Sukses Install Pembaruan Tata Cara Android (Oppo Dan Samsung)

Sarah Lea
Selamat saya ucapkan terhadap Pengguna salah satu dari 5 ponsel pandai android Samsung berikut ini yang sudah bisa upgrade ke model 5.0 dan 5.1.1

Adapaun ke 5 ponsel pandai android yang saya maksud yakni : Galaxy Note 3 N9000, Galaxy S4 i9500, Galaxy Alpha (G850FQ, G850Y), Galaxy S5 Mini, dan Galaxy Grand Prime, Sumber : GSM Arena

Sebelum masuk klarifikasi bagaima cara menginstall pembaruan metode pada perangkat android, mimin mau nanya..?

…apakah anda tahu pergantian apa yang hendak anda sanggup dan rasakan sehabis perangkat anda melakukan Android Lollipop..?

Fitur Baru Android Lollipop dan Manfaatnya

Seperti keterangan yang sudah beredar luas, pembaruan perangkat metode ke model 5 (lollipop) membawa  seabrek fitur yang sungguh bermanfaat diantaranya :

1. ART Menggantikan Dalvik 

Pada dasarnya, Android berlangsung menggunakan mesin virtual (Emulator).

Layaknya Seperti kita melakukan android pada PC dengan metode operasi Windows menggunakan Bluestacks.

Mesin virtual (Emulator) yang digunakan pada metode operasi android terdahulu hingga dengan model Kit Kat disebut dengan Dalvik.

Pada metode operasi android Lolipop, Dalvik sepenuhnya digantikan oleh emulator yang lebih canggih yang dinamakan ART (Andorid Run Time)

ART ini diklaim Google berlangsung 4 kali lebih singkat dibandingkan Dalvik.

Sehingga secara teori perangkat androdi dengan ART pastinya bisa berlangsung lebih singkat dari sebelumnya.

2. Project Volta

Masalah klasik ponsel pandai android terletak ada pada konsumsi daya baterai yang tinggi. Pada model android 5 ini, Google bareng Tim Android dan Developer menyebarkan project gres berjulukan Volta.

Project volta ditujukan untuk menyebarkan suatu metode cendekia yang dapat memangkas penggunaan daya yang tidak perlu secara otomatis dari aplikasi yang berlangsung di latar belakang.

Dengan adanya fitur ini, anda tidak perlu lagi memasang aplikasi penghemat daya baterai yang menurut mimin tidak efektive dan cuma ikut mengkonsumsi RAM.

3. Notififkasi Yang Lebih Baik

Pada model android sebelumnya, dikala menemukan pemberitahuan menyerupai : pesan masuk, panggilan, email gres dikala diklik maka secara otomatis aplikasi tersebut akan terbuka. Pasti jengkel downk jikalau sedang asik asiknya WAR (COC) mesti terusik dengan hal-hal remeh menyerupai itu.

Google pun mengetahui problem tersebut dan memperbaikinya. Pada andorid lolipop, kita bisa bisa eksklusif membalas pesan, email, menjawab panggilan tanpa membuka aplikasi, namun cukup dari area notifikasi saja.

Apabila notifikasi ingin diabaikan, tinggal swipe saja,,,masalah beres.

4. Material Design

Yang paling kasatmata terlihat dari android lolipop yakni performa UI yang dinamakan Material Design. Tampilan antar tampang android lollipop dipenuhi objek dengan susuan dan paduan warna yang indah

Pada setiap susunannya memiliki imbas banyangan sehingga akan terlihat nyata. Efeknya..Saat melaksanakan slide notifikasi, halaman, dan perpindahan aplikasi akan terlihat lebih menarik. UI material design ini akan lebih terasa jikalau menggunakan Stock Android.

Sedangkan untuk ponsel pandai android samsung yang dibalut dengan UI Touchwiz, perubahannya mungkin akan sedikit beda.

5. Add New User 

Faktor keselamatan tetap menjadi prioritas Google disetiap edisi Android yang mereka kembangkan. Pada OS model 5 ini Google membenamkan fitur gres berupa penambahan pengguna (USER) lain.

Apa sih tujuannya fitur ini….?

Misalnya anda sudah memasukkan data kartu kredit atau metode pembayaran lain menyerupai paypall pada ponsel pandai android anda lantaran sering bertransaksi online. Saat kawan atau keluarga bertujuan minjam hape untuk nelpon atau sekedar kirim SMS.

Read:  Flash Oppo A77 Cph1715 Via Downloadtool

Tentu anda tak mau ada insiden dimana kawan atau saudara anda secara tidak sengaja salah pencet dan melaksanakan transaksi online menggunakan kartu kredit atau paypall anda. Itulah fungsi add new user pada Android Versi 5 Lollipop ini.

Kita menghasilkan User gres yang fungsinya kita batasi. Misalnya untuk nelpon dan SMS saja, sedangkan untuk masuk ke User utama (akun anda) mesti menggunakan password.

Makara kita merasa kondusif tanpa mesti jadi pelit…Bagaimana Tertarik untuk memajukan model android ponsel pandai anda ke Lollipop..?

Jika iya.. Lanjutkan baca tutorial berikut..!

Cara Upgrade Ke Android Versi 5 (Lolipop)

Ada dua pilihan yang anda dapat pakai untuk memajukan model android anda ke model lollipop yakni : secara Over The Air (OTA) atau secara Manual.

#1. Cara Pertama : Via OTA


Maksud dari via OTA yakni : anda mendownload pembaruan metode secara online eksklusif dari perangkat. Tetapi, cara ini tidak dapat dijalankan sembarangan, ada antisipasi dan kriteria yang perangkat anda penuhi.

Lakukan Persiapan dengan melaksanakan Backup data dan Aplikasi Untuk mengindari kehilangan file-file bermanfaat lantaran melakukan proses upgrade. Anda diharuskan menghasilkan cadangan dari file-file tersebut.

File-file yang semestinya anda buat cadangannya yakni : video, gambar, dokumen yang tersimpan di penyimpanan internal.

Hal ini  juga mempunyai kegunaan untuk menampilkan ruang yang cukup untuk metode baru, lantaran android model Lolipop butuh ruang penyimpanan yang tidak mengecewakan banyak.

Selengkapnya akan mimin jelaskan nanti pada segment selanjutnya.

Yang tidak kalah penting Buatlah cadangan semua kontak yang ada pada ponsel pandai anda dengan cara : buka santapan Kontak – Pengaturan kemudian pilih Import/Export kontak ke SD Card.

Nanti file cadangan kontak yang sudah dieksport akan berformat VCF (Kontak.VCF).

Selanjutnya.. Agar nanti anda tidak menghabiskan paket data internet untuk mendownload ulang aplikasi, kerjakan backup aplikasi sebelum melakukan upgrade.

Gunakan aplikasi menyerupai SD Maid.

Download SD Maid di Playstore kemudian install.

Setelah itu kerjakan aplikasi untuk melakukan pencadangan aplikasi. Buka santapan Kontrol Aplikasi pada SD Maid dan klik aplikasi yang hendak anda buat cadangannya. Klik aplikasi yang dibentuk cadangannya kemudian pilih pilihan eksport berkas apk.

Nanti file apk yang sudah di eksport akan berada di folder download penyimpanan internal. Pindahkan file apk tadi SD Card untuk kita gunakan nanti sehabis proses upgrade selesai dan sukses.

Persyaratan Upgrade Via OTA 

Baterai 100%. Banyak tutorial diluar sana yang menganjurkan daya baterai minimal tersisa 60% untuk melakukan proses upgrade Android.

Kalau menurut mimin, daya baterai wajib 100%. Hal ini untuk menyingkir dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Rahasia

Soalnya ancaman jikalau pada dikala proses upgrade daya baterai kemudian habis, bisa-bisa bootlop hape anda pemirsa..

Untuk itu charge hape sampe 100%..sekali lagi 100%.

Tersedia 1 GB Ruang. Sebelum upgrade OS ke Lolipop, rencanakan ruang penyimpanan internal hape anda semaksimal mungkin. Setidaknya tersedia ruang kosong 1 GB. Lebih banyak ruang kosong lebih baik. Untuk itu hapus aplikasi dan data yang sebelumnya sudah anda buat cadangannya.

Read:  Download Firmware Samsung Galaxy A8 Star Sm-G885f Indonesia

Jaringan Internet Stabil. Karena file upgrade yang mesti didownload terhitung besar (1,5 GB), direkomendasikan menggunakan jaringan Wifi dibandingkan paket data internet.

Pastikan pula kecepatan unduh jaringan Wifi yang anda pakai juga kencang. Jaringan Wifi yang lebih stabil menghasilkan daya baterai tidak terkuras banyak, namun kalau tidak ada Wifi, ya sudah gunakan paket data.

Paket data yang diperlukan setidaknya 2GB, lebih banyak paket data lebih baik. Sisanya bisa anda pakai lagi untuk update Google Play Service yang lazimnya minta update sehabis melakukan OS terbaru.

Sebagai informasi, berikut ini mimin kasih daftar paket data yang dapat anda beli untuk kebutuhan mendownload file upgrade sistem.

  • XL (Internet XTRA Combo 6 GB). Hubungi *123*2*1# untuk berbelanja paket Internet XTRA Combo bulanan dengan Quota 2GB untuk jaringan 2G/3G dan bonus 4GB untuk Jaringan 4G seharga Rp.59.000. Selain itu gratis Youtue selama satu bulan sehingga bisa puas streaming youtube salama satu bulan penuh.
  • Telkomsel Flash (6 GB). Hubungi *363*55# untuk berbelanja paket data Flash 2 GB pada jaringan 2G/3G dan bonus 4 GB pada jaringan 4G seharga Rp.61.000. Ada bonus 1 GB untuk langganan HOOQ selama satu bulan penuh.
  • Indosat (IM3 Oredoo). Indosat menawarkan paket data 2GB selama satu bulan sarat pada jaringan 2G/3G/4G seharga Rp.55.000 dengan menghubungi *123#.

Perangkat Tidak di-Root. Meskipun dengan me-Root Smartphone kita bisa mengedit metode untuk kebutuhan tertentu menyerupai Menghapus Bloatware.

Ng-Root hape bisa menyebakan proses Upgarde Android gagal. Biasanya akan ada pesan ” Perangkat anda sudah dimodifikasi ” Pembaruan perangkat lunak tidak tersedia

Jika anda menemukan pesan menyerupai itu, un-Root hape anda dengan melaksanakan Reset ke Pengaturan Pabrik. Caranya : buka pengaturan / Akun / Pencadangan dan Reset. Proses ini akan meniadakan aplikasi dan akun-akunnya sekaligus, semisal facebook, BBM, Whatsap, Line dll.

Cara Upgrade Sistem Android Online

Sebenarnya pembaruan metode via OTA sudah mimin jelaskan pada tutorial Update perangkat lunak.

Sebelum mulai, mimin buat perjanjian dahulu dengan anda dimana segala kerusakan perangkat anda yang disebabkan dari tutorial ini menjadi tanggung jawab anda.

Untuk mengawali proses Upgrade buka santapan pengaturan (Setting) – Tentang Perangkat (About Phone) – Perbarui Perangkat Lunak. Setelah itu, perangkat akan menghubungi server sentra untukmeminta pembaruan perangkat lunak sesuai dengan tipe perangkat anda.

Jika tersedia, anda akan diarahkan untuk mendownload file yang diperlukan dengan apalagi dahulu menyepakati perjanjian lisensi. Setelah menyetujui, klik download dan prosesnya tergantung dari kecepatan internet anda. Setelah selesai, install pembaruan dan perangkat akan Restart.

Selesai.

Tambahan

Adakalanya notifikasi pembaruan metode tidak diinformasikan keperangkat, menyerupai kendala yang terjadi pada Galaxy Grand Prime. Untuk itu kita mesti cek sendiri dan menginstall file upgrade secara manual.

Cara Install Firmware Android Secara Manual

Sama halnya menyerupai proses upgrade via OTA, apalagi dahulu kerjakan Persiapan dengan menghasilkan cadangan dari file Musik, Video, Aplikasi dan Kontak.

Tetapi tahap ini bisa anda lewatkan apabila semua file penting sudah anda pindahkan ke memosri eksternal (SD Card).

Siapkan Peralatan dan Program Yang Diperlukan

Untuk proses upgrade secara manual (Offline) ada perlengkapan derma yang kita butuhkan menyerupai :

#1. Komputer atau Laptop

Read:  Cara Upgrade Model Android Galaxy Note 3 N9002, Kit Kat Ke Lollipop

Mimin lebih mengusulkan menggunakan laptop untuk menyingkir dari gangguan tidak disangka-sangka menyerupai listrik padam.

Dengan menggunakan laptop, proses upgrade tetap bisa dilanjutkan lantaran ada cadangan daya dari baterai.

#2. Kabel Data Original (Berkualitas Baik)

Terdengar sepele namun kalau diabaikan bisa bikin pusing.

Mimin pernah upgrade ponsel pandai android namun ditengah jalan proses terhenti lantaran kabel datanya sudah mau rusak.

Akibatnya..

Smartphone android mimin bootloop..

Untuk itu gunakan kabel data original bawaan hape dan masih dalam keadaan baik.

Perangkat Lunak Yang Diperlukan

Selain memerlukan firmware yang cocok dengan tipe dan pita dasar ponsel pandai menyerupai yang sudah mimin jelaskan pada Panduan Download Firmware Samsung.

Kita butuh dua software lagi yakni Odin dan Samsung USB Driver.

Odin diperlukan untuk menginsall firmware kedalam ponsel pandai android.

Versi Odin yang direkomendasikan untuk menginstall firmware android Lollipop gunakan model modern saja.

Download Odin disini

Driver USB Samsung berfungsi agar perangkat ponsel pandai android dimengerti oleh metode operasi Windows.

Download Driver USB samsung disini dan install.

Sesuaikan juga driver yang didownload dengan tipe OS Windows yang laptop anda jalankan, misalnya Windows 64 bit maka download Driver USB model 64.

Begitu pula untuk model windows 32 bit.

Cara Install Firmware Dengan ODIN

Aktifkan Mode Pengembang (Developer Mode). Caranya buka Pengaturan (Setting) – Tentang Perangkat (About Phone) kemudian “TAP” sebanyak 5 kali pada Versi Pita Dasar

Setelah itu buka santapan Developer Mode dan centang pada “Mendebug USB” (Debuging USB

Matikan perangkat dan masuk Download Mode dengan menekan tombol “Power + Home dan Volume Bawa “ secara bersamaan. Akan timbul setiga kuning dengan logo Robot android ditengahnya

Jalankan Odin dengan cara klik kanan dan kerjakan jadwal selaku Administrator

Arahkan perhatian ke bilah kiri jadwal Odin dan centang pada “Autor Reboot” dan “F-Time Reset”

Colokan kabel data yang sudah terhubung dengan perangkat android yang masih dalam Download Mode, dan pastikan perangkat terbaca oleh odin dengan adanya keterangan pada santapan ID:COM

Selanjutnya inputkan firmware Lolipop yang sudah anda download sebelumnya dan sudah diekstrak (biasanya Firmware formatnya Zip) dengan mengklik tombol “PDA” atau “AP” pada sebelah kanan jadwal Odin.

Setelah loading firmware selesai akan ada pesan “Checking MD5 Succesfully Finished”

Klik tombol start dan tunggu proses install selesai

Setelah selesai perangkat akan Restart otomatis

Penutup

Dari semua cara yang sudah mimin jelaskan, kedua cara tersebut punya kelebihan dan kukurangan.

Via OTA lebih mudah lantaran tidak perlu repot download Odin, Driver USB dll.

Sedangkan kekurangannya, koneksi internet mesti betul-betul kencang sehingga daya baterai tidak terkuras terlalu banyak.

Meskipun lebih ribet, namun upgrade manual menurut mimin lebih kondusif dibandingkan via OTA.

Kita bisa download firmware dimana saja tanpa takut kekurangan daya baterai.

Juga..

Firmware yang sudah kita download bisa kita gunakan kelak jikalau metode mengalami kerusakan.

Apabila proses yang diterangkan dalam tutorial ini kurang jelas, anda dapat baca dua postingan ini selaku acuan :

Tutorial Upgarade Android J5 ke Marshmallow

Cara Meningkatkan Versi Android Galaxy Grand Prime

Cara Install Android Lollipop Oppo Find 7

Sekarang giliran anda untuk menjajal

Next Post

What Is A Web Server Class 10

That means while service a page request static contents such as imagesStatic html is served by web server that interprets the request. NCERT Solutions for Class 10 Foundation of Information Technology Internet Basics. Day 3 Implementing Web Server With Joomla Cms And Web Statistics Web Server Joomla Linux A client-server […]
What Is A Web Server Class 10