Tujuan pengorganisasian program PPI adalah mengidentifikasi dan menurunkan risiko infeksi yang didapat dan ditularkan diantara pasien, staf, tenaga professional person kesehatan, tenaga kontrak, tenaga sukarela, mahasiswa dan pengunjung.
Risiko infeksi dan kegiatan plan dapat berbeda dari satu rumah sakit ke rumah sakit lainnya, tergantung pada kegiatan klinis dan pelayanan rumah sakit, populasi pasien yang dilayani, lokasi geografi, jumlah pasien, dan jumlah pegawai.
Plan akan efektif apabila mempunyai pimpinan yang ditetapkan, pelatihan staf yang baik, metode untuk mengidentifikasi dan proaktif pada tempat berisiko infeksi, kebijakan dan prosedur yang memadai, pendidikan staf dan melakukan koordinasi ke seluruh rumah sakit.


Elemen Penilaian PPI.ane
1. Ada satu atau lebih individu yang mengawasi program pencegahan dan pengendalian infeksi
2. Kualifikasi individu sesuai besar kecilnya rumah sakit, tingkat resiko, ruang lingkup program dan kompleksitasnya.
3. Individu yang bertanggung jawab penuh tentang Programme Pengendalian Infeksi sesuai dengan yang tertulis dalam uraian tugas

Elemen Penilaian PPI.2.
1. Ada penetapan mekanisme untuk koordinasi program pencegahan dan pengendalian infeksi.
two. Koordinasi kegiatan pencegahan dan pengendalian infeksi melibatkan dokter
3. Koordinasi kegiatan pencegahan dan pengendalian infeksi melibatkan perawat
4. Koordinasi kegiatan pencegahan dan pengendalian infeksi melibatkan profesi pencegahan dan pengendali infeksi
5. Koordinasi kegiatan pencegahan dan pengendalian infeksi melibatkan rumah tangga (housekeeping)
6. Koordinasi kegiatan pencegahan dan pengendalian infeksi melibatkan tenaga lainnya sesuai dengan besar kecilnya dan kompleksitas rumah sakit.

Elemen Penilaian PPI.3.
1. Program pencegahan dan pengendalian infeksi berdasarkan ilmu pengetahuan terkini
2. Program pencegahan dan pengendalian infeksi berdasarkan pedoman praktik yang diakui
3. Program pencegahan dan pengendalian infeksi berdasarkan peraturan dan perundangan yang berlaku
four. Program pencegahan dan pengendalian infeksi berdasarkan standar sanitasi dan kebersihan nasional atau lokal.

Elemen Penilaian PPI.iv.
i. Staf yang ditetapkan pimpinan rumah sakit untuk Program Pencegahan dan Pengendalian Infeksi adalah cukup.
2. Pimpinan rumah sakit mengalokasikan sumber daya yang cukup untuk Programme Pencegahan dan Pengendalian Infeksi
three. Ada sistem manajemen informasi untuk mendukung Plan Pencegahan dan Pengendalian Infeksi

FOKUS DARI Program

Elemen Penilaian PPI.5.
1. Tersedia suatu plan yang komprehensif dan rencana menurunkan risiko pelayanan kesehatan terkait infeksi pada pasien
2. Tersedia suatu program yang komprehensif dan rencana menurunkan risiko pelayanan kesehatan terkait infeksi pada tenaga kesehatan.
3. Plan termasuk kegiatan surveillance secara proaktif dan sistematik untuk menetapkan angka infeksi biasa (endemic)
4. Plan termasuk kegiatan sistem investigasi outbreak dari penyakit infeksi
5. Program berpedoman pada peraturan dan prosedur yang berlaku
vi. Tujuan penurunan risiko dan sasaran terukur dibuat dan secara teratur direview.
7. Program sesuai dengan besar kecilnya rumah sakit, lokasi geografi, pelayanannya dan pasien.

Read:  Bangun Rumah Dengan Papan Gypsum

Elemen Penilaian PPI five.1.

1. Semua area pelayanan pasien di rumah sakit adalah termasuk dalam Program Pencegahan dan Pengendalian Infeksi.
two. Semua area staf di rumah sakit adalah termasuk dalam Program Pencegahan dan Pengendalian Infeksi.
iii. Semua area pengunjung di rumah sakit adalah termasuk dalam Program Pencegahan dan Pengendalian Infeksi.

Elemen Penilaian PPI 6.
1. Rumah sakit harus fokus dengan program melalui pengumpulan data yang ada di maksud dan tujuan a) sampai f)
2. Data yang dikumpulkan a) sampai f) dievaluasi/di analisa.
3. Berdasarkan evaluasi/analisa data maka rumah sakit melaksanakan Program Pencegahan dan Pengendalian Infeksi secara fokus atau re-fokus.
4. Rumah sakit menilai risiko paling sedikit setiap tahun dan hasil penilaian terdokumentasi.

Elemen Penilian PPI 7.
i. Rumah sakit harus mengidentifikasi proses yang terkait dengan risiko infeksi tersebut
ii. Rumah sakit harus mengimplementasi strategi penurunan risiko infeksi pada seluruh proses kegiatan.
3. Rumah sakit mengidentifikasi jenis risiko yang membutuhkan kebijakan dan prosedur, edukasi staf, perubahan praktik dan kegiatan lainnya untuk mendukung penurunan risiko

Elemen Penilaian PPI 7.i.
1. Pembersihan peralatan dan metode sterilisasi di pelayanan sterilisasi sentral sesuai dengan tipe peralatan
two. Pembersihan peralatan, desinfeksi dan sterilisasi metode dilaksanakan diluar pelayanan sterilisasi sentral sesuai dengan tipe peralatan
iii. Manajemen laundry dan linen adalah sesuai untuk meminimalisasi risiko bagi staf dan pasien.
4. Ada proses koordinasi pengawasan yang menjamin bahwa semua pembersihan, desinfeksi dan sterilisasi di rumah sakit menggunakan metode yang sama.

Elemen Penilaian PPI. 7.1.1.
1. Ada kebijakan dan prosedur yang konsisten dengan peraturan dan perundangan di tingkat nasional dan standar profesi di tempat yang mengidentifikasi proses pengelolaan peralatan yang kadaluwarsa
ii. Pada waktu peralatan dan material single-use menjadi re-employ, kebijakan termasuk untuk particular a) sampai e) di maksud dan tujuan.
3. Kebijakan telah dilaksanakan
4. Kebijakan telah di monitor.

Read:  Rumah Dengan Taman Kena Pajak Bangunan Pbb

Elemen Penilaian PPI seven.2.
ane. Pengelolaan pembuangan sampah infeksius dan cairan tubuh untuk meminimalisasi risiko penularan.
ii. Pengelolaan penanganan dan pembuangan darah dan komponennya untuk meminimalisasi risiko penularan.
3. Pengelolaan surface area kamar mayat dan postal service mortem untuk meminimalisasi risiko penularan.

Elemen penilaian PPI 7.3.
i. Benda tajam dan jarum dikumpulkan dengan dedikasi, tempat benda tajam (sharps box) tidak dipakai ulang.
ii. Benda tajam dan jarum di rumah sakit dibuang dengan aman atau kontrak dengan institusi yang mengelola sampah benda tajam.
three. Pembuangan benda tajam dan jarum harus konsisten dengan kebijakan pengendalian infeksi di rumah sakit.

Elemen Penilaian PPI 7.4
ane. Sanitasi dapur dan penyiapan makanan ditangani dengan memadai sehingga meminimalisasi risiko infeksi
2. Pengontrolan applied science dikerjakan dengan memadai sehingga meminimalisasi risiko infeksi di expanse tersebut di rumah sakit

Elemen Penilaian PPI 7.v.
1. Rumah sakit mempunyai kriteria risiko untuk menilai dampak renovasi atau pembangunan (kontruksi) baru.
two. Risiko dan dampak renovasi atau kontruksi terhadap kualitas udara dan kegiatan pencegahan dan pengendalian infeksi dinilai dan ditangani.

PROSEDUR ISOLASI

Elemen Penilaian PPI.8
1. Pasien yang suspek atau sudah di diagnose infeksi harus di isolasi sesuai kebijakan/pedoman yang direkomendasikan.
two. Kebijakan dan prosedur menyatakan pemisahan antara pasien infeksius dan staf yang berisiko tinggi karena rentan atau alasan lain
three. Kebijakan dan prosedur ditujukan bagaimana untuk menangani pasien dengan infeksi airborne untuk periode waktu pendek ketika ruangan bertekanan negatif tidak tersedia
4. Rumah sakit mempunyai strategi komunikasi dengan masuknya pasien dengan penyakit yang bersifat menular
5. Ruangan bertekanan negatif tersedia dan di monitor rutin untuk pasien infeksius yang membutuhkan isolasi untuk infeksi airborne. Bila ruangan bertekanan negatif tidak segera tersedia, ruangan dengan sistem filtrasi HEPA yang di sahkan bisa digunakan.
6. Staf terdidik tentang perawatan pasien infeksius

TEKNIK PENGAMANAN DAN Paw HYGIENE

Elemen Penilaian PPI 9.
ane. Rumah sakit mengidentifikasi situasi dimana alat pelindung diri digunakan/dibutuhkan
2. Alat pelindung diri harus digunakan secara tepat dan benar
3. Rumah sakit mengidentifikasi di area mana diperlukan prosedur cuci tangan, desinfeksi tangan atau prosedur desinfeksi diketahui.
4. Prosedur cuci tangan dan desinfeksi digunakan secara benar di seluruh area
5. Rumah sakit mengadopsi pedoman hand hygiene dari sumber yang berwenang

Read:  Game Bangun Rumah Dan Pertahanan

INTEGRASI Plan DENGAN PENINGKATAN MUTU DAN KESELAMATAN PASIEN

Elemen Penilaian PPI.10.
1. Kegiatan pencegahan dan pengendalian infeksi terintegrasi dengan program peningkatan mutu dan keselamatan pasien
2. Kepemimpinan plan pencegahan dan pengendalian infeksi termasuk dalam mekanisme pengorganisasian program mutu dan keselamatan pasien

Elemen Penilaian PPI x.1.
1. Risiko infeksi terkait dengan pelayanan kesehatan sudah diketahui
2. Angka infeksi terkait dengan pelayanan kesehatan sudah diketahui
three. Kecenderungan infeksi terkait dengan pelayanan kesehatan sudah diketahui.

Elemen Penilaian PPI 10.2.
1. Kegiatan pencegahan dan pengendalian infeksi diukur.
2. Identifikasi pengukuran penting secara epidemiologi

Elemen Penilaian PPI 10.three.
1. Proses di tata ulang berdasarkan risiko, angka dan kecenderungan information dan informasi
2. Proses di tata ulang untuk menurunkan risiko infeksi ke level serendah mungkin

Elemen Penilaian PPI 10.4.
1. Angka infeksi nosokomial dibandingkan dengan rumah sakit lain melalui information dasar komparasi
2. Rumah sakit membandingkan angka untuk mendapatkan praktik klinis terbaik dan bukti ilmiah

Elemen Penilaian PPI ten.5.
1. Hasil monitoring disampaikan ke staf medis
2. Hasil monitoring disampaikan ke staf perawat
3. Hasil monitoring disampaikan ke manajemen

Elemen Penilaian PPI x.six.
ane. Program pencegahan dan pengendalian infeksi dilaporkan kepada Kementerian Kesehatan atau Dinas Kesehatan sesuai ketentuan pelaporan
ii. Rumah sakit melakukan tindak lanjut yang benar pada laporan dari Kementerian Kesehatan atau Dinas Kesehatan

PENDIDIKAN STAF TENTANG Programme

Elemen Penilaian PPI.eleven
1. Rumah sakit mengembangkan plan pencegahan dan pengendalian infeksi untuk seluruh staf dan tenaga profesi, pasien dan keluarga
2. Rumah sakit menyediakan pendidikan tentang pencegahan dan pengendalian infeksi untuk seluruh staf dan tenaga profesi.
3. Rumah sakit menyediakan pendidikan tentang pencegahan dan pengendalian infeksi untuk pasien dan keluarga.
4. Semua staf diberikan pendidikan tentang kebijakan prosedur dan cara pencegahan dan pengendalian infeksi serta program pencegahan dan pengendalian infeksi
five. Edukasi staf secara periodik disediakan dalam merespon kecenderungan dan information infeksi yang signifikan.

Semoga artikel di atas mengenai Standar Akreditasi Rumah Sakit Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) berguna.

Peran Ppi Rumah Sakit Dibidang Pembangunan Rumah Sakit

,