Panduan Odin Multi Downloader Untuk Flash Semua Hape Samsung

Sarah Lea
Rahasia
Panduan Odin Multi Downloader Untuk Flash Semua Hape Samsung Panduan Odin Multi Downloader Untuk Flash Semua Hape Samsung

Flashing hape merupakan aktifitas menginstall firmware (perangkat lunak system) pada perangkat android terutama brand Samsung.

Aktifitas flashing sendiri dijalankan dengan tujuan menanggulangi permasalahan pada perangkat android menyerupai bootlop atau tujuan lain menyerupai mengembangkan model android ke model yang lebih tinggi.

Untuk mampu melaksanakan flashing pada hape, diperlukan beberapa alat bantu baik itu berupa hardware dan software. Salah satu keperluan software yang wajib ada di saat melaksanakan flashing hape Samsung merupakan odin multi downloader.

Apa Itu Odin Multi Downloader

Odin multi downloader merupakan perangkat lunak yang dirancang khusus untuk menolong proses install firmware resmi hape Samsung.

Sedangkan untuk firmware custom semisal Cyanogen tidak membutuhkan odin, namun custom recovery menyerupai TWRP atau CWM.

Odin multi downloader atau singkatnya odin saja sudah mengalami pembaruan model sesuai dengan pertumbuhan model dari system operasi mobile android itu sendiri.

Masing masing model dari odin cuma sanggup digunakan untuk hape dan model android tertentu saja.

Perlengkapan Tambahan Flashing Hape

Selain kesibukan Odin, ada beberapa tool yang kita perlukan dalam proses flashing hape Samsung menyerupai :

1. Komputer

Computer diperlukan untuk melakukan odin itu sendiri.

Tipe komputer yang direkomendasikan semestinya laptop dibandingkan dengan PC biasa, alasannya laptop punya daya cadangan pada baterai sehingga proses flashing sanggup tetap berlangsung walaupun ada insiden tidak disangka-sangka menyerupai listrik mati.

Selanjutnya, laptop yang mau digunakan untuk melakukan proses flashing hape sudah melakukan system operasi windows, usulan Windows 7, 8, dan 10.

Bagaimana dengan system operasi Linux atau Mac OS..?

Untuk system operasi Linux Odin tidak sanggup digunakan alasannya kesibukan ini dirancang khusus untuk system operasi Windows.

Untuk Linux ada alternative kesibukan yang digunakan untuk flash hape Samsung yaitu Heimdall dan Java Odin. Untuk gunjingan kedua kesibukan tersebut silahkan search sendiri di Google.

2. Driver USB

Driver USB Samsung merupakan perangkat lunak yang berfungsi menolong system operasi windows membaca dan memahami hape yang mau diflash.

Silahkan download Driver USB Samsung pada link berikut dan pastikan tipenya sesuai dengan tipe OS yang laptop anda gunakan, misalnya laptop anda menggunakan Windows tipe 32 bit, maka install driver USB untuk windows 32 bit.

3. Kabel USB Original

Kabel USB saya tekankan Original dan berfungsi baik alasannya tanpa gangguan atau tidaknya proses flashing tergantung dari bagaimana perangkat hape terhubung dengan laptop.

Jangan remehkan hal yang satu ini dengan menggunakan kabel USB abal abal bermutu rendah, alasannya bisa menghasilkan proses flashing berhenti ditengah jalan dan kerusakan yang lebih parah pada perangkat hape android anda…!

Rahasia

4. Firmware Samsung

Firmware Samsung merupakan file mentah yang mau diinstall pada perangkat serta sanggup anda dapatkan dengan mendownloadnya apalagi dulu dengan cara yang sudah mimin jelaskan pada aritkel Cara Download Firmware Resmi Samsung.

Cara Menggunakan Odin Multi Downloader

Antarmuka kesibukan odin multidownloader sungguh sederhana. Meskipun ada banyak tombol yang disediakan, tetapi pada praktiknya cuma beberapa bab saja yang perlu anda pahami fungsinya.

Kolom “ID.COM” yang berfungsi mengumumkan apakah perangkat sudah terbaca oleh system operasi windows yang laptop anda jalankan atau tidak.

Apabila kolom ini berwarna biru, itu artinya perangkat sudah terbaca dan proses flashing siap dilanjutkan.

Sebaliknya, apabila berwarna kuning atau tidak ada tanda, maka perangkat belum terbaca. Solusinya install driver USB Samsung yang tepat dengan tipe OS yang laptop anda gunakan.

Tombol PDA berfungsi untuk memasukkan firmware yang mau diinstall pada perangkat android.

Keterangannya nanti akan timbul pada form Message yang ada disebelah kiri bawah. Selanjutnya dan terakhir ada tombol start untuk mengawali proses flashing.

Seperti yang sudah mimin jelaskan sebelumnya, sesuai dengan pertumbuhan system operasi android di sekarang ini sudah ada beberapa model Odin dan masing-masing model cuma sanggup digunakan untuk menginstall model android tertentu.

  1. Odin3 V.1.30 hingga V.1.385 direkomendasikan untuk menginstall firmware android Ginggerbread – Ice Cream Sandwich.
  2. Odin3 V.1.86 hingga V.3.09 direkomendasikan cuma untuk firmware android model Jelly Bean –Kit Kat
  3. Odin3 V.3.10.7 direkomendasikan untuk firmware android Lollipop
  4. Odin3 V.3.11.1 direkomendasikan untuk firmware android Marshmallow
  5. Odin V.3.11.2 hingga V.3.12.7 direkomendasikan untuk firmware android Nougat

Download odin disini

Cara Flash Via Odin

Siapkan laptop dan pastikan baterai sudah terisi sarat dan setidaknya bisa bertahan selama 1 jam dalam keadaan tidak tersambung dengan fatwa listrik apabila terjadi mati lampu. Pastikan pula anda sudah mengInstall driver USB Samsung.

Pastikan perangkat android Samsung yang mau diflash daya baterainya 100% .

sehabis itu secepatnya masuk ke Download Mode dengan menekan variasi tombol Home + Power + Volume Bawah.

Biasanya aka nada perayaan bla bla bla namun abaikan dan tekan volume atas sekali untuk melanjutkan.

Secara default pilihan Auto Reboot dan F.Time Reset sudah dicentang pada sajian Option, biarkan saja menyerupai itu.

Sedangkan pilihan lain menyerupai Re-Partition biarkan tanpa centang.

Jalankan Odin kemudian klik pada tombol PDA yang ada pada bab kanan kesibukan odin kemudian pilih firmware yang sudah dipersiapkan.

Tunggu proses pembacaan file selesai hingga timbul text “Added” pada form Messages disebelah kiri bawah kesibukan Odin.

Sambungkan perangkat hape Samsung dengan laptop menggunakan kabel data.

Apabila perangkat terbaca akan ada tanda biru pada kolom “ID.COM”.

Pada tahap ahir proses, klik tombol “Start” untuk mengawali proses Flashing.

Proses ini umumnya akan mengkonsumsi waktu 10-15 menit, apabila sudah selesai perangkat akan restart otomatis dan masuk kedalam system.

Penting..!!!!!!!

Apabila terjadi Error menyerupai proses terhenti dengan adanya pesan warna merah pada form Messages, seger cabut perangkat dan lepaskan baterai.
Begitulah tutorial menggunakan kesibukan odin multidownloader untuk keperluan flashing hape Samsung.

silahkan beri masukan apabila ada yang terlupakan pada klarifikasi diatas melalui kolom komentar.

Rahasia
Next Post

Vivo Y19 Matot Solusi

*Tipe. Vivo y19 *Kerusakan. Matot *Kronologi. Ex speaker aktif *Eksekusi.  Pertama coba colok pc no respon. Langsung bongkar mesin tes psu amp kecil/ dikala on naik -+0.050 amp lepas power trun lgi ke 0. Lepas kaleng area power lakukan lakukan pengukuran didapat 1 capasitor short deket power mt coba lepas […]
Vivo Y19 Matot Solusi
/* */