Prosedur Audit Energi Bangunan Rumah

Prosedur Audit Energi Bangunan Rumah

Apa itu audit energi apa tujuan inspect energi? Apa saja jenis-jenis audit energi? Simak ulasan berikut ini untuk memahami penjelasan selengkapnya.

Dalam rangka mendukung efisiensi energi, berbagai regulasi dan standarisasi dibuat oleh beberapa pihak berwenang. Harapannya, jika efisiensi tercapai, maka berbagai dampak pada lingkungan akibat penggunaan energi dan ketergantungan pada sumber energi yang terbarukan dapat berkurang, terwujudnya pemerataan konsumsi energi masyarakat, dan bahkan mendukung penurunan biaya operasional atas penggunaan energi.

Salah satu langkah awal yang dapat dilakukan untuk mencapai hal tersebut adalah audit energi. Serangkaian aktivitas yang mencakup identifikasi hingga rekomendasi ini bahkan perlu diterapkan secara berkala sehingga konsistensi penerapan efisiensi dapat tetap terjaga dan berkesinambungan dalam jangka waktu yang lama.

Lantas, apa itu audit energi serta tujuannya?

Apa Itu Audit Energi?

Audit energi adalah sebuah proses yang terdiri dari serangkaian aktivitas evaluasi penggunaan energi pada bangunan gedung (perusahaan) dan identifikasi peluang yang dapat dilakukan untuk mengurangi penggunaan energi. Nantinya, hasil audit berupa laporan yang juga dapat berisi rekomendasi tertentu untuk perbaikan jika diperlukan guna mendukung tercapainya target yang diharapkan.

Audit energi pada bangunan secara umum menekankan pada pemenuhan persyaratan bangunan gedung, ventilasi, pemanasan, dan pencahayaan. Sementara itu, audit yang dilakukan pada manufaktur atau pabrik atau industri lebih menekankan pada persyaratan proses.

Audit energi adalah bagian awal dari efisiensi energi yang akan berlanjut dalam pemenuhan konservasi energi secara menyeluruh. Konservasi energi sendiri merupakan kebijakan untuk menerapkan efisiensi penggunaan energi dengan cara

demand side management
(DSM)
.

Pada akhirnya, audit energi akan mempengaruhi pola konsumsi energi sehingga kinerja sistem dapat meningkat dan biaya energi dapat menurun.

Tujuan Audit Energi

Di Indonesia sendiri, konsumsi energi sebesar 30% berada di wilayah industri. Angka ini cukup besar dengan fakta bahwa masih banyak wilayah yang belum dapat menerima energi secara optimal sehingga bahkan tak mendapat pasokan listrik. Padahal, dengan terciptanya efisiensi energi, jaringan listrik yang lebih efisien dapat mengurangi harga atau biaya konsumsi listrik untuk semua orang.

Read:  Total Harga Untuk Membangun Rumah Bedah Rumah

Dalam rangkaian audit, ketika telah melakukan evaluasi, maka auditor akan melakukan analisis melalui kalkulasi menggunakan materi pendukung. Hasil kalkulasi tersebut kemudian digunakan dalam penyusunan neraca energi. Neraca energi nantinya menjadi bahan untuk membuat rekomendasi dengan perkiraan biaya dan manfaat dari berbagai alternatif yang ada.

Berdasarkan penjabaran di atas, maka beberapa poin penting yang menjadi tujuan dilakukannya audit energi adalah sebagai berikut.

  • Melihat bagaimana penggunaan energi dan kemungkinan adanya pemborosan atas penggunaan tersebut.
  • Mengidentifikasi jenis dan biaya konsumsi energi.
  • Mengidentifikasi dan menganalisis berbagai alternatif yang dapat dilakukan (terutama dengan cepat dan biaya rendah) secara substansial untuk membantu menurunkan biaya energi.

Manfaat Audit Energi

Prosedur Audit Energi Bangunan Rumah

Setelah mengetahui apa itu audit energi serta tujuannya, kemudian, apa saja manfaat dari kegiatan ini? Jika diuraikan lebih panjang, manfaat yang dihasilkan dari pelaksanaan audit energi dan penerapan rekomendasi hasil audit antara lain sebagai berikut.

  • Mengurangi risiko kerusakan lingkungan seperti mengurangi emisi gas rumah kaca.
  • Meningkatkan produktivitas industri.
  • Mengurangi limbah yang timbul maupun operasi tidak aktif.
  • Memenuhi ketetapan pemerintah yang terkait seperti Peraturan Pemerintah No. seventy Tahun 2009 tentang Konservasi Energi.
  • Menetapkan parameter dasar pemanfaatan energi sekaligus memenuhi ISO 50001 Sistem Manajemen Energi.
  • Menghindari potensi perusahaan atau industri dari penggunaan atau pembelanjaan infrastruktur yang tidak perlu.
  • Meningkatkan efisiensi pengeluaran.

Jenis-Jenis Inspect Energi

Cakupan inspect energi dimulai dari survei data sederhana sampai pengujian data yang digabungkan dengan uji coba. Lamanya pelaksanaan audit energi pun berbeda-beda, bergantung pada skala, jenis dan fasilitas industri, serta tujuan audit itu sendiri.

Adapun secara umum, jenis inspect energi dibagi menjadi dua, yakni audit energi awal dan audit energi terinci.

Read:  Download Aplikasi Bangunan Rumah Dan Dapur

Audit Energi Awal

Lamanya waktu yang diperlukan untuk melakukan audit energi awal (atau juga disebut survei awal) dapat dilaksanakan dalam kurun waktu yang relatif singkat, yakni satu hingga dua hari. Walau demikian, apabila instalasi pabrik yang diaudit cukup besar dan kompleks, maka bukan tidak mungkin waktu pelaksanaan audit menjadi lebih panjang.

Audit energi awal berperan penting dalam membantu mengidentifikasi sumber-sumber pemborosan energi serta tindakan-tindakan sederhana apa yang dapat diambil guna meningkatkan efisiensi energi dalam lingkungan tersebut dalam jangka pendek.

Beberapa contoh situasi yang dapat diidentifikasi dengan mudah adalah peralatan yang tidak dapat digunakan lagi sebagaimana mestinya, terjadinya kebocoran uap dan udara-tekan, dan lain-lain.

Hasil dari audit energi awal adalah rekomendasi mengenai tindakan solutif apa yang dapat segera dilaksanakan dan berbiaya rendah. Di samping itu, rekomendasi inspect energi awal juga bisa menyarankan dilakukannya inspect atau pengujian ulang pada area tertentu dengan beberapa alasan.

Audit energi awal sendiri dibagi menjadi dua bagian, yakni survei manajemen energi dan survei energi teknis.

  • Survei manajemen energi adalah kegiatan yang dilakukan dengan tujuan mencoba memahami aktivitas manajemen yang sedang berlangsung dan kriteria putusan investasi yang memengaruhi proyek konservasi energi.
  • Survei energi adalah kegiatan yang mengulas kondisi dan operasi peralatan dari pemakai energi yang penting.

Audit Energi Terinci

Audit energi terinci umumnya dilaksanakan setelah proses audit energi awal selesai. Lamanya waktu pelaksanaan audit energi terinci relatif lebih lama dibandingkan audit energi awal, yakni hingga mencapai beberapa pekan sesuai skala, sifat, dan kompleksitas pabrik yang dinilai.

Proses audit energi terinci melibatkan pengumpulan data pabrik dari catatan yang sudah ada, pengukuran parameter operasi yang penting menggunakan instrumentasi
portable.

Pengujian yang dilakukan mencakup uji efisiensi pembakaran, penentuan penurunan faktor daya yang diakibatkan berbagai peralatan listrik, pengukuran suhu dan aliran udara pada peralatan utama yang menggunakan bahan bakar, dan uji sistem proses untuk operasi yang masih dalam spesifikasi.

Read:  Contoh Surat Perjanjian Bangunan Rumah

Sebagai catatan, auditor energi tidak bisa memberi rekomendasi tentang suatu investasi khusus karena risiko atau total investasi yang terlalu besar. Dalam kondisi tersebut, accountant energi akan memberi sebuah rekomendasi  studi kelayakan. Laporan audit energi rinci pun membuat rekomendasi yang disertai manfaat serta biaya program pelaksanaannya.

Untuk melakukan inspect energi, perusahaan dapat melakukan secara internal maupun menggunakan jasa pihak ketiga. Pihak internal yang ditunjuk pun tentunya harus memiliki pemahaman baik mengenai inspect energi dan juga mengantongi izin sebagai auditor energi. Itulah tadi bahasan mengenai Pengertian, Manfaat, Jenis, serta Tujuan Audit Energi.

Mutu Institute menyediakan semua yang Anda butuhkan. Dengan pengalaman di bidang pelatihan dan audit selama lebih dari dua puluh tahun, kami siap membantu Anda melakukan perubahan dan perbaikan untuk menghasilkan efisiensi energi.

Kami memiliki program audit energi bagi Anda yang bermaksud melakukan audit eksternal. Namun, jika Anda bermaksud menyediakan sumber daya manusia dalam perusahaan yang akan ditugaskan sebagai auditor internal, kami juga memiliki plan khusus untuk mempersiapkan individu menjadi auditor energi internal.

Ingin mengikuti Pelatihan/Training? Belum dapat Lembaga Pelatihan yang terpercaya? Segera hubungi kami melalui [email protected] atau 081918800013. Follow juga Instagram Mutu Constitute di @mutu_institute untuk update pelatihan lainnya.

Baca juga: Bedanya Internal dan Eksternal Inspect

Prosedur Audit Energi Bangunan Rumah

Source: https://mutuinstitute.com/post/mengenal-audit-energi/

Check Also

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal Rencana Anggaran Biaya (RAB) Bangunan Tahun 2020 File Sofcopy Dalam …