi. Pada akhir Maret 1975, pembelajaran ini menyetujui rencana pembangunan 3 landasan pacu, jalan aspal, 3 bangunan terminal internasional, three last domestik, dan 1 concluding Haji. Terminal domestik bertingkat 3 dibangun antara 1975–1981 dengan biaya US$465 juta dan sebuah terminal domestik termasuk frock dari 1982–1985 dengan biaya United states$126 juta. Sebuah proyek concluding baru, diberi nama
Jakarta International Airport Cengkareng
(kode: JIA-C), dimulai.
Tahap pengerjaan proyek
Waktu | Aksi |
---|---|
1975–1977 |
|
12 Nov ’76 | Undangan Tender kepada konsultan Prancis dengan pemenangnya Aéroports de Paris. |
eighteen Mei ’77 |
|
xx Mei ’80 | Pekerjaan dimulai dengan biaya untuk 4 tahun. Sainraptet Brice, SAE, Colas bersama PT Waskita Karya sebagai pembangun. |
1 Des ’80 | Pemerintah Indonesia menandatangani perjanjian senilai Rp384.8 miliar dengan pembangun. Biaya struktur tersebut mencapai Rp140.450.513.000 dari APBN, 1.223.457 Franc disumbang oleh Prancis, dan The states$15,898,251 dari pemerintah. |
1 Des ’84 | Bandar udara ini secara fisik selesai. |
i Mei ’85 | Terminal kedua dimulai pembangunannya pada eleven Mei 1992. |
5 Juli ’85 | Diresmikan oleh Presiden Soeharto[8] |
23 Des ’86 | Keppres nomor 64 Tahun 1986 mengenai kontrol udara dan daratan di sekitar Bandar Udara Soekarno-Hatta dikeluarkan. |
Tahapan Proyek Bandara Internasional Soekarno–Hatta | ||||
---|---|---|---|---|
Tahap | Tahun | Deskripsi | Status | |
I | 1985 | Pembangunan Terminal ane yang dapat menangani 9 juta penumpang per tahun | Selesai | |
II | 1992 | Pembangunan Terminal ii yang dapat menangani 18 juta penumpang per tahun | Selesai | |
3 | 2008 | Pembangunan Terminal 3 tahap I yang dapat menangani 22 juta penumpang per tahun | Selesai | |
4 | 2012 | Revitalisasi Final 1A-1B yang dapat menangani 31 juta penumpang per tahun | Selesai | |
Revitalisasi Terminal 2d dan 2E yang dapat menangani 41 juta penumpang per tahun | Selesai | |||
2013 | Pembangunan Terminal 3 sepenuhnya yang dapat menangani 62 juta penumpang per tahun | Selesai | ||
Pembangunan Terminal Kargo baru berkapasitas 1,5 juta ton per tahun | Selesai | |||
Pembangunan gedung terintegrasi sepenuhnya | Selesai | |||
2014 | Pembangunan landas pacu three | Selesai | ||
Pembangunan Terminal 4 yang dapat menangani 87 juta penumpang per tahun | Ditunda | |||
V | 2020 | Revitalisasi Terminal 2F yang dapat menangani 31 juta penumpang per tahun | Dalam proses | |
Revitalisasi Last 1C yang dapat menangani xxx juta penumpang per tahun |
Statistik lalu lintas penumpang
Pada tahun 2009, Bandara Internasional Soekarno-Hatta menempati posisi ke-22 bandara tersibuk di dunia. Semenjak tahun 2010, Bandara Internasional Soekarno-Hatta adalah bandara yang melayani penumpang terbanyak di Asia Tenggara dan menempati posisi ke-xvi di dunia. Pada tahun 2011, Bandara Internasional Soekarno-Hatta melayani penumpang terbanyak ke-4 di Asia setelah bandara di Beijing, Tokyo, dan Hongkong, serta menduduki ranking 12 di dunia.[nine]
CGK
Lihat kueri mentah dan sumber di Wikidata.
Tahun | Penumpang | Kargo (ton) |
Pergerakan Pesawat |
Persentase |
---|---|---|---|---|
|
11.818.047 | 281.765 | 123.540 |
![]() |
|
14.830.994 | 306.252 | 144.765 |
![]() |
|
19.702.902 | 310.131 | 186.695 |
![]() |
|
26.083.267 | 322.582 | 233.501 |
![]() |
|
27.947.482 | 336.113 | 241.846 |
![]() |
|
30.863.806 | 384.050 | 250.303 |
![]() |
|
32.458.946 | 473.593 | 248.482 |
![]() |
|
32.172.114[10] [xi] |
465.799 | 248.482 |
![]() |
|
37.143.719[12] [13] |
538.314 | 287.868 |
![]() |
|
44.355.998[xiv] | 633.391 | 338.711 |
![]() |
|
47.513.248[9] | 699.257 | 367.894 |
![]() |
|
57.772.762 | 342.473 | 369.740 |
![]() |
|
60.137.347 | 345.923 | 369.740 |
![]() |
|
57.221.169 | 403.994 | 391.750 | |
|
54.291.366 | 351.741 | 249.974 | |
|
58.195.484 | 415.824 | 274.969 |
Sumber: Airports Council International Diarsipkan 2007-09-xxx di Wayback Machine.
Terminal
Ada tiga bangunan terminal utama; Terminal 1, Terminal 2 dan Terminal 3. Bandara ini juga memiliki terminal kargo khusus untuk kargo domestik dan internasional.
Setelah renovasi dan perluasan Terminal 3, kapasitas Soekarno-Hatta saat ini adalah 51 juta, tetapi bandara ini melayani 54 juta penumpang pada tahun 2015, menjadikannya bandara tersibuk ke-18 di dunia, dan bandara tersibuk di belahan bumi selatan . Ada penerbangan not-stop ke sejumlah besar tujuan di Asia dan Australia, dan beberapa penerbangan ke Eropa setiap hari, peringkat sebagai bandara paling terhubung ke-17 di dunia, dan megahub terbesar di Asia menurut OAG.
Last i dan Terminal 2 saat ini sedang dalam renovasi. Pekerjaan renovasi ditargetkan selesai pada 2021. Proyek revitalisasi diharapkan dapat melipatgandakan jumlah penumpang kedua last hingga 36 juta setahun. Terminal one melayani maskapai penerbangan berbiaya rendah domestik , sedangkan Last 2 melayani maskapai penerbangan bertarif rendah internasional . Terminal three akan menjadi terminal layanan penuh untuk penerbangan domestik dan internasional. Operator bandara AP II telah melakukan rencana untuk membangun terminal keempat di Soekarno-Hatta, yang diharapkan akan selesai pada tahun 2024.
Final | Gerai lapor-masuk |
Pengambilan bagasi |
Gerbang |
---|---|---|---|
1A | 25 | 5 | 7 |
1B | 25 | 5 | 7 |
1C | 25 | 5 | 7 |
2D | 25 | viii | 7 |
2E | 25 | 8 | 7 |
2F | 25 | 5 | 7 |
3 | 244 | 13 | 28 |
Total | 394 | 49 | lxx |
Terminal 1
Tempat pengambilan bagasi terminal 1B Soekarno-Hatta.
Terminal one merupakan terminal pertama yang dibangun dan dibuka pada tahun 1985. Terletak di sisi selatan bandara, berseberangan dengan Terminal ii. Concluding one memiliki 3 sub-terminal yang masing-masing dilengkapi dengan 25 loket check-in, 23 garbarata, 5 bagasi komidi putar, dan vii gerbang. Ini memiliki kapasitas untuk menangani ix juta penumpang per tahun.
Gerbang di Terminal ane memiliki awalan A, B atau C. Gerbangnya adalah A1–A7, B1–B7 dan C1–C7. Dalam masterplan terbaru, Terminal 1 akan ditingkatkan kapasitasnya menjadi 18 juta penumpang per tahun. Terminal 1 digunakan untuk penerbangan domestik. Terminal 1A melayani maskapai penerbangan berbiaya rendah domestik seperti:
- Airfast Indonesia
- Republic of indonesia AirAsia
- NAM Air
- Sriwijaya Air
- Super Air Jet
Final 1B dan Terminal 1C saat ini sedang dalam renovasi. Pekerjaan renovasi ditargetkan selesai pada 2021. Proyek revitalisasi diharapkan dapat melipatgandakan jumlah penumpang kedua final hingga 36 juta setahun.
Last 2
Terminal yang selesai pada tanggal 11 Mei 1992
(1992-05-11)
terletak di sisi utara bandara, berseberangan dengan Terminal 1. Final 2 adalah terminal kedua yang dibangun, dan dibuka pada tahun 1991. Terletak di sisi barat laut bandara, di seberang Concluding 1. Seperti Terminal 1, terminal ini memiliki tiga sub-terminal, berlabel D, E dan F, masing-masing memiliki tujuh gerbang, twoscore garbarata dan 25 loket cheque-in. Terminal two melayani penerbangan umrah (haji kecil) dan diubah menjadi terminal penerbangan berbiaya rendah internasional (LCCT) pada tahun 2019. [34] [35] Saat ini, Terminal 2 Domestik (2D & 2E) adalah rumah bagi:
- Batik Air
- King of beasts Air
sedangkan Concluding 2 Internasional (2F) adalah penerbangan Internasional Umroh Khusus King of beasts Air
Ruang Tunggu Terminal 2 Soekarno-Hatta.
Final 3
Last three adalah terminal terbaru dan terbesar bandara. Last ini digunakan sebagai pangkalan Garuda Indonesia dan Citilink dan berfungsi sebagai concluding layanan penuh untuk penerbangan internasional dan domestik.[15]
Last 3 Domestik Bandara Soekarno Hatta adalah rumah bagi:
- Citilink
- Garuda Indonesia
- Pelita Air Service
- TransNusa
Terminal three Internasional Bandara Soekarno Hatta adalah rumah bagi:
- AirAsia
- Air China
- All Nippon Airways
- Asiana Airlines
- Batik Air
- Batik Air Malaysia
- Cathay Pacific
- Cebu Pacific
- Red china Airlines
- People’s republic of china Eastern Airlines
- China Southern Airlines
- Citilink
- Emirates
- Etihad Airways
- Ethiopian Airlines
- EgyptAir
- Eva Air
- Flynas
- Garuda Indonesia
- Indonesia AirAsia
- Nippon Airlines
- Jetstar Asia Airways
- KLM
- Korean Air
- Lion Air
- Malaysia Airlines
- Oman Air
- Philippine Airlines
- Qatar Airways
- Qantas
- Imperial Brunei Airlines
- Saudia
- Scoot
- Shenzen Airlines
- Singapore Airlines
- SriLankan Airlines
- Thai AirAsia
- Thai Airways
- Thai Lion Air
- Thai Smile
- Turkish Airlines
- Uzbekistan Airways
- VietJet Air
- Vietnam Airlines
- Xiamen Airlines
Check-in Counter Diterminal 3A|Internasional
- Cathay Pacific
- Garuda Republic of indonesia
- KLM
- Korean Air
- Qantas
- Xiamen Airlines
Check-in Counter Diterminal 3B|Internasional
- Air China
- Asiana Airlines
- All Nippon Airways
- China Airlines
- Eva Air
- Emirates
- Qatar Airways
- Saudia
- Thai Airways
- Turkish Airlines
- Vietnam Airlines
Cheque-in Counter Diterminal 3C|Internasional
- People’s republic of china Eastern Airlines
- China Southern Airlines
- Etihad Airways
- Ethiopian Airlines
- Japan Airlines
- Malaysia Airlines
- Oman Air
- Singapore Airlines
Check-in Counter Diterminal 3D|Internasional
- AirAsia
- Batik Air
- Batik Air Malaysia
- Cebu Pacific
- Jetstar Asia Airways
- King of beasts Air
- Philippine Airlines
- Royal Brunei Airlines
- Scoot
- Sriwijaya Air
- Thai Lion Air
Check-in Counter Diterminal 3E|Domestik
- Citilink
- Pelita Air Service
- TransNusa
East|Internasional
- Citilink
Bank check-in Counter Diterminal 3F|Domestik
- Garuda Indonesia
Final 3 asli secara resmi dibuka untuk penerbangan internasional pada 15 November 2011, ketika semua penerbangan AirAsia Republic of indonesia mulai menggunakan Final 3 sebagai ground baru untuk penerbangan internasional dan domestik. Itu dibangun untuk melayani maskapai berbiaya rendah. Terminal terletak di sisi timur laut bandara.
Pada ix Agustus 2016, final penumpang baru bernama ‘Last 3 Ultimate’, resmi dibuka. Terminal 3 asli diubah dan diintegrasikan ke dalam Terminal 3 Ultimate yang baru. Ini memiliki luas lantai 422.804 k 2 (4.551.020 kaki persegi) dan dibangun untuk menangani 25 juta penumpang per tahun. Tidak seperti Concluding one dan 2, gaya arsitektur Terminal 3 Ultimate sangat berbeda, menggunakan desain mod kontemporer yang ramah lingkungan. Dilengkapi dengan 10 gerbang internasional, 18 gerbang domestik, 112 konter check-in, 59 garbarata dan 10 gerbang bus.
Pada tahun 2018, dermaga barat concluding (Pier 1) diperpanjang. 8 garbarata baru ditambahkan, dengan 7 melayani pesawat berbadan lebar dan ane melayani pesawat berbadan sempit.
Concluding three dilengkapi dengan BHS level 5 untuk mendeteksi bom, Airport Security Organization (ASS) yang dapat mengontrol hingga 600 CCTV untuk mendeteksi wajah yang tersedia di security annals, Intelligence Edifice Management System (IBMS) yang dapat mengontrol penggunaan air dan listrik (eco-green), sistem air hujan untuk menghasilkan air bersih dari hujan, sistem air daur ulang untuk menghasilkan air toilet dari air toilet bekas, dan kontrol teknologi iluminasi untuk menerangi terminal tergantung pada cuaca di sekitar last. Terminal 3 akan dapat melayani 60 pesawat dari twoscore pesawat saat ini. Tahap pertama dari terminal 3, yang
Last iv
Awalnya, Terminal 4 direncanakan akan berada di utara Terminal 3, dan berada sebelah timur-laut Terminal 2 yang masih berada di sebelah utara bandara, tetapi perubahan rencana dan pembangunan dan pembukaan Runway 3 yang tidak memberikan ruang untuk Terminal tersebut mengubah lokasi Last ke selatan Terminal 3 dan timur Terminal ane, menempati lokasi yang saat ini merupakan Terminal Cargo, Klub Golf Cengkareng, dan Soewarna Business concern Park. Terminal 4 akan dibangun pada tahap ke-4. Final ini akan dirancang berbentuk ‘H’ dan menggunakan desain
eco-friendly
dan mod, sama seperti desain Concluding three. Pembangunan Concluding 4 awalnya akan dimulai pada tahun 2021, tetapi Pandemi COVID-19 menunda pembangunan ke waktu yang tidak ditentukan.
Terminal kargo
Last kargo terletak di sisi timur Terminal 1. Final ini digunakan untuk menangani kargo di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, baik kargo domestik maupun kargo internasional. Dalam perencanaannya yang terbaru, Concluding Kargo akan dipindahkan ke sisi barat Terminal 2 dengan kapasitas yang lebih besar dari kapasitas Concluding Kargo yang sekarang ini.
Perencanaan
G Design
Soekarno-Hatta.
Dalam sebuah “Masterplan” yang terbaru, Bandara Internasional Soekarno-Hatta akan meningkatkan kapasitasnya dari 22 juta penumpang per tahun menjadi 62 juta per tahun pada tahun 2014 mendatang. Bandara ini akan menggunakan tema “Bandara Modern Dengan Sentuhan Tradisional” untuk megaproyek tersebut. PT Angkasa Pura II sebagai operator merancang Bandara Internasional Soekarno-Hatta akan memiliki 3 final penumpang, terminal kargo baru 1 (Cargo Village) dan sebuah bangunan yang terintegrasi pada 2014. Juga akan ada peningkatan kapasitas apron dari 125 pesawat menjadi 174 pesawat terbang. Sebuah kereta menuju bandara dari Stasiun Manggarai dan
People Mover System
dirancang untuk transportasi darat dari, ke, dan di dalam bandara juga dalam perencanaan.
PT Angkasa Pura II akan menghabiskan dana sekitar Rp11.7 triliun (Usa$ i.36juta) untuk mengubah Bandara Internasional Soekarno-Hatta menjadi sebuah ‘Bandara Berkelas Dunia‘ yang akan disebut
Aerotropolis
pada tahun 2014. Terminal three terlebih dahulu yang akan dikembangkan, selanjutnya Concluding 1 dan Terminal two akan dikembangkan dan diintegrasikan dengan dinding hijau dan bandara akan memiliki ruang konvensi, pusat perbelanjaan, hotel, taman bermain, fasilitas rekreasi dan area parkir untuk xx.000 kendaraan. Juga akan terintergrasi dengan
commuter line.
Untuk mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang, pemerintah membangun landasan pacu nomor 3,yang selesai pada tahun 2020. Jika bandara memiliki 3 landasan pacu, maka kapasitas layanan akan meningkat menjadi 623.420 pergerakan per tahun dan akan dapat mengantisipasi pertumbuhan setidaknya sampai dekade 2030-an. Perluasan lahan tersebut akan menggunakan 1.000 hektaree dari x desa di Teluk Naga dan Kosambi. Rencana ekspansi telah ditolak oleh Pemkab Tangerang karena penduduk yang tinggal di sekitar bandara tidak akan mampu untuk mendapatkan penghasilan untuk keluarga mereka. Pemerintah daerah menawarkan lokasi lain seperti di Balaraja, tetapi sekretaris perusahaan PT Angkasa Pura 2 mengatakan bahwa membangun bandara baru tidak akan menjadi tugas yang mudah, karena membutuhkan kajian yang menyeluruh.
Karena kurangnya ruang untuk membuat landasan pacu ketiga di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, pemerintah berencana untuk membangun bandara baru pada 2013 sekitar Cikarang dan Karawang. Bandara ini akan diintegrasikan dengan sebuah pelabuhan internasional yang sedang direncanakan, yaitu Pelabuhan Internasional Cilamaya di Cilamaya Wetan, Karawang. Studi kelayakan masih berjalan dan akan selesai pada akhir 2011 atau awal 2012. Pembangunan bandara internasional baru di sekitar Cikarang dan Karawang akan dilakukan mulai tahun 2015 sebagai solusi jangka panjang untuk meningkatkan kapasitas penumpang dan pergerakan pesawat di Bandar Udara Internasional Soekarno–Hatta, sehingga Jabodetabek memiliki two bandara internasional.
Objek
grand design
Objek | Pekerjaan | Sebelum | Sesudah |
---|---|---|---|
Terminal i | Selesai (Terminal 1A-1B) Revitalisasi (Terminal 1C) |
18 juta penumpang/tahun | 38 juta penumpang/tahun |
Terminal 2 | Selesai (Terminal 2D-2E) Revitalisasi (Terminal 2F) |
19 juta penumpang/tahun | 41 juta penumpang/tahun |
Last 3 | Selesai | 4 juta penumpang/tahun | 62 juta penumpang/tahun |
Terminal four | Pembangunan | Belum ada | 25 juta penumpang/tahun |
Drop-off zone | Pelebaran | 4 lajur | 6 lajur |
Frock | Penambahan | 125 parking stand |
174-234 parking stand |
Cargo village | Pembaruan | 500 kiloton/tahun | 1.500 kiloton/tahun |
Pergerakan pesawat | Optimalisasi | 64 kali/jam (ii rails) |
72-90 kali/jam (two runway) |
Landas pacu | Penambahan | ii buah | 3 buah |
Tangki air bersih | Penambahan | 3 buah | 4 buah |
Main power station | Penambahan | 1 buah, 35 MW | two buah, 55 MW |
- Juga termasuk:
- Penutupan pintu M1 pada jam sibuk (07:00-18:00 WIB).
- Pembangunan
people mover system,
integrated building
berlantai 7 di antara T1 dan T2,
commercial area,
shelter bus. - Penataan parkir kendaraan T1 dan T2.
- Pembuatan
centralized check-in
dan
automatic baggage handling organization. - Pemudahan akses masuk/keluar bandara.
- Pembenahan manajemen arus lalu lintas udara.
Opsi perluasan yang ditawarkan
- Lahan seluas 400 hektaree yang berada di Kecamatan Teluknaga.
- Lahan seluas ane.200 hektaree yang berada di Kecamatan Pakuhaji.
- Pulau reklamasi seluas 9.000 hektaree yang sedang dalam proses pembuatan.[16]
Opsi landas pacu 3
Keputusan landas pacu three akan diputuskan pada bulan Maret 2014.[17]
- Cross parallel track: landas pacu 3 dibangun pada jarak beberapa meter di sebelah utara landas pacu 2, tanpa membangun Terminal four (T4).
- Independent runway: landas pacu 3 dibangun pada jarak 1 km di sebelah utara landas pacu ii, serta membangun Terminal iv (T4).
Maskapai dan Tujuan
Final penumpang
Berikut adalah destinasi maskapai berjadwal reguler dan
charter
dari dan menuju Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta.
Maskapai | Tujuan |
---|---|
AirAsia | Johor Bahru[18], Kuala Lumpur–Internasional, Penang |
Air Mainland china | Beijing–Ibu Kota,[19] Chengdu–Shuangliu[20] |
All Nippon Airways | Tokyo–Haneda, Tokyo–Narita |
Asiana Airlines | Seoul–Incheon |
Batik Air |
Ambon, Balikpapan, Banda Aceh, Bandar Lampung, Bangkok–Don Mueang, Banjarmasin, Banyuwangi, Batam, Denpasar, Gorontalo, Jambi, Jayapura, Jeddah, Kendari, Kuala Lumpur–Internasional,[21] Kupang, Labuan Bajo, Lombok, Lubuklinggau, Luwuk, Makassar, Manado, Manokwari, Medan, Padang, Palangkaraya, Palembang, Palu, Pangkal Pinang, Pekanbaru, Pontianak, Samarinda, Semarang, Silangit, Singapura, Solo, Sorong, Surabaya, Tanjung Pandan, Tanjung Pinang, Tarakan, Ternate, Timika, Yogyakarta–Internasional Charter: Haikou |
Batik Air Malaysia | Kuala Lumpur–Internasional |
Mainland china Pacific | Hong Kong |
Cebu Pacific | Manila |
Mainland china Airlines | Taipei–Taoyuan |
Cathay Eastern Airlines | Shanghai–Pudong |
Prc Southern Airlines | Guangzhou, Shenzhen |
Citilink |
Ambon, Balikpapan, Banjarmasin, Banyuwangi, Batam, Bengkulu, Denpasar, Jambi, Jayapura, Kendari, Kuala Lumpur–Internasional, Kunming, Kupang, Labuan Bajo, Lombok, Makassar, Malang, Manado, Medan, Padang, Palangkaraya, Palembang, Palu, Pangkal Pinang, Pekanbaru, Phnom Penh, Pontianak, Samarinda, Semarang, Silangit, Singapura, Solo, Surabaya, Tanjung Pandan, Tanjung Pinang, Yogyakarta–Internasional Musiman: Jeddah |
EgyptAir | Kairo |
Emirates | Dubai–Internasional |
Ethiopian Airlines | Addis Ababa[22] |
Etihad Airways | Abu Dhabi |
EVA Air | Taipei–Taoyuan |
Flynas |
Charter: Jeddah |
Garuda Indonesia |
Ambon, Amsterdam, Balikpapan, Banda Aceh, Bandar Lampung, Bangkok–Suvarnabhumi, Banjarmasin, Batam, Bengkulu, Biak, Denpasar, Gorontalo, Guangzhou, Hong Kong, Jambi, Jayapura, Jeddah, Kendari, Kuala Lumpur–Internasional, Kupang, Labuan Bajo, Lombok, Madinah, Makassar, Malang, Manado, Medan, Melbourne, (dilanjutkan 23 November 2022)[23] Merauke, Padang, Palangkaraya, Palembang, Palu, Pangkal Pinang, Pekanbaru, Pontianak, Semarang, Seoul–Incheon, Shanghai–Pudong, Singapura, Solo, Sorong, Surabaya, Sydney, Tanjung Pandan,[24] Tanjung Pinang, Ternate, Timika, Tokyo–Haneda, Yogyakarta–Internasional Charter: Pulau Natal |
Indonesia AirAsia |
Bangkok–Don Mueang, Denpasar, Johor Bahru, Kuala Lumpur–Internasional, Lombok, Medan, Padang, Pekanbaru, Penang, Pontianak, Silangit,[25] Singapura, Tanjung Pandan, Yogyakarta–Internasional (dilanjutkan 1 Januari 2023) |
Japan Airlines | Tokyo–Narita |
Jetstar Asia Airways | Singapura |
KLM | Amsterdam, Kuala Lumpur–Internasional[26] |
Korean Air | Seoul–Incheon |
Lion Air |
Ambon, Balikpapan, Bandar Lampung, Banjarmasin, Batam, Bengkulu, Biak, Denpasar, Gorontalo, Jambi, Jayapura, Kendari, Kupang, Labuan Bajo, Langgur, Lombok, Makassar, Manado, Manokwari, Medan, Merauke, Padang, Palangkaraya, Palembang, Palu, Pangkal Pinang, Pekanbaru, Pontianak, Semarang, Solo, Sorong, Surabaya, Tanjung Pandan, Ternate, Timika, Yogyakarta–Internasional Musiman: Jeddah, Madinah Charter: Guangzhou, Sanya, Wuhan |
Malaysia Airlines | Kuala Lumpur–Internasional |
NAM Air | Batam, Denpasar, Lubuklinggau, Muara Bungo, Pangkal Pinang, Pangkalan Bun, Pontianak, Sampit, Tanjung Pandan |
Oman Air | Muskat |
Pelita Air Service | Denpasar, Yogyakarta–Internasional |
Philippine Airlines | Manila |
Qantas | Sydney |
Qatar Airways | Doha |
Royal Brunei Airlines | Bandar Seri Begawan |
Saudia | Jeddah, Madinah, Riyadh |
Scoot | Singapura |
Shandong Airlines |
Charter: Chongqing |
Shenzhen Airlines | Shenzhen |
Singapore Airlines | Singapura |
SriLankan Airlines | Kolombo–Bandaranaike |
Sriwijaya Air | Denpasar, Makassar, Pangkal Pinang, Pontianak, Tanjung Pandan (berakhir fifteen Januari 2023) |
Super Air Jet |
Balikpapan, Bandar Lampung, Banjarmasin, Batam, Bengkulu,[27] Denpasar, Jambi, Lombok, Makassar, Medan, Padang, Palembang, Pekanbaru, Pontianak, Semarang, Solo, Surabaya, Tanjung Pandan,[28] Yogyakarta–Internasional |
Thai AirAsia | Phuket |
Thai Airways | Bangkok–Suvarnabhumi |
Thai Lion Air | Bangkok–Don Mueang[29] |
Thai Grin | Bangkok–Suvarnabhumi |
TransNusa | Denpasar, Yogyakarta–Internasional |
Turkish Airlines | Istanbul |
Uzbekistan Airways | Tashkent |
Vietnam Airlines | Kota Ho Chi Minh |
VietJet Air | Kota Ho Chi Minh |
Xiamen Airlines | Fuzhou, Xiamen |
Last kargo
Maskapai | Tujuan |
---|---|
AeroLogic | Bangkok–Suvarnabhumi |
AirBridge Cargo | Moskow–Sheremetyevo |
Air China Cargo | Shanghai–Pudong |
Air Hong Kong | Hong Kong |
ANA Cargo | Tokyo–Narita |
Asia Cargo Airlines | Singapura |
Cardig Air | Banjarmasin, Hanoi, Kendari, Kota Ho Chi Minh, Makassar, Manado, Pekanbaru, Singapura |
Cargolux | Dubai–Al Maktoum, Hong Kong, Luxembourg |
Cathay Pacific Cargo | Hong Kong |
People’s republic of china Airlines Cargo | Kuala Lumpur–Internasional, Taipei—Taoyuan |
China Cargo Airlines | Shenzhen |
Red china Southern Airlines Cargo | Guangzhou |
DHL Aviation | Hong Kong |
EgyptAir Cargo | Bangkok–Suvarnabhumi, Kairo |
Emirates SkyCargo | Dubai–Al Maktoum, Melbourne, Sydney |
Ethiopia Cargo | Addis Ababa, Anchorage |
Etihad Cargo | Abu Dhabi |
EVA Air Cargo | Taipei–Taoyuan |
FedEx Express | Bangkok–Suvarnabhumi, Guangzhou, Kota Ho Chi Minh, Singapura |
Garuda Cargo | Amsterdam, Bangkok–Suvarnabhumi, Beijing–Ibu Kota, Dubai–Internasional, Guangzhou, Hanoi, Hong Kong, Kota Ho Chi Minh, Kuala Lumpur–Internasional, Los Angeles, New York–JFK, Phnom Penh, Seoul–Incheon, Shanghai–Pudong, Singapura, Sydney, Tokyo–Narita |
K-Mile Air | Bangkok–Suvarnabhumi, Singapura |
Korean Air Cargo | Seoul–Incheon |
Lufthansa Cargo | Frankfurt |
MASkargo | Kuala Lumpur–Internasional |
My Indo Airlines | Balikpapan, Kuala Lumpur–Internasional, Semarang, Singapura |
My Jet Xpress Airlines | Kuala Lumpur–Subang |
Qantas Freight | Sydney |
Qatar Airways Cargo | Doha |
Raya Airways | Kuala Lumpur–Subang |
Silk Way Airlines | Baku |
Singapore Airlines Cargo | Singapura |
Tri-MG Intra Asia Airlines | Batam, Kuala Lumpur–Internasional, Singapura |
Turkish Cargo | Istanbul |
Lounge
Ada lima ruang tunggu bandara di area keberangkatan. Lounge Jasa Angkasa Semesta (JAS) tersedia untuk penumpang kelas satu dan bisnis Cathay Pacific , Qantas , EVA Air , Saudia , dan Singapore Airlines . Pura Indah Lounge tersedia untuk penumpang kelas satu dan bisnis Singapore Airlines , KLM , Malaysia Airlines , Emirates , Red china Pacific , dan China Airlines .. Lounge Garuda Republic of indonesia yang baru hanya tersedia untuk penumpang kelas bisnis dan kelas satu, serta pemegang kartu GECC dan GarudaMiles gilded ke atas. BNI Executive Lounge terletak di sebelah Garuda Republic of indonesia Lounge, lounge yang melayani penumpang dari semua maskapai. Lounge lain tersedia di luar area keberangkatan yang dioperasikan oleh perusahaan seperti Indosat , Sapphire, PT Mandara Jasindo Sena, Telkomsel , dan Xl Axiata . Pada tahun 2020, satu-satunya ruang tunggu maskapai di Terminal 2 dibuka bernama Ruang Tunggu Kelas Bisnis Batik Air di dalam ruang tunggu C7. Lounge Garuda Republic of indonesia telah dipindahkan ke Terminal 3 Ultimate.
Transportasi dari dan ke Bandara
Bus
Charabanc DAMRI tersedia menuju ke pusat kota, termasuk ke stasiun kereta Gambir dan terminal lain. Juga tersedia bus untuk pindah final, dari final 1, 2, iii termasuk juga terminal keberangkatan/kedatangan internasional. Rute rute yang dilayani oleh Bus dari Bandar Udara International Soekarno-Hatta :
|
|||||
---|---|---|---|---|---|
Passenger vehicle | Tujuan | Pangkalan | |||
Primajasa | Bandung |
Caringin
|
|||
RedWhite Star | Bandung |
|
|||
RedWhite Star | Bandung |
Gedung Sate |
|||
Cipaganti | Bandung |
|
|||
Cipaganti | Bandung |
|
|||
Cipaganti | Bandung |
|
|||
Cipaganti | Bandung |
|
|||
Cipaganti | Bandung |
|
|||
10-Trans | Bandung |
|
|||
Cititrans | Bandung |
|
|||
Ten-Trans | Bintaro |
|
|||
Ten-Trans | Serpong |
|
|||
Hiba Utama | Depok |
|
|||
Sinar Jaya | Cileungsi |
|
|||
Agra Mas | Cililitan |
|
|||
Damri | Bekasi (via Jl. Ahmad Yani dan Grand.H. Noer Ali) |
|
|||
Damri | Bekasi (via Jl. H. Mulyadi Joyomartono) |
|
|||
Damri | Terminal Blok M |
Terminal Blok M |
|||
Damri | Bogor |
|
|||
Damri | Cibinong |
|
|||
Damri | Depok |
|
|||
Damri | Jababeka |
|
|||
Damri | Stasiun Gambir |
|
|||
Damri | Last Kampung Rambutan |
|
|||
Damri | Kemayoran |
|
|||
Damri | Kota Harapan Indah |
|
|||
Damri | Lebak Bulus |
|
|||
Damri | Mangga Dua |
|
|||
Damri | Final Pasar Minggu |
|
|||
Damri | Dark-green Pramuka Metropolis |
|
|||
Damri | Rawamangun |
|
|||
Damri | Merak |
|
|||
Damri | Last Pulo Gebang |
|
|||
Damri | Lippo Village |
|
|||
Damri | Terminal Tanjung Priok |
|
|||
Damri | Karawang |
|
|||
Damri | Purwakarta |
|
|||
Damri | Kemang Pratama |
|
|||
Damri | Sentul City |
|
|||
Damri | Serpong |
|
|||
Damri | Thamrin Urban center |
|
|||
Damri | Epicentrum Rasuna |
|
|||
Damri | Pondok Cabe |
|
|||
Damri | Citra Raya |
|
|||
Damri | Sukabumi |
|
|||
Damri | Labuan via Tol Serang-Panimbang |
|
|||
Damri | Universitas Padjadjaran |
|
|||
JA Connexion | Kelapa Gading |
|
|||
JA Connection | Mall Taman Anggrek |
|
|||
JA Connexion | ITC Cempaka Mas |
|
|||
JA Connexion | Lotte Shopping Avenue |
|
|||
JA Connection | Pondok Indah |
|
|||
JA Connexion | BSD City |
|
|||
JA Connexion | Summarecon Serpong |
|
Kereta Ekspres Bandara
Pada Juli 2011, pemerintah telah memberi tugas kepada PT Kereta Api Indonesia untuk membangun kereta api yang menghubungkan Stasiun Manggarai ke Bandara melalui Tangerang dengan biaya Rp2.25 triliun (U.s.a.$ 250 juta). Jalur sepanjang vii km akan dibangun untuk menghubungkan stasiun kereta komuter di Tangerang dan bandara selain untuk mempercepat kinerja kereta api. Jalur tunggal yang ada di komuter antara Manggarai dan Batuceper akan diperluas menjadi 2 jalur. Jalur tersebut akan menghubungkan stasiun Manggarai, Sudirman Baru, Duri, Batuceper dan Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Pemerintah juga menawarkan jalur ekspress sepanjang 33 KM antara Stasiun Manggarai dan bandara melalui Angke dan Pluit kepada investor sebagai
Public Private Partnership
(PPP). Pada Maret 2012, pemerintah memutuskan untuk mempercepat pembangunan kereta api komuter jalur ganda yang diprediksi akan mulai beroperasi pada pertengahan 2013. Sekarang PT KAI sedang mempelajari titik masuk di bandara, ketika kereta akan memasuki bagian belakang bandara melalui gerbang M1 atau berjalan berdampingan dengan koridor Djakarta Outer Band Road sebelum memasuki bandara. Per 26 Desember 2017, kereta api bandara sudah dioperasikan dari Stasiun BNI City menuju Bandara Soekarno-Hatta dan telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 2 Januari 2018.
Kecelakaan dan insiden
- Pada tanggal 28 Oktober 1997, pesawat Trigana Air Service Fokker F-28 Fellowship 3000 penumpang kembali mendarat di Bandara Internasional Jakarta-Soekarno-Hatta setelah pesawat mengalami masalah teknis dua menit setelah lepas landas. Asap dan panas yang parah telah memasuki kokpit dan kabin penumpang. Pesawat mengalami kerusakan akibat panas.
- Pada tanggal eighteen Desember 1997, SilkAir Penerbangan 185, Sebuah Boeing 737-300 9V-TRF jatuh ke Sungai Musi, Pilot Tsu Fashion Ming mengunci co pilot Duncan Ward keluar dari kokpit dan menonaktifkan transponder, CVR dan FDR sebelum terjun pesawat dari 35.000 kaki ke dalam power dive yang begitu cepat dan bagian-bagian kuat dari pesawat hancur sebelum menabrak sungai, Semua 104 penumpang di dalamnya tewas.
- Bom Bandar Udara Soekarno-Hatta 2003 – Pada tanggal 27 April 2003, sebuah bom meledak di terminal 2, ruang keberangkatan terminal domestik. Bom itu disembunyikan di bawah meja kios KFC dan meledak saat jam makan siang. Akibat ledakan tersebut 10 orang terluka, seorang remaja berusia 17 tahun bernama Yuli mengalami luka berat. Kakinya harus diamputasi. Layanan darurat dikerahkan ke tempat kejadian dan diduga motif pengeboman itu adalah Gerakan Aceh Merdeka, sebuah gerakan separatis di Aceh. Hal itu dibuktikan dengan lokasi ledakan yang terletak di ruang penumpang domestik ketimbang di ruang penumpang internasional.
- Pada tanggal 11 Agustus 2003, sebuah pesawat Garuda Indonesia Fokker F-28 Fellowship 3000R mengalami kerusakan gigi utama kiri setelah penerbangan dari Surabaya.
- Pada tanggal 9 Maret 2009, sebuah Lion Air Medico-90 menabrak landasan pacu 25L, karena pendekatan yang tidak stabil 100 meter (330 kaki) sebelum landasan pacu dalam hujan dan angin kencang, di mana pesawat mendarat di sebelah kiri garis tengah. Meskipun pembalik daya dorongnya berfungsi, ia membelok ke kanan, mengakibatkan pesawat beristirahat xc derajat dari landasan.
- Pada 29 Oktober 2018, Lion Air Penerbangan 610, Boeing 737 MAX 8 registrasi PK-LQP, jatuh ke Laut Jawa 13 menit setelah lepas landas dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Penerbangan tersebut merupakan penerbangan domestik berjadwal menuju Bandara Depati Amir, Pangkal Pinang, Indonesia. Semua 189 orang di dalamnya tewas.
- Pada 9 Januari 2021, Sriwijaya Air Penerbangan 182, Boeing 737-500 PK-CLC jatuh ke Laut Jawa half-dozen menit setelah lepas landas dari bandara internasional Jakarta. Penerbangan itu adalah penerbangan domestik terjadwal ke Bandara Supadio, Borneo, Semua 62 orang di dalamnya tewas.
Permasalahan
Bandara Soekarno-Hatta telah mengalami banyak permasalahan, di antaranya adalah:
Jumlah penumpang yang meningkat
Di Terminal 1, bandara sering mengalami kelebihan kapasitas penumpang. Hal ini membuat para penumpang untuk mengantri lebih lama. Saat ini, Bandara Soekarno-Hatta sudah melayani lebih dari 50 juta penumpang per tahunnya, sementara bandara ini hanya dirancang untuk menangani sekitar 22 juta penumpang per tahunnya.
Banjir
Dalam beberapa tahun terakhir, ii banjir telah melumpuhkan ribuan penumpang di bandara. Satu-satunya jalan ke bandara kebanjiran sehingga kendaraan tidak bisa bepergian di jalan raya, kecuali truk dan passenger vehicle. Saat ini, adanya solusi untuk masalah ini terletak pada PT Jasa Marga Tbk. Solusinya adalah dengan membangun sebuah jembatan di atas tingkat banjir terakhir, sehingga jalan raya tidak akan banjir lagi. Kelihatannya, “jembatan” yang diusulkan sekarang ini menjadi seperti proyek bendungan. Pada bulan Juni 2008, Jakarta sekali lagi dilanda banjir. Menurut BMKG, ini adalah banjir terburuk dalam 180 tahun terakhir.
Premanisme
Banyak Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang mengaku ketakutan saat berurusan di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Banten. Bahkan saat kunjungan kerja ke Argentina baru-baru ini, Anggota Komisi Nine DPR mendapat laporan dari ratusan pelaut asal Indonesia yang takut pulang karena khawatir bakal dikerjai oknum-oknum di Bandara Soekarno-Hatta.[31]
Kriminalitas
Kriminalitas yang tinggi seperti pencopetan, perampokan, pencurian, penukaran tas, pencongkelan bagasi dan lain-lain telah membuat penumpang di Bandara Soekarno-Hatta menjadi resah.[32]
[33]
Galeri
-
Driblet-off zone Soekarno-Hatta.
-
Tempat Check In Terminal ii Soekarno-Hatta.
-
Terminal 2E Soekarno-Hatta.
-
Pengambilan bagasi di Terminal 2 Soekarno-Hatta.
-
Concluding kedatangan 2F Soekarno-Hatta.
-
Menara ATC Soekarno-Hatta.
-
Bangunan terminal dengan kebun di Soekarno-Hatta.
-
Ruang tunggu Terminal 2 Soekarno-Hatta.
-
Terminal one difoto saat suatu maskapai baru saja mendarat di Soekarno-Hatta.
-
-
Area pertokoan yang sedang sepi di Soekarno-Hatta.
-
SkyTrain Soekarno-Hatta saat masih dalam pembangunan konstruksi.
Lihat pula
- Daftar bandar udara di Indonesia
- Daftar bandar udara tersibuk di Republic of indonesia
Referensi
-
^
“Preliminary globe airport traffic rankings released”. Diarsipkan dari versi asli tanggal 17 May 2020. Diakses tanggal
31 July
2019.
-
^
“Annual Study 2018”
(PDF). Diarsipkan dari versi asli
(PDF)
tanggal 2019-07-31. Diakses tanggal
2019-08-09
.
-
^
“Soekarno–Hatta International airport – Economical and social impacts”. Ecquants. Diakses tanggal
14 September
2013.
-
^
(Persero), PT Angkasa Pura Ii. “Bandara Changi Terbaik, Soetta Berkembang Pesat – PT Angkasa Pura II”.
www.angkasapura2.co.id. Diarsipkan dari versi asli tanggal 28 March 2019. Diakses tanggal
eighteen March
2017.
-
^
“Preliminary 2012 World Airport Traffic and Rankings”. Airports Council International. 26 March 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal 17 May 2013. Diakses tanggal
28 March
2013.
-
^
PT Angkasa Pura II (Persero). “Halaman Tidak Ditemukan – PT Angkasa Pura II”.
PT Angkasa Pura Two (Persero). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-06-27. Diakses tanggal
18 Baronial
2015.
-
^
“Bandara Soekarno Hatta Raih Dua Penghargaan”.
Media Indonesia. Media Indonesia. May 17, 2011. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 22, 2011.
-
^
Santoso, Agus (2015).
Naskah Sumber Arsip Presiden RI : Soeharto. Arsip Nasional Republik Indonesia. hlm. 47.
[
pranala nonaktif permanen
]
-
^
a
b
“Airports.org”. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-01-eleven. Diakses tanggal
2012-03-03
.
-
^
ATW Online -
^
“Airports.org”. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-02-xix. Diakses tanggal
2012-03-03
.
-
^
ATW Online -
^
“Airport.org”. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-04-29. Diakses tanggal
2012-03-03
.
-
^
“Airports.org”. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-02-eleven. Diakses tanggal
2012-03-03
.
-
^
https://tangerangonline.id/2022/10/thirty/catat-berikut-maskapai-yang-beroperasi-di-last-3-bandara-soetta/ -
^
Tempo -
^
Rencana landasan ketiga bandara Soekarno-Hatta diputuskan Maret -
^
https://amp.kompas.com/money/read/2017/01/xi/193143326/airasia-layani-rute-jakarta-johor-bahru -
^
“Air China NW22 International / Regional Operations – 16OCT22”.
Aeroroutes. 19 October 2022. Diakses tanggal
nineteen October
2022.
-
^
“Air Prc NW22 International / Regional Operations – 16OCT22”.
Aeroroutes. xix October 2022. Diakses tanggal
19 Oct
2022.
-
^
Liu, Jim. “Batik Air Resumes Dki jakarta – Kuala Lumpur Service late-June 2022”.
Aeroroutes
(dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal
16 June
2022.
-
^
https://utiket.com/id-id/tiket-pesawat/jadwal/et629.html -
^
“Flight Schedule between Australia and Indonesia – Garuda Republic of indonesia”.
-
^
https://www.instagram.com/s/aGlnaGxpZ2h0OjE3ODY3ODMwOTg1MDY0MTEy?story_media_id=2919031142913794837_1476725658&igshid=YmMyMTA2M2Y= -
^
https://www.instagram.com/p/ChboZVaPqWu/?igshid=YmMyMTA2M2Y= -
^
Widyanti, Ni Nyoman Wira (31 Agustus 2022). Widyanti, Ni Nyoman Wira, ed. “KLM Layani Penerbangan dari Jakarta dan Kuala Lumpur per 31 Oktober”.
Kompas.com. Jakarta: KG Media.
-
^
https://www.instagram.com/p/Ch54dytPcm4/?igshid=YmMyMTA2M2Y= -
^
https://www.instagram.com/p/Ch4ZPhtvIot/?igshid=YmMyMTA2M2Y= -
^
https://www.instagram.com/p/CcSfFk2vS0G/?igshid=YmMyMTA2M2Y= -
^
DAMRI -
^
JPNN
[
pranala nonaktif permanen
]
-
^
“Suara Pembaruan”. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-01-xv. Diakses tanggal
2012-10-11
.
-
^
Kompas
Pranala luar
-
(Indonesia)
Informasi bandar udara World Aero Data untuk WIII -
(Indonesia)
Sejarah kecelakaan ASN untuk CGK -
(Indonesia)
(Inggris)
Situs resmi Diarsipkan 2021-04-06 di Wayback Auto.
Tahapan Pembangunan Rumah Satu Lantai
Source: https://id.wikipedia.org/wiki/Bandar_Udara_Internasional_Soekarno%E2%80%93Hatta