Salah satu ruang diantara berbagai ruang yang ada di rumah sakit yaitu ruang operasi. Menurut definisinya, ruang operasi merupakan sebuah bentuk pelayanan rumah sakit yang secara khusus berfungsi untuk memberikan layanan dan tindakan bedah secara efektif maupun emergency dengan kondisi steril. Sebagai sarana bedah medis, tentu saja pada saaat menjalankan fungsinya, ruangan ini dilengkapi dengan berbagai macam peralatan baik umum maupun medis.

Alat-alat di ruang operasi cukup banyak, khususnya untuk alat kesehatan. Terdapat berbagai macam peralatan medis yang memang secara khusus difungsikan di dalam ruangan ini. Berdasarkan prosedur standar ruang operasi yang benar dari pemerintah, adanya peralatan khusus ruang operasi ini menjadi syarat operasional yang harus dipenuhi oleh rumah sakit dan klinik yang memiliki ruang operasi.

Jika kita merujuk pada pedoman teknis ruang operasi rumah sakit disebutkan, di dalam ruang tersebut terdapat beberapa ruangan khusus yang memiliki fungsi tertentu. Salah satu diantaranya yaitu ruang penyimpanan perlengkapan bedah yang berisi alat – alat bedah yang digunakan pada saat proses operasi berlangsung.

Alat – Alat Medis Di Ruang Operasi

Berikut ini beberapa macam alat – alat yang terdapat di dalam ruang operasi berdasarkan petunjuk dan pedoman teknis ruang operasi rumah sakit Direktorat Bina Pelayanan Penunjang Medik dan Sarana Kesehatan Kementerian Kesehatan RI.

ane. Meja Operasi

Pedoman Teknis Bangunan Rumah Sakit Ruang Linen

Satu instrument atau peralatan medis yang wajib ada di ruang operasi yaitu meja operasi (operating table). Meja ini berfungsi untuk membaringkan pasien yang akan menjalani proses operasi. Meja operasi didesain secara khusus yang memungkinkan kemudahan pergerakan dan perubahan posisi pasien seperti miring, ketinggian, vertikal horizontal danlain sebagainya.

Read:  Biaya Bangun Rumah 1 Kamar

Meja Operasi secara umum bisa kita kategorikan dalam dua jenis yaitu meja operasi transmission dan meja operasi elektrik. Kedua jenis ini didasarkan pada sistem kerja hidraulik yang berfugnsi untuk perubahan posisi dan ketinggian dari meja tersebut. Intinya, meja operasi merupakan satu alat medis yang harus ada di dalam ruang operasi.

ii. Lampu Operasi

harga lampu ruang operasi

Peralatan medis yang juga harus ada di ruang operasi rumah sakit yaitu lampu operasi (operating lam). Lampu ini biasanya tergantung di langit – langit dan tepat berada di atas meja operasi. Fungsi lampu ini yaitu sebagai penerangan pada saat tim dokter menjalankan tugasnya. Lampu operasi juga terdapat dua macam yaitu lampu halogen dan LED. Keduanya memiliki kelebihan masing – masing dalam hal penggunaan. Namun keduanya memiliki fungsi yang sama.

3. Mesin Anestesi

Jual Mesin Anestesi GE CS2
Mesin Anestesi GE CS2

Alat – Alat ruang operasi lainnya yaitu mesin Anestesi. Alat ini berfungsi untuk melakukan pembiusan. Yaitu proses menghilangkan kesadaran pasien sebelum dilakukan pembedahan oleh dokter bedah. Proses pembiusan dengan mesin ini juga harus dilakukan oleh dokter spesialis Anestesi yang berpengalaman sehingga prosesnya dapat berlangsung dengan lancar.

4. Ventilator

Jual Ventilator ICU Eternity

Ventilator umumnya digunakan di dalam ruang operasi juga di dalam ruang icu. Fungsi alat ini yaitu untuk menggantikan seluruh atau sebagian fungsi paru – paru. Yaitu untuk mengalirkan ventilasi mekanik ke dalam paru – paru. Alat ini digunakan pada pasien dengan kondisi fisik yang sangat lemah sehingga harus dibantu pernapasannya menggunakan alat ini.

5. Patient Monitor

Jual Patient Monitor GE B40

Berikutnya, di dalam ruang operasi juga terdapat monitor pasien atau sering disebut dengan pasien monitor. Yaitu alat elektromedis yang digunakan untuk memantau kondisi kesehtan fisik pasien seperti aktifitas kelistrikan jantung (ECG), tekanan darah, detak jantung, suhu tubuh, dan parameter – parameter lain yang dibutuhkan dalam proses pembedahan.

Read:  Contoh Bangun Ruang Balok Di Rumah

6. Suction Pump

harga suction pump dewasa

Suction Pump atau Suction Aspirator merupakan alat yang digunakan untuk menghisap lendir atau darah dari tubuh pasien pada saat proses operasi berlangsung. Alat ini dilengkapi dengan pompa vakum dan juga wadah yang digunakan untuk menampung cairan yang dihisap dari tubuh pasien. Alat Suction ini juga terdapat beberapa macam jenis biasanya digunakan berdasarkan daya hisapnya. Untuk ruang operasi biasanya terdapat smua jenis agar dapat disesuaikan dengan kondisinya.

Macam Ruang Operasi

Ruang Operasi dapat terbagi menjadi beberapa macam berdasarkan ukuran dan skalanya yaitu ruang operasi minor, ruang operasi umum dan ruang operasi mayor. Ketiga ruang tersebut memiliki standar peralatan masing – masing.

√ Peralatan Utama Ruang Operasi Minor

  • Meja Operasi
  • Lampu Opersai Tunggal
  • Mesin Anestesi
  • Peralatan Bedah
  • Motion picture Viewer
  • Instrument Trolley
  • Tmpat Sampah Klinis
  • Tempat linen kotor
  • Almari obat dan peralatan lainnya

√ Alat – Alat Utama Ruang Operasi Umum

  • 1 ready Meja Operasi
  • 1 Prepare lampu operasi yang terdiri dari dua lampu (lampu utama dan lampu satelit)
  • 2 set peralatan pendant
  • 1 unit Mesin Anestesi
  • Flick Viewer
  • Instrument Trolley
  • Tempat sampah klinis
  • Tempat linen kotor
  • Alat lainnya

√ Peralatan Utama di Ruang Operasi Mayor

  • 1 Unit Meja Operasi Khusus
  • one Unit Lampu Operasi Khusus
  • ane Ceiling pendant untuk gas medis dan outlet listsrik
  • 1 Ceiling pendant untuk monitor dan mesin anestesi
  • Serta peralatan lain secara umum

Itulah beberapa contoh peralatan medis yang harus disediakan di ruangan operasi rumah sakit dan klinik. Terlebih lagi berdasarkan Undang – Undang No. 44 tahun 2009 tentang rumah sakit pasal x (2) menyebutkan bahwa persyaratan minimal bangunan rumah sakit setidaknya harus memiliki ruang operasi.

Read:  Ustek Pengawasan Pembangunan Rumah Khusus Asn

Untuk anda yang berencana mendirikan Ruang Operasi atau bermaksud untuk mengisi alat – alat untuk ruang operasi di klinik atau ruamah sakit anda, Glorya Medica memiliki penawaran khusus paket alat medis untuk ruang operasi lengkap dengan harga yang spesial.

alat alat di ruang operasi