Lebih Murah Beli Bahan Sendiri Aatau Borongan Waktu Bangun Rumah

Lebih Murah Beli Bahan Sendiri Aatau Borongan Waktu Bangun Rumah

Bangun Rumah Vs Beli Rumah Lebih Untung Mana?

Rumah merupakan salah satu jenis investasi yang paling banyak diimpikan. Namun, masih banyak calon pemilik yang bingung antara bangun rumah vs beli rumah, Kira-kira lebih untung yang mana?

Lebih Murah Beli Bahan Sendiri Aatau Borongan Waktu Bangun Rumah

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan ketika bangun rumah vs beli rumah, karena sama-sama membutuhkan biaya yang besar.

Namun, kondisi finansial dan kebutuhan juga bisa mempengaruhi pilihan kamu, untuk lebih memilih bangun rumah vs beli rumah.

Hal yang Diperhatikan Seputar Bangun Rumah Vs Beli Rumah

Perhitungan Biaya

Perhitungan bangun rumah vs beli rumah tentunya berbeda, karena bangun rumah lebih membutuhkan dana lebih banyak dalam satu waktu, sedangkan beli rumah kamu bisa cicil dengan jangka waktu yang lama.

Ukuran, Bentuk, dan Desain Rumah

Bangun rumah vs beli rumah untuk urusan ukuran, bentuk hingga desain, juga perlu di perhatikan. Bagi yang memiliki desain sendiri bisa memilih bangun sendiri, sedangkan tipe yang ingin terima beres, bisa beli rumah jadi.

Lokasi dan Lingkungan

Pemilihan lokasi dan lingkungan baik bangun rumah vs beli rumah juga penting. Pastikan strategis dan dekat dengan jalan utama.

Waktu Pembangunan

Untuk soal ini, baik bangun rumah vs beli rumah, kamu bisa sesuaikan waktu pembangunannya dari jumlah tukang yang disewa dan sistem pembangunan (harian atau borongan).

Faktor Lain

Keresmian tanah kepemilikan, keresmian jasa developer, dan lainnya.

(Baca Juga: seven Warna Cat untuk Rumah Minimalis, Elegan dan Simpel!)

Keuntungan dari Bangun Rumah vs Beli Rumah

Untuk lebih mudah dalam memilih pertimbangan sulit ini, kamu bisa intip masing-masing keuntungan dari bangun rumah vs beli rumah, berikut ini:

Read:  Tni Bantu Pembangunan Rumah Di Lombok

Keuntungan Beli Rumah

Lebih Hemat Biaya

Keuntungan beli rumah yang yang pertama adalah lebih hemat biaya di dalam satu waktu, sehingga kamu bisa menekan biaya lainnya, seperti tidak perlu membeli bahan bangunan, bayar tukang dan lain-lain.

Kamu hanya perlu siapkan dana untuk uang muka, beserta biaya-biaya lainnya, dan kamu sudah bisa dapat kunci rumah langsung.

Dengan begitu, kamu bisa langsung menempati rumah di perumahan atau bukan, dengan berbagai macam model yang umum atau bahkan custom.

Jika kamu masih memiliki upkeep sedikit, kamu bisa tetap memiliki rumah, karena membeli rumah kamu bisa membayar dengan sistem kredit atau KPR.

Kamu juga bisa cepat memiliki rumah, dan terhindar dari tertundanya akibat upkeep belum memenuhi.

Apalagi jika kamu adalah pasangan pengantin baru, dan belum memiliki tempat tinggal. Ketimbang sewa atau ngontrak, lebih baik beli rumah karena suatu saat rumah tersebut akan menjadi milik sendiri, sedangkan sewa hanya sekadar menumpang sementara.

Praktis

Seperti yang sudah dibahas, keuntungan beli rumah adalah praktis, kamu tinggal bayar, urus berkas, dan bisa langsung menempati rumah.

Jika kamu memiliki uang lebih, kamu bisa membeli rumah dengan sistem cash, jika ingin mencicil juga bisa.

Ada Tabungan untuk Renovasi

Beli rumah, artinya kamu sudah memiliki rumah utuh siap huni. Sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pembangunan lagi.

Kamu hanya perlu menabung untuk kebutuhan renovasi, jika ada kerusakan akibat bencana dan lainnya.

Pasalnya, sebagus apapun rumah pasti akan mengalami penuaan dan butuh perawatan, terlebih setelah bertahun-tahun ditempati. Hal tersebut dilakukan agar hunian kamu tetap terawat dan nyaman untuk ditempati.

Renovasi juga bisa dilakukan untuk memperindah atau memperbagus rumah. Misalnya ditambah kanopi, pagar, taman, dapur dan lain-lain.

Read:  Perbandingan Biaya Pembangunan Rumah Risha

Keuntungan Bangun Rumah

Bisa Desain Rumah Sesuka Hati

Keuntungan bangun rumah yang pertama adalah bisa desain rumah sesuka hati kamu, dengan ukuran, warna, tata letak yang diinginkan.

Pasalnya, saat ini banyak rumah yang menginspirasi banyak orang, untuk memiliki rumah dengan desain tersebut.

Kamu hanya tinggal diskusikan saja desain rumah yang kamu inginkan, bersama tim atau tukang yang akan membangun.

Pada saat pembangunan, kamu juga bisa memantau jika ada bentuk yang kurang pas, sehingga bisa direvisi. Dengan begitu, pemilik rumah akan merasa lebih puas dengan desainnya sendiri.

Bisa Membangun Sesuai Budget

Beli rumah atau bangun rumah memang sama-sama mahal, tapi kamu bisa bangun rumah sederhana sesuai dengan budget yang kamu punya.

Terlebih, dana tersebut adalah hasil warisan, atau
tabungan, sehingga jika digunakan untuk kredit rumah bertahun-tahun, rasanya tidak memungkinkan.

Meski tidak mewah, kamu bisa membangun rumah dengan sederhana, yang tidak membutuhkan banyak bahan mahal.

Misalnya gentingnya pakai baja ringan, batako ringan, sekat antar ruangan menggunakan gypsum, lantai beralas semen seperti rumah tema industrial, dan lainnya.

Jadi biarkan rumahmu tetap menjadi istanamu bagaimanapun bentuknya, asalnya bisa melindungi dan yang paling penting, dalam masa pembangunan, kamu tidak berhutang.

Setelah jadi, jika kamu ingin memperindah, kamu bisa renovasi sedikit-demi sedikit, sesuai dengan upkeep yang ada.

Nah, untuk sistem pembangunan rumah dengan penyesuaian upkeep, biasanya sangat cocok untuk para wirausaha, karena memiliki pendapatan yang tidak menentu.

Harga Tanah Lebih Murah dari Rumah Jadi

Keuntungan bangun rumah yang selanjutnya adalah lebih hemat karena harga tanah lebih murah, ketimbang beli rumah jadi.

Jika kamu belum memiliki budget untuk membangun, kamu bisa membeli tanahnya dulu, terlebih harga tanah juga bisa naik, sesuai perkembangan daerah tersebut.

Read:  Game Bangun Rumah Android Terbaik

Tanah juga bisa dijadikan investasi yang bagus, dan bisa dijual kembali jika kamu ingin membeli tanah di daerah lain yang lebih strategis.

Namun, keputusan membangun rumah dengan membeli tanahnya dulu, cocok untuk kamu yang memang tidak terburu-buru untuk menempati suatu rumah.

Jadi, kamu bisa memiliki banyak waktu menabung untuk membangun rumah. Untuk bisa menabung dengan aman, kamu harus memilih produk tabungan yang bagus dan terpercaya.

(Baca Juga: 4 Tips Renovasi Rumah Bagian Depan agar Lebih Cantik!)

Pilih Produk Tabungan yang Aman di CekAja.com

Kamu ingin menabung untuk membangun rumah dalam 3-5 tahun ke depan? Kamu bisa pilih produk tabungan yang tepat dan sesuai dengan finansialmu melalui platform CekAja.com.

CekAja.com akan merekomendasikan produk
tabungan
apa saja, yang cocok untuk tujuan kamu. Misalnya untuk kuliah, menikah, termasuk untuk membangun rumah. Berikut beberapa rekomendasinya!

Dengan begitu, kamu bisa lebih paham fitur apa saja yang ditawarkan produk tabungan tersebut, bunga yang diberikan, dan lainnya sebagainya.

Yuk, segera kunjungi website CekAja.com sekarang juga, dan dapatkan beragam penawaran produk finansial yang aman, terpercaya dan terdaftar OJK!

Lebih Murah Beli Bahan Sendiri Aatau Borongan Waktu Bangun Rumah

Source: https://www.cekaja.com/info/bangun-rumah-vs-beli-rumah

Check Also

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal Rencana Anggaran Biaya (RAB) Bangunan Tahun 2020 File Sofcopy Dalam …