Membangun Rumah Dari Bahan Bekas

Membangun Rumah Dari Bahan Bekas

Anti Gagal, Terbongkar Begini Cara Bangun Rumah dari Fabric Bekas, Pilih dengan Benar Bahannya

Bata ekspos terlihat mewarnai hampir semua dinding

Tab RUMAH

Bata ekspos terlihat mewarnai hampir semua dinding

IDEAonline –Membangun rumah dengan material bekas seringkali justru memberikan hasil yang lebih baik. Cuma memang dibutuhkan ketelatenan, kejelian,  dan kreativitas.

Barangkali tidak ada yang mengalahkan serunya pengalaman Ir. Umar Muslimin dan Elvira Hardiana dalam membangun rumah.

Dibantu oleh seorang arsitek dalam penataan ruangnya, Dibantu seorang sahabat karib, Yani Cahyono yang juga tinggal dalam kompleks yang sama, pengembangan rumah ini diwarnai perburuan material bekas berikut segalaperabotnya.

Bagi 3 serangkai ini—Umar, Vira, dan Yani—material bekas memiliki serangkaian keunggulan yang tidak dimiliki material baru.

Selain harganya jauh lebih ekonomis, kualitasnya juga lebih baik. Kayu jati, misalnya, produk jaman dulunya (alias bekas rumah- rumah tua), justru memiliki kualitas lebih baik ketimbang kayu jati “keluaran” baru.

Jatinya tua, dan karena biasanya diletakkan begitu saja di ruang terbuka, terguyur panas dan hujan, jati ini malah justru menjadi kering sempurna melebihi kayu yang dioven.

Baca Juga: Sempat Numpang di Rumah Mewah Angel Lelga, Artis yang Telah Menikah 24 Kali Ini Jalin Cinta dengan Janda Deddy Corbuzier, ‘Aku Rela Kamu Madu Sayang’

Baca Juga: Bisa Timbulkan Efek Samping jika Digunakan Tidak Tepat, Begini Saran Dokter tentang Pemakaian Hand Sanitizer di Saat Pandemi

Artinya, kayu ini tidak akan lagi mengalami muai susut. Dari segi tampilan, kayu-kayu tua ini juga tidak mengecewakan, asal pintarpintar memolesnya.

Tapi membangun rumah dengan material bekas tentu saja harus diakui lebih merepotkan dibandingkan menggunakan material baru.

Karena mendapatkan fabric bekas lebih sulit dibandingkan mendapatkan material baru yang bisa tinggal dipesan di toko bangunan.

Bentuk rumah ini sebetulnya sederhana saja. Bagian tengah hanya digunakan untuk ruang tamu, sementara di sisi kiri dapur, dan di sisi kanan ruang makan.

Read:  Biaya Bangun Rumah Sendiri Lebih Murah

Pintu lipat kaca menuju halaman belakang dialingi jendela dengan gorden jam pasir. Bata ekspos terlihat mewarnai hampir semua dinding.

Bata yang digunakan adalah bata biasa yang kemudian dibericoating sehingga terlihat lebih cerah warnanya.

Baca Juga: Jangan Gegabah, Lakukan 4 Hal Ini Jika Dapati Anak Tak Sengaja Meminum Cairan Pencuci Piring

Baca Juga: Ciptakam Suasana, Inilah Peran Warna dalam Pengolahan Softfurnishing


Tampak depan rumah ini terlihat unik. Atapnya menggunakan model setengah, sehingga tidak banyak sambungan.

Tampak depan rumah

Tab RUMAH

Tampak depan rumah


Bagian yang menjulang di belakang menyerupai tower mini,  selain memperindah tampilan rumah juga berfungsi untuk sirkulasi udara.

Dapurnya dibiarkan tidak tertutup. Sebagai pengaling, digunakan dinding berlapis bata ekspos setinggi kirakira 1 k.

Dapurnya dibiarkan tidak tertutup

Tab RUMAH

Dapurnya dibiarkan tidak tertutup


Dengan dua buah kursi yang diletakkan di depannya, dinding pengaling ini juga berfungsi sebagai meja breakfast atau bar. Bagian belakang dinding bata ini dibuat berbentuk rak untuk menyimpan perlengkapan dapur.

Baca Juga: Sempat Numpang di Rumah Mewah Angel Lelga, Artis yang Telah Menikah 24 Kali Ini Jalin Cinta dengan Janda Deddy Corbuzier, ‘Aku Rela Kamu Madu Sayang’

Baca Juga: Terkejut dengan Dekorasi Kamar Denny Cagur, Ayu Ting-Ting Pertanyakan Cermin di Plafon Kamar Komedian Tersebut, ‘Untuk Evaluasi’

Ruang makan diletakkan berseberangan dengan dapur. Dari ruang tamu, ruang makan ini sedikit terhalang tangga. Meja makan dengan 6.

Ruang makan dan tangga

Tab RUMAH

Ruang makan dan tangga


Read:  Contoh Surat Perjanjian Pembayaran Bertahap Pembangunan Rumah

Anak tangga diberi pelapis kayu damar laut. Dinding sisi tangga diberi pelapis bata ekspos, sementara bagian sebelah kanan diberi pelapis batu kali yang juga di-blanket.

#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

Artikel ini tayang di Tabloid RUMAH edisi 65

(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News












PROMOTED CONTENT


Video Pilihan




Membangun Rumah Dari Bahan Bekas

Source: https://idea.grid.id/read/092489123/anti-gagal-terbongkar-begini-cara-bangun-rumah-dari-material-bekas-pilih-dengan-benar-bahannya?page=all

You May Also Like