Perusahaan Jasa Membangun Rumah Risha

Perusahaan Jasa Membangun Rumah Risha

Seiring dengan harga rumah dan harga tanah yang terus menerus mengalami kenaikan, semakin timbul keresahan masyarakat mengenai mampu tidaknya mereka untuk memiliki sebuah rumah, khususnya bagi para kaum milenial. Apalagi kenaikan tersebut tidak disertai dengan kenaikan pendapatan yang signifikan.

Tapi ternyata, hanya dengan modal sekitar fifty juta rupiah, Anda sudah dapat membangun rumah! Benarkah? Rumah dengan budget murah tersebut adalah RISHA, yang merupakan singkatan dari
Rumah Instan Sederhana Sehat. Untuk tingkat kekokohan dan keamanan sudah tidak perlu diragukan lagi, karena rumah ini sudah mengantongi sertifikasi SNI.

Apa itu RISHA?

Perusahaan Jasa Membangun Rumah Risha
(sumber: JATENG POS)

RISHA adalah programme pemerintah, tepatnya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang menghadirkan konsep rumah layak huni dengan harga yang sangat terjangkau. Program ini dibuat seiring dengan dicanangkannya Gerakan Nasional Pembangunan Sejuta Rumah (GNPSR) yang tentunya membutuhkan banyak proyek rumah dengan harga yang murah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, terutama masyarakat menengah ke bawah.

Rumah ini menggunakan konsep bongkar pasang atau knock downwardly seperti mainan lego anak-anak yang dapat dibangun secara bertahap hanya dengan menggunakan modul di mana satu modul dapat diselesaikan dalam waktu kurang lebih 24 jam hanya dengan 3 tenaga kerja. Sebanyak ten.000 unit RISHA sudah digunakan pasca musibah Tsunami di Aceh lalu yang tentunya sangat membantu karena pemasangannya yang relatif cepat.


Apa beda RISHA dengan rumah lainnya?

Pada konsep RISHA, membangun rumah tidak memerlukan semen dan batu bata seperti pembangunan rumah secara konvensional. Dalam pembangunannya, tidak diperlukan alat-alat berat untuk membangun rumah ini, karena konstruksinya yang ringan, hanya sekitar 50 kilogram saja.

Rumah dapat dibangun hanya dengan memasang panel menggunakan baut dan mur. Karena itu, rumah ini juga dapat diselesaikan dengan cepat, hanya dalam hitungan hari saja asalkan tenaga kerja yang memadai dari segi jumlah. Selain itu, tidak perlu menggunakan kayu karena sistem konstruksinya yang sudah menggunakan beton bertulang, sehingga rumah ini menjadi rumah yang ramah lingkungan.

Read:  Pengalaman Bisnis Properti Bangun Rumah Jual Lagi

Struktur RISHA juga sudah diuji ketahanannya terhadap gempa sampai dengan zona half dozen melalui beberapa penelitian dan pencobaan. Selain untuk rumah tempat tinggal, komponennya juga bisa dialihkan fungsinya untuk fasilitas lain seperti sekolah, kantor, toko, dan puskesmas.

Komponen RISHA ini juga memungkinkan untuk dapat disusun secara vertikal, sehingga dapat disusun sampai memiliki dua lantai. Namun harus diperhatikan juga untuk penggunaannya. Karena hanya memiliki beban hidup sampai 125kg/m2, jangan sampai terjadi perubahan fungsi tempat seperti untuk gudang, perpustakaan, atau tempat lain yang menyebabkan beban yang berat.

Pada lantai dua juga tidak direkomendasikan untuk penggunaan lantai dari bahan beton bertulang. Ukuran konstruksinya yang modular juga tidak menyisakan bahan-bahan bangunan, namun menyebabkan bentuk rumah yang cenderung menjadi kaku karena harus mengikuti kelipatan dari panjang konstruksi tersebut sehingga harus dirancang dengan baik dari segi ukuran.

Oleh karena ukuran komponen yang modular, maka diperlukan juga kreativitas dari arsitek dalam merancang RISHA ini agar rumah tersebut tampak lebih menarik. Sayangnya, dikarenakan jumlah aplikator yang masih sedikit dan belum tersebar luas dengan merata, menyebabkan tidak semua daerah dapat dijangkau dengan mudah untuk bisa mendapatkan RISHA.

Berapa harga komponennya?

(sumber: majalahproperti.com)

Berikut ini adalah daftar harga dari console RISHA yang terdiri dari tiga komponen utama (per meter persegi).

Komponen P1: Rp110.000
Komponen P2: Rp100.000
Komponen P3: Rp90.000
Panel Dinding: Rp160.000
Panel Kusen: Rp50.000

Untuk membangun satu modul (ukuran 3 x 3 meter) diperlukan 24 buah Komponen P1 dan masing-masing 8 buah komponen P2 dan P3. Dengan rincian harga tersebut, rumah dengan tipe 33 dibanderol dengan kisaran harga forty jutaan Rupiah. Bahkan, rumah tipe 36 lengkap dengan kamar mandi diklaim bisa diperoleh dengan harga 50 jutaan saja.

Read:  Contoh Proposal Pembangunan Rumah Yatim

Jadi, apa saja kelebihan RISHA?

Bila disimpulkan, kelebihan menggunakan konsep RISHA untuk rumah masa depan Anda:

  1. Biaya yang terjangkau
  2. Sudah lulus uji SNI
  3. Pembangunan yang cepat/instan
  4. Tahan gempa
  5. Hanya butuh sedikit tenaga kerja
  6. Komponen ringan
  7. Dapat dibongkar pasang
  8. Fleksibilitas desain dan arsitektur

Menarik, bukan? Bila Anda tertarik membangun rumah dengan konsep RISHA, ayo konsultasikan proyek tersebut terlebih dahulu dengan tukang atau kontraktor dari Sejasa.com.

Perusahaan Jasa Membangun Rumah Risha

Source: https://www.sejasa.com/blog/modal-50-juta-bisa-bangun-rumah-risha/

Check Also

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal Rencana Anggaran Biaya (RAB) Bangunan Tahun 2020 File Sofcopy Dalam …