Sni Pembangunan Rumah Rice Milling Unit Rmu

Sni Pembangunan Rumah Rice Milling Unit Rmu

Rice Milling Unit of measurement (RMU)

Profesional Rice Milling | RMU : Modern | Otomatis | Listrik Rice Milling Unit of measurement | RMU : Harga dan Spesifikasi
– Proses penanganan padi setelah panen perlu dilakukan dengan baik, mulai dari pemanenan, penjemuran hingga penggilingan padi yang harus menggunakan teknologi dan cara tepat dan aman yang tidak mempengaruhi mutu dan jumlah dari beras yang dihasilkan. Terutama proses penggilingan padi, dimana proses ini memegang peranan yang penting di dalam kegiatan setelah panen. Untuk setiap penggilangan padi memiliki kapasitas giling yang berbeda-beda, namun sebaiknya mencukupi baik dari segi produksi maupun penanganan pascapanennya. Oleh karena itu, kegiatan usaha penggilingan padi harus memaksimalkan kinerjanya agar dapat menjamin kelangsungannya. Pada masa sekarang ini, kegiatan usaha penggilingan padi memiliki berbagai macam bentuk peralatan yang digunakan, salah satunya yaitu pembuatan Rice Milling Unit of measurement. Rice Milling Unit (RMU) adalah jenis mesin penggilingan padi yang mudah dalam pengoperasianya serta memiliki sistem yang kompak.

CV. ATEKA TEKNIK sebagai produsen dan distributor terpercaya yang jual Rice Milling Unit dengan kualitas dan harga terbaik.

Spesifikasi Rice Milling Unit

Kapasitas giling yang dimiliki Rice Milling Unit of measurement rata-rata cukup bervariasi yakni berkisar 0,2 sampai 30 ton/jam. Rice Milling Unit of measurement berbentuk seperti mesin tunggal dengan banyak fungsi. Hal ini disebabkan karena sebenarnya Rice Milling Unit of measurement ini terdiri dari beberapa mesin namun kemudian dirancang menjadi design yang kompak dan mampu bekerja secara optimal dengan bantuan tenaga penggerak.

Dalam upaya menghasilkan hasil beras dengan kualitas mutu terbaik serta tingkat kehilangan hasil beras yang rendah, maka diperlukan adanya jaminan mutu pada unit penggilingan padi. Hal ini disebabkan karena rendemen yang dihasilkan dari penggilingan gabah ini tergantung pada varietas, kualitas serta tingkat kematangan gabah. Selain itu juga tergantung pada cara penanganan pertama, jenis serta sistem konfigurasi mesin penggilingan padi dan dipengaruhi oleh kondisi fisik serta kualitas dari suatu alat dan juga keterampilan operator.

Read:  Referensi Pembangunan Rumah Darurat Pasca Longsor

Fungsi Rice Milling Unit

Fungsi dari Mesin Penggilingan Padi adalah sebagai berikut :

  1. Untuk memisahkan antara beras pecah kulit dari sekam
  2. Untuk memproses kembali gabah yang kulitnya belum terkupas ke dalam mesin
  3. Untuk menyosoh dan mengumpulkan kulit ari beras atau bekatul
  4. Untuk memilih beras berdasarkan keadaan fisiknya (ada yang utuh, beras patah dan beras menir) sehingga tidak jadi satu.


Profesional Rice Milling | RMU : Modern | Otomatis | Listrik

Bagian-Bagian Mesin penggiling Padi atau Rice Milling Unit

Sni Pembangunan Rumah Rice Milling Unit Rmu

  1. Mesin pemecah kulit gabah atau sekam (huller atau husker)

Pada mesin pemecah kulit gabah ini dilengkapi oleh sepasang curl karet atau disebut
rubber roll.
Dimana sistem kerja roll karet ini yaitu dengen bergerak melawan arah sehingga dapat memecah kuit gabah melalui celah yang ada diantara keduanya. Mesin pemecah kulit gabah ini juga dilengkapi dengan corong sebagai pengumpan gabah atau disebut hopper. Pada bagian penutup mesin ini terbuat dari plat besi dengan ketebalan opsional yang disertai sekat penutup mulut pengumpan dan handle untuk mengatur jarak antara roll karet.

  1. Mesin pemisah beras pecah kulit dan gabah (brown rice separator)

Mesin pemisah beras pecah kulit dan gabah (brown rice separator) berfungsi untuk memisahkan beras pecah kulit yang keluar dari paddy husker kemudian dihasilkan dua jenis yaitu beras pecah kulit murni dan beras pecah kulit yang masih tercampur dengan gabah. Kemudian beras pecah kulit yang sudah murni tadi dilanjutkan pemrosesanya menuju bucket elevator ii lalu dibawa kembali ke rice polisher 1. Sedangkan untuk beras pecah kulit yang masih tercampur dengan gabah tadi diproses kembali di paddy husker sampai didapatkan hasil murni. Penyusun utama Mesin pemisah beras pecah kulit ini ialah 5 buah plat atau screen kemiringan 5o
dengan dilengkapi lubang ukuran tertentu. Mesin ini juga dilengkapi oleh hopper atau corong pengumpan pada bagian atasnya.

Read:  Cara Mengumpulkan Uang Buat Bangun Rumah
  1. Blower dan Whirlwind

Fungsi Blower dan Cyclone adalah untuk memisahkan bekatul yang merupakan hasil dari proses sebelumnya yaitu penyosohan dengan menggunakan mesin penyosoh atau mesin pemutih (polisher). Blower ini menggunakan jenis blower hisap dengan diameter optional. Lalu bekatul yang tadi dihasilkan akan dihisap oleh blower hisap kemudian baru diteruskan menuju ke whirlwind.

  1. Bucket Elevator

Mesin Penggiling padi atau RMU ini dilengkapi dengan unit bucket lift, dimana tenaga penggeraknya menggunakan motor listrik. Untuk fungsi Saucepan Elevator pertama yaitu membawa gabah menuju ke dalam paddy husker dengan ii hopper atau pengumpan gabah yang letaknya berlawanan. Fungsi Hopper  pertama untuk emmasukkan gabah, lalu hopper kedua fungsinya untuk menangkap gabah yang merupakan hasil pemisahan paddy separator.

  1. Motor Penggerak

Mesin penggilangan padi ini dilengkapi dengan tenaga penggerak seperti mesin diesel fuel, motor listrik dan generator listrik.Untuk mesin diesel ini fungsinya sebagai tenaga untuk memutar poros pada altenator sehingga bisa menghasilkan listrik. Kemudian motor listrik, motor listrik ini dapat bergerak dengan bantuan altenator listrik. Fungsi motor listrik adalag untuk menggerakkan bucket elevator serta paddy separator. Informasi tambahan mengenai sistem transmisi daya dari semua motor penggerak yang digunakan adalah sistem chugalug and pulley.

CV. ATEKA TEKNIK sebagai produsen dan distributor terpercaya yang jual Rice Milling Unit of measurement dengan kualitas dan harga terbaik.


Profesional Rice Milling | RMU : Modern | Otomatis | Listrik

Cara Kerja Mesin Penggilingan Padi atau Rice Milling Unit (RMU)

Cara kerja pada Mesin Penggilingan Padi ini yang pertama pasti bantuan adanya motor penggerak, dimana langkah pertama menghidupkan motor penggerak sampai dengan porosnya berputar stabil. Selanjutnya gabah dimasukkan ke dalam hopper bucket elevator kemudian diteruskan menuju ke pengumpan paddy husker. Pada saat paddy husker kapasitasnya sudah penuh, hal yang harus dilakukan ialah membuka sekat penutup secara perlahan-lahan hingga sampai gabah akan jatuh diantara kedua celah roll karet yang mana coil karet tersebut akan memecah kulit gabah. Penentuan jarak antara kedua roll karet ini diatur dengan cara memutar handle pengatur rol karet dan disesuaikan dengan kebutuhan.

Read:  Jasa Bangun Rumah Murah Jawa Tengah

Setelah itu, gabah yang kulitnya sudah terkelupas akan keluar melalui husker dan diteruskan ke bagian paddy separator. Kemudian, gabah yang sudah terkelupas kulitnya akan dibagi lagi menjadi tiga bagian yaitu Beras Pecah Kulit Murni, Beras Pecah Kulit yang mesih tercampur dengan gabah dan yang ketiga gabah. Untuk Beras Pecah Kulit Murni akan dimasukan ke dalam elevator 2 kemudian menuju hopper rice polisher 1. Lalu untuk Beras Pecah Kulit yang masih tercampur gabah akan diarahkan menuju hopper 2 lift 1 dan akan diproses kembali ke dalam paddy husker.

Pada saat hopper rice polisher one penuh, maka plat atau penutup tadi dibuka sehingga Beras Pecah Kulit Murni yang berada pada hopper rice polisher 1 akan jatuh ke dalam unit penyosoh. Beras Pecah Kulit akan terkelupas bagain kulit arinya, hal ini terjadi karena adanya gesekan dengan silinder penyosoh yang berputar. Kemudian kulit ari yang berhasil terkelupas akan keluar melalui saluran pengeluaran yang disebut sebagai bekatul. Kemudian beras akan keluar melalui saluran pengeluaran beras dan diteruskna ke dalam hopper rice polisher 2 untuk dilakukan penyosohan kembali. Beras yang keluar dari bagian pengeluaran tadi akan ditampung dalam suatu wadah tertentu, sedangkan bekatul akan dihisap oleh blower hisap kemudian diteruskan menuju siklon bekatul. Nah pada bagian siklon ini, bekatul akan keluar ke bagian bawah kemudian ditampung oleh wadah tertentu yang sudah disiapkan sebelumnya.

Kami
CV.ATEKA TEHNIK
menyediakan produk Rice Milling Unit of measurement dengan berbagai kapasitas yang bisa dipesan sesuai dengan kebutuhan Anda. Silahkan hubungi Team Kami untuk mendapatkan penawaran terbaik.

KONTAK ATEKA TEKNIK

Sni Pembangunan Rumah Rice Milling Unit Rmu

Source: https://atekateknik.com/profesional-rice-milling-rmu-modern-otomatis-listrik/

Check Also

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal Rencana Anggaran Biaya (RAB) Bangunan Tahun 2020 File Sofcopy Dalam …