Studi Kelayakan Pembangunan Rumah Sakit Boy S
Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma | |
---|---|
![]() Lambang Lanud |
|
Negara |
![]() Indonesia |
Cabang | TNI Angkatan Udara |
Tipe unit | Pangkalan Udara Militer |
Bagian dari | Komando Operasi Udara I |
Moto | Prayatna Kerta Gegana |
Situs spider web | world wide web.tni-au.mil.id |
Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma International Airport |
|||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
![]() |
|||||||||||
![]() |
|||||||||||
|
|||||||||||
Informasi | |||||||||||
Jenis | Publik / Militer | ||||||||||
Pemilik | Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara | ||||||||||
Pengelola | PT Angkasa Transportindo Selaras (ATS) | ||||||||||
Melayani | Jabodetabek | ||||||||||
Lokasi | Kelurahan Halim Perdana Kusuma, Kecamatan Makasar, Kota Jakarta Timur | ||||||||||
Maskapai penghubung |
|
||||||||||
Ketinggian dpl | 25 mdpl | ||||||||||
Koordinat |
06°fifteen′59″Due south 106°53′28″E / 6.26639°S 106.89111°E / -vi.26639; 106.89111 Koordinat: 06°xv′59″S 106°53′28″E / vi.26639°S 106.89111°E / -vi.26639; 106.89111 |
||||||||||
Situs web | http://www.halimperdanakusuma-aerodrome.co.id/ | ||||||||||
Peta | |||||||||||
HLP Lokasi berada di Jakarta, Republic of indonesia Tampilkan peta Jakarta
HLP
HLP Tampilkan peta Jawa
HLP
HLP Tampilkan peta Republic of indonesia
HLP
HLP Tampilkan peta Asia Tenggara |
|||||||||||
Landasan pacu | |||||||||||
|
|||||||||||
Statistik (2018) | |||||||||||
|
|||||||||||
Sumber: Daftar bandar udara tersibuk di Indonesia |
Bekas terminal lama lapangan terbang Cililitan sekitar tahun 1915-1925
Lapangan terbang Clilitan pada tahun 1925
Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma
(bahasa Inggris:
Halim Perdanakusuma International Airport
) (IATA:
HLP, ICAO:
WIHH) adalah bandar udara di Djakarta, Republic of indonesia. Bandar udara ini juga merupakan markas Komando Operasi Angkatan Udara I. Sejak tanggal 10 Januari 2014, bandar udara ini juga digunakan sebagai bandar udara komersial untuk wilayah Jabodetabek, awalnya untuk mengalihkan penerbangan dari Bandar Udara Internasional Soekarno–Hatta, yang dinilai telah penuh sesak.[i]
Sejarah
[sunting
|
sunting sumber]
Pada abad ke-17, daerah Cililitan merupakan sebuah tanah partikelir yang dimiliki oleh Pieter van der Velde. Tanah tersebut dinamakan
Tandjoeng Ost. Kemudian sekitar tahun 1924, sebagian tanah perkebunan karet tersebut dijadikan sebuah lapangan terbang pertama di kota Batavia. Lapangan terbang tesebut dinamakan
Vliegveld Tjililitan
(Lapangan Terbang Tjililitan) dan terletak di wilayah Meester Cornelis. Pada tahun yang sama, lapangan terbang ini menerima kedatangan pesawat dari Amsterdam yang kemudian menjadi penerbangan internasional pertama di Hindia Belanda. Sebelum mendarat di Cililitan, pesawat Fokker ini memerlukan waktu cukup lama di perjalanan. Karena pernah jatuh dan mengalami kerusakan di Yugoslavia (sekarang Serbia) hingga harus didatangkan suku cadang dari pabriknya di Amsterdam.[two]
Lapangan terbang ini juga turut andil dalam peresmian Bandar Udara Internasional Kemayoran yaitu dengan cara menerbangkan pesawat berjenis Douglas DC-3 menuju Kemayoran yang baru saja diresmikan.[three]
Pada tanggal 20 Juni 1950, Belanda sepenuhnya menyerahkan lapangan terbang ini kepada pemerintah Indonesia. Ketika itu lapangan terbang ini langsung dipegang oleh AURI dan dijadikan pangkalan udara militer. Kemudian bertepatan dengan 17 Agustus 1952, lapangan terbang ini berganti nama menjadi
Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma
untuk mengenang almarhum Abdul Halim Perdanakusuma yang gugur dalam menjalankan tugasnya.[4]
Di samping sebagai pangkalan militer, Halim juga digunakan sebagai bandar udara sipil utama di kota Djakarta bersamaan dengan Kemayoran. Pada tahun 1974, bandar udara ini harus berbagi penerbangan internasional dengan Kemayoran karena padatnya jadwal penerbangan di sana. Halim juga sempat ditunjuk menggantikan peranan Kemayoran yang semakin padat. Namun hasilnya justru tertuju kepada pembangunan sebuah bandar udara baru di daerah Cengkareng. Kelak bandar udara tersebut dinamakan Bandar Udara Internasional Soekarno–Hatta. Setelah Kemayoran ditutup, Bandar Udara Halim Perdanakusuma mulai mengurangi jadwal penerbangan sipil untuk berfokus guna kepentingan militer. Namun pada tahun 2013, Halim memberikan threescore slot/jam untuk penerbangan berjadwal domestik maupun internasional. Hal tersebut dikarenakan untuk mengurangi padatnya jadwal penerbangan di Bandar Udara Internasional Soekarno–Hatta.[5]
Pada 26 Januari 2022, Bandara Halim ditutup sementara untuk direvitalisasi selama 3.v Bulan. Untuk sementara waktu, seluruh penerbangan dari Bandar Udara ini dialihkan ke Soetta. Pada 13 Juli 2022 Bandara Halim di buka hanya untuk militer dan Pesawat TNI AU VVIP karena buat Tamu Negara, Komersial dan juga Cargo belum selesai revitalisasi Gedung Terminalnya. Pada 1 September 2022 Bandara Halim di buka penerbangan komersial pertama yaitu Citilink dan Pesawat jet pribadi sudah kembali ke bandara halim perdanakusuma, pada 6 September 2022 Batik Air sudah kembali ke bandara halim perdanakusuma.
Perubahan Nama Pangkalan
[sunting
|
sunting sumber]
Bertepatan dengan peringatan HUT ke-7 RI, Kepala Staf Angkatan Udara Komodor Udara Soerjadi Soerjadarma mengeluarkan Surat Keputusan Nomor: 76/48/Pen.2/KS/52 tanggal 17 Agustus 1952, yang berisi tentang perubahan nama-nama lapangan udara militer terbesar. Nama pangkalan udara yang lama diubah dengan nama para pelopor Angkatan Udara sebagai tanda penghargaan dan penghormatan atas pengorbanan dan jasa-jasa mereka dalam menegakkan kemerdekaan RI umumnya dan AURI khususnya. Tokoh-tokoh yang diabadikan adalah Komodor Muda Udara Anumerta Agustinus Adisutjipto menggantikan nama Pangkalan Udara Maguwo (Yogyakarta), Komodor Muda Udara Anumerta Prof. DR. Abdulrachman Saleh menggantikan nama Pangkalan Udara Bugis (Malang), Komodor Muda Udara Anumerta Halim Perdanakusuma menggantikan nama Pangkalan Udara Tjililitan (Jakarta), dan Opsir Udara I Anumerta Husein Sastranegara menggantikan nama Pangkalan Udara Andir (Bandung).
Maskapai dan Tujuan
[sunting
|
sunting sumber]
Final penumpang
[sunting
|
sunting sumber]
Berikut adalah destinasi maskapai berjadwal reguler dan
charter
dari dan menuju Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma
Maskapai | Tujuan |
---|---|
Batik Air | Balikpapan, Bandar Lampung, Bengkulu,[6] Denpasar, Makassar, Malang, Medan, Padang, Palembang, Pekanbaru, Samarinda, Semarang, Solo, Surabaya, Yogyakarta-Internasional |
Citilink |
Denpasar, Malang, Medan,[7] Purbalingga, (dilanjutkan 10 Nov 2022)[viii] Surabaya, Yogyakarta–Adisutjipto |
Garuda Indonesia |
Haji: Jeddah, Madinah (semua dilanjutkan pada 2023) |
Panthera leo Air |
Haji: Jeddah, Madinah (semua dilanjutkan pada 2023) |
Pelita Air |
Lease: Cilacap, Dumai, Matak |
Susi Air | Cilacap, Pangandaran, Tasikmalaya |
TransNusa |
Charter: Cilacap, Matak |
Saudia |
Haji: Jeddah, Madinah (semua dilanjutkan pada 2023) |
Wings Air | Bandung, Tasikmalaya, Yogyakarta–Adisutjipto (semua rute Wings Air ditangguhkan sementara) |
Kargo
[sunting
|
sunting sumber]
Maskapai | Tujuan |
---|---|
Asia Cargo Airlines | Balikpapan, Singapura |
Cardig Air | Balikpapan, Singapura |
Bandar Udara Express Train
[sunting
|
sunting sumber]
Studi kelayakan Bandar Udara ke Bandar Udara Express Railroad train telah selesai dan siap untuk prakualifikasi korban . The Express Train rencana awal adalah dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta ( SHIA ) ke Manggarai, tetapi untuk menyadari kebutuhan transportasi dari Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma ( HPIA ), sehingga rute tersebut memutuskan untuk sejauh dari Manggarai ke HPIA . Rute ini akan 33 kilometer dari Halim – Cawang – Manggarai – Tanah Abang – Sudirman – Pluit Concluding 2 & 3 SHIA di permukaan tanah, bawah tanah dan ditinggikan, telah disepakati oleh Peraturan Menteri Nomor 1264 Tahun 2013 tentang Kementerian Perhubungan . The Express Train memakan waktu 30 menit hanya antara dua bandara bukannya 1-three jam perjalanan.
Satuan
[sunting
|
sunting sumber]
- Wing Udara 1 di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta Timur
-
- Skadron Udara 2 di Lanud Husein Sastranegara Bandung
- Skadron Udara 17 di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta Timur
- Skadron Udara 31 di Lanud Husein Sastranegara Bandung
- Skadron Udara 45 di Lanud Halim Perdanakusumah Jakarta Timur
- Skadron Teknik 021 di Lanud Husein Sastranegara Bandung
Komandan Lanud Halim Perdanakusuma
[sunting
|
sunting sumber]
- Kapten Iskandar (1950—1951)
- Kapten Moeharto (1951—1952)
- Kapten Jacub (1952—1956)
- Kapten Adm Abasuki (1956—1958)
- Letkol Noorsain (1958—1961)
- Letkol Pnb Beak Sukanto (1961—1963)
- Letkol Pnb Susanto (1963—1965)
- Kolonel Pnb Wisnu Djajengminardo (1965—1966)⭐⭐⭐
- Kolonel Pnb Roesman Noerjadin (1966—1968)⭐⭐
- Kolonel Pnb Sukardi (1968—1970)⭐⭐⭐⭐
- Kolonel Pnb Slamet Noer Prapto (1970—1973)
- Kolonel Pnb Soejitno (1973—1975)
- Kolonel Pnb A. Umar Safiudin (1975—1977)
- Marsma TNI Siboen Dipoatmodjo (1977—1981)⭐⭐⭐⭐
- Marsma TNI Suparman Natawikarta (1981—1983)⭐⭐
- Marsma TNI Hardadi Chiliad.South. (1983—1986)⭐
- Marsma TNI Djauhari (1986—1989)⭐
- Marsma TNI T. Tarigan Sibero, S.E., MBA. (1989—1990)⭐⭐
- Marsma TNI Sudiarso, S.E. (1990—1991)⭐⭐
- Marsma TNI One thousand. Amin Kahar (1991—1992)⭐
- Marsma TNI Sutria Tubagus, S.Ip (1992—1994)⭐⭐⭐⭐
- Marsma TNI Iskak Kurmanto, S.Ip. (1994—1996)⭐⭐
- Marsma TNI Abdullah Syirat, S.Due east., S.Ip. (1996—1997)⭐⭐
- Marsma TNI Mulyanto Djojoadikusumo (1997—1998)⭐⭐
- Marsma TNI Teddy Sumarno, Due south.E. (1998—1999)⭐⭐
- Marsma TNI Iwan Sidi, S.Ip. (1999—2001)⭐⭐
- Marsma TNI Eko Edi Santoso, S.Ip. (2001—2002)⭐⭐
- Marsma TNI Erry Biatmoko (2002—2004)⭐⭐
- Marsma TNI Sukirno KS, South.E., M.1000. (2004—2005)⭐⭐⭐
- Marsma TNI Amirulloh Amin (2005—2007)⭐⭐
- Marsma TNI Boy Syahril Qamar, S.E. (2007—2009)⭐⭐⭐
- Marsma TNI Bagus Puruhito, S.E., Thousand.Grand. (2009—2010)⭐⭐⭐
- Marsma TNI G. Nurullah, S.Ip., Thousand.Grand. (2010—2013)⭐⭐
- Marsma TNI DR. (Can) Asep Adang Supriyadi, S.E., M.M. (2013—2013)⭐⭐
- Marsma TNI Sri Pulung Dwatmatsu, S.Eastward., K.Mgt.Studt. (2013—2015)⭐⭐
- Marsma TNI Umar Sugeng Hariyono, S.Ip., S.E., One thousand.Yard. (2015—2016)⭐⭐
- Marsma TNI Sri Mulyo Handoko, S.Ip, Thou.AP. (2016)⭐⭐
- Marsma TNI Fadjar Prasetyo, S.E., MPP. (2016—2018)⭐⭐⭐⭐
- Marsma TNI Mohamad Tony Harjono (2018—2020)⭐⭐⭐
- Marsma TNI Dr. Ir. Purwoko Aji Prabowo, Thousand.Thousand., M.D.S. (2020—2021)⭐⭐
- Marsma TNI Bambang Gunarto, Southward.T., K.M., M.Sc. (2021—2022)⭐⭐
- Marsma TNI Adrian P. Damanik (2022—sekarang)⭐
Catatan kaki
[sunting
|
sunting sumber]
-
^
AP Ii pesimis pengalihan penerbangan ke Bandara Halim lancar. -
^
“Sejarah Cililitan”. July 17, 2013.
-
^
“Kemayoran, Bandara”. Diakses tanggal 14 Juli2012.
[
pranala nonaktif permanen
]
-
^
“Sejarah Bandara Halim Perdana Kusuma”. October 10, 2012.
-
^
“Layani Penerbangan Komersial, Bandara Halim Kebut Renovasi”.
Tribunnews.com. December 21, 2013.
-
^
https://bisnis.tempo.co/read/1646072/batik-air-buka-rute-terbang-baru-jakarta-ambon-dan-dki jakarta-bengkulu-tanpa-transit -
^
https://www.instagram.com/p/CjP2rHZvsg8/?igshid=YmMyMTA2M2Y= -
^
https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-6385869/citilink-buka-lagi-rute-halim-purbalingga-pp-mulai-10-november-ini-jadwalnya
Pranala luar
[sunting
|
sunting sumber]
- PT Angkasa Pura II: Halim Perdanakusuma Airport Diarsipkan 2016-05-09 di Wayback Machine.
(Inggris) - Informasi bandar udara World Aero Data untuk WIHH
- Kondisi cuaca di Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma (WIHH) dari Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional Amerika Serikat
- Informasi bandar udara untuk HLP di Corking Circle Mapper. Sumber: DAFIF.
- Catatan kecelakaan di Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma di situs web
Aviation Safety Network
Studi Kelayakan Pembangunan Rumah Sakit Boy S
Source: https://id.wikipedia.org/wiki/Bandar_Udara_Internasional_Halim_Perdanakusuma