Proses Serah Terima Bangunan Rumah Sakit

Proses Serah Terima Bangunan Rumah Sakit

Di dalam dunia konstruksi, tentu saja sudah akrab dengan istilah berita acara serah terima pekerjaan konstruksi. Berita acara tersebut digunakan sebagai bukti formalitas untuk mengesahkan adanya perpindahan tangan pada sebuah pekerjaan konstruksi. Berita acara serah terima ini tidak hanya digunakan pada kegiatan konstruksi saja, namun juga untuk yang lainnya.

Secara umum berita acara serah terima atau sering disingkat BAST merupakan sebuah dokumen yang menerangkan objek yang diserahkan atau diterima pihak lain dalam satu persetujuan. Berita acara serah terima ini digunakan untuk berbagai hal mulai dari penyerahan barang, jasa, jabatan pekerjaan, hingga pekerjaan konstruksi.

Berdasarkan Perpres 16 Tahun 2018 pasal 57, disebutkan bahwa setelah pekerjaan selesai 100% sesuai dengan ketentuan yang termuat dalam kontrak, penyedia mengajukan permintaan tertulis kepada Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) untuk serah terima barang atau jasa.

Begitu juga dengan kegiatan konstruksi, BAST ini sangat diperlukan pada saat proyek telah selesai dikerjakan. Misalnya saja dalam pembangunan sebuah hotel, rumah sakit, atau gedung lainnya. Setelah proses tanda tangan itu selesai, maka pihak penyedia barang atau jasa berhak untuk menerima pembayaran.

Mengenal berita acara serah terima pekerjaan konstruksi, Sumber: jojonomic.com
Mengenal berita acara serah terima pekerjaan konstruksi, Sumber: jojonomic.com

Langkah-Langkah Pembuatan BAST

Kami akan memberikan sekilas info untuk Anda mengenai langkah-langkah dalam pembuatan BAST. Tentu saja dalam hal ini berita acara serah terima pekerjaan konstruksi ya. Informasi dibawah ini dapat membantu Anda dalam mempersiapkan berita acara serah terima. Dengan begitu pekerjaan Anda akan lebih mudah dan tepat, berikut langkah-langkahnya:

  • Siapkan berbagai berkas yang berhubungan dengan identitas. Misalnya saja seperti KTP, Kartu Keluarga, Kartu Pegawai, dan berbagai dokumen pendukung lainnya.
  • Jangan lupa untuk membuat dan mempersiapkan berita acara serah terima sesuai dengan format yang ada. Mulai dari bagian pembukaan, bagian isi, hingga bagian penutupnya sudah tepat dan sesuai.
  • Tuliskan seluruh identitas pihak yang berhubungan secara detail sesuai dengan berkas yang telah disiapkan sebelumnya. Lakukan pengecekan secara teliti dan menyeluruh, supaya tidak terjadi kesalahan penulisan.
  • Lampirkan rincian objek berita acara serah terima yang akan diserahkan atau diterima. Tidak lupa untuk memastikan kembali bahwa kondisi objek baik-baik saja.
  • Tanda tangani dokumen sesuai dengan format yang telah dibuat.
  • Sertakan materai untuk memperkuat berita acara serah terima menjadi lebih akurat.
Langkah-langkah pembuatan berita acara, Sumber: thegorbalsla.com
Langkah-langkah pembuatan berita acara, Sumber: thegorbalsla.com

Format dari Berita Acara Serah Terima Pekerjaan Konstruksi

Untuk membuat berita acara serah terima yang baik dan benar, Anda perlu mengikuti format yang telah ditentukan. Format dari berita acara serah terima berisikan bagian pembukaan, bagian isi, dan bagian penutup. Berikut penjelasan mengenai format dari berita acara serah terima yang perlu Anda perhatikan detailnya.

Read:  Game Membangun Rumah Di Android

one. Bagian Pembukaan

Pada bagian pembukaan, Anda perlu mencantumkan beberapa informasi penting. Misalnya saja seperti kop perusahaan, informasi seputar tempat dan tanggal pembuatan berita acara serah terima, dan tidak ketinggalan mengenai nomor surat.

Adanya kop perusahaan di bagian atas surat menjadikannya sebagai identitas penerbit surat. Bukan hanya itu saja, namun juga berfungsi sebagai penanda bahwa surat yang dibuat tersebut legal. Sehingga dapat meminimalisir terjadinya masalah di kemudian hari tentang kelegalan surat tersebut.

2. Bagian Isi

Pada bagian isi berita acara serah terima pekerjaan konstruksi tentu saja tidak boleh dibiarkan kosong. Pasalnya bagian ini merupakan jantung surat yang penting untuk menjelaskan mengenai proyek yang dilakukan.

Karena berkaitan langsung dengan jalannya proyek, maka pada bagian ini perlu dicantumkan dengan particular mengenai transaksi serah terima tersebut. Di dalam bagian ini juga perlu dituliskan secara jelas mengenai identitas dari para pihak. Mulai dari nama, jabatan, hingga informasi lain yang berhubungan dengan pihak terkait.

iii. Bagian Penutup

Apabila ada pembuka surat, maka tentu saja diperlukan bagian penutupnya. Pada bagian penutup BAST biasanya terdapat kalimat “Demikianlah Berita Acara Serah Terima Pekerjaan Konstruksi ini dibuat untuk dipergunakan seperlunya”.

Setelah itu disusul dengan tanda tangan kedua belah pihak. Dokumen tersebut ditandatangani pihak pertama dan pihak kedua yang dilengkapi dengan nama terang hingga materai.

Ilustrasi pekerjaan konstruksi, Sumber: dictio.id
Ilustrasi pekerjaan konstruksi, Sumber: dictio.id

Contoh Berita Acara Serah Terima Pekerjaan Konstruksi

Dilansir dari laman hukumindo.com, di bawah ini terdapat contoh dari BSAT untuk pekerjaan konstruksi. Simak informasinya berikut ini.

Pada bagian kop terdapat format sebagai berikut:

BERITA ACARA

SERAH TERIMA AKHIR PEKERJAAN KONSTRUKSI

BAGIAN PROYEK…………………………..

PAKET……………………………

TAHUN ANGGARAN 20……/20…….

Read:  Cara Bangun Rumah 3 Lantai

NOMOR KONTRAK ………………………..

Kemudian dilanjutkan bagian lainnya sampai dengan ke bagian penutupnya, yakni sebagai berikut:

Pada hari ini ………… tanggal ……….. bulan ………….. tahun dua ribu ………, kami yang bertanda-tangan di bawah ini:

1. Nama: ………

Alamat: ……….

Jabatan: Pemimpin Bagian Proyek ………..

Berdasarkan SK Menteri PU Nomor: ………….

Selanjutnya disebut sebagai “PIHAK PERTAMA”.

ii. Nama: …………..

Alamat: …………..

Jabatan: Direktur PT…………….

Berdasarkan Akta Notaris Nomor: …………….. tanggal ………….

Selanjutnya disebut sebagai “PIHAK KEDUA”.

Berdasarkan:

  1. Kontrak Nomor: …………….. tanggal ……………. dan Addendum Nomor: …………. antara Pihak Pertama dengan Pihak Kedua tentang Kontrak Pemborongan Pekerjaan Proyek ……………. Paket…………..
  2. Berita Acara Serah Terima Sementara Pekerjaan (PHO).
  3. Pasal ……… Buku 2 Syarat-syarat Umum Kontrak tentang Berita Acara Serah Terima Akhir Pekerjaan.
  4. Surat Ketua Panitia Serah Terima Pekerjaan Proyek …………… Paket ………….. Tentang ……………… Berita Acara Hasil Pemeriksaan Pekerjaan Dalam Rangka Serah Terima Akhir Pekerjaan Nomor: ………………. Tanggal …………….

Menyatakan bahwa:

  1. Pihak Kedua untuk terakhir kali menyerahkan Hasil Pekerjaan Pemborongan …………….
  2. Pekerjaan dinyatakan selesai tanggal ………… bulan …………. tahun ……….
  3. Dengan adanya Serah Terima Akhir Pekerjaan ini, maka segala kewajiban Pihak Kedua kepada Pihak Pertama tentang Kontrak Nomor: ………………….. dinyatakan telah berakhir.
  4. Semua jaminan yang diberikan oleh Pihak Kedua kepada Pihak Pertama dapat diserahkan kembali.

Demikianlah Berita Acara Serah Terima Pekerjaan Konstruksi ini dibuat dalam rangkap 8 (delapan) untuk dipergunakan seperlunya.

Disusul dengan tanda tangan kedua belah pihak yang dilengkapi dengan nama terang, jabatan, hingga materai.

Itulah tadi penjelasan seputar berita acara serah terima pekerjaan konstruksi yang dapat kami sampaikan. Untuk berbagai informasi lain seputar penerbitan SLF atau yang lainnya, Anda bisa langsung mengunjungi laman website
PT Eticon Rekayasa Teknik. Semoga informasi diatas dapat memberikan manfaat untuk Anda sekalian.

Read:  Perkiraan Membangun Rumah 2 Lantai

Proses Serah Terima Bangunan Rumah Sakit

Source: https://eticon.co.id/berita-acara-serah-terima-pekerjaan-konstruksi/

You May Also Like