Strategi Dalam Membangun Ekonomi Rumah Tangga

Daftar Isi

  • 1
    SOLUSI KEUANGAN RUMAH TANGGA

            • 1.0.0.0.0.1
              Via: Finansialku
        • ane.0.0.one
          Solusi keuangan i: Belanja di Pasar Tradisional
        • 1.0.0.2
          Solusi Keuangan 2: Menghemat Pemakaian Listrik

          • 1.0.0.two.ane
            Menggunakan Produk Hemat Energi
          • i.0.0.2.2
            Memulai untuk Membiasakan Disiplin dalam Penggunaan Listrik
        • i.0.0.3
          Solusi Keuangan 3: Meminimalkan Biaya Kendaraan
        • one.0.0.4
          Solusi Keuangan 4: Miliki Pola Gaya Hidup yang Sehat
        • i.0.0.5
          Solusi Keuangan 5: Mengurangi Hal yang Tidak Bermanfaat
    • 1.one
      Stop! Jangan biarkan bisnis Anda terjebak dengan laporan keuangan yang nggak sehat

      • 1.1.i
        Related posts:

SOLUSI KEUANGAN RUMAH TANGGA

Solusi Keuangan. Di dalam membangun rumah tangga yang baik, kondisi keuangan memang menjadi salah satu poin penting yang harus diperhatikan karena ketika kita tidak pintar dalam mengelola keuangan rumah tangga maka segala kebutuhan rumah tangga bisa jadi tidak akan pernah tercukupi.

Pada sebagian orang mungkin telah melakukan berbagai macam cara dalam mencoba mengatur keuangan keluarganya, baik dengan cara bertanya kepada rekan atau orang-orang disekitarnya atau bahkan langsung bertanya kepada yang lebih ahli di dalam bidang perencanaan keuangan kebutuhan atau pengeluaran rumah tangga. Namun pada kenyataannya yang terjadi adalah mereka masih saja sulit pada saat mengatur keuangan rumah tangganya terutama pada saat di hadapkan dalam kondisi atau permasalah yang pelik. Karena menurut mereka, cara yang mereka lakukan kurang atau bahkan tidak sesuai dengan kebiasaan mereka saat ini, misalnya saja seperti mengendalikan suatu keinginan Anda dan Anda harus mengutamakan untuk melakukan pembelian kebutuhan dibandingkan dengan keinginan pribadi.

Solusi Keuangan Rumah Tangga

Solusi Keuangan Rumah Tangga

Via: Finansialku

Cara seperti contoh diatas memang benar karena dengan melakukan hal tersebut atau mengendalikan keinginan diri Anda maka dengan begitu Anda akan mulai dapat untuk melakukan penghematan keuangan keluarga Anda.

Read:  Faktor Yang Diperhatikan Dalam Membangun Rumah

Oleh karena itu, agar lebih jelas lagi maka pada kesempatan kali ini akan kita bahas mengenai lima solusi keuangan rumah tangga yang dapat Anda terapkan masing-masing. Berikut ulasan lengkapnya.


Solusi keuangan 1: Belanja di Pasar Tradisional

Akibat dari perkembangan zaman maka kemanapun Anda pergi pasti akan dengan mudah Anda menemukan tempat belanja modernistic seperti supermarket atau hyper market place, mall, mini market dan sebagainya. Selain barang-barang yang dijual disana lebih lengkap, tempat-tempat modern tersebut juga didukung dengan fasilitas yang sangat lengkap pula demi kenyamanan pelanggannya pada saat berbelanja disana. Akan sangat jauh berbeda apabila Anda membandingkan tempat perbelanjaan modern dengan pasar tradisional yang rata-rata pasar tradisional lebih cenderung kotor dan akan banyak sekali orang-orang yang berlalu lalang di sana sehingga berkemungkinan akan membuat Anda merasa tidak nyaman untuk berbelanja di sana.

Namun disamping kekurangan tersebut, apabila Anda membiasakan diri Anda untuk berbelanjan di pasar tradisional maka hal itu akan membantu Anda dalam menekan kebutuhan atau pengeluaran dalam rumah tangga Anda. Hal tersebut dapat terjadi karena disamping harga barang di pasar tradisional cenderung lebih murah dibanding dengan pasar modern, Anda juga dipastikan akan mendapatkan kebutuhan untuk memasak atau lainnya yang masih segar dibanding ketika Anda membeli di tempat belanja modern.


Solusi Keuangan 2: Menghemat Pemakaian Listrik

Salah satu pengeluaran yang dapat dikatakan cenderung besar dan paling berpengaruh pada keuangan keluarga seseorang yaitu pengeluaran untuk listrik. Kondisi tersebut juga diperkuat dengan semakin banyak barang-barang rumah tangga yang menggunakan free energy listrik apabila ingin digunakan, maka hal tersebut dapat dipastikan bahwa listrik merupakan salah satu penyebab pengeluaran Anda semakin membengkak. Dalam mengatasi pembengkakan biaya dalam pemakaian listrik sebenarnya cukup mudah dan sederhana, yaitu dengan mulai membiasakan untuk melakukan penghematan listrik. Dalam melakukan penghematan listrik dapat diklasifikasikan menjadi dua yaitu:


  • Menggunakan Produk Hemat Energi

Semakin berkembangnya zaman maka teknologi pun juga semakin berkembang, kini telah banyak produk yang menawarkan keunggulan dalam penghematan energy atau ramah lingkungan.misalnya saja seperti lampu pijar, usahakan dalam menerapkan upaya penghematan free energy maka Anda dapat mengganti semua lampu pada rumah Anda dengan lampu pijar yang hemat energy. Selain dapat menurunkan konsumsi pemakaian listrik, penggunaannya juga dapat ramah lingkungan.


  • Memulai untuk Membiasakan Disiplin dalam Penggunaan Listrik

Cobalah untuk mulai membiasakan diri dalam disiplin untuk pemakaian listrik. Contohnya saja pada saat Anda sedang menggunakan alat elektronik, usahakan agar mematikannya apabila sudah selesai Anda gunakan. Jangan membiarkan alat elektronik tersebut menyala secara terus menerus, karena hal tersebut akan membebani Anda dalam pemakaian listrik di rumah.

Read:  Pembangunan Rumah Sakit Aleppo Padamasa Rivat Pasha


Solusi Keuangan 3: Meminimalkan Biaya Kendaraan

Dewasa ini, kendaraan sudah menjadi salah satu kebutuhan dalam rumah tangga terutama bagi mereka yang tinggal di kota-kota besar karena sudah hampir banyak orang yang telah memiliki kendaraan baik itu roda dua maupun roda empat. Untuk orang-orang yang tinggal di kota besar, dengan memiliki kendaraan pribadi tentunya akan mempermudah mereka dalam menjalani aktivitasnya sehari-hari. Tetapi di sisi lain dengan adanya kendaraan tersebut maka biaya pengeluaran rumah tangga tentunya akan semakin bertambah, hal itu disebabkan karena kendaraan juga membutuhkan biaya untuk membeli bahan bakar, melakukan servis dan lain sebagainya. Solusi yang dapat Anda terapkan agar dapat menghemat biaya pengeluaran rumah tangga Anda yaitu apabila jarak tujuan tempat yang ingin Anda kunjungi termasuk dekat maka lebih baik Anda berjalan kaki atau naik sepeda saja. Di samping Anda menghemat biaya pengeluaran, tubuh Anda juga akan lebih sehat.


Solusi Keuangan four: Miliki Pola Gaya Hidup yang Sehat

Poin ini memang terdengar sangat biasa saja, namun dengan memulai untuk membiasakan diri memiliki pola hidup yang sehat maka akan dapat membantu Anda dalam menghemat pengeluaran biaya rumah tangga. Yang perlu Anda pahami adalah bahwa kesehatan itu mahal harganya. Apabila suatu ketika Anda sakit dan diharuskan untuk dirawat di rumah sakit maka tentunya bukanlah suatu perkara yang mudah karena dirawat di rumah sakit membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, mulailah dari sekarang untuk mengupayakan untuk menjalani pola hidup yang sehat, selain baik untuk diri Anda hal tersebut juga baik untuk keuangan rumah tangga Anda.


Solusi Keuangan 5: Mengurangi Hal yang Tidak Bermanfaat

Salah satu kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh orang-orang saat inin adalah sering pergi bersenang-senang. Pergi bersenang-senang bersama kolega Anda memang diperlukan sebagai salah satu cara agar dapat terlepas dari rasa jenuh akibat kegiatan sehari-hari, namun hal tersebut bukan berarti Anda harus pergi melakukannya setiap hari. Hal tersebut karena apabila Anda terlalu sering berpergian bersama teman-teman Anda maka sudah dapat dipastikan akan banyak mengeluarkan uang untuk memenuhi segala kebutuhan atau bahkan keinginan pada saat Anda sedang pergi. Oleh sebab itu, usahakanlah mulai sekarang supaya lebih meminimakan kebiasaan tersebut, hal ini dilakukan agar Anda dapat menghemat pengeluaran biaya rumah tangga.

Read:  Hadits Membangun Rumah Di Durga

Hargai Hidup = Hargai Uang

Terapkanlah solusi yang sudah disampaikan diatas agar dapat membantu Anda supaya lebih bisa menghemat pengeluaran keuangan rumah tangga Anda. Selain itu cara diatas juga akan membuat diri Anda dapat lebih menghargai setiap kejadian yang akan terjadi di setiap waktunya pada hidup Anda. Hargailah uang Anda dan gunakan sesuai dengan kebutuhan demi keuangan rumah tangga yang lebih baik.

Oleh: Nuraini Anitasari


STOP! Jangan biarkan bisnis Anda terjebak dengan laporan keuangan yang nggak sehat


Dapatkan Free E-Book tentang tips & trik dalam mengelola keuangan bisnis

Related posts: