Rumah Luas Bangunan 120m2 Dengan 3 Kamar

Rumah Luas Bangunan 120m2 Dengan 3 Kamar

Properti adalah satu-satunya produk investasi yang fisiknya dapat melindungi Anda dan keluarga dari berbagai kondisi dan cuaca. Fungsinya yang bermanfaat serta nilainya yang selalu mengalami apresiasi, menjadikan investasi properti menjadi menarik dan begitu diminati oleh berbagai kalangan. Tak jarang seseorang bisa memiliki beberapa properti sekaligus. Salah satu properti yang paling diminati adalah rumah tapak (

landed house

) dan kita akan melihat tipe rumah berdasarkan luas tanah dan bangunan.

Memiliki rumah tapak adalah impian bagi semua orang. Tingginya harga rumah tapak di kota-kota besar membuat pembeli properti khususnya


terminate user


dan


investor


membeli rumah tapak di daerah penyangga seperti Tangerang, Bekasi, Depok dan Bogor. Harga rumah tapak tentu bervariasi. Hal itu tergantung dengan luas tanah dan bangunannya. Luas bangunan dapat diartikan juga sebagai tipe rumah. Anda perlu memahami berbagai tipe-tipe rumah yang biasa dijadikan


template


oleh developer.

Sangat penting bagi Anda untuk mengetahui tipe-tipe rumah. Anda akan dimudahkan dalam mencari hunian yang sesuai dengan kebutuhan dan


upkeep


Anda. Tipe-tipe properti biasanya dibedakan berdasarkan beberapa hal. Pada umumnya, developer membedakan tipe rumah berdasarkan jenis bangunan, model atau desain hunian, serta berdasarkan ukuran luas bangunannya. Biasanya


type


property


dibedakan berdasarkan ukuran luas bangunannya.

Berbicara mengenai tipe hunian untuk rumah tapak berdasarkan ukurannya, umumnya programmer membedakannya ke dalam half dozen tipe. Tipe yang dimaksud adalah tipe 21, 36, 45, 54, threescore, dan 70. Keenam tipe-tipe rumah tersebut adalah yang umum di desain untuk rumah modern berkonsep minimalis. Berikut perbedaan untuk masing-masing tipe:

i. Tipe 21

Rumah tapak termurah yang bisa Anda dapatkan adalah rumah tipe 21. Rumah tipe 21 menyasar segmen


middle low


atau


entry level

. Biasanya pembeli yang membeli rumah tipe ini, merupakan



end user


yang membutuhkan rumah untuk tempat tinggal dengan


budget


terbatas. Harganya yang terjangkau serta cicilan yang ringan, membuat sebagian orang memilih untuk membeli rumah tipe 21 daripada kontrak rumah atau kost. Pembeli rumah ini biasanya memiliki prinsip ‘yang penting punya daripada kontrak’.

Rumah tipe 21 termasuk kecil sebab luas bangunannya hanya 21 meter persegi. Pada umumnya, dimensi rumah tipe 21 berukuran 3 x vii meter, five,25 10 four meter, dan half-dozen ten 3,5 meter. Rumah tipe 21 biasanya dibangun diatas tanah ukuran 50-60 meter persegi. Sebagai rumah sangat sederhana (RSS), rumah ini hanya memiliki satu kamar, satu kamar mandi serta satu ruang serbaguna yang digunakan ruang tamu sekaligus ruang makan. Untuk memiliki dapur, biasanya programmer hanya memberikan sisa tanah berukuran ‘mini’ dibelakang rumah yang bisa dibangun oleh pemilik properti.

Harga rumah tipe 21 sangat bervariasi. Apabila Anda mengambil rumah subsidi, Anda bisa mendapatkan rumah tipe ini dengan harga Rp. 150-200 jutaan saja. Sebagai rumah subsidi, sebaiknya Anda jangan terlalu berharap banyak dengan kualitas bangunan yang dibangun karena pasti banyak kekurangannya. Jika Anda memiliki dana lebih dan ingin memiliki rumah dengan kualitas lebih baik, sebaiknya Anda membeli rumah komersil dengan tipe tersebut. Harga rumah komersil tipe 21 rata-rata berkisar Rp.250 juta – Rp. 450 juta.

Read:  Arti Mimpi Rumah Berubah Bangunannya

Mungkin sebagian dari Anda berpikir bahwa rumah dengan ukuran 21 meter persegi sangat kecil. Umumnya developer memberikan beberapa varian yang lebih besar seperti tipe 24, 27 dan 30. Namun, Anda akan ‘terkejut’ karena beberapa developer bahkan membangun rumah yang lebih kecil lagi, yakni rumah tipe 15 dan tipe xx. Hal ini untuk mengakomodasi kebutuhan akan hunian bagi kaum milenial atau pasangan baru. Dalam hal ini, developer berusaha membangun rumah dengan harga yang lebih terjangkau. Akan tetapi, ukuran tersebut tidak lazim digunakan. Artinya, hanya beberapa developer yang membangun rumah dengan tipe ‘aneh’ selain tipe 21.

two. Tipe 36

Rumah tipe 36 adalah salah satu tipe rumah yang paling disukai. Ukurannya yang tidak terlalu kecil dan harganya masih terjangkau membuatnya laris manis di pasaran. Rumah dengan tipe ini merupakan tipe wajib yang harus dibangun oleh developer yang menyasar segmen


middle-middle low.


Rumah tipe 36 sangat cocok untuk keluarga kecil yang telah memiliki satu anak.

Rumah dengan tipe 36 dibangun dengan dimensi vi x 6 meter atau ix x four meter. Rumah dengan tipe ini dibangun diatas tanah seluas 60 hingga 72 meter persegi. Namun terdapat beberapa rumah tipe 36 yang dibangun diatas tanah seluas xc meter persegi. Sebagai rumah dengan luas yang lebih besar, rumah tipe 36 memiliki 1 sampai 2 kamar tidur, one kamar mandi, ruang tamu dan ruang makan serta dapur. Anda dapat membeli rumah dengan tipe 36 dengan harga Rp 450 juta – Rp 600 juta.

3. Tipe 45

Apabila Anda merasa bahwa rumah tipe 36 terasa ‘nanggung’ dan Anda membutuhkan rumah yang lebih luas maka rumah tipe 45 adalah solusinya.  Rumah dengan tipe 45 termasuk tipe favorit yang paling banyak dicari oleh para


end user


dan


investor


properti di Republic of indonesia. Rumah tipe 45 sudah mulai memasuki segmen


middle-

depression
karena harganya yang sudah diatas setengah miliar.

Rumah tipe 45 umumnya dibangun dengan dimensi 6 ten 7,five meter. Luas tanah rumah tipe 45 umumnya sekitar 72, 90 dan 96 meter persegi. Sebagai rumah yang lebih luas, maka Anda akan mendapatkan rumah dengan 2 kamar tidur, i kamar mandi, ane ruang tamu yang cukup besar. Anda juga akan mendapatkan taman dan parkiran mobil yang lebih memadai.

Tentunya kualitas bangunan yang didapatkan setingkat lebih baik dibandingkan dengan rumah tipe 21 dan 36. Luasnya rumah membuat Anda semakin nyaman untuk ditinggali. Untuk itu, ada harga yang harus dibayarkan untuk sebuah kenyamanan yang diberikan. Rumah dengan tipe 45 bisa didapatkan dengan harga Rp. 600 – 850 juta.

Read:  Estimasi Bangun Rumah 2 Lantai Berapa Duit

4. Tipe 54

Rumah dengan tipe 54 sudah cukup luas untuk keluarga dengan ii anak. Ukuran rumah yang cukup luas, memungkinkan Anda untuk melakukan renovasi dengan melakukan peningkatan rumah menjadi 2 lantai. Luas setiap ruangan juga menjadi lebih lebar. Tentunya, Anda akan merasa lebih nyaman beristirahat di rumah dengan kamar yang cukup besar. Anda  juga bisa meletakkan furnitur yang lebih banyak.

Rumah dengan tipe ini umumnya dibangun dengan dimensi 9 x 6 meter dan xiii,5 x 4 meter. Tak jarang developer juga membuat rumah ukuran 8 x 7 meter dan menyebutnya sebagai rumah tipe 54.Rumah dengan dimensi tersebut dibangun diatas tanah seluas 120 hingga 150 meter persegi. Dengan dimensi rumah seperti ini, Anda sudah memiliki 2-3 kamar tidur, two kamar mandi, serta ruang tamu dan ruang makan yang cukup luas serta dapur yang cukup luas. Anda juga bisa memiliki dua taman yang berada di sisi depan dan belakang rumah. Umumnya harganya berkisar Rp 850 juta – Rp 1 Miliar.

5. Tipe threescore

Rumah tipe threescore merupakan tipe favorit untuk kalangan


eye-middle up.


Developer juga senang membuat rumah tipe ini. Rumah tipe 60 sangat lapang dan nyaman ditinggali. Ruangan yang luas serta taman yang lebih luas membuat rumah tipe 60  menarik untuk dimiliki. Rumah dengan dimensi 6×10 dibangun diatas tanah seluas 120-150 meter persegi.

Rumah tipe lx lebih ideal untuk di renovasi menjadi 2 lantai. Rumah ini memiliki iii kamar tidur dan 2 kamar mandi sebagai standarnya. Ruang tamu yang dimiliki juga besar dan memadai untuk dijadikan tempat berkumpulnya keluarga besar. Penghuni juga bisa mengeksplorasi tiap ruang yang tersedia dengan berbagai furnitur minimalis yang mod. Harga rumah tipe sixty berkisar antara Rp 1 Miliar hingga Rp. one.two Miliar.

6. Tipe 70


Rumah Luas Bangunan 120m2 Dengan 3 Kamar

Rumah dengan tipe seventy merupakan ‘entry level’ sebuah hunian kelas atas. Rumah dengan luas bangunan 70 meter persegi biasanya berdimensi seven 10 10 meter, 5 x 14 meter. Beberapa developer juga membangun rumah tipe lxx dengan dimensi 6 x 12 meter. Umumnya, rumah dengan tipe 70 sudah memiliki 2 lantai.

Sebagai rumah ‘entry level’ sebuah rumah mewah tentunya kualitas bangunan yang ditawarkan jauh lebih baik dibandingkan dengan rumah tipe 60. Rumah dengan tipe 70 tidak hanya menawarkan hunian yang nyaman dan lega, tetapi juga fasilitas pendukung yang


next level.


Rumah besar ini cukup untuk dihuni bersama anak-anak dan orang tua. Harga rumah ‘mewah’ ini ditawarkan dengan harga cukup mahal, yakni berkisar antara Rp 1.two Miliar hingga ane.5 Miliar.

Read:  Cara Bangun Rumah 15 Juta

7. Tipe 120

Rumah tipe 120 adalah umumnya dimiliki oleh


end user


atau


investor


yang

memiliki rumah lebih dari satu. Rumah dua lantai dengan dimensi ten x 12 atau
8 x 15 meter ini, dibangun diatas tanah > 150 meter persegi.
Rumah dengan tipe ini kerap ditemui di kawasan elit. Developer yang
membangun perumahan mewah bertipe 120 adalah developer
besar yang ahli dalam membuat portofolio perumahan mewah. Rumah dengan
harga diatas Rp. i.v Miliar ini ditawarkan dengan berbagai fasilitas pendukung
yang menyasar segmen


middle up.

Kualitas bangunan rumah tipe 120 tak perlu diragukan. Spesifikasi material
bangunan yang digunakan tentunya kokoh dan berkualitas tinggi.
Model bangunannya seakan mengatakan bahwa rumah ini memiliki kelas
tersendiri. Layanan


after sales


yang ditawarkan dari developer juga menjanjikan.

Keamanan dan kenyamanan sebuah rumah mewah dapat dirasakan pada rumah
dengan tipe 120.

8. Tipe > 120

Rumah dengan luas diatas 120 meter persegi dapat dikategorikan sebagai rumah mewah. Rumah pada kategori ini hanya bisa dimiliki oleh para eksekutif sebagai hunian pribadinya. Harganya yang mahal serta biaya perawatan yang cukup tinggi membuat rumah dengan tipe diatas 120 meter persegi merupakan pasar yang


segmented.


Rumah dengan tipe diatas 120 biasanya sudah dilengkapi dengan


swimming puddle

, gazebo untuk bersantai serta garasi mobil yang luas. Fasilitas ini juga bisa di


custom


oleh pemilik properti di atas lahan yang luas.  Harga rumah dengan fasilitas mewah ini bernilai diatas Rp. 1.5 Miliar.

Memiliki rumah memang menjadi impian bagi semua orang. Beragam pilihan tipe-tipe rumah di pasaran kerap membuat bingung calon


end user


dan


investor

. Pastikan Anda membeli rumah impian yang sesuai


budget


dan kebutuhan Anda. Anda juga bisa mengkonsultasikan kebutuhan hunian Anda dengan agen properti yang profesional. Konsultasikan kebutuhan hunian Anda bersama Ray White.

Ray White memiliki berbagai list properti dengan berbagai tipe-tipe rumah yang variatif. Rumah dengan berbagai variasi tipe tersebut tersebar di berbagai daerah dan dapat disesuaikan dengan


upkeep


dan kebutuhan Anda. Sebagai agen properti nomor satu di Indonesia, Ray White akan memberikan Anda solusi terbaik dengan pelayanan yang maksimal. Ray White memiliki 175 kantor yang tersebar di 25 kota-kota besar di Indonesia. Jaringan properti yang luas memungkinkan Anda mendapatkan properti lokal dengan mudah. Anda juga bisa membeli properti di luar negeri karena Ray White memiliki jaringan yang luas hingga Australia, Singapura, India dan Uni Emirat Arab. Pastikan Anda memilih Ray White sebagai agen properti yang terpercaya di Indonesia. Urusan properti, Ray White ahlinya!

Ray White memberikan bukti bukan janji.

Source : Ray White, Lippo Cikarang.

Rumah Luas Bangunan 120m2 Dengan 3 Kamar

Source: https://www.raywhite.co.id/news/105404tipe-tipe-rumah-berdasarkan-luas-bangunannya

Check Also

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal Rencana Anggaran Biaya (RAB) Bangunan Tahun 2020 File Sofcopy Dalam …