Pinjamn Ke Mandiri Untuk Bangun Rumah

Pinjamn Ke Mandiri Untuk Bangun Rumah

Pinjamn Ke Mandiri Untuk Bangun Rumah

Musim hujan sudah datang biasanya datang masalah seperti banjir dan kebocoran di atap rumah. Belum lagi jika kondisi tembok sudah tidak sebagus dulu dalam menghalau air, bisa-bisa air rembes masuk ke dalam ruangan. Jika keadaannya sudah seperti ini, renovasi rumah memang menjadi pilihan yang harus dilakukan mau tidak mau.

Sayangnya tidak semua orang memiliki tabungan untuk melakukan renovasi rumah. Pasalnya, renovasi rumah membutuhkan dana yang tidak sedikit dan butuh persiapan. Tetapi, jika menunggu persiapan, kondisi rumah di musim hujan bisa semakin parah.

Kamu jangan khawatir, ada dua pilihan untuk mencari sumber dana yakni Kredit Tanpa Agunan (KTA) dan KPR Multiguna dari bank. Kira-kira mana yang paling baik untuk melakukan renovasi rumah?

Kredit Tanpa Agunan

Seperti namanya, KTA atau Kredit Tanpa Agunan merupakan jenis pinjaman dana tunai yang bisa dilakukan tanpa memberikan agunan atau pinjaman. Jadi kamu gak perlu kasih agunan dalam bentuk apapun ke pihak bank agar mendapatkan dana tunai. Lalu apa sih kelebihan KTA jika dibandingkan dengan KPR Multiguna

Kelebihan KTA:

  • Proses pencairan cepat
  • Persyaratan yang mudah
  • Hampir semua bank punya layanan ini
  • Tak perlu memberikan jaminan

Kekurangan KTA:

  • Bunga tinggi
  • Pinjaman tidak terlalu besar
  • Tenor atau waktu pinjaman pendek

Berdasarkan fitur di atas, KTA bisa kamu pilih jika kamu memerlukan dana tunai dalam waktu cepat, sehingga renovasi rumah bisa dilakukan dengan cepat.

KPR Multiguna

Selain KTA yang telah disebutkan di atas, KPR Multiguna bisa menjadi pilihan bagi kamu yang memang sedang mencari pinjaman. Produk KPR Multiguna sebenarnya memiliki manfaat yang tidak jauh berbeda dengan kredit multiguna. Yang membedakan KPR Multiguna dengan KTA adalah kamu harus memberikan jaminan atau agunan dalam bentuk properti seperti rukan, rumah, apartemen, dan ruko.

Read:  Contoh Proposal Pembangunan Rumah Tinggal

Kelebihan KPR Multiguna

  • Memiliki limit pinjaman besar
  • Memiliki tenor yang lebih lama
  • Pemakaian lebih fleksibel

Kekurangan KPR Multiguna

  • Harus memberikan jaminan atau agunan
  • Dokumen yang harus disiapkan lebih banyak
  • Prosesnya tidak cepat

Tips Memilih Kredit yang Tepat

Terlepas dari pilihan jenis kredit yang kamu pilih baik itu KPR Multiguna atau KTA untuk renovasi rumah, kamu harus berkomitmen untuk membayarnya di waktu yang tepat agar tidak terkena denda. Pastikan kamu memilih kredit yang memang sesuai kondisi keuangan. Berikut tips memilih kredit untuk renovasi rumah:


  1. Cek kondisi keuangan untuk mengukur kemampuan kamu dalam bayar angsuran. Banyak pakar keuangan yang menyarankan jumlah cicilan kamu jangan sampai lebih besar dari xxx persen karena akan mengganggu


    cash period


    kamu.

  2. Kedua, carilah depository financial institution yang memberikan suku bunga terkecil. Setiap banking concern memiliki kebijakan masing-masing dalam memberikan suku bunga. Oleh karena itu, kamu harus pintar dalam memilih banknya, ya.

  3. Jangan lupa membaca syarat dan ketentuan serta informasi terkait kredit bank dengan seksama. Besaran suku bunga memang penting, tapi syarat dan ketentuan tidak kalah penting. Pastikan kamu melihat aturan tentang pembayaran cicilan, termasuk biaya-biaya tambahan.

  4. Komitmen. Jika sudah memiliki rencana renovasi dengan jumlah budget tertentu, jangan lupa taati rencananya ya. Jangan sampai kamu tergiur menambah bagian yang direnovasi di luar rencana awal, karena ini akan mempengaruhi budget kamu di akhir.

Nah, setelah membaca penjelasan di atas, kamu jadi paham kan mana yang lebih baik dipilih untuk kebutuhan renovasi rumah. Jika kamu membutuhkan dana untuk renovasi besar-besaran kamu bisa memilih KPR Multiguna karena dana pinjaman lebih besar. Sedangkan, jika kamu  memilih KTA prosesnya lebih cepat cocok untuk renovasi kecil dan waktu yang lebih mendesak.

Read:  Biaya Bangun Rumah Kos Per Meter

Pinjamn Ke Mandiri Untuk Bangun Rumah

Source: https://benefits.bankmandiri.co.id/article/kamu-perlu-renovasi-rumah,-mending-pakai-kta-atau-kpr-multiguna-

Check Also

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal Rencana Anggaran Biaya (RAB) Bangunan Tahun 2020 File Sofcopy Dalam …