Tips

bangun rumah 50 juta
harus memperhatikan berbagai aspek seperti lokasi, ukuran, hingga spesifikasi textile yang digunakan. Terkadang beberapa orang kesulitan membangun rumah dengan budget terbatas karena tidak memiliki pengetahuan tentang hal tersebut.

Beberapa orang berpikir bahwa membangun rumah membutuhkan uang ratusan juta dan bahkan mundur terlebih dahulu sebelum mencoba. Dana tersebut biasanya untuk kebutuhan textile, tukang, jasa arsitek, desain interior, dan lain sebagainya


Tips

Bangun Rumah 50 Juta

Ada beberapa aspek yang harus diperhatikan jika ingin membangun rumah terlebih lagi dengan budget terbatas. Jangan takut untuk memiliki rumah impian, meski tidak banyak memiliki cadangan dana. Semuanya harus diperhitungkan dengan mempertimbangkan faktor-faktor berikut:


1. Menyesuaikan dengan Lahan

Budget kecil tentu harus disesuaikan dengan luasan yang kecil. Katakanlah jika sudah memiliki tanah kavling berukuran 40-threescore meter persegi, maka sangat cocok untuk bisa dibuat rumah tipe 21 atau 36 dengan budget sekitar 50 juta.

Membangun atau mendesain ruangan di lahan sempit membutuhkan berbagai kompromi terkait dengan organisasi ruangan di dalamnya. Misalnya ruang tamu dapat dijadikan satu ruangan dengan ruang keluarga. Dapur bisa menjadi satu lokasi juga dengan ruang makan dan lain sebagainya.


2. Membuat Konsep Rumah Tumbuh

Rumah tumbuh adalah sebuah konsep mendirikan bangunan yang pengerjaannya dapat dicicil sesuai dengan kemampuan. Pertama, dapat membuat

rumah upkeep 50 juta

dari beberapa ruangan tertentu. Selanjutnya, mulai dibangun beberapa bagian lainnya menyesuaikan dengan keuangan.

Read:  Contoh Surat Kontrak Pengerjaan Bangunan Rumah Tinggal

Hal ini dapat dilakukan apabila memiliki luasan lahan yang cukup luas dan mendesain konsep secara keseluruhan untuk rumah. Sedangkan pembangunannya dilakukan secara bertahap sesuai dengan kemampuan.


3. Mencari Material yang Terjangkau

Cloth yang harganya terjangkau dan berkualitas sudah banyak ditemukan di masa sekarang ini. Membuat rumah tidak lagi harus konvensional dengan material tradisional seperti kayu atau bata merah. Bahkan, ada orang yang membuat rumah dari bekas atau sisa container.

Beberapa material yang terjangkau misalnya menggunakan hebel untuk penutup dinding, atap rangka baja ringan, dan spandek untuk atap. Daripada menggunakan kayu dan genteng yang relatif mahal dan daya tahannya kurang dari fabric logam.



4. Mencari Jasa Tukang Profesional

Dalam memperhitungkan biaya

bangun rumah 50 juta
tidak perlu mencari jasa kontraktor profesional. Cukup dengan mencari tukang yang mengerti pekerjaan konstruksi yang berpengalaman dan juga profesional di bidangnya. Hal ini akan menghemat anggaran lebih baik.

Tukang dapat melakukan berbagai pekerjaan struktur yang penting seperti pondasi, kolom, balok, pemasangan dinding hingga atap. Termasuk juga mekanikal elektrikal dan plumbing. Pemilik rumah bisa melakukan penataan interiornya sendiri sesuai dengan selera.


5. Menyediakan Furniture Secara Bertahap

Piece of furniture atau perabotan rumah memang penting untuk mendapatkan kenyamanan hunian. Anda dapat mengisi perabotan rumah secara bertahap sesuai dengan kemampuan. Perhitungkan perabotan yang penting terlebih dahulu, misalnya tempat tidur, penutup jendela, dan lainnya.

Selain itu, juga bisa menambahkan perabotan untuk memasak dan makan minum terlebih dahulu. Jika masih ada budget, bisa tambahkan sofa dan meja makan untuk aktivitas di dalam rumah. Untuk dekorasi atau hiasan dapat disediakan secara bertahap.


Ide Desain untuk

Bangun Rumah l Juta

Desain rumah memang cukup penting untuk mendapatkan gambaran rumah ideal. Pemilik bisa memulainya dengan membuat

sketsa rumah 50 juta
. Sketsa ini bisa dicari inspirasinya melalui internet atau foto-foto menarik sebagai gambaran pengerjaan.

Read:  Makalah Pembangunan Rumah Susun Dalam Upaya Penggunaan Lahan


one. Desain Minimalis

Saat ini tipe minimalis sangat populer dikalangan masyarakat Indonesia. Desain ini juga cocok diaplikasikan untuk berbagai model bangunan misalnya bangunan mewah ataupun sederhana. Jika digunakan di bangunan sederhana, biasanya pengeluarannya juga tidak banyak.

Jadi tipe ini sangat cocok untuk rumah dengan upkeep terbatas. Fungsi dan bentuk bangunan juga sangat simpel menyesuaikan dengan kondisi sehingga tidak menghabiskan banyak ornamen atau bentuk-bentuk yang mubazir.


2. Desain Bahan Kayu

Material kayu sudah digunakan oleh manusia berabad-abad yang lalu untuk membuat hunian. Hingga saat ini, bahan ini masih populer dan salah satu bahan klasik yang sangat digemari. Beberapa kombinasi material kayu dengan desain mewah memang menghasilkan desain yang unik dan mahal.

Akan tetapi, material kayu bisa dibuat murah dan masuk budget dalam

biaya bangun rumah sederhana
. Gunakan fabric kayu berkualitas baik dengan ukuran atau luasan yang diperkecil. Selain itu juga ada beberapa material kayu bekas yang kualitasnya sangat baik bisa dipergunakan.


3. Desain Tipe Balok

Pernahkan mendengar tentang rumah balok? Tipe rumah tersebut berbentuk kotak seperti balok dan atapnya menggunakan cor beton yang membuatnya menjadi murah. Desain ini biasanya banyak muncul di perkotaan dengan tipe rumah simpel namun estetik.

Lahan di perkotaan juga sudah habis sehingga membuat rumah yang simpel menjadi tujuan dari para pemilik rumah ini. Desain ini juga tidak memakan banyak biaya dan sangat cocok dengan suasana iklim tropis di Indonesia.


4. Desain Semi Industrial

Sekarang ini desain industrial sangat laku dipasaran. Sebagai contoh banyak café-café atau tempat Instagramable lainnya yang menggunakan desain konsep industrial. Salah satu cirinya seperti dinding unfinished, langit-langit yang terlihat bentuk, dan instalasi mekanikal elektrikalnya.

Read:  Khotbah Kalau Bukan Tuhan Yang Membangun Rumah

Selain itu, bahan dinding juga bisa menggunakan berbagai bahan metal dan dikombinasikan dengan kayu. Tipe desain ini memang terlihat seperti tabrak menabrak, akan tetapi jika dipadukan dapat menghasilkan harmonisasi yang indah.



five. Desain Mezzanine

Ada pertanyaan

uang fifty juta bisa bangun rumah seperti apa?

Desain rumah mezzanine bisa menjadi jawabannya. Desain ini memanfaatkan ruangan atap untuk memanfaatkannya menjadi ruang tertentu misalnya kamar tidur, ruang baca, atau yang lainnya.

Bangunan ini bisa terlihat seperti satu lantai dari luar, akan tetapi menjadi 2 lantai di bagian dalamnya. Desain ini sangat membantu dalam membuat rumah di lahan sempit dan memanfaatkan ruang tersisa untuk dapat dipergunakan.


6. Rumah dengan Taman

Rincian biaya membangun rumah 50 juta

dengan taman sebetulnya bisa direalisasikan. Bahkan, mungkin biaya konstruksinya bisa jauh lebih murah karena pepohonan atau taman sudah mengambil luasan bangunan.

Manfaatkanlah luasan rumah yang kecil untuk membuat rumah bertingkat dan sisanya digunakan sebagai taman sehingga keasrian bangunan dan lingkungan juga tetap terjaga. Udara segar bisa masuk ke dalam rumah sehingga rumah menjadi lebih sehat.


vii. Rumah Instan Sederhana Sehat

Pemerintah melalui Kementerian PUPR telah membuat plan hunian sederhana sehat yang biayanya dibawah 50 juta. Desain rumah ini juga bisa diterapkan dalam membangun rumah dengan biaya fifty juta. Secara desain juga tentunya sudah standar karena sudah standar nasional Indonesia.

Misalnya dari segi pencahayaan, penghawaan, toilet, septic tank, dan juga desain rumah sehat lain yang sesuai dengan standar.

Beberapa tips dan ide

bangun rumah 50 juta

ini bisa menjadi inspirasi. Tidak perlu bingung atau ragu untuk bisa merealisasikannya. Apabila ingin beli peralatan lengkap seputar bahan bangunan dengan harga murah, kunjungilah
Tokban.com
dan dapatkan material murah berkualitas.