Pph 4 Ayat 2 Final Atas Membangun Rumah Sendiri

Pph 4 Ayat 2 Final Atas Membangun Rumah Sendiri

PPh pasal iv ayat 2 atau PPh final adalah pengenaan pajak langsung ketika wajib pajak mendapatkan gaji atau penghasilan. Para wajib pajak umumnya menyetorkan pungutan pajaknya secara langsung karena sifatnya seketika.

Perhitungan pajak penghasilan last bersifat langsung, artinya pemungutannya tidak disatukan dengan perhitungan penghasilan lain.

Aturan pph pasal 4 ayat two yang kompleks ini mengatur tentang pajak dengan tarif yang berbeda untuk setiap wajib pajak. Pemberlakuan pemotongan pph final adalah satu kali dalam satu masa pajak dengan berbagai pertimbangan seperti kemudahan pengenaan pajak penghasilan dan meringankan beban administrasi wajib pajak.

Tarif PPh Final (PPh pasal 4 ayat 2)


Pph 4 Ayat 2 Final Atas Membangun Rumah Sendiri

Pin

Sebelum mempersiapkan laporan pajak maupun menyusun SPT bulanan, perlu diketahui bahwa tarif pph last berbeda-beda sesuai objeknya. Tarif pph final bagi para pekerja, seperti karyawan, buruh, pekerja lepas, menurut PPh pasal 4 ayat ii adalah ten%. Namun bila Anda memiliki jasa konstruksi tarif pph final yang dikenakan berkisar 2%-vi%, tergantung pada kualifikasi dan jenis usaha.

Tarif pph last juga dikenakan pada bunga tabungan Anda. Jika bunga deposito/tabungan dikenakan tarif pajak 20%, bunga simpanan koperasi dikenakan tarif ten% lebih rendah. Apabila Anda memiliki bunga ataupun diskonto obligasi tarif pph last berkisar 5%-xx%.

Objek PPh Final (PPh pasal iv ayat 2)

Pengadaan objek pph final didasarkan atas berbagai pertimbangan. Diantaranya penyederhanaan pungutan pajak untuk mengurangi beban administrasi Direktorat Jenderal Pajak dan Wajib Pajak, pemerataan pemungutan pajak penghasilan final, serta untuk mendorong perkembangan investasi dan tabungan.

Perhitungan pajak penghasilan last bersifat langsung, artinya pungutannya tidak disatukan dengan perhitungan penghasilan lain. Pengenaan pajak penghasilan concluding meliputi:

Read:  Rumah Sakit Masuk Ke Dalam Bangunan Kategori Resiko Berapa

1. Penghasilan bunga obligasi dan surat utang negara, bunga deposito dan bunga tabungan lainnya.

Bunga deposito dari dana pensiun mendapat pengecualian pengenaan pajak penghasilan. Selain itu bunga tabungan KPR atau rumah susun juga mendapat pengecualian pemotongan pph concluding.

Pemotongan pph final dari bunga obligasi berlaku pada perusahaan efek, dan depository financial institution sebagai perantara dan/atau pembeli saat bertransaksi.

2. Penghasilan undian berhadiah.

Ketika Anda mendapatkan hadiah undian, maka pihak penyelenggara akan memungut pph final atas hadiah Anda sebesar 25% dari jumlah bruto undian.

3. Penghasilan transaksi saham, transaksi derivatif, dan transaksi penjualan saham.

Setelah Anda menerima hasil penjualan saham, maka penyelenggara bursa efek akan memotong pajak penghasilan final sebesar 0,i% dari bruto penjualan.

Berlangganan newsletter kami

Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

four. Penghasilan penyewaan lahan dan/atau bangunan.

Jika Anda menyewa ruko untuk usaha maupun membangun rumah kantor maka penyewa akan melakukan pemotongan pph last yang telah terdaftar sebagai wajib pajak, maupun badan pemerintah.

v. Penghasilan usaha konstruksi bangunan, usaha real estate.

6. Penghasilan dari pengalihan hak atas tanah atau bangunan.

Pemungutan pph terminal dikecualikan jika pengalihan hak tanah dilakukan dalam garis keturunan (keluarga sedarah), maka Anda tidak wajib membayar pph last.

7.  Penghasilan lainnya yang diatur dalam Peraturan Pemerintah.

Pembukuan Secara Otomatis Dengan Teknologi Modern

Tentu unsur perpajakan juga sangat erat kaitannya dalam pembukuan bisnis. Karena setiap transaksi nyatanya memiliki perpajakan yang dipungut seperti PPN, potongan PPh (Pajak Penghasilan) dan lainnya.

Bagi pembukuan, validitas data keuangan yang terjadi di dalam bisnis menjadi penting. Mengapa demikian? Jika Anda salah dalam mencatat atau mengakui transaksi maka laporan keuangan yang disajikan pun akan salah menginformasikan kepada pembacanya.

Read:  Haga Borong Bangun Rumah Global

Sehingga teknologi pembukuan hadir sebagai solusi bagi Anda yang ingin memiliki pembukuan yang rapi, valid dan pastinya cepat dalam pengerjaannya. Salah satunya adalah
Harmony Bookkeeping Software, sistem berbasis cloud ini membantu Anda dalam membuat invoice lebih cepat, mengatur pengeluaran lebih rapi dan analisis laporan keuangan secara real time.

Dengan
Harmony

tak perlu repot melakukan pencatatan transaksi dan pembukuan secara manual yang berisiko terjadinya kesalahan input. Klik di sini sekarang untuk menggunakan Software Akuntansi Harmony
GRATIS (xxx days)
dan setelah masa trial habis Anda bisa mendapatkan tarif berlangganan terjangkau untuk setiap pemilik UMKM.

Bagaimana jika Anda adalah pebisnis yang sibuk sehingga tidak sempat membuat laporan keuangan? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan Harmony Accounting Service yaitu jasa pembuatan laporan keuangan dengan harga terjangkau yang dikerjakan oleh profesional berpengalaman dalam bidang akuntansi.

Dapatkan info dan penawaran terupdate setiap hari lewat akun akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

Pph 4 Ayat 2 Final Atas Membangun Rumah Sendiri

Source: https://www.harmony.co.id/blog/pph-final-pasal-4-ayat-2-objek-tarif-dan-perhitungannya

Check Also

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal Rencana Anggaran Biaya (RAB) Bangunan Tahun 2020 File Sofcopy Dalam …