Perencanaan Pembangunan Rumah Type 36

Perencanaan Pembangunan Rumah Type 36

Berapa sih biaya bangun rumah type 36 ii lantai? Baiklah mari kita awali dengan sebuah
preambule
bahwa memiliki rumah sendiri tentu  impian banyak orang, betul?

Tinggal di hunian yang dibangun dengan management usaha sendiri tentu merupakan sebuah kebanggaan tersendiri. Tidak perlu mewah, yang penting semuanya beres tanpa overbudget, benar?

Nah, salah satu blazon rumah yang menjadi incaran karena biaya pembangunannya lebih hemat serta fisiknya yang simpel adalah rumah minimalis.

Ada banyak type rumah yang populer di pasaran saat ini, mulai dari rumah type 21 hingga 120. Namun type rumah minimalis yang paling populer di Indonesia hanya ada beberapa seperti type 21, 36, 45, 54 dan 90.

Blazon 36 adalah salah satu type rumah yang cocok untuk Anda pasangan yang baru menikah. Rumah Type ini biasanya memiliki 2 kamar tidur, ane kamar mandi, ruang tamu, ruang makan dan dapur. Sementara jika dibuat two lantai bisa ditambahkan beberapa ruang lagi di lantai 2.

Tips Mudah Menghitung Biaya Bangun Rumah Type 36 2 Lantai dan Contoh Desainnya

Perencanaan Pembangunan Rumah Type 36
Punya rencana bangun rumah 2 lantai? – biaya bangun rumah type 36 2 lantai – narmadi.com/properti

Meski rumah type 36 terbilang kecil, namun bukan tidak mungkin akan cukup bagus jika dibuat menjadi ii lantai. Meskipun salah satu hal yang mungkin menjadi kendala adalah persoalan biaya.

Yang mana tentunya akan memerlukan dana anggaran yang lebih besar dibandingkan rumah 1 lantai sekalipun dengan blazon yang sama.

Baca juga: Tips Merencanakan Biaya Membuat Rumah Minimalis 2 Lantai Sendiri Tanpa Takut Rugi

Nah, namun meski begitu setidaknya hal-hal berikut harus Anda siapkan saat hendak membangun rumah minimalis type apapun.

1. Biaya Pembelian Lahan

biaya bangun rumah type 36 2 lantai-narmadi.com/properti.png1.png
Lahan – biaya bangun rumah type 36 ii lantai

Satu hal yang mutlak harus ada dari syarat membangun sebuah rumah adalah adanya lahan kosong yang siap bangun. Makanya tidak heran jika item ini masuk di kebutuhan utama kalkulasi biaya bangun rumah type 36 2 lantai.

Read:  Rumah Luas Bangunan 112 M2

Rencanakan pembelian lahan untuk bangunan rumah Anda sejak jauh-jauh hari sebelumnya. Hal ini juga untuk memberikan Anda waktu lebih panjang dalam memetakan lahan serta menentukan arah bangunan.

Selain itu, harga lahan yang terus melonjak tidak akan menambah beban pembiayaan Anda nantinya. Belum lagi jika lahan yang Anda siapkan perlu dilakukan perataan atau pengerukan, tentu harus Anda pertimbangkan waktu dan biaya pengerjaannya bukan?

Jadi, persiapkanlah segala sesuatu yang berkaitan dengan lahan bangunan Anda sedini mungkin guna menghindari masalah yang terjadi di luar rencana.

Untuk harga pasaran tanah/lahan kosong lokasi strategis saat ini mencapai two jutaan per meter persegi sehingga untuk biaya totalnya bisa Anda hitung dan sesuaikan dengan luas lahan rumah type 36 Anda.

2. Biaya Pengadaan Material Bangunan

biaya bangun rumah type 36 2 lantai-narmadi.com/properti.png1.png
Pengadaan material – biaya bangun rumah type 36 2 lantai

Membangun sebuah rumah juga tentu memerlukan supply bahan bangunan yang harus selalu siap selama proses pengerjaan.

Oleh karenanya sebaiknya pikirkanlah hal-hal yang berkaitan dengan pengadaan material bangunan sedini dan sedetail mungkin. Misalnya memilih toko bangunan yang akan Anda jadikan tempat belanja kebutuhan cloth dan sebagainya.

Untuk hal-hal yang berhubungan dengan biaya pengadaannya juga tak boleh luput dari perhitungan cermat Anda.

Misalnya untuk pengadaan pasir berapa truk yang dibutuhkan, kemudian semen berapa sak dan sebagainya. Hal-hal tersebut harus diperhatikan dengan cermat agar pengadaan masing-masing item balance dan tidak mubazir.

Untuk perkiraan harga textile membangun rumah blazon 36 siapkan saja dana sekitar 800 hingga 100 juta rupiah.

3. Biaya Pekerja

biaya bangun rumah type 36 2 lantai-narmadi.com/properti.png1.png
Biaya pekerja – biaya bangun rumah type 36 2 lantai

Untuk selanjutnya yang juga harus dipikirkan adalah soal tenaga pekerja. Adapun rata-rata proses membangun rumah type 36 memakan waktu sekitar 1-2 bulan.

Read:  Jasa Bangun.rumah Hitam Holcim

Jika dikalkulasi, total biaya yang harus Anda keluarkan untuk menggaji pekerja selama proses pengerjaan sekitar 10 hingga fifteen juta rupiah.

Angka tersebut juga bergantung pada jumlah pekerja yang Anda butuhkan. Dan jumlah pekerja juga berpengaruh terhadap jangka waktu pengerjaan rumah Anda hingga jadi.

Oleh karenanya pikirkanlah semuanya dengan cermat dan bijak agar pembiayaannya terkontrol.

4. Biaya Instalasi

biaya bangun rumah type 36 2 lantai-narmadi.com/properti.png1.png
anggaran instalasi – biaya bangun rumah type 36 ii lantai

Instalasai menjadi bagian penting dalam perhitungan biaya bangun rumah type 36 2 lantai. Alasannnya?

Setelah bangunan rumah berdiri tentu tidak serta merta bisa ditempati dan digunakan beraktivitas sebagaimana rumah siap huni, kan?

Ada beberapa hal yang harus Anda siapkan dan lengkapi, diantaranya adalah soal instalasi rumah yang meliputi instalasi listrik, air dan kebersihan.

Ketiga instalasi tersebut harus masuk dalam RAB pembangunan rumah Anda. Untuk biaya instalasi listrik diperkirakan sekitar 2 juta rupiah, kemudian instalasi air 8 juta rupiah, dan instalasi kebersihan ii juta rupiah, jadi siapkanlah dana untuk memasang instalasi sekitar 12 juta rupiah.

5. Biaya Cadangan

biaya bangun rumah type 36 2 lantai-narmadi.com/properti.png1.png
anggaran tak terduga – biaya bangun rumah type 36 two lantai

Yang dimaksud dengan biaya cadangan dalam pembangunan rumah adalah semua hal yang memerlukan pembiayaan namun diluar dari RAB dasar pembangunan rumah Anda.

Biasanya biaya cadangan pada proses pembangunan diperlukan pada saat dibutuhkan anggaran untuk hal-hal yang bersifat urgent dan harus dibelanjakan saat itu juga.

Salah satu contoh penerapan biaya cadangan yang sering terjadi di lapangan adalah pada saat perlu penggantian material yang rusak saat digunakan.

Jika hal ini terjadi maka biasanya harus didatangkan material baru yang pastinya juga membutuhkan biaya pengadaan.

Biaya cadangan akan sangat penting jika terjadi hal-hal yang tak terduga dan memerlukan alokasi dana segera. Oleh karenanya jangan sepelekan particular penganggaran yang satu ini ya.

Read:  Cara Menggambar Bangunan Rumah Luas Tanah 100m

Itu dia beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat hendak membangun rumah yang tentunya juga tidak hanya ketika membuat rumah minimalis type 36 saja.

Sebagai pelengkap, berikut ini kami lampirkan beberapa contoh desain rumah minimalis type 36 2 lantai.

Contoh Gambar Desain Rumah Minimalis Type 36 2 Lantai

Fasad rumah type 36 2 lantai
Fasad rumah blazon 36 two lantai

biaya bangun rumah type 36 2 lantai
Fasad rumah blazon 36 2 lantai

biaya bangun rumah type 36 2 lantai
Fasad rumah type 36 ii lantai

biaya bangun rumah type 36 2 lantai
Fasad rumah type 36 2 lantai

biaya bangun rumah type 36 2 lantai
Fasad rumah type 36 two lantai

Demikianlah ulasan tentang tips membangun rumah serta kalkulasi biaya bangun rumah type 36 2 lantai yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat untuk Anda. (rn) -editted by RN23032019, 27/12/2021 by diminimalis

Perencanaan Pembangunan Rumah Type 36

Source: https://narmadi.com/properti/biaya-bangun-rumah-type-36-2-lantai/

Check Also

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal Rencana Anggaran Biaya (RAB) Bangunan Tahun 2020 File Sofcopy Dalam …