Pembangunan Rumah Sakit Pratama Samudra

Pembangunan Rumah Sakit Pratama Samudra

SINGKIL (Waspada): Tahun 2021 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Singkil menerima kucuran sumber Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai Rp131,1 miliar dan DAK non fisik senilai Rp24,3 miliar.
Sementara untuk penerimaan 2022 sumber DAK Fisik mengalami penurunan menjadi Rp79.017.010.000. Namun sumber dana DAK Not Fisik bertambah menjadi Rp77.134.858.000.
Akibatnya sumber pembiayaan Rumah Sakit Pratama di Kecamatan Singkil yang diusulkan melalui pembiayaan DAK fisik tahun 2022 gagal dikucurkan.
Gagalnya kucuran anggaran DAK fisik untuk pelayanan kesehatan di Kecamatan Singkil ini diduga disebabkan penyerapan anggaran DAK 2021 yang tidak tercapai 75 persen. Sehingga Pemerintah Pusat harus mempertimbangkan kembali untuk pemberian dana tersebut.
Anggota DPRK Aceh Singkil Ahmad Fadli kepada Waspada.id menyebutkan, kegagalan pelaksanaan proyek senilai Rp24,2 miliar pembangunan Gedung Instalasi Bedah Sentral dan Interior Ruang Operasi Standar di RSUD Aceh Singkil menjadi kerugian besar bagi masyarakat Aceh Singkil.
Sebab seharusnya tahun depan Aceh Singkil mendapat kucuran dana untuk pembangunan Rumah Sakit Pratama di Kecamatan Singkil yang bersumber DAK senilai Rp30 miliar.
Sayang sumber dana tersebut gagal diplot kan untuk Aceh Singkil, kemungkinan disebabkan tidak tercapainya realisasi penyerapan DAK 2021 yang tidak mencapai 75 persen.
“Berapa ruginya masyarakat, akibat paket Rp24 miliar gagal terlaksana, tahun depan proyek Rp30 miliar untuk pembangunan Rumah Sakit (RS) Pratama juga gagal,” ucap Fadli
Awalnya dapat Rp6 miliar, setelah kami setujui dari Komisi Iv, begitu lolos Rp24 miliar. Dan rencana tahun depan dapat Rp30 miliar untuk RS Pratama, untuk pelayanan kesehatan masyarakat Kepulauan dan Kuala Baru, Singkil dan Singkil Utara, beber Fadli.
Kemungkinan berkenaan dengan penyaluran DAK tahap kedua tahun 2021 untuk fisik reguler di bidang kesehatan keluarga berencana tidak memenuhi syarat penyaluran, tambahnya.
Akibat gagalnya realisasi DAK, krn ketidak mampuan Kepala SKPK terkait, kalau ini lolos, 2022 seharusnya dapat dana DAK 30 miliar untuk rumah sakit Pratama, tegas Fadli.
Terpisah, Sekretaris Dinas Kesehatan Nruman Manik dikonfirmasi Waspada.id di Kantor Dinkes setempat, Selasa (nine/11) membenarkan pihaknya telah mengajukan untuk pembangunan RS Pratama senilai Rp45 miliar.
RS Pratama ini katanya, untuk melayani kesehatan masyarakat dari wilayah Kepulauan. Yakni Pulau Banyak Barat (PBB), Pulau Banyak, Kecamatan Kuala Baru, Singkil dan Singkil Utara
Begitupun Nruman tidak dapat memastikan, gagalnya sumber pembiayaan untuk pembangunan RS Pratama tersebut akibat realisasi DAK tahun 2021.
Namun katanya, pihaknya tidak mengetahui apa penyebab tidak disetujuinya pengajuan pembangunan RS Pratama tersebut.
“Tidak bisa juga kita berandai-andai karena disebabkan realisasi DAK tidak tercapai, kuncinya ada di Kementerian. Bisa jadi karena ketersediaan dana Pusat tidak mencukupi,” ucap Nruman.
Namun Dinkes akan tetap mengusulkan tahun mendatang untuk pembangunan RS tersebut. “Selagi carte masih ada akan tetap kita usulkan,” terang Nruman.
Terpisah Kepala Badan Pengelola Keuangan Kabupaten (BPKK) Aceh Singkil melalui Kabid Perbendaharaan Fakhruddin mengatakan, untuk penyerapan DAK 2021 hanya di RSUD yang tidak tercapai.
Begitupun bukan tidak tercapai seluruhnya, namun ada beberapa kegiatan untuk pengadaan barang yang bisa mereka kontrakkan dan dananya sudah dicairkan dan bisa dilaksanakan.
Sementara sumber pembiayaan DAK dibidang lainnya sudah terealisasi dan menunggu pencairan dana tahap III.
Begitupun katanya, sesuai juknis penyaluran DAK, yang jelas jika tidak tercapainya realiasi penyalurannya, kedepan Pemerintah Pusat akan memperhitungkan untuk mengucurkannya.
“Ini menjadi bahan evaluasi dan pertimbangan mereka untuk kembali menyalurkannya,” ucap Fakhruddin.
Jika tidak terlaksana kegiatan karena satu hal lain sebabnya, itu pasti evaluasinya oleh pemerintah pusat akan memperhitungkan realisasi DAK di tahun berikutnya, tambahnya.
“Tapi mudah-mudahan Pemerintahan Pusat bisa mempertimbangkan untuk kebutuhan masyarakat,” harapnya. (B25)

Read:  Denah Rumah Luas Bangunan 90 M2
Pembangunan Rumah Sakit Pratama Samudra

Ahmad Fadli Anggota DPRK Aceh Singkil Komisi Four. Waspada/Ist


Pembangunan Rumah Sakit Pratama Samudra

Source: https://waspada.id/aceh/gagalnya-proyek-rsud-berimbas-gagalnya-sumber-dak-pembangunan-rs-pratama-di-singkil/

Check Also

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal Rencana Anggaran Biaya (RAB) Bangunan Tahun 2020 File Sofcopy Dalam …