Tahap Pembangunan Rumah 2 Lantai

Tahap Pembangunan Rumah 2 Lantai

Tahap Pembangunan Rumah 2 Lantai

Rumah Minimalis 2 Lantai sering dibangun dengan kompleksitas lebih, karena terkait jumlah ruangan yang bisa dimaksimalkan, meski di atas lahan dengan luas terbatas. Nah, untuk mengoptimalkan pembangunannya, berikut beberapa tips yang bisa Anda perhatikan.

Tak hanya bangunan satu lantai, keterbatasan lahan sering membuat orang membangun rumah bertingkat. Cara ini tentu saja diambil sebagai jawaban kebutuhan ruangan atau kamar yang dibutuhkan dalam sebuah rumah.

Tanpa mengurangi fungsi rumah yang dapat memberi kenyamanan saat dihuni, mengoptimalkan desain rumah minimalis ii lantai bisa Anda lakukan dengan memperhatikan beberapa hal. Berikut beberapa diantaranya :

Pelajari Material yang dibutuhkan

Tak semua orang mau melakukan hal ini, sehingga kebutuhan belanja material sering diberikan langsung oleh perusahaan kontraktor yang bertugas melaksanakan proyek konstruksi. Pada dasarnya hal ini tidak salah, bahkan langkah yang tepat, hanya saja jika Anda mau mengakuisisi hal ini, maka banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

Salah satunya dalam hal menentukan desain atau konsep rumah idaman yang hendak Anda bangun. Dengan mengatasi setiap permasalahan yang muncul dengan solusi yang tepat berkat penggunaan material bahan baku yang dibutuhkan.

Mengetahui jenis produk material bangunan yang akan digunakan akan memberi Anda keuntungan. Di antaranya kemampuan memilih produk yang tepat dengan harga lebih terjangkau dengan kualitas terbaik, sesuai dengan kebutuhan.

Pelajari Kondisi Tanah

Kondisi tanah sering menjadi penentu panjang pendeknya usia bangunan, terutama jenis rumah minimalis 2 lantai. Dalam hal ini, tanah dengan karakter bergerak, akan membuat struktur bangunan rumah mudah rusak, sehingga tidak memiliki usia pakai sesuai harapan.

Pada dasarnya, pembuatan pondasi yang tepat dapat menghindari masalah tersebut. Atau jika memungkinkan, pilih tanah (untuk rumah) yang tidak mudah bergerak, sehingga saat dibangun di atasnya tak mudah merusak struktur bangunan.

Read:  Ongkos Bangun Rumah Per Meter

Pada dasarnya banyak hal yang perlu diketahui, terutama dalam hal memahami kontur tanah dan struktur bangunan yang dibutuhkan. Cara paling mudah dalam hal ini adalah bekerja sama dengan perusahaan kontraktor bangunan profesional dan berpengalaman.

Pondasi Kokoh Sangat Penting

Setiap bangunan atau rumah pasti membutuhkan pondasi yang kokoh agar bisa ditempati dalam jangka waktu lama. Namun, untuk urusan rumah minimalis ii lantai, bagian ini sebaiknya benar-benar diperhatikan.

Menggunakan komposisi cloth yang tepat dan berkualitas adalah cara tepat untuk memenuhi kebutuhan ini. Termasuk proses komposisi pencampuran material pengikat, seperti semen, kerikil, beton, dan pondasi baja yang dibutuhkan harus sesuai.

Jika Anda kurang berpengalaman dalam hal ini, bekerjasama dengan kontraktor bangunan yang tepat dan profesional akan membuat proses ini mudah diatasi. Begitu juga proses dan penggunaan material bangunan akan terpenuhi dengan baik.

Pilih Konsep Sesuai Kebutuhan

Kebutuhan rumah sering bersifat personal, disesuaikan seperti apa keluarga yang menghuni di dalamnya. Pasangan muda, keluarga dengan beberapa orang anggota keluarga, atau untuk Anda tempati seorang diri. Hal tersebut sering disesuaikan dengan konsep tipe rumah seperti apa yang hendak dibangun.

Paling sering adalah pengaruh jumlah kamar yang dibutuhkan, kebutuhan ini sering disesuaikan dengan jumlah anggota keluarga, atau orang yang sering mengunjungi rumah tersebut. Termasuk fasilitas ruangan yang dibutuhkan, seperti ruang makan, ruang utama (berkumpul dan sebagainya).

Begitu juga bagi Anda yang hanya menempati rumah tersebut seorang diri. Konsep dengan desain mod, industrial, vintage, dan sebagainya adalah cara membuat diri nyaman berada di dalam rumah dalam waktu lama.

Pentingnya Proses Budgeting

Budgeting merupakan salah satu proses penting dalam aktivitas konstruksi, karena hal ini berkaitan dengan langkah selanjutnya yang akan dilakukan. Seperti belanja kebutuhan textile bangunan yang dibutuhkan, fasilitas yang ingin dibangun dan sebagainya.

Read:  Estimasi Biasa Bangun Rumah 2 Lantai

Proses ini perlu dilakukan dengan tepat, terutama bagi Anda yang memiliki budget terbatas dan ingin membangun rumah minimalis two lantai. Mengingat kebutuhan ini memiliki beberapa elemen penting yang perlu diperhatikan.

Seperti bagian eksterior yang menunjukkan kesan berestetika dengan kebutuhan jendela untuk masuknya sinar matahari secara bebas. Tangga, jumlah kamar, dan pengaturan fungsi ruangan lain yang berada di dalam rumah, bisa juga dioptimalkan meski dengan pembiayaan terbatas.

Pilih Kontraktor Bangunan Yang Tepat

Merupakan cara paling mudah dan solutif dalam mengatasi permasalahan, salah satunya saat membangun rumah minimalis 2 lantai. Banyak kelebihan yang bisa Anda dapat saat melakukan hal ini sejak awal, salah satunya efektifitas dalam perhitungan.

Kontraktor Bangunan yang tepat akan membantu Anda membuat perencanaan yang matang, dan desain yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, pengalaman membuat mereka juga memberi Anda gambaran pengeluaran yang bisa disesuaikan dengan proses budgeting.

Karena dipikirkan sejak awal, strategi yang Anda buat dengan pihak yang tepat akan membuat rencana berjalan lancar sesuai konsep. Sehingga bangunan berdiri sesuai harapan dengan usia penggunaan maksimal, tanpa terkendala beragam masalah yang bisa saja muncul pada proses pembangunan.

Jenis Tangga Untuk Rumah Minimalis ii Lantai

Untuk memaksimalkan fungsi tiap ruangan pada rumah minimalis 2 lantai, tangga merupakan elemen penting yang harus ada. Dan biasanya ada three jenis tangga yang biasa dimanfaatkan untuk kebutuhan konsep rumah jenis ini.

Tangga Tegak.

Merupakan tipe anak tangga konvensional yang sering digunakan pada bangunan lebih dari satu lantai. Pembangunan tangga jenis ini biasanya dilakukan pada tipe rumah minimalis dengan ruangan tipe besar.

Tangga tegak pada jenis rumah minimalis biasanya disesuaikan dengan infinite yang ada, dalam hal ini menyesuaikan panjang atau pendek anak tangga agar sesuai dengan ruangan. Tak hanya itu, bagian bawah anak tangga sering dimanfaatkan untuk beberapa kebutuhan, salah satunya ruang penyimpanan, bahkan meletakkan meja (surface area) televisi.

Read:  Nilai Susut Bangunan Rumah Mewah

Tangga Zigzag.

Merupakan jenis tangga yang hampir mirip dengan tangga tegak, hanya saja untuk mengoptimalkan penggunaan ruang rute dibuat membelok. Cara lain juga bisa dilakukan dengan putar balik, sehingga infinite yang digunakan lebih sedikit.

Dalam hal estetika, tipe tangga jenis ini biasanya memiliki kelebihan dibanding tangga tegak pada umumnya. Selain itu, cara ini dapat digunakan untuk memanfaatkan kelebihan ruang kosong pada bagian ruangan yang kosong.

Tangga Putar.

Merupakan penyesuaian paling sederhana dua tipe tangga di atas. Jenis tangga ini bahkan membutuhkan ruang sangat sedikit, sehingga sisa lainnya bisa digunakan untuk fasilitas lain dalam rumah.

Dalam hal estetika, tangga jenis ini sangat unik, namun dalam hal kenyamanan dirasa masih sangat kurang dibanding dua tipe tangga sebelumnya. Terutama bagi orang yang tak terbiasa menaiki tangga jenis ini, dibutuhkan usaha lebih untuk bisa mencapai ujung paling atas tangga.


PT Anggaza Widya Ridhamulia merupakan perusahaan konstruksi swasta yang sudah menangani berbagai proyek skala nasional selama lebih dari ane dekade. Apabila Anda membutuhkan layanan jasa konstruksi profesional, silahkan hubungi kami untuk informasi dan konsultasi lanjutan.

Tahap Pembangunan Rumah 2 Lantai

Source: https://www.awrm.co.id/tips-membangun-rumah-minimalis-2-lantai/

Check Also

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal Rencana Anggaran Biaya (RAB) Bangunan Tahun 2020 File Sofcopy Dalam …