Model Rumah Kampung Biaya Bangun 50 Juta

Model Rumah Kampung Biaya Bangun 50 Juta

Model Rumah Kampung Biaya Bangun 50 Juta

Tips Bangun Rumah fifty juta Dilengkapi dengan Contoh Desain Rumahnya

RumahCom
– Memiliki rumah pribadi merupakan salah satu impian paling berkesan bagi kebanyakan masyarakat. Rumah masih dianggap menjadi sebuah aset yang harus dimiliki seiring berjalannya waktu untuk menjalani kehidupan bersama keluarga di masa depan.

Namun sayangnya, banyak anggapan yang mengatakan kalau membangun rumah memerlukan budget yang besar. Padahal sebenarnya, masyarakat bisa membangun rumah dengan harga Rp 50 juta saja. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membangun rumah dengan upkeep Rp 50 juta. Dalam artikel ini akan membahas:

  • Fokus penting Bangun Rumah dengan 50 juta

  • Tips Bangun Rumah dengan 50 juta

  • v Contoh Desain Bangun Rumah dengan l juta


Tonton video berikut untuk mengetahui cara bangun rumah dengan dana terbatas!

Fokus Penting Bangun Rumah 50 juta

Ada beberapa fokus penting untuk bangun rumah Rp 50 juta. (Pixabay)

Ada beberapa fokus penting untuk bangun rumah Rp l juta. (Pixabay)

Ada beberapa fokus penting untuk bangun rumah Rp 50 juta. (Foto: Pixabay)

Untuk membangun sebuah rumah huni dengan upkeep Rp50 juta, poin utama yang harus diperhatikan adalah dengan memperhatikan luas bangunan. Biasanya luas lahan yang bisa diambil adalah lx meter persegi. Dari luas lahan tersebut, maka ada beberapa blazon luas bangunan yang bisa dipilih, yakni type 21, type 33 atau type 36.

Ketiga type tersebut merupakan luas bangunan untuk tipe minimalis yang belakangan digemari oleh masyarakat. Artinya dari 60 meter persegi lahan yang dimiliki, maka hanya perlu membangun luas bangunan dengan memilih ketiga tipe tersebut. Hal itu menjadi langkah awal untuk meminimalisir pengeluaran dari pembelian bahan cloth dan membayar jasa tukang.

Read:  Data Pembangunan Infrastruktur Rumah Susun

Setelah menentukan type rumah yang mau dibangun, langkah selanjutnya adalah membuat layout bangunan. Di mana untuk ketiga type tersebut, jangan membuat banyak sekat dalam rumah. Idealnya layout yang dibuat terdiri dari dua kamar tidur berukuran iii x two meter, ruang tamu merangkap ruang keluarga, satu kamar mandi, dan satu dapur minimalis di bagian belakang rumah.

Sejak awal pastikan membuat desain dan layout dengan konsep rumah tumbuh, di mana desain yang dibuat sudah terpikirkan untuk beberapa tahun ke depan pada lahan-lahan kosong yang tersisa. Semisal akan membangun ruangan lainnya atau ditingkat. Dengan begitu, dpada tahap awal akan diutamakan ruangan yang compact dan sesuai dengan kebutuhan.

Dalam membuat layout usahakan tidak menggunakan jasa arsitek karena hal itu akan menambah beban anggaran. Kalian bisa berkreasi sedemikian rupa dengan menggambarnya sesuai imanjinasi yang diinginkan. Langkah selanjutnya ialah turun langsung sendiri untuk membeli bahan cloth agar bisa memilih material yang dibutuhkan dan kemudian disesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Terdapat banyak pilihan merek material di pasaran, mulai dari merek yang paling terkenal hingga merek yang kurang terkenal. Agar bisa meminimalisir pengeluaran, pastikan memilih merek yang tidak perlu terkenal, tetapi memiliki kualitas yang tidak terlampau jauh dengan merek-merek premium.

Bangun rumah fifty juta jelas bisa, hanya konsekwensinya harus cermat dari sisi material dan juga berdamai dengan keinginan muluk. Mau punya rumah di Sawangan, Depok, dengan harga di bawah Rp500 jutaan? Cek pilihan rumahnya di sini!

Tips Bangun Rumah 50 juta

Ini tips bangun rumah Rp 50 juta. (Frivolt.me)

Ini tips bangun rumah Rp 50 juta. (Frivolt.me)

Ini tips bangun rumah Rp 50 juta. (Foto: Frivolt.me)

Read:  Berapa Biaya Membangun Rumah Type 45

Setelah mengetahui fokus-fokus penting dalam membangun rumah Rp 50 juta, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan agar pembangunan sesuai dengan rencana dan bujet awal. Berikut tips-tipsnya.

Pondasi

Pondasi menjadi salah satu komponen paling penting ketika membangun sebuah rumah. Jika ingin memiliki struktur yang kuat, keluarkan uang lebih dengan memakai pondasi cakar ayam dengan ketebalan besi 10 mm. Namun jika struktur tanah yang akan dibangun kuat dan keras, maka menggunakan pondasi batu bata saja sudah cukup bagus.

Sementara itu opsi lainnya untuk lebih mengirit adalah bisa langsung menggunakan sloof beton bertulang, dan ini bisa menjadi opsi apabila rumah yang dibangun hanya satu lantai dengan beban yang tidak terlalu berat.

Dinding

Untuk masalah dinding ada dua tipe material yang bisa digunakan. Pertama, dengan menggunakan batu bata ringan dengan finishing plester aci dan pilihan kedua dengan menggunakan dinding semi permanen menggunakan gypsum finishing component. Setelahnya untuk mempercantik bisa diakhiri dengan cat.

Untuk bagian penyekat ruangan pilihan yang bisa dipilih adalah dengan menggunakan rangka kayu atau baja ringan dengan material gypsum agar lebih meminimalisir biaya.

Atap dan Plafon

Rangka atap yang bisa digunakan adalah menggunakan baja ringan. Selain harganya yang lebih murah, baja ringan merupakan textile yang tahan dengan segala cuaca di Indonesia. Artinya rangka atap bisa bertahan hingga puluhan tahun mendatang. Atapnya sendiri bisa menggunakan atap metal beton seperti layaknya rumah masa kini.

Untuk plafon cukup menggunakan gypsum dengan rangka besi hollow. Material ini juga sudah banyak digunakan oleh para tukang dalam membangun rumah dan terbukti cukup tahan lama.

Lantai

Jika dana yang dimiliki masih cukup, maka pemilihan lantai bisa menggunakan keramik. Di pasaran banyak merek keramik dijual dengan harga Rp50 ribu per meter. Namun, jika dana yang dimiliki sudah menipis maka pilihan paling rasional adalah dengan mengecor lantai dengan finishing aci lalu dilapisi karpet untuk sementara waktu.

Read:  Mencari Hari Baik Untuk Bangun Rumah

Tip Rumah

Jangan terlalu terbawa suasana saat memilih desain. Pilih desain yang tahan lama saat membangun rumah dan sesuai dengan ukuran, budget, dan kebutuhan.

5 Contoh Desain Bangun Rumah 50 juta

Berikut contoh desain rumah Rp 50 juta. (Adam Curtis/Pexels)

Berikut contoh desain rumah Rp 50 juta. (Adam Curtis/Pexels)

Berikut contoh desain rumah Rp 50 juta. (Adam Curtis/Pexels)

Meskipun bujet yang dimiliki hanya 50 juta, bukan berarti rumah tidak terlihat menarik. Banyak contoh desain bangunan yang memiliki bagian fasad menarik dan minimalis.

Rumah Minimalis Sederhana

Contoh desain rumah minimalis sederhana. (Pexels.com)

Contoh desain rumah minimalis sederhana. (Pexels.com)

Contoh desain rumah minimalis sederhana. (Pexels.com)

Konsep rumah minimalis dalam beberapa tahun terakhir memang sangat digemari terutama bagi anak-anak milenial. Dengan konsep fasad sederhana, bagian depan rumah akan terlihat mungil dan lucu, dan terpenting tidak memalukan. Biasanya konsep ini memiliki ventilasi minimalis dengan satu pintu dan dua buah jendela kecil sebagai tempat sirkulasi udara.

Rumah Industrial

Contoh desain rumah industrial. (Architecture Art Design)

Contoh desain rumah industrial. (Compages Art Design)

Contoh desain rumah industrial. (Architecture Fine art Design)

Konsep industrial menjadi pilihan selanjutnya yang bisa dimasukan ke dalam listing inspirasi. Dengan konsep ini, rumah akan terlihat berbeda dengan rumah umumnya di mana material yang digunakan tidak perlu di finishing. Akan tetapi, konsep ini memerlukan keahlian tukang yang baik agar tidak terjadi retakan dalam waktu yang cukup lama. Konsep ini juga bisa lebih menekan biaya karena tidak perlu membeli true cat sebagai
finishing.

Rumah Dek Kayu

Contoh desain rumah dek kayu. (andrewmarkveety.com)

Contoh desain rumah dek kayu. (andrewmarkveety.com)

Contoh desain rumah dek kayu. (andrewmarkveety.com)

Bagi yang memiliki ketertarikan dengan tema alam, maka rumah dek kayu bisa menjadi pilihan. Sebabnya, dengan textile kayu bisa meminimalisir biaya. Untuk
finishing-nya pun tidak terlalu sulit karena tidak membutuhkan banyak semen dan pasir. Desainnya pun bisa lebih variatif.

Rumah Taman Luas

Contoh desain rumah taman luas. (Pexels)

Contoh desain rumah taman luas. (Pexels)

Contoh desain rumah taman luas. (Pexels)

Untuk meminimalisir anggaran, rumah dengan konsep taman luas bisa menjadi pilihan terbaik. Bangunan yang dibuat tidak perlu luas. Akan tetapi kalian bisa memanfaatkan lahan yang tersisa dengan membuat taman yang asri dan nyaman untuk bersantai di luar rumah.

Rumah Balok

Contoh desain rumah balok. (Inhabitat.com)

Contoh desain rumah balok. (Inhabitat.com)

Contoh desain rumah balok. (Inhabitat.com)

Desain rumah balok bisa menjadi pilihan yang cocok untuk membangun rumah dengan budget Rp 50 juta. Dibangun dengan 2 lantai, desain rumah balok bisa dibilang sangat unik, modern, dan tidak seperti rumah pada umumnya.

Tips Memilih Desain Rumah yang Tepat

Tips Memilih Desain Rumah yang Tepat

iv Agu 2020

Tips Memilih Desain Rumah yang Tepat

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Tanya Rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Model Rumah Kampung Biaya Bangun 50 Juta

Source: https://id.berita.yahoo.com/tips-bangun-rumah-50-juta-234722241.html

Check Also

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal Rencana Anggaran Biaya (RAB) Bangunan Tahun 2020 File Sofcopy Dalam …