Pinjam Uang Di Bank Untuk Bangun Rumah

Pinjam Uang Di Bank Untuk Bangun Rumah

Mau tahu cara mendapatkan
pinjaman uang untuk bangun rumah?

Pinjaman uang untuk bangun rumah
– Setiap orang pasti mengharapkan memiliki rumah pribadi sehingga ia tidak perlu menyewa ataupun mengontrak. Seiring dengan banyaknya tawaran memiliki rumah dengan perantara developer, masih banyak orang yang lebih memilih memiliki rumah dengan membangunnya sendiri. Ini biasanya dipilih oleh orang yang telah memiliki tanah untuk dibangun rumah dengan konsep dan desain sendiri menurut selera Anda. Pinjam uang untuk bangun rumah menjadi alternatif pinjaman cerdas karena jumlah pinjaman bisa Anda batasi dan penggunaannya dapat di atur sendiri sesuai kepentingan.

Pinjam Uang Di Bank Untuk Bangun RumahMembangun rumah tentu memerlukan biaya yang tidak sedikit. Sehingga menuntut Anda untuk mencari pinjaman uang dari pihak luar, salah satunya dengan memanfaatkan fasilitas Kredit Bangun Rumah (KBR). Kredit jenis ini biasa di keluarkan institusi keuangan seperti bank untuk membangun rumah di atas tanah miliki Anda sendiri. Mendapatkan
pinjaman uang untuk bangun rumah
dengan fasilitas KBR dari depository financial institution tentu tidak langsung jadi. D++iperlukan beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelumnya. Lalu, bagaimana cara mendapatkan pinjaman uang untuk bangun rumah dari bank?

Baca juga: 7 Cara Jitu dan meyakinkan Beli Rumah Tanpa Modal

Nah, bagi Anda yang ingin mendapatkan
pinjaman uang untuk bangun rumah
dari bank maka Anda perlu memperhatikan beberapa hal penting di bawah ini agar Anda sukses mendapatkan fasilitas KBR. Semoga bermanfaat.

1. Menyiapkan sertifikat tanah

Untuk membangun rumah di tanah sendiri, Anda harus memiliki sertifikat tanah di mana Anda akan membangun rumah di atasnya. Selain menjadi tanda sah bahwa tanah tersebut adalah miliki Anda secara resmi dan menurut hukum, sertifikat tanah ini juga menjadi salah satu syarat penting yang harus disertakan dalam usaha mendapatkan
pinjaman uang untuk bangun rumah. Artinya, sertifikat tanah ini dapat Anda agunkan untuk mendapatkan pinjaman KBR.

Read:  Jual Rumah Di Park Residence Bangunan Baru

2. Menyusun RAB (Rancangan Anggaran Bangunan)

Agar mempermudah Anda dalam mendapatkan
pinjaman uang untuk bangun rumah
maka Anda perlu juga menyusun RAB. Jika Anda tidak bisa menmbuat RAB sendiri maka Anda bisa meminta bantuan seorang kontraktor untuk membuatkannya. Biasnaya seorang kontraktor memiliki RAB standar yang dapat mempermudah Anda mendapatkan pinjaman KBR dari bank.

Baca juga: 7 Cara mengelola uang dengan baik agar bebas hutang

3. Memiliki IMB (Izin Mendirikan Bangunan)

Salah satu hal penting untuk mendapatkan
pinjaman uang untuk bangun rumah
adalah memiliki IMB. Jika Anda belum memiliki IMB maka segeralah mengurus IMB di kecamatan (untuk ukuran tanah maksimal 200 m2) ataupun ke dinas tata kota (untuk ukuran tanah lebih dari 200 m2). Proses memiliki IMB ini biasanya membutuhkan waktu sekitar 2-3 bulan.

4. Menyiapkan dokumen administrasi untuk pengajuan KBR

Cara mendapatkan
pinjaman uang untuk bangun rumah
dari bank dengan fasilitas KBR yang selanjutnya adalah dengan menyiapkan beberapa dokumen adminsitrasi untuk pengajuan KBR. Adapun beberapa dokumen yang diperlukan adalah skid gaji suami istri yang bekerja, fotokopi surat nikah, fotokopi KTP yang masih berlaku, sertfikat tanah. Berkas dokumen tersebut dapat Anda serahkan pada pihak bank yang Anda pilih.

Baca juga: 5 Cara Cepat Bayar Hutang Kredit Tanpa Agunan (KTA)

5. Menandatangani perjanjian dengan pihak bank

Setelah berkas pengajuan KBR Anda diterima oleh pihak bank maka pihak banking concern akan melakukan pengecekan secara langsung dengan mendatangi tanah yang Anda miliki sekaligus melakukan assesment. Biasanya proses mendapatkan
pinjaman uang untuk bangun rumah
pada tahap ini menghabiskan waktu selama 1 minggu. Jika semua disetujui maka Anda akan dihubungi oleh pihak bank untuk mendantangai perjanjian di notaris yang telah ditunjuk.

Read:  Contoh Perencanaan Proyek Pembangunan Sebuah Usaha Rumah Makan Sunda

six. Transfer dana dari bank

Setelah menandatangani perjanjian dengan pihak bank, Anda pun berhasil mendapatkan
pinjaman uang untuk bangun rumah
dari bank. Uang akan ditansfer ke rekening milik Anda oleh banking concern. Biasanya transfer akan dilakukan secara bertahap sesuai dengan tahapan pembangunan yang tertera pada RAB. Selama proses pembangunan, pihak bank juga akan turut mengawasi dan memastikan proses pembangunan sesuai dengan apa yang ada dalam RAB. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi penyalahgunaan dana KBR mengingat bunga KBR yang relatif lebih rendah dibanding dengan Kredit Tanpa Agunan (KTA).

pinjaman uang untuk bangun rumah

Demikian beberapa cara mendapatkan
pinjaman uang untuk bangun rumah
dari banking concern dengan fasilitas KBR. Jika Anda sudah mendapatkan pinjaman KBR maka Anda harus selalu rutin mengangsur hutang banking concern tersebut agar tidak menimbulkan masalah keuangan pada waktu mendatang. Agar Anda dapat melunasi hutang KBR tersebut, Anda perlu berusaha keras dalam bekerja ataupun mengelola bisnis yang Anda miliki agar mendapatkan rezeki yang dapat Anda alokasikan guna membayar hutang. Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk memaksimalkan hasil kerja atau bisnis Anda, salah satunya dengan mengikuti
Pelatihan Zona Kaya
di Bioenergi Center yang dapat membantu Anda dalam menemukan solusi atas semua masalah keuangan sehingga membuat Anda terbebas dari himpitan masalah hutang. Dengan begitu, hidup Anda akan menjadi lebih tenang dan bahagia dengan terbebas dari masalah hutang dan dapat menikmati tinggal di rumah sendiri.

Baca juga: Cara menjadi Sukses dan kaya dengan memasuki 360 pintu kekayaan

Pinjam Uang Di Bank Untuk Bangun Rumah

Source: https://zonakaya.com/pinjaman-uang-untuk-bangun-rumah/

Check Also

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal Rencana Anggaran Biaya (RAB) Bangunan Tahun 2020 File Sofcopy Dalam …