Masuk..5 Cara Atasi Grand Prime Sm-G530h Lemot

Sarah Lea
Rahasia
Saya sering ditanya oleh teman-teman sesama pengguna Samsung Grand Prime, kok hape saya performanya tetap menyerupai gres meski sudah berumur lebih dari tiga tahun, sedangkan punya mereka yang belinya gres dua tahun sudah lambat dan kadang-kadang aplikasi sering tutup sendiri.

Ada juga yang menerka apabila saya sudah memperbesar RAM Grand Prime sehingga ponsel milik saya tampaknya lancar-lancar saja di saat membuka banyak  aplikasi sekaligus.

Saya cuma sanggup ketawa mendengar pertanyaan klasik menyerupai itu. Ujung-ujungnya, saya dimintain tolong untuk Flash Ulang Samsung Grand Prime milik mereka.

Padahal instal ulang tidak banyak kokoh terhadap kelangsungan tata cara mengerjakan aplikasi, tapi itu semua tergantung bagaimana kita mengendalikan penggunaan hardware yang terbatas mudah-mudahan lebih optimal saja.

Bagi anda yang juga memiliki permasalahan yang serupa yakni ponsel Samsung Grand Prime loading aplikasinya lama, ada baiknya menerapkan 5 kiat berikut yang sudah dipraktikkan sendiri dan sukses menciptakan Grand Prime saya senantiasa sigap menyerupai hape baru.

5 Cara Mengatasi Samsung Grand Prime Lemot

teman sesama pengguna Samsung Grand Prime Masuk..5 Cara Atasi Grand Prime SM-G530H Lemot

1. Upgrade Versi Android ke Lollipop

Jika ponsel Samsung Grand Prime anda masih mengerjakan Android Kit-Kat yang sudah uzur, saya sarankan terhadap anda untuk secepatnya melaksanakan pembaruan tata cara ke android lollipop 5.0.2.

Pembaruan tata cara ini tidak cuma memajukan model android dari model Kit-Kat ke Lollipop, tapi firmware modern ini sanggup memajukan kinerja Samsung Grand Prime secara signifikan.

Sebagai infromasi, didalam firmware lollipop Dalvik yang sebelumnya dipakai selaku Emulator perangkat android model pertama hinga Kit-Kat sudah diganti Android Run Time (ART) yang menurut google sanggup mengerjakan tata cara 4X lebih singkat dibanding Dalvik.

Secara teori, apabila emulatornya lebih kencang maka sanggup ditentukan pula tata cara sanggup ditangani dengan lebih cepat.

Baca Juga : Cara Instal Android Lollipop Pada Samsung Grand Prime

2. Jadikan Memori Internal Khusus Untuk Sistem dan Aplikasi

Samsung Galaxy Grand Prime dibekali dengan memori internal yang kecil yakni cuma 8 GB saja. Faktanya, ruang penyimpanan yang sanggup dipakai untuk menyimpan data cuma setengah dari angka tersebut (4GB), sedangkan setengahnya lagi dipakai oleh tata cara dan aplikasi.

Ruang penyimpanan yang cuma 4 GB akan terus menyusut seiring banyaknya file yang anda simpan dan kian banyaknya aplikasi yang terpasang. Belum lagi dikurangi oleh Cache aplikasi yang hendak terus menumpuk.

Kalau dibiarkan, lama-kelamaan memori internal anda sanggup cepat penuh. Kalau sudah demikian, tata cara umumnya akan memperingatkan dengan memperlihatkan pesan “ Memori Penuh”.

Pesan memori sarat yang ditampilkan oleh tata cara akan dibarengi dengan pelambatan kinerja ponsel menyerupai aplikasi yang sering tertutup sendiri (tidak sanggup dibuka), Hang atau tidak sanggup mengerjakan aplikasi apapun.

Untuk itu, maksimalkan saja fungsi dari memori internal selaku daerah penyimpanan tata cara dan data aplikasi. Sedangkan file menyerupai foto dan video disimpan di memori eksternal.

Rahasia

3. Bersihkan Cache dan File Sampah Secara Rutin

Semakin sering aplikasi digunakan, tata cara akan menciptakan file sampah yang apabila dibiarkan akan menyanggupi memori internal dan membuat ponsel kekurangan memori penyimpanan.

Seperti yang sudah saya jelaskan tadi, apabila memori internal sudah sarat aplikasi jadi tidak sanggup dibuka lantaran tidak ada daerah untuk menyimpan Cache baru.

Untuk itu, bersihkan file sampah dan cache secara rutin, menggunakan aplikasi Samsung Smart Manager . Samsung Smart Manager akan terinstal otomatis setelah melaksanakan upgrade android ke Lollipop.

Kalau ternyata anda belum sempat melaksanakan upgrade Android, anda juga sanggup membersihkan Cache aplikasi dan file sampah tata cara menggunakan aplikasi Google File Go.

Cara membersihkan Cache dan sampah tata cara dengan Google File Go ternyata sungguh mudah, anda cukup mengerjakan aplikasinya saja, nanti aplikasi akan memamerkan warta ada file yang perlu dibersihkan kemudian sedangkan anda tinggal ikuti perintah aplikasinya saja.

4. Kontrol Aplikasi yang Rakus RAM

Karena cuma dibekali dengan RAM 1 GB, sungguh sukar bagi Samsung Grand Prime untuk sanggup memainkan game dengan mutu gambar HD menyerupai PUBG, mengerjakan aplikasi Facebook dan Messenger tolok ukur saja sudah sanggup bikin hape lemot.

Dalam keadaan ideal, RAM yang dipakai oleh tata cara dan aplikasi latar belakang pada Samsung Grand Prime sanggup meraih angka 400 MB. Sedangkan sisanya yang 400 MB ialah sisa RAM yang mesti anda maksimalkan penggunaannya untuk aplikasi.

Sebagai informasi, tata cara juga akan menggunakan RAM sejumlah 200 MB untuk mengerjakan fungsi GPU, lantaran hardware grafis dari Snapdragon 410 yang dipakai Samsung Grand Prime tak punya memori sendiri.

Dari data yang saya ambil dari Jalantikus.com, aplikasi menyerupai Facebook, Messenger, dan Instagram yakni aplikasi yang rakus RAM, tingkat konsumsinya sampai 250 MB.

Seandainya ketiga aplikasi tersebut berlangsung secara bersamaan, maka tidak ada sisa RAM lagi yang sanggup dipakai untuk mengerjakan aplikasi lain.

Kondisi itulah yang ialah salahsatu penyebab Samsung Grand Prime jadi loading lama, aplikasi sukar terbuka, internetan jadi lambat meski memori internal masih lowong.

Terus apa solusinya…?

Solusinya satu yakni hapus dan ganti ketiga aplikasi tersebut dan aplikasi lain yang menggunakan RAM terlampau banyak dengan aplikasi model Lite.

Aplikasi Lite yakni model mini dari aplikasi tolok ukur yang lebih ramah RAM, Memori dan Data. Untungnya ketiga aplikasi tersebut (Facebook, Messenger dan Instagram) sudah ada model Lite-nya.

Selain disebabkan oleh aplikasi, widget yang tidak terlampau penting menyerupai Widget cuaca, Gmail, dan Berita seharusnya di non aktifkan saja, mudah-mudahan ada sedikit pemanis RAM untuk aplikasi yang lebih penting.

Baca Juga : Spek dan Kelebihan Samsung Grand Prime

5. Jangan Gunakan Wallpaper Beresolusi Tinggi (HD)

Memasang Wallpaper dengan resolusi HD menciptakan penampilan hape jadi tambah keren, terlebih icon default tata cara diganti dengan icon kontemporer yang sanggup kita download di Playstore secara gratis.

Sayangnya, menggunakan Wallpaper yang resolusinya diatas 540×960 akan memberatkan tata cara lantaran resolusi layar dari Grand Prime belum HD.

Kalau dipaksakan, terlampau banyak RAM yang hendak dihabiskan untuk menampung gambar wallpaper saja, sementara ada banyak aplikasi penting yang membutuhkan RAM tersebut.

Untuk itu, lebih bijaklah dalam menegaskan wallpaper. Gunakan senantiasa gambar dengan resolusi 540×960 saja mudah-mudahan tata cara loadnya lebih singkat sehingga aplikasi lain sanggup ditangani dengan lebih enteng.

Penutup

Itulah warta ihwal cara yang umumnya saya kerjakan untuk menanggulangi Samsung Grand Prime yang secara tiba-tiba lemot, mudah-mudahan sanggup menolong mengakhiri permasalahan anda.

Jika ada kiat yang belum masuk, anda sanggup berkontribusi dengan menginformasikannya dikolom komentar.

Terimakasih.

Rahasia
Next Post

Cara Termudah Cek Kuota Telkomsel Melalui Sms

Cara Cek Kuota Telkomsel Lewat SMS – Halo agan-aganku semua, kuota Internet sanggup dikatakan menjadi keperluan untuk kini ini ya gan. Bagaimana tidak, kini ini hp tanpa kuota Internet terasa sungguh hampa. Terlebih untuk bawah umur muda yang kegemaran mengakses Internet baik itu yotube, googling ataupun bermain game online. Nah […]
Cara Termudah Cek Kuota Telkomsel Melalui Sms
/* */