Membangun Rumah Dengan Besi H Beam

Membangun Rumah Dengan Besi H Beam

Sebagai besi favorit di setiap toko besi wf terdekat, kami akan bahas beberapa kelebihan besi wide flange.Dari segi pengerjaan, menggunakan wf akan mempercepat pekerjaan. Pekerjaan yg lebih cepat selesai akan menurunkan biaya proyek. Bila wf dipilih sebagai bahan bangunan maka banyak fungsi bahan lain yang tercover olehnya. Misalnya dalam hal menggunakan formwork atau yang lebih kita kenal dengan nama bekisting.Instalasi atau proses pemasanganpun praktis dan tak perlu curing time sebagaimana yg diterapkan untuk pengerjaan beton bertulang. Untuk kontrol kualitas pun lebih mudah karena dapat di seleksi sedari awal materialnya, ketika melakukan kunjungan ke toko atau gudang distributor baja wf.Dengan konstruksi wf, desain ruang lebih leluasa begitupun bangunan jadi lebih ringan secara keseluruhan.

Wf bisa digunakan sebagai cross bracing untuk memperkuat struktur bangunan. Misalnya pada struktur bangunan jembatan.

Tak hanya untuk struktur bangunan, wf juga bisa dimanfaatkan sebagai sistem pelindung pada tanah yang tak stabil. Sistem ini dikenal sebagai waler systems. Penggunaan sistem ini menawarkan perlindungan sekaligus fleksibilitas untuk pekerjaan yg dilakukan.

Membangun Rumah Dengan Besi H BeamPenggunaan lain dari wf adalah pada earth retention systems atau
retaining wall. Struktur ini didayagunakan dalam menahan pergerakan tanah.

Dengan sistem ini dua lereng yg berbeda ketinggian di surface area pembangunan dapat berdampingan. Area seperti ini biasanya ditemui ketika membangun jalan tol, jalur kereta api serta gedung.

Bisa dikatakan bahwa wf dapat berfungsi maksimal baik sebagai kolom maupun balok. Dalam prakteknya konstruksi baja wf bisa berdiri sendiri maupun dikombinasikan dengan material lain. Umumnya dikombinasikan dengan beton sebagaimana pada sistem earth retention yang disebutkan di atas.

Keuntungan utama dalam menggunakan besi wf adalah kemampuan wf untuk mendistribusikan beban atas wilayah yg luas. Dengan kemampuan seperti ini maka wf bisa mendukung struktur yg lebih besar dengan resiko kegagalan yg lebih kecil dibandingkan dengan struktur rangka baja lainnya.

Ukuran besi wf telah distandarkan di seluruh dunia. Tujuan pemerataan standar ini adalah untuk memudahkan toko, distributor, konstruktor, arsitek dan para insinyur untuk berkoordinasi dalam melakukan pekerjaannya.

Di pasaran atau toko baja Amerika, ukuran wf didasarkan pada standar yg dikembangkan oleh
American Club for Testing and Materials
yg kita kenal sebagai ASTM serta American National Standards Found atau yang kita kenal dengan ANSI. Negara lain juga bisa menggunakan standar ini ataupun memiliki standar nasional sendiri.

Amerika menggunakan wf sebagai fabric standar dalam membangun kolom untuk rumah maupun untuk gedung komersial.Selain kolom, wf bisa ditempatkan sejajar tanah untuk mengkonstruksi lantai dan atap pada bangunan bertingkat.
Wf juga memegang peranan penting dalam pembangunan jembatan untuk berbagai kebutuhan, misalnya untuk struktural jalan tol yg nyaman.

Read:  Filosofi Bangunan Rumah Adat Desa Ende

Mari kita perdalam pemahaman kita mengenai keunggulan wf yang telah kami sebutkan di atas:

Keunggulan Penggunaan Struktur Baja WF untuk Jembatan

Jembatan merupakan bangunan penting yg telah ada sejak dahulu. Tahun berganti, struktural jembatan terus mengalami perkembangan yg mengagumkan. Jembatan digolongkan berdasarkan fungsi yg diembannya. Misal: untuk jalan raya, untuk kereta api, bahkan untuk pejalan kaki.

Dari segi struktur, jembatan digolongkan menjadi jembatan ber-bones beton dan jembatan ber-basic baja. Inovasi desain jembatan terkini jembatan yg semakin mengagumkan tidak terlepas dari kemajuan tekno material yang makin canggih.

Keunggulan penggunaan baja dibanding beton untuk struktural jembatan:

Keunggulan penggunaan baja dibanding beton untuk struktural jembatanBaja mampu untuk menahan beban yg berat selama masa hidupnya. Namun tak hanya itu, faktor arsitektur akan menambahkan beberapa poin keunggulan baja dibanding beton:

1) Baja memiliki kekuatan tekan serta tarik yg tinggi. Keunggulan dari sifat ini adalah dengan material yang lebih sedikit keperluan struktur tetap dapat dipenuhi.

two) Lebih praktis. Sifat ini diperoleh karena baja diproduksi oleh pabrikan, jadi tinggal pemasangannya saja di lapangan nanti. Ini akan bermanfaat dalam menghemat tenaga kerja.

3) Bila telah aus, besi baja mudah untuk dibongkar, dipindah, serta diperbaharui ulang. Penanganan terhadap karat yg menurunkan kekuatan struktur juga mudah untuk dilakukan.

4) Lebih mudah di-setting. Dengan sifat ini, pemasangan jadi lebih mudah dan cepat. Lokasi konstruksi yg relatif kecil atau pada takkan menjadi kendala yang besar.

5) Overall lebih ekonomis. Kesimpulan ini didapat setelah melihat pada biaya pemasangan yg lebih rendah, rubber kerja ketika pemasangan lebih terjamin, serta efektifnya waktu pelaksanaan pembangunan.

Pepatah mengatakan, tak ada gading yg tak retak. Tak ada yang sempurna.

Begitupun untuk baja, terdapat kekurangan seperti adanya serangan karat serta lebih noisy atau berisik. Noise ini terasa sekali bila kita perhatikan kereta api yg menyebrangi jembatan.

Perbaikan selalu dilakukan untuk meningkatkan performa baja. Dalam hal ini, penelitian serta pengembangan baja berkualitas tinggi anti korosi pun telah dilakukan. Teknologi ini akan sangat menonjol sekali ketika digunakan pada jembatan yg berada di daerah perairan laut yang mana memiliki ancaman karat serius karena kandungan garamnya yg tinggi.

kereta api yang menyebrangi jembatan baja

Terkait noise atau bising, saat ini baja tengah dikombinasikan dengan beton komposit. Tingkat kebisingan yg terjadi pun akhirnya telah berhasil diturunkan dengan adanya inovasi ini.

Aplikasi dari penelitian yang telah dilakukan selama ini telah telah menghasilkan kapasitas produksi serta pemasangan jembatan baja bentang yg panjang. Pelaksanaan pembangunan jembatan yg panjang serta berkelok pun jadi lebih mudah karena baja dan teknologi pertukangan yg kini lebih bersifat adaptif.

Read:  Pengolahan Limbah Beton Untuk Pembangunan Rumah

Nilai praktis baja juga terasa sekali ketika menghadapi kondisi lokasi pembangunan jembatan berada dilingkungan yang mayoritas lumpur atau di tanah yg kurang stabil. Nilai lebihnya terletak pada berat baja yg hanya 25%-35% dari bobot mati struktur beton yg ekuivalen.

Nilai penting yg jangan terlewatkan adalah stabilitas keamanan struktur. Kekuatan struktur baja lebih baik dibandingkan dengan kekuatan struktur beton yang berubah dipengaruhi campuran semen serta airnya.

kekuatan struktur beton yang berubah dipengaruhi campuran semen serta airnya

Kontrol kualitas selama proses produksi baja menyebabkan penyeragaman mutu serta akurasi ukuran yg tinggi. Ini tidak ditemui pada beton.

Jembatan baja memiliki struktur yang lebih ramping dibanding jembatan beton. Dengan kondisi ini beban angin yg dirasakan pun jadi lebih kecil.

Sifat keras besi juga sangat berbeda dengan sifat keras beton. Besi tetap dapat kembali ke bentuk awalnya, meskipun sudah menemui titik leleh karena beban yg ditanggungnya. Ini jelas beda dengan beton. Kerasnya beton itu rapuh, peregangan pada beton akan menyebabkannya menjadi retak.

Jika si beton meregang dalam interval yang lama, maka dia cenderung untuk susut. Kondisi ini dilanjutkan dengan deformasi atau perubahan bentuk, lalu akhirnya retak. Kondisi retak juga sering ditemui pada beton dikarenakan efek pengeringan ketika sesi pengecoran.Overall jembatan baja akan lebih estetik plus lebih tahan gempa dibandingkan dengan jembatan beton.



Balok Kastella (Castellated Axle) atau Wf Honeycomb Beam

jembatan bentang panjang kahayan

Saat ini kita telah mampu mengkonstruksi jembatan bentang panjang. Dikatakan bentang panjang bila panjangnya itu lebih daripada viii meter.

Salah satu elemen struktur yg biasanya digunakan untuk bentang panjang adalah balok kastella atau yang akrab juga disebut dengan nama honeycomb axle.

Balok kastella atau
castellated beam
merupakan dua baja profil yg disatukan dengan tujuan memperolah tinggi profil yang pas. Kenapa disebut honeycomb?

Bisa anda lihat pada gambar, struktur ini memiliki lubang berbentuk segienam yg mana menyerupai sarang lebah atau dalam bahasa inggris disebut dearest comb.

Balok Kastella (Castellated Beam) atau Honeycomb Beam

Kenapa dibuat berlubang? Tujuannya adalah agar mengurangi bobot profil baja yang digunakan plus supaya sambungan las menjadi lebih efisien dan efektif.

Perhatikan gambar skema wf honeycomb berikut:

Spesifikasi balok kastella yg mana profil aslinya adalah wf 500

Sudut elevasi atau kemiringan θ nilainya adalah antara 45° hingga 70°. Kenyataannya yang paling lumrah diterapkan di lapangan ialah 45° serta 60°. Sudut elevasi (θ) ini ditentukan dengan mempertimbangkan terjadinya tegangan geser di bagian garis netral badan agar tak lebih dari tegangan ijinnya.

Read:  Gambar Kartun Membangun Rumah Dari Bambu

spesifikasi balok kastella yang mana profil aslinya adalah wf 500

Analisis Konstruksi Beton Vs. Konstruksi Baja Wf

Pernah coba pelajari cara menghitung serta melakukan analisa terhadap konstruksi beton bila diganti oleh konstruksi baja wf? Benarkah harganya akan jadi lebih mahal?

Untuk anda yang belum mencobanya, informasi ini kami dapatkan berdasarkan pengalaman kerja senior didunia konstruksi yakni kang Asep. Thank you so much buat datanya kang…

Mari kita analisa…

Bila kita hanya bertanya ataupun mengira, rata-rata jawaban yg akan kita dapatkan adalah konstruksi baja wf lebih mahal. Pasti seperti itu..

Agar analisa ini akurat, perhitungan biaya konstruksi yang dilakukan di bawah ini telah didasarkan pada analisa standar nasional Indonesia. Poin-poin penting analisanya adalah sbb:

  • Biaya untuk struktur bawah, yakni: dimulai oleh sloof, pondasi bor file serta floorplate. Untuk bagian ini hanya ada satu pilihan rencana konstruksi jadi tak ada perbandingan biaya, tak ada isu yg harus diperhatikan.

Namun,..

Ketika biaya konstruksi kolom dihitung, kita akan dapatkan dua pilihan rencana konstruksi. Yakni: Kolom dengan konstruksi beton atau kolom dengan konstruksi baja wf.

  • Pada konstruksi kolom ditemukan bahwa kolom beton biayanya lebih murah dari pada menggunakan kolom baja wf. Hitungannya seperti ini: dimensi kolom beton yg digunakan adalah ukuran 40 cm x 40 cm, dimensi ini bila dikonversi ke baja akan ekuivalen dengan baja wf 400.
  • Setelah dihitung, didapatkan biaya untuk kolom beton jauh lebih ekonomis. Dengan demikian untuk kolom disimpulkan lebih baik menggunakan kolom beton.

Selanjutnya..

Ketika dihitung biaya pembalokan, ditemukan:

  • Pembalokan beton berdimensi 30/50 dengan tulangan puntir 2D12, tulangan 8D16, serta sengkang D8-125 yang mana bila telah dikonversi ke balok beton akan menghasilkan dimensi yang ekuivalen dengan baja wf 300.
  • Setelah dihitung biaya konstruksinya, ternyata mengejutkan. Biaya pembalokan dengan baja lebih murah dibandingkan dengan pembalokan beton.

Berikut adalah data perhitungannya:

Analisis Konstruksi Beton Vs. Konstruksi Baja WF

Tentunya analisis ini bisa anda tinjau ulang, atau bisa anda coba hitung dulu sendiri untuk proyek yang sedang anda kerjakan. Tak menutup kemungkinan bahwa anda memiliki pandangan lain.

Dari analisa tersebut, dan bila anda sepaham dengan kami maka bila ingin menghemat anggaran pembangunan maka anda bisa melakukan mix pada struktur konstruksi yg anda bangun. Yakni:

  • Pada konstruksi kolom silahkan pakai konstruksi kolom beton, biayanya jauh lebih murah daripada kolom baja.
  • Pada konstruksi balok silahkan gunakan konstruksi baja wf. Alasannya sama, yakni beban biayanya lebih murah daripada membangun balok beton.

Membangun Rumah Dengan Besi H Beam

Source: https://okesteel.com/baja-wf/

Check Also

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal Rencana Anggaran Biaya (RAB) Bangunan Tahun 2020 File Sofcopy Dalam …