Membangun Rumah Berdasarkan Feng Shui

Membangun Rumah Berdasarkan Feng Shui

Maksud Rumah Tusuk Sate –
Tidak memungkiri, sebagian besar masyarakat di tanah air kita masih mempercayai mitos rumah tusuk sate yang banyak beredar dan sering terdengar di masyarakat. Meskipun sering dianggap sebagai pembawa sial, namun siapa sangka rumah tusuk sate justru memiliki keuntungan, salah satunya yaitu untuk membuka usaha.

Memiliki sebuah rumah merupakan impian bagi semua orang. Jika kita sudah memasuki usia produktif, maka ketika kita sudah memiliki sebuah pekerjaan dan mulai menabung serta memiliki keinginan membeli rumah impian sebelum atau sesudah menikah. Ada banyak sekali tipe dan jenis rumah yang bisa kita pilih atau bangun sendiri, mulai dari perumahan
cluster
hingga rumah yang biasa. Saat akan memilih rumah, sering kali ada beberapa mitos yang unik dan salah satunya yaitu jangan membeli rumah tusuk sate.

Mitos rumah tusuk sate sering kali masih bertahan dan turun temurun menurut keterangan dari orang tua. Lalu, orang tua menganjurkan lokasi dan pilihan rumah sebelum kita memutuskan untuk membeli rumah yang diinginkan. Sudah banyak yang beranggapan bahwa dengan memiliki rumah tusuk sate akan membawa sial bagi keluarga yang tinggal di dalamnya.

Apa sih Maksud Rumah Tusuk Sate?

Membangun Rumah Berdasarkan Feng Shui
Sumber foto: casaindonesia.com

Saat kita akan membeli rumah, pasti lokasi merupakan salah satu aspek yang dilihat oleh pembeli. Nah, dengan pertimbangan melihat lokasi, banyak bermunculan istilah penamaan rumah berdasarkan lokasinya, termasuk salah satunya yaitu rumah tusuk sate. Rumah tusuk sate merupakan sebuah rumah yang dinamakan karena sesuai dengan lokasinya.

Rumah tusuk sate adalah rumah yang berlokasi tepat di ujung tengah persimpangan jalan yang berbentuk T atau pertigaan.

Memang tidak dimungkiri saat akan membeli sebuah hunian baru, kita harus memperhatikan banyak sekali aspek yang ada di dalamnya. Mulai dari harga, apakah harga rumah tersebut sesuai dengan
upkeep
yang dimiliki hingga lokasi rumah yang aman dari banjir atau tidak karena akan berdampak pada jangka yang panjang, terlebih saat sedang musim hujan dengan curah hujan yang tinggi.

Salah satu hal yang sering kali disebutkan pada saat memilih rumah yaitu memperhatikan posisi rumah yang akan dibeli. Mungkin kita pernah mendengar sebuah perkataan bahwa jangan pernah membeli rumah tusuk sate, entah itu dari orang tua ataupun teman-teman dekat kita. Lalu, apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan rumah tusuk sate itu?

Rumah tusuk sate merupakan sebuah rumah yang berada tepat di ujung persimpangan atau ujung jalan yang lurus dan tidak berbelok. Sudah banyak sekali ahli Feng Shui yang menyebut istilah ini dengan sudut tajam sebagai panah yang beracun. Jika tubuh kita tipe yang sensitif terhadap perubahan energi, mungkin kita bisa merasakan adanya energi yang tajam masuk ke dalam rumah. Jika tipe kita tidak terlalu sensitif, kemungkinan hal yang dirasakan yaitu tubuh bisa terasa lelah dengan sangat cepat.

Barangkali ada banyak yang menganggap bahwa konsep tersebut sangat tidak masuk akal, namun kita dapat membayangkan sebuah contoh kasus seperti berikut ini: kendaraan membutuhkan waktu supaya bisa berhenti dengan tepat waktu. Di sini, bisa kita bayangkan apabila ada kendaraan yang melaju dengan terlalu cepat di sebuah persimpangan dan gagal untuk berhenti dalam jarak dan waktu yang cukup sehingga menabrak ujung dari persimpangan jalan.

Read:  Harga Per M3 Borong Bangunan Rumah

Jika rumah kita terletak di ujung persimpangan, maka bisa dibayangkan seberapa besar risiko yang bisa dihadapi jika kasus tersebut terjadi dengan nyata. Dengan demikian, berdasarkan teori sederhana tersebut bisa kita bayangkan sendiri tentang penjelasan yang sudah disebutkan sebelumnya.

Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipertimbangkan pada rumah tusuk sate, baik dari segi aspek kesehatan maupun segi keamanan bagi penghuninya.

Apa Saja Ciri-Ciri Rumah Tusuk Sate?

Maksud Rumah Tusuk Sate
Sumber foto: hariantrendingtopik.com

Dari dulu hingga sekarang, beberapa masyarakat di Indonesia sudah mulai mengenal tipe rumah tusuk sate. Akan tetapi, tetap saja banyak yang asing dengan apa saja ciri-ciri rumah tusuk sate yang sebenarnya. Guna menjawab persoalan tersebut, coba Grameds baca beberapa poin berikut ini, di antaranya:



  • Rumah yang terletak di ujung tengah pertigaan
  • Umumnya dikelilingi oleh jalan besar yang dilewati pengendara
  • Dari segi ukuran bangunan rumah, termasuk sama dengan rumah lain yang ada di sekitarnya
  • Biasa dijadikan sebagai alternatif lokasi pemasangan iklan/baliho

Bagaimana Mitos Tentang Rumah Tusuk Sate?

Rumah tusuk sate dikenal sebagai tempat tinggal yang dipenuhi dengan mitos. Seperti dalam tradisi Jawa, rumah tusuk sering dianggap sebagai lokasi yang membawa sial. Ada suatu kepercayaan bahwa banyak makhluk halus yang ikut menjadi penghuni dan mengganggu orang-orang yang tinggal di rumah ini. Hal ini akan mempengaruhi keadaan keluarga yang menetap di rumah tusuk sate.

Memang benar, masyarakat di tanah air masih banyak sekali yang percaya tentang mitos. Menyitir dari
Difference Between, mitos adalah salah satu cerita yang dibuat berdasarkan kepercayaan yang ada dalam masyarakat dan sering kali digunakan guna menjelaskan hal-hal yang sulit untuk dijelaskan. Tak semua mitos bisa dibuktikan secara logika, namun tentu saja semua mempunyai latar belakang yang biasanya dapat dijelaskan secara ilmiah dan menggunakan pola pikir yang lebih luas lagi

Terlepas dari tradisi kebudayaan, beberapa mitos tentang rumah tusuk sate ini bisa dibuktikan dengan benar atau salahnya jika dibahas lebih lanjut menurut penelitian secara ilmiah. Akan tetapi, sebagai pengetahuan bagi Grameds, berikut ini ada beberapa contoh mitos lainnya yang perlu Grameds ketahui.

1. Keluarga penghuni menjadi kurang harmonis

Mitos yang pertama yaitu keluarga menjadi tidak harmonis. Banyak yang mengatakan akan sering terjadi pertengkaran antar anggota keluarga lain yang bertempat tinggal di rumah tusuk sate. Hal ini berakibat pada hubungan keluarga yang akan merenggang.

Mitos ini menyatakan bahwa rumah yang berlokasi tusuk sate biasanya keharmonisan keluarga menjadi kurang harmonis. Penyebabnya tentu saja karena hawa panas yang terus menerus muncul di rumah. Padahal, jika dilihat secara ilmiah, hawa panas yang timbul dalam rumah bisa muncul karena posisi rumah tusuk sate berhadapan langsung dengan persimpangan jalan. Akibatnya apa? Cahaya matahari lebih gampang masuk tanpa adanya penghalang.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh pakar kesehatan dari
University of California, cuaca yang panas menyebabkan orang lebih mudah terpicu emosinya. Jadi, sebenarnya masuk akal saja. Akan tetapi, kita dapat mencegah hal ini terjadi dengan menambahkan kanopi supaya cahaya matahari tidak langsung menyentuh dinding rumah. Guna menghindari hawa yang panas dari dalam, kita bisa menggunakan tirai supaya suasana rumah menjadi lebih sejuk.

Kemudian, kita juga bisa membuat taman di depan rumah untuk menyejukan halaman sekitar rumah. Selain berfungsi mempercantikan tampilan rumah, menurut beberapa ahli Feng Shui, adanya taman di depan rumah akan sangat berpengaruh dalam mengurangi energi yang negatif.

Taman juga akan membantu mengalihkan tekanan angin dan debu berlebihan yang akan mengarah secara langsung ke rumah tusuk sate. Dengan demikian, taman yang berada di rumah akan menjadi penyaring alami dari debu yang berterbangan di jalanan yang akan masuk ke rumah.

Read:  Strategi Beli Tanah Untuk Membangun Rumah

2. Anggota keluarga rentan terjangkit penyakit

Mitos yang kedua yaitu penghuni rumah tusuk sate juga disebut akan penghuni rawan terjangkit penyakit. Mitos ini berhubungan erat dengan lokasi rumah tusuk sate ini sendiri. Akses yang terbuka lebar dan bisa menerima aliran angin serta pancaran cahaya matahari secara langsung diyakini menjadi penyebab mitos yang satu ini.

Selain itu, karena letaknya yang berada di ujung jalan juga dianggap menjadi faktor rentan terjadi kecelakaan di persimpangan yang menyebabkan kerusakan hunian dan membahayakan keluarga dan penghuni lainnya.

3. Penghuni rumah tusuk sate lebih rawan tertimpa nasib yang buruk

Mitos ketiga yaitu, menurut mitos yang beredar rumah tusuk sate adalah hunian yang sering kali dikatakan memberi nasib buruk bagi orang-orang yang tinggal di rumah ini. Segala bentuk rezeki dan pekerjaan akan sulit diperoleh, akibatnya ekonomi keluarga juga bisa terganggu.

4. Rawan Terjadi Kecelakaan

Mitos rumah tusuk sate keempat yaitu kecelakaan yang lebih mudah menghampiri mereka yang tinggal di dalam rumah tusuk sate. Namun, kita bisa coba menelaah lagi, rumah tusuk sate berada persis di hadapan jalanan. Otomatis, resiko kendaraan bisa saja menabrak rumah memang menjadi risikonya.

Bagaimana sih cara mengatasinya? Coba membuat taman atau kolam kecil di depan rumah. Jadi, jika suatu saat terjadi kecelakaan, dampaknya tidak sampai mengenai rumah. secara langsung. Periksa keseluruhan keamanan lingkungan di rumah menjadi sangat penting. Terlebih, untuk rumah yang terletak di daerah rawan kecelakaan, seperti tusuk sate ini, keamanan lalu lintas menjadi pertimbangan yang utama sebelum membeli tusuk sate.

Selain hal tersebut di atas, kita juga harus mempertimbangkan apakah lokasi rumah itu berdekatan dengan fasilitas umum seperti toko, pusat perbelanjaan, mall, rumah sakit, sekolah, dan berbagai fasilitas umum lainnya.

5. Susah Mendapatkan Rezeki

Dengan menimbang berbagai resiko yang memang harus ditanggung saat membeli rumah model tusuk sate ini, nantinya akan ada dana tambahan yang harus dikeluarkan demi memperbaiki kekurangan yang dimiliki oleh rumah tersebut.

Rumah tusuk sate umumnya dipatok dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Bisa dibilang kita untung, karena bisa mempunyai rumah dengan luas dan fasilitas yang sama dengan harga yang lebih terjangkau. Hal yang harus kita lakukan juga sebelum membelinya yaitu dengan memperhitungkan biaya yang harus dikeluarkan untuk menutupi berbagai kekurangan dan resiko yang ada. Jangan lupa juga, memilih rumah yang memiliki kondisi lingkungan yang baik dan bersih.

Apa Saja Keuntungan Rumah Tusuk Sate?

Terlepas dari segala mitos di atas dan anggapan masyarakat tentang kerugian mempunyai rumah pada lokasi ini, faktanya malah ada beberapa keuntungan rumah tusuk sate yang bisa dimanfaatkan dengan baik untuk penghuni hingga orang-orang luar di sekitar rumah.

1. Harga Beli yang Lebih Terjangkau

Karena letaknya yang kurang diminati sebagian besar masyarakat, terutama yang masih mempercayai mitos, harga rumah ini jauh lebih murah apabila finansial menjadi pertimbangan utama dalam membeli rumah.

2. Dimanfaatkan sebagai Reklame Iklan

Biasanya rumah tusuk sate identik dengan lokasinya yang berada di pinggir jalan besar. Otomatis lokasi tersebut dapat dengan mudah dilihat oleh siapapun dari berbagai arah. Apabila bisa dimanfaatkan dengan baik, tempat lokasi ini dapat memberi profit bagi pengiklan untuk memasang reklame demi menarik perhatian khalayak umum.

3. Bisa Digunakan sebagai Tempat Usaha

Selain bisa memasang reklame iklan, lokasi yang strategis rumah ini juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat untuk membuka usaha kecil-kecilan. Beberapa contoh, yaitu dengan membuka bengkel, warung, atau kedai kopi, dan lain sebagainya. Tetapi, pastikan akses pengunjung tidak mengganggu kelancaran lalu lintas di tiga sisi jalan yang dekat dari lokasi.

four. Sirkulasi Udara yang Lebih Baik

Keuntungan kelima, rumah tusuk sate justru mempunyai sirkulasi udara yang lebih baik daripada rumah-rumah yang berada di posisi lainnya. Hal ini disebabkan rumah tusuk sate langsung berhadapan dengan jalan yang lebar, tak dihalangi oleh gedung rumah lain dan lain sebagainya sebagainya. Di samping itu, sinar cahaya matahari juga lebih gampang untuk masuk. Dengan adanya dua faktor tersebut saja sudah menjadi keuntungan bagi penghuni demi mendapatkan lingkungan rumah yang baik dan sehat.

Read:  Pasir Yang Bagus Untuk Bangun Rumah

5. Suasana Lingkungan yang Kondusif

Kelima, posisi rumah tusuk sate yang terdapat di ujung jalan, tentunya jarang dilewati oleh kendaraan sehingga lebih tentram dan tenang. Rumah tusuk sate ini sangat cocok dipilih oleh orang yang menyukai tempat tinggal yang tenang dan tidak bising oleh suara kendaraan.

6. Rumah Tusuk Sate Memiliki Lahan yang Luas

Terakhir, rumah tusuk sate umumnya lebih menarik perhatian karena terletak paling ujung dan bisa dilihat dari berbagai sisi yang berbeda. Selain itu, apabila dibandingkan dengan rumah lainnya, rumah tusuk sate ini memiliki tanah yang lebih besar karena mengikuti patokan jalan yang di komplek. Hal ini tentu saja menjadi keuntungan tersendiri bagi penghuninya, sehingga bisa mengatur desain rumah dengan lebih leluasa dan nyaman.

Sebuah Tips untuk Rumah Tusuk Sate

Jangan pernah takut terhadap suatu mitos yang belum jelas fakta dan kebenarannya karena bisa menjadikan mitos tersebut menjadi salah satu yang berbalik dan menguntungkan bagi kita. Sama halnya seperti rumah tusuk sate, karena tidak perlu takut untuk membeli dan tinggal di rumah tusuk sate. Ini ada sebuah tips rumah tusuk sate yang perlu kita ketahui:

  • Untuk mengatasi masalah panas matahari yang masuk ke dalam rumah secara langsung, bisa diatasi dengan menggunakan sebuah kanopi yang berukuran besar dan terbuat dari bahan yang bagus untuk meredakan panas matahari.
  • Menanamkan berbagai bentuk tanaman hias di halaman rumah untuk membuat suasana menjadi lebih teduh dan nyaman.
  • Untuk membuat pengendara menjadi lebih waspada, kita bisa menyiapkan sebuah pot berukuran besar di depan rumah dengan warna-warna yang cerah dan tanam dengan menggunakan tanaman yang berukuran sedang supaya pengendara bisa mengetahui terdapat rumah di persimpangan jalan. Menurut Feng Shui, kita bisa membuat tembok yang tinggi guna mengurangi energi negatif masuk ke dalam rumah.

Rekomendasi Buku Tentang Rumah Tusuk Sate

Ada beberapa buku bacaan yang bisa Grameds baca tentang rumah tusuk sate berikut diantaranya, yaitu:

1. Rahasia Praktis Feng Shui Rumah Tinggal Ala Jenie Kumala Dewi (2021) karya Jenie Kumala Dewi

Maksud Rumah Tusuk Sate

Buku ini hadir sebagai panduan bagi pembaca yang akan menuntun untuk mencapai kemakmuran.

2. Feng Shui Delapan Rumah (2018) karya Hery Yang

Maksud Rumah Tusuk Sate

Buku ini berisi tentang menghitung biaya membangun rumah. Cocok dibaca untuk pembaca yang ingin menghitung biaya membangun rumah.

3. Stop! Rumahku Bukan Untuk Setan (2020) karya Dr. Muhammad Bin Khumais Al Ajami

Maksud Rumah Tusuk Sate

Buku yang cocok dibaca seorang muslim yang mencegah rumahnya dikuasai oleh setan. Dengan membaca buku ini, pembaca diantarkan untuk mencontohkan Rasulullah dan berdzikir untuk Allah.

Demikian artikel tentang rumah tusuk sate, semoga bisa bermanfaat ya, Grameds!

BACA JUGA:

  1. Rumah Claw: Pengertian, Kelebihan, Kekurangan & Mitos Rumah Hook
  2. Desain Renovasi Rumah Subsidi Bagian Depan
  3. Rekomendasi Desain Kitchen Set Modern untuk Dapur Rumah Anda
  4. Pilihan Desain Rumah ii Lantai Mungil Cantik, Simak Selengkapnya!
  5. Ide Desain Rumah Jepang Minimalis dan Konsepnya

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.”

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Membangun Rumah Berdasarkan Feng Shui

Source: https://www.gramedia.com/best-seller/rumah-tusuk-sate/

Check Also

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal Rencana Anggaran Biaya (RAB) Bangunan Tahun 2020 File Sofcopy Dalam …