Primbon Jawa Membangun Rumah Menurut Betaljemur Adammakna

Primbon Jawa Membangun Rumah Menurut Betaljemur Adammakna

B
agi orang jawa segala sesuatu yang berhubungan dengan kebaikan pasti dicarikan hari baiknya . Termasuk juga mendirikan rumah atau membuat rumah . Selain mengadakan selamatan sebagai tolak bala hari memulai pekerjaan juga menentukan . Saat ini buku primbon rujukan yang dipergunakan untuk mencari hari baik itu adalah ” Betal Jemur Adam Makna” . Bagi yang sudah mempunyai buku tersebut biasanya menghitung sendiri . Namun kebanyakan orang jawa datang ke tempat orang pintar untuk mohon petunjuk mengenai hari baik tersebut.


Dalam Buku Kitab Primbon BetalJemur Adammakna bab yang membahas hari baik untuk memulai pekerjaan membuat rumah atau memindah rumah ada pada halaman 136 (berbahasa jawa) dan halamn 140 ( bahasa Indonesia) . Dengan sub bab
Miwiti ngadani gawe omah lan ngelih omah.




Dalam bab tersebut disebutkan hari baik untuk memulai membuat rumah atau memindahkan rumah dilihat dari hari dan pasaran. Masing-masing kemudian dijumlahkan dan akhirnya dibagi 4  dan hasilnya  akan bersisaberapa? jika  Guru (sisa ane) ,



R


atu (sisa ii) , Rogoh (sisa 3) dan Sempoyong






(sisa four).

Empat Kriteria tersebut sebagai patokan baik atau kurangnya hari untuk memulai pekerjaan.



  1. Guru

     maka rumah tersebut sebagai tumpuan bertanya , mempunyai wibawa, mudah sandang pangannya , jauh dari bencana dan banyak kemujurannya.

  2. Ratu

    maka rumah tersebut akan ditakuti banyak orang , jauh dari bencana dan banyak rejekinya
    .

  3. Rogoh

    maka rumah tersebut sering mengalami kecurian

    .




  4. Sempoyong


    maka penghuni rumah tersebut akan mengalami sakit atau kesusahan.

Untuk perhitungan ini neptu hari adalah sebagai berikut :

Ahad = half dozen , Senin =4, Selasa = 3, Rebo =six, Kamis =5 , Jum’at = 7 , Sabtu .



Sedangkan untuk neptu pasaran atau pekan adalah

:

Read:  Estimasi Biaya Bangun Rumah Kontrakan

Kliwon=8 , Legi = 5 , Paing = nine , Pon = vii dan Wage = four . Perhitungan neptu hari diatas tidak sama dengan yang biasanya , sedangkan neptu pasaran sama dengan umumnya.


Contoh jika anda memulai membuat rumah pada hari dan pasaran  Senin Pahing maka perhitungannya  Senin = 4 dan Pahing = 9 jika dijumlah ketemu thirteen . Kemudian di hitungkan dengan four kriteria tersebut dengan membagi four maka hitungan tersebut sisa one . Sehingga perhitungan tersebut jatuh pada Guru.


Jika  anda mulai mengerjakan rumah pada hari Ahad Kliwon maka perhitungannya sebagai berikut Ahad = 6 dan Kliwon = viii kemudian dijumlahkan menjadi 14 . Hasil 14 tersebut kemudian di bagi 4 bersisa two jatuh pada hitungan  Ratu  begitu seterusnya.


Lalu mana yang baik dari hitungan itu ?  dari four kriteria tersebut yang baik adalah jika bersisa 1 atau 2 karena jatuh pada kriteriaGuru dan Ratu.Oleh karena itu sebaiknya jika anda ingin memulai membuat rumah maka perhitungannya hari dan neptunya sebisanya jika dibagi four akan lebih one atau ii . Untuk hari dan neptunya bisa anda pilih sendiri menurut kesiapan dan juga waktu yang tersedia.


Itulah sekelumit tulisan mengenai hari baik untuk membuat dan memindah rumah , dalam buku Betaljemur Adammakna masih banyak solusi mengenai berbagai hal dalam kehidupan yang didasarkan oleh perhitungan orang jaman dahulu dan masih menjadi rujukan orang saat ini . Utamanya orang jawa masih menjunjung luhur nilai-nilai budaya jawa , sehingga jika melakukan kegiatan apapun pasti akan merujuk pada perhitungan hari baik.


Primbon Jawa Membangun Rumah Menurut Betaljemur Adammakna

Source: http://betaljemuradamakna.blogspot.com/2016/04/menentukan-hari-memulai-membuat-rumah.html

Check Also

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal Rencana Anggaran Biaya (RAB) Bangunan Tahun 2020 File Sofcopy Dalam …