Latar Belakang Pembangunan Rumah Susun Di Indonesia
Jalan Tol Solo-Ngawi |
|
---|---|
Informasi rute | |
Bagian dari Jalan Tol Trans-Jawa | |
Dikelola oleh PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN) | |
Panjang: | 90 km (56 mi) |
Berdiri: | sixteen Juli 2018 (2018-07-sixteen) – sekarang |
Persimpangan besar | |
Dari: |
![]() Jalan Tol Semarang-Solo ![]() Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo |
Simpang Susun Colomadu Junction Simpang Susun Bandara Adi Soemarmo Simpang Susun Ngemplak Simpang Susun Gondangrejo Simpang Susun Karanganyar Simpang Susun Sragen Simpang Susun Sragen Timur Simpang Susun Ngawi |
|
Ke: |
![]() Jalan Tol Ngawi-Kertosono |
Letak | |
Kota besar: | Boyolali Solo Karanganyar Sragen Ngawi |
Sistem jalan bebas hambatan | |
AH 2 | |
|
Jalan Tol Solo–Ngawi
adalah jalan tol sepanjang ninety km yang menghubungkan Kota Surakarta, Jawa Tengah dengan Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Jalan tol ini melewati wilayah Kabupaten Boyolali, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Sragen, dan Kabupaten Ngawi. Jalan tol ini merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Trans Jawa. Jalan tol Solo-Ngawi terhubung dengan
Jalan Tol Semarang-Solo di sebelah barat laut dan
Jalan Tol Ngawi-Kertosono di sebelah timur. Jalan tol ini beroperasi penuh sejak tahun 2018.
Latar belakang
[sunting
|
sunting sumber]
Jalan tol ini dibangun mempunyai maksud dan tujuan untuk meningkatkan aksesibititas dan kapasitas jaringan jalan dalam melayani lalu lintas di koridor Trans Jawa; meningkatkan produktivitas melalui pengurangan biaya distribusi dan menyediakan akses ke pasar regional maupun internasional; merupakan salah satu koridor target MP3EI dengan penyelesaian sampai dengan 2014; menyediakan jaringan jalan yang efisien di Pulau Jawa; dan dapat berfungsi sebagai Solo Outer Ringroad.
Ruas Kartasura – Karanganyar merupakan seksi I ruas jalan tol ini dengan panjang jalan tol 20,9 kilometer dan 1,seven kilometer jalan akses. Ruas tersebut dibangun menggunakan dana pemerintah (APBN), bersama seksi II Saradan – Kertosono (40,1 km) di Provinsi Jawa Timur. Sedangkan ruas Karanganyar – Saradan (120 km) dikerjakan oleh PT Thiess Contractors Indonesia, anak usaha Thiess asal Australia.
Tahun 2009 di ruas Colomadu – Karanganyar dengan dana 14 miliar telah dibangun jalan tol sepanjang 0,six kilometer, pada tahun 2010 dibangun struktur bawah Jembatan Bengawan Solo sepanjang 300 meter dan Underpass Kemiri dengan anggaran sebesar 53 miliar, kemudian pada tahun 2011 dibangun struktur atas Jembatan Bengawan Solo sepanjang 300 thousand dan jalan tol sepanjang 2,075 kilometer serta two buah underpass dan i buah overpass.
Tahun 2012 ini dengan dana 105 Miliar akan dibangun jalan tol sepanjang three,85 kilometer dan three buah overpass. Tambahan dana pada tahun 2012 diusulkan untuk paket pembangunan FO (FO kereta api, jalan pendekat), paket pembangunan IC Solo (struktur bawah IC Solo cable stayed, jalan akses, jalan pendekat dan pile slab), paket pembangunan jembatan sungai (Kali Pepe i, Kali Pepe 3, Janpen, Akses IC), paket pembangunan jalan dan OP Tol Solo – Kertosono (1,9 km jalan tol, overpass dan underpass).
Pada 29 Maret 2018, Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Solo–Ngawi ruas Ngawi-Klitik bersamaan dengan Jalan Tol Ngawi-Kertosono ruas Klitik-Wilangan. Untuk ruas Kartasura – Sragen sepanjang 35 kilometer telah diresmikan pada sixteen Juli 2018, sedangkan ruas Sragen – Ngawi sepanjang 55 kilometer telah diresmikan pada 28 November 2018.
Gerbang tol
[sunting
|
sunting sumber]
Simpang Susun Solo/Ngemplak
Ruas Kartasura/Colomadu-Klitik (Dikelola PT Jasa Marga Solo-Ngawi)
Gerbang tol/simpang susun |
KM |
Lokasi |
Destinasi |
||
---|---|---|---|---|---|
![]() Jalan Tol di Jawa Tengah Rute half-dozen |
|||||
![]() JALAN TOL SEMARANG-SOLO Batas Operasional PT Trans Marga Jateng Jalan Tol Berawal/Berakhir |
|||||
![]() JALAN TOL SOLO-YOGYAKARTA-YIA KULONPROGO Batas Operasional PT Jogja Solo Marga Makmur Jalan Tol Berawal/Berakhir |
|||||
![]() JALAN TOL SOLO-NGAWI ![]() Batas Operasional PT Jasa Marga Solo-Ngawi Jalan Tol Berawal/Berakhir |
|||||
Colomadu Junction | 493 | Colomadu |
BARAT![]() Jalan Tol Semarang-Solo Boyolali Salatiga Semarang |
||
Gerbang Tol Colomadu |
SELATAN![]() Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulon Progo ![]() Kartasura Klaten Yogyakarta |
||||
![]() Batas Wilayah Kabupaten Karanganyar Kecamatan Colomadu ![]() Batas Wilayah Kabupaten Boyolali Kecamatan Ngemplak |
|||||
Simpang Susun Bandara Adi Soemarmo | 498 | Ngemplak |
![]() Bandara Internasional Adi Soemarmo |
||
Gerbang Tol Bandara Adi Soemarmo | |||||
Simpang Susun Ngemplak | 504 | Solo | |||
Gerbang Tol Ngemplak | |||||
![]() Jalan Tol di Jawa Tengah Rute half dozen Jalan Tol Berawal/Berakhir |
|||||
![]() Jalan Tol di Jawa Tengah Rute xi Jalan Tol Berawal/Berakhir |
|||||
![]() Batas Wilayah Kabupaten Boyolali
|
|||||
Simpang Susun Gondangrejo | 506 | Gondangrejo | Mojosongo Gondangrejo Purwodadi |
||
Gerbang Tol Gondangrejo | |||||
Simpang Susun Karanganyar | 513 | Kebakkramat |
![]() Palur Karanganyar Tawangmangu |
||
Gerbang Tol Karanganyar | |||||
![]() Batas Wilayah Kabupaten Karanganyar
|
|||||
Simpang Susun Sragen | 527 | Pungkruk |
![]() Sragen Gemolong Purwodadi |
||
Gerbang Tol Sragen | |||||
Simpang Susun Sragen Timur | 544 | Sambungmacan |
![]() Mantingan Purwodadi |
||
Gerbang Tol Sragen Timur | |||||
![]() Jalan Tol di Jawa Tengah Rute xi Jalan Tol Berawal/Berakhir |
|||||
Wilayah hukum Polda Jateng (Polres Sragen) | |||||
![]() Batas Wilayah Provinsi Jawa Tengah ![]() Kabupaten Sragen
|
|||||
Wilayah hukum Polda Jatim (Polres Ngawi) | |||||
![]() Jalan Tol di Jawa Timur Rute 11 Jalan Tol Berawal/Berakhir |
|||||
Simpang Susun Ngawi | 579 | Ngawi |
![]() Jalan Tol Ngawi-Kertosono |
||
Gerbang Tol Ngawi |
![]() Ngawi ![]() Bojonegoro Cepu Magetan |
||||
![]() JALAN TOL SOLO-NGAWI ![]() Batas Operasional PT Jasa Marga Solo-Ngawi Jalan Tol Berawal/Berakhir |
|||||
![]() JALAN TOL NGAWI-KERTOSONO ![]() Batas Operasional PT Jasa Marga Ngawi-Kertosono-Kediri Jalan Tol Berawal/Berakhir |
|||||
![]() Jalan Tol di Jawa Timur Rute eleven |
Tempat Istirahat
[sunting
|
sunting sumber]
Jalan tol Solo-Ngawi mempunyai beberapa tempat istirahat. Ada half dozen tempat istirahat yaitu:
Lokasi (KM) | Arah | Tipe | Parkir | SPBU | Masjid/Musholla | Rumah Makan/Warung | Toilet | Bengkel | Keterangan |
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
519A | Timur | A |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
|
519B | Barat | A |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
|
538A | Timur | B |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
|||
538B | Barat | B |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
|||
575A | Timur | A |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
|
575B | Barat | A |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
Tarif (Rp)
[sunting
|
sunting sumber]
Berlaku Sejak 19 Agustus 2021 Pukul 06.00 | |||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Gerbang Asal | Gerbang Tujuan | Golongan | |||||
I | Ii | Three | IV | V | |||
Colomadu | Bandara Adi Soemarmo | five.500 | eight.500 | viii.500 | 11.000 | 11.000 | |
Ngemplak | xiii.000 | nineteen.500 | 19.500 | 26.000 | 26.000 | ||
Gondangrejo | 16.000 | 24.000 | 24.000 | 32.000 | 32.000 | ||
Karanganyar | 24.500 | 37.000 | 37.000 | 49.000 | 49.000 | ||
Sragen | 40.500 | 61.000 | 61.000 | 81.000 | 81.000 | ||
Sragen Timur | 59.500 | 89.500 | 89.500 | 119.000 | 119.000 | ||
Ngawi | 99.500 | 149.000 | 149.000 | 198.500 | 198.500 | ||
Bandara Adi Soemarmo | Colomadu | 5.500 | 8.500 | 8.500 | xi.000 | 11.000 | |
Ngemplak | seven.500 | xi.000 | 11.000 | fifteen.000 | 15.000 | ||
Gondangrejo | ten.500 | 15.500 | fifteen.500 | 21.000 | 21.000 | ||
Karanganyar | nineteen.000 | 28.500 | 28.500 | 38.000 | 38.000 | ||
Sragen | 35.000 | 52.500 | 52.500 | seventy.000 | 70.000 | ||
Sragen Timur | 54.000 | 81.000 | 81.000 | 108.000 | 108.000 | ||
Ngawi | 94.000 | 140.500 | 140.500 | 187.500 | 187.500 | ||
Ngemplak | Colomadu | 13.000 | xix.500 | xix.500 | 26.000 | 26.000 | |
Bandara Adi Soemarmo | seven.500 | 11.000 | 11.000 | 15.000 | 15.000 | ||
Gondangrejo | iii.000 | 4.500 | 4.500 | 6.000 | 6.000 | ||
Karanganyar | 11.500 | 17.500 | 17.500 | 23.000 | 23.000 | ||
Sragen | 27.500 | 41.500 | 41.500 | 55.000 | 55.000 | ||
Sragen Timur | 46.500 | 70.000 | 70.000 | 93.000 | 93.000 | ||
Ngawi | 86.500 | 129.500 | 129.500 | 172.500 | 172.500 | ||
Gondangrejo | Colomadu | 16.000 | 24.000 | 24.000 | 32.000 | 32.000 | |
Bandara Adi Soemarmo | ten.500 | 15.500 | fifteen.500 | 21.000 | 21.000 | ||
Ngemplak | 3.000 | 4.500 | 4.500 | 6.000 | 6.000 | ||
Karanganyar | viii.500 | 13.000 | thirteen.000 | 17.000 | 17.000 | ||
Sragen | 24.500 | 37.000 | 37.000 | 49.000 | 49.000 | ||
Sragen Timur | 43.500 | 65.500 | 65.500 | 87.500 | 87.500 | ||
Ngawi | 83.500 | 125.000 | 125.000 | 166.500 | 166.500 | ||
Karanganyar | Colomadu | 24.500 | 37.000 | 37.000 | 49.000 | 49.000 | |
Bandara Adi Soemarmo | 19.000 | 28.500 | 28.500 | 38.000 | 38.000 | ||
Ngemplak | xi.500 | 17.500 | 17.500 | 23.000 | 23.000 | ||
Gondangrejo | eight.500 | 13.000 | 13.000 | 17.000 | 17.000 | ||
Sragen | 16.000 | 24.000 | 24.000 | 32.000 | 32.000 | ||
Sragen Timur | 35.000 | 52.500 | 52.500 | seventy.000 | 70.000 | ||
Ngawi | 75.000 | 112.000 | 112.000 | 149.500 | 149.500 | ||
Sragen | Colomadu | 40.500 | 61.000 | 61.000 | 81.000 | 81.000 | |
Bandara Adi Soemarmo | 35.000 | 52.500 | 52.500 | 70.000 | 70.000 | ||
Ngemplak | 27.500 | 41.500 | 41.500 | 55.000 | 55.000 | ||
Gondangrejo | 24.500 | 37.000 | 37.000 | 49.000 | 49.000 | ||
Karanganyar | 16.000 | 24.000 | 24.000 | 32.000 | 32.000 | ||
Sragen Timur | 19.000 | 28.500 | 28.500 | 38.000 | 38.000 | ||
Ngawi | 59.000 | 88.500 | 88.500 | 117.500 | 117.500 | ||
Sragen Timur | Colomadu | 59.500 | 89.500 | 89.500 | 119.000 | 119.000 | |
Bandara Adi Soemarmo | 54.000 | 81.000 | 81.000 | 108.000 | 108.000 | ||
Ngemplak | 46.500 | 70.000 | 70.000 | 93.000 | 93.000 | ||
Gondangrejo | 43.500 | 65.500 | 65.500 | 87.500 | 87.500 | ||
Karanganyar | 35.000 | 52.500 | 52.500 | 70.000 | 70.000 | ||
Sragen | 19.000 | 28.500 | 28.500 | 38.000 | 38.000 | ||
Ngawi | 39.500 | 59.500 | 59.500 | 79.500 | 79.500 | ||
Ngawi | Colomadu | 99.500 | 149.000 | 149.000 | 198.500 | 198.500 | |
Bandara Adi Soemarmo | 94.000 | 147.500 | 147.500 | 187.500 | 187.500 | ||
Ngemplak | 86.500 | 129.500 | 129.500 | 172.500 | 172.500 | ||
Gondangrejo | 83.500 | 125.000 | 125.000 | 166.500 | 166.500 | ||
Karanganyar | 75.000 | 112.000 | 112.000 | 149.500 | 149.500 | ||
Sragen | 59.000 | 88.500 | 88.500 | 117.500 | 117.500 | ||
Sragen Timur | 39.500 | 59.500 | 59.500 | 79.500 | 79.500 |
Galeri
[sunting
|
sunting sumber]
-
Pemandangan Jalan Tol Solo–Ngawi arah ke Semarang
-
Pemandangan Jalan Tol Solo–Ngawi arah ke Surabaya
-
200 thousand menuju Gerbang Tol Solo
Referensi
[sunting
|
sunting sumber]
Latar Belakang Pembangunan Rumah Susun Di Indonesia
Source: https://id.wikipedia.org/wiki/Jalan_Tol_Solo%E2%80%93Ngawi