Penyebab Ac Mati Sendiri Dan Cara Mengatasinya

Sarah Lea
Rahasia

Apakah Anda pernah mengalami duduk kendala AC mati sendiri padahal belum meraih suhu yang ditetapkan pada thermostat? Masalah ini biasa disebut dengan ungkapan “Short Cyling” atau proses dimana AC akan terus menerus mati dan menyala sendiri sekitar 5 – 10 menit atau lebih. Jika dibiarkan, duduk kendala seumpama ini sanggup menghancurkan AC dan mengembangkan tagihan listrik bulanan Anda.

Istilah Short Cyling mengacu pada saat AC melakukan proses pendinginan tetapi tiba-tiba mati dan hidup sendiri dalam waktu yang singkat padahal belum meraih suhu yang ditetapkan. Permasalahan seumpama ini sering terjadi pada beberapa brand AC, tergolong Panasonic, Daikin, Samsung, Sharp, Polytron atau LG.
AC yang mati dan menyala sendiri pastinya mempunyai pengaruh buruk bagi pemilik rumah dan tata cara AC Anda. Pasalnya, dikehendaki lebih banyak energi untuk menyalakan AC secara berulang-ulang dibandingkan saat menyala wajar seumpama biasanya. Hal ini sanggup menghasilkan tagihan listrik Anda membesar dan kemungkinan terjadi kerusakan pada elemen AC lainnya. Jadi, Anda mesti mengenali penyebab dan cara menangani kerusakan ini sesegera mungkin.

Penyebab AC Mati Sendiri

Kode Error AC Daikin dan Solusinya

Cara Mengatasi AC Mati Sendiri

Setelah Anda mengenali penyebabnya, kini Anda sanggup memperbaiki duduk kendala ini dengan mudah. Berikut beberapa cara yang sanggup Anda coba:

1. Bersihkan Filter Udara

Seperti yang kita ketahui, AC yang sudah usang tidak dibersihkan akan ada banyak kotoran didalamnya, tidak jarang filter udara menjadi tersumbat. 
Untuk lebih jelasnya, Anda sanggup membuka dan membersihkan filter udara dengan kompresor angin atau sikat secara perlahan. Namun kalau ternyata ada duduk kendala pada filter tersebut, direkomendasikan untuk mengubahnya dengan yang baru.

2. Isi Ulang Freon

Freon yang bocor pastinya akan menghasilkan AC menjadi tidak cuek dan cuma ada angin dari kipas saja. Kebocoran pada freon sanggup disebabkan lantaran beberapa hal, salah satunya yakni umur AC yang sudah terlalu lama.
Pada umumnya, kebocoran pada freon yakni hal yang sering terjadi dan berbahaya kalau tidak diperbaiki dengan ahlinya. Jika memang freon pada AC sudah habis, Anda mesti mengundang teknisi AC untuk mengisi ulang dan memperbaiki kebocoran pada freon.

3. Periksa Thermostat

Thermostat yang berurusan juga sanggup memunculkan AC mati sendiri, baik itu lantaran baterai thermostat yang sudah lemah atau posisi thermostat yang salah.
Untuk menangani duduk kendala ini, Anda mesti menentukan bahwa baterai thermostat tidak bermasalah, kalau memang sudah habis atau lemah, Anda sanggup merubah baterainya apalagi dahulu.
Cara lain yang sanggup Anda coba yakni merubah posisi thermostat, jangan letakan elemen ini pada ruangan dengan suhu yang cukup panas, seumpama didapur atau kamar mandi dan tentukan thermostat tidak terkena sinar matahari langsung.

4. Bersihkan Kondensor AC

Selain menjadi penyebab Short Cyling, kondensor AC yang kotor juga sanggup memunculkan suhu cuek kurang optimal dan membuat tekanan kondensasi meningkat, kapasitas pembuangan panas yang menyusut atau energi yang dikehendaki kompresor akan meningkat.
Untuk itu, Anda mesti berkala melaksanakan pemeliharaan pada AC tersebut, tergolong membersihkan filter udara, evaporator atau kondensor yang kotor. Untuk menghambat kipas angin ac mati sendiri, Anda juga mesti membersihkannya.

5. Mematikan Timer AC

Perlu Anda ketahui, setiap brand AC mempunyai cara yang berlainan untuk menyalakan atau mematikan fitur timer. Jika AC Anda sering mati sendiri, sanggup jadi itu lantaran fitur timer dalam posisi aktif dan Anda mesti mematikannya.
Untuk mematikan timer AC sanggup ditangani dengan menggunakan remote. Nah, Anda sanggup membaca postingan tentang cara mematikan timer AC untuk semua brand yang sudah kami diskusikan sebelumnya.

6. Periksa Switch Indoor

Tombol on off atau switch indoor AC yang rusak biasanya terjadi pada jenis dan brand AC keluaran lama, atau sanggup dibilang AC yang sudah usang usianya. Switch indoor yang berurusan juga sanggup memunculkan AC datang tiba mati dan hidup sendiri.
Untuk mengatasinya, Anda sanggup melangsungkan switch tersebut (jumper) dengan cara disolder, dan untuk mematikan dan menyalakan AC sanggup lewat remote. Tetapi tombol switch indoor tersebut tidak berfungsi lagi.
Untuk lebih jelasnya, Anda sanggup menonton video berikut ini:

Kenapa AC Mati Sendiri Setelah Dicuci?

Walaupun hal ini jarang terjadi, tetapi ada beberapa yang mengalaminya. Kasus AC datang tiba mati sendiri setelah dicuci sanggup jadi disebabkan lantaran ada elemen yang rusak lantaran terkena air, salah satunya yakni thermistor.
Kasus ini sanggup tertuntaskan dengan cara memanaskan atau membersihkan thermistor tersebut dan elemen yang lain yang terkena air.
Agar duduk kendala ini tidak terulang lagi, saat Anda mencuci AC tentukan tidak ada air yang masuk kedalam AC, lantaran akan memunculkan elemen didalamnya konslet. Jika Anda tidak mengetahui mengenai hal ini, direkomendasikan untuk mengundang teknisi AC.
Nah, demikian postingan singkat yang sanggup kami bagikan mengenai penyebab AC mati sendiri dan cara mengatasinya. Kesimpulannya, Anda sanggup memperbaiki kerusakan tersebut setelah mengenali semua penyebabnya. Semoga bermanfaat.
Rahasia
Next Post

Download Firmware Oppo A 37 Versi 1 2

Download Firmware Oppo A 37 Versi 1 2. Any OTA updates that may have arrived for your Oppo mobile device will become available to you if it is a newer version of Android compared to the version you. Use the following flash to update, downgrade or simply flash your device. […]
Download Firmware Oppo A 37 Versi 1 2
/* */