Laptop Tidak Bisa Masuk Windows Dan Safe Mode

Daftar Isi

  • Penyebab Laptop Tidak Bisa Masuk Windows
  • Cara Mengatasi Laptop Lain Bisa Ikut Windows
    • Hard Restart Laptop
    • Periksa RAM & Hardisk
    • Gunakan Safe Mode
    • Restore Sistem Windows
    • Reset Windows
  • Akhir Kata

Windows memang menjadi sistem operasi nan banyak digunakan di PC ataupun laptop. Lamun begitu, operasi sistem Windows pun agak rentan terhadap berbagai masalah tertentu, terutama kelainan pada sistem operasinya, seperti laptop gagal masuk ke Windows.

Moga pada kondisi biasa, ketika kita menyalakan laptop maka secara otomatis akan
booting
ke internal sistem operasi Windows. Namun, pada kasus ini laptop tidak dapat turut ke sistem operasi Windows, dan hanya
stuck
pada logo atau puas layar
bluescreen.

Permasalahanini sebenarnya awam terjadi, dan bisa saja terjadi pada laptop dengan sistem Windows 7, 8, 8.1, 10, alias 11. Yah, walaupun dibilang wajar, tapi jika tidak segera diatasi pasti kamu lain akan bisa menggunakan laptop dengan semestinya.

Penyebab Laptop Bukan Bisa Turut Windows

Masalah laptop tidak bisa ikut Windows lazimnya terjadi dengan penyebab yang beraneka macam. Nah, sebelum menentang ke prinsip mengatasinya, lebih baik kita tahu tambahan pula tinggal apa saja yang menjadi penyebab permasalahan tersebut terjadi.

Berikut sejumlah diantaranya:

  • Kejangkitan Virus

Hem, sudah menjadi kancing umum sekiranya virus memang suka cak bagi masalah dan menimbulkan berbagai
error
sreg laptop Windows. Termasuk diantaranya membuat laptop tidak bisa ikut Windows, yang mana hal ini dikarenakan sistem yang ketularan virus sehingga mewujudkan filecorrupt maupun tidak terbaca (unreadable).

Pasalnya, virus dapat masuk ke sistem operasi tanpa kita sadari terlebih lalu, dan umumnya kita baru siuman jika terdapat error tertentu yang memang disebabkan maka itu virus.

  • Masalah pada Harddisk
    / RAM

Harddisk dan RAM sebenarnya yakni komponen nan selit belit mengalami kerusakan atau masalah, namun sekalinya terserah problem pada komponen tersebut maka dampaknya akan rumpil, karena dapat menimbulkan masalah seperti komputer jinjing tiba-mulai mati koteng, dan laptop tidak bisa masuk Windows.

  • Karena Instalasi
    Apliksi Tertentu

Ketika kamu menginstal permintaan yang berhubungan dengan sistem (begitu juga antivirus Avast dan sejenisnya) dan jika permohonan tersebut problematis bisa saja bertelur ke laptop tidak dapat masuk ke Windows. Aplikasi bermasalah ini kebanyakan disebabkan oleh sumber permintaan yang bukan jelas.

Misalnya sahaja, sira mengunduh antivirus versi mod atau
crack, dapat belaka di dalamnya terdapat virus nan bisa merusak sistem manuver.

  • Gagal Update

Microsoft memang sering mengamalkan pembaruan pada sistem operasi Windows mudahmudahan selalu berkreasi dengan baik.
Update
memang menjadi salah suatu langkah untuk memperbaiki kesalahan atau
bug
yang terdapat pada varian sebelumnya.

Rata-rata masalah laptop enggak boleh masuk ke sistem Windows ini disebabkan oleh gagalnya proses
update
Windows. Bisa hanya Windows update stuck (tidak perkembangan) sehingga mewujudkan file sistem
corrupt, karena belum selesai diperbarui.

Cara Mengamankan Laptop Tidak Bisa Masuk Windows

Selanjutnya, bikin mengatasi laptop tidak bisa masuk Windows ada beberapa metode yang bisa kamu coba. Metode nan kami tuliskan di bawah yaitu metode yang
work
pada sejumlah kasus, tetapi tidak menutup prospek juga puas kasus serupa hasilnya bukan 100%
work.

Ya, alasanya adalah karena penyebab yang berbeda maka solusiya sekali lagi farik. Jadi, pendirian-cara di bawah ini
pure
doang menjadi upaya dalam mengatasi keburukan tersebut, mana tahu tahu berbuntut. Daripada anda harus mengangkut laptop ke tempat
service
yang memerlukan biaya, maka lebih baik mencoba cara-cara ini terlebih dahulu.

Read:  Cara Sambung Cctv Ke Hp

Berikut lebih detailnya, mengenai kaidah memecahkan laptop tidak boleh timbrung Windows.

  • Hard Restart Laptop
  • Periksa RAM & Hardisk
  • Gunakan Safe Tren
  • Restore Sistem Windows
  • Reset Windows

Hard Restart Laptop

Laptop Tidak Bisa Masuk Windows Dan Safe Mode

Pertama, kita start dengan yang paling mudah terlebih dahulu untuk membereskan laptop tak bisa masuk Windows, adalah dengan melakukan
hard restart
laptop Windows. Cara ini memang cara nan paling asal, namun tidak berarti lain
work, ya.

Biasnya cara ini dipakai untuk mengatasi
error
laptop lain bisa ikut Windows dan sahaja menyampaikan jib
blackscreen
doang. Mandu
hard restart
laptop merupakan dengan menggunakan cembul kombinasiCtrl + Alt + Deletepada keyboard.

Selain itu, kamu bisa jugahard restart
laptop dengan mandu tekan dan resistan tombol power hingga laptop mati, lalu anda dahulu hidupkan ulang deh. Cukuplah, cara
hard restart
ini pernah saya coba puas laptop Acer, ketika tidak bisa turut ke sistem Windows dan hanya
stuck
di layar
blackscreen.

Kerjakan mengerjakanrestartini, pastikan engkau sudah memeriahkan laptop terlebih sangat dan masuk ke tampilanbootya, dan baru setelah itu kamu dapat melakukan langkahhard restartseperti nan sudah kami jelaskan di atas.

Sebagaimana yang telah saya bilang sebelumnya, bahwa cara ini sahajaworkpada kasus laptop bukan bisa masuk ke Windows yang disebabkan maka itu
bug
pada sistem. Apabila beliau sudah mencoba mandu ini dan hasilnyanol, maka silakan coba metode seterusnya.

Periksa RAM & Hardisk


Hardisk dan RAM memang pelecok satu komponen berjasa pada laptop. RAM memiliki arti menyimpan data program dan aplikasi yang melanglang, dan harddisk punya keistimewaan menyimpan data secara permanen, yang mana termasuk didalamnya terserah data sistem propaganda.

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya kalau Harddisk dan RAM sepantasnya merupakan komponen yang jarang mengalami kerusakan ataupun komplikasi, namun sekalinya ada penyakit plong komponen tersebut maka dampaknya akan sukar, karena bisa menimbulkan masalah laptop tidak bisa timbrung Windows.

Nah, untuk ki kesulitan pada RAM yang masyarakat terjadi yakni RAM nan kotor, RAM longgar, RAM tak terpajang dengan bermartabat, atau apalagi RAM memang rusak secara fisik. Tanda seandainya RAM bermasalah ialah ketika kamu menggalakkan laptop kebanyakan sahaja unjuk tampilan layarblackscreensaja, dan lain nampak tulang beragangan atau cap.

Untuk mengusut RAM laptop, cobalah gunakan langkah-ancang di bawah ini:

  • Mula-mula, silakan sira bongkar laptop yang problematis.
  • Sehabis itu, silakan kamu abolisi RAM pecah motherboard.
  • Silakan sira bersihkan kuningan RAM, menggunakan kejai penghapus.
  • Selanjutnya engkau bisa menjatuhkan kondisi fisiknya apakah ada kerusakan atau tidak, misalnya saja RAM retak atau tambahan pula terpenggal.
  • Kalau terletak kerusakan fisik pada RAM, cobalah untuk menggunakan RAM lain bakal mengetes apakah laptop bisa nyala dan masuk ke Windows maupun tak. Bila laptop berbuah turut ke sistem Windows, maka fix RAM tersebut perlu diganti.
  • Setelah melakukan langkah-langkah di atas, pastikan kalau kamu memasang kembali RAM dengan benar, ya.
Read:  Kenapa Laptop Lemot Setelah Instal Ulang

Lebih jauh untuk harddisk yang bersoal rata-rata yakni HDDbad sector. Ketika masalah ini terjadi, biasanya ditandai dengan penampakan laptop tahu-tahu menurun secara bermakna sebelum akhirnya laptop tak bisa turut Windows.

Padalah, hardidiskbad sectorkebanyakan terdapat kerusakan pada beberapa bagian harddisk sehingga membuat sebagian data-data di dalamnya, entah itu data sistem atau data pribadi tidak terbaca sepenuhnya. Bila data sistem bukan terbaca penuh maka bisa dipastikan sistem tidak akan boleh dimuat momen laptop dinyalakan dan intiha laptop tak bisa masuk Windows.

Bakal menanyai harddisk sebenarnya agak runyam, karena anda harus menunggangi perkakas tambahan berwujud casing harddisk eksternal (bisa didapat di toko komputer), lalu setelah itu silakan colokkan perangkat tersebut ke laptop atau PC yang biasa.

Jika mutakadim, silakan dia bagi konfirmasi pada harddisk dengan dengan menggunakansoftware, HD Tune atau HDD Sentinel kerjakan memafhumi apakah terjadi
bad sector
atau tidak, dan disana kamu dapat juga mengetahui presentase kesegaran harddisk nan sira pakai.

Apabila harddisk-nya memang kemungkus, sebaiknya kamu ganti harddisk tersebut ke yang baru. Lamun terkadang yang lama masih bisa diperbaiki dan dipakai lagi. Namun, lazimnya performanya berkurang dan kecepatan membaca harddisk-nya akan melambat, sehingga mewujudkan laptop dia menjadi lemot.

Gunakan Safe Mode

Metode lebih jauh untuk mengatasi laptop enggak bisa masuk Windows merupakan dengan memanfaatkan fiturSafe Kecenderungan.Safe Tren ini yaitutoololeh-oleh Windows yang bisa kita pakai buat mengakses sistem Windows versibasic-nya yang mana di dalamnya hanya terserahsoftwareataudrivernan signifikan-utama sahaja.

Safe Gaya ini biasanya bisa kita buka meskipun laptop Windows intern kondisi tidak bisa masuk ke sistem Windows secara normal. Lakukan itu, silakan sira coba menggunakanSafe Mode ini untuk mengamalkan bermacam ragam upaya perbaikan dalam mengatasi masalah ini.

Berikut bertambah detailnya:

  1. Pertama, silakan hidupkan laptop kamu terlebih dahulu.
  2. Pasca- ikut ke cucur BIOS, mari sira tekan cembulF8 secara berulang-ulang.
  3. Jika berhasil, maka nanti engkau akan mendapati opsiStart up settings. Padalah, pada bagian ini, silakan anda membeda-bedakanSafe Gaya.
  4. Tunggulah sebatas sistem masuk ke Windows basic.
  5. Sehabis berdampak masuk ke safe mode, hal yang purwa kamu kerjakan yakni scanning virus menerobos Windows Defender. Hal ini berniat bagi menghibur virus nan menyebabkan laptop enggak bisa masuk ke Windows.
  6. Caranya dengan masuk ke menu Windows Security > memperbedakanVirus & Thread protection > klikScan options
    > membeda-bedakan metode scanFull scan
    > klikScan now.
  7. Tunggu proses deteksi virus selesai, setelah itu silakan dia perangi virus yang muncul setelah scanning.

Restore Sistem Windows

Apabila anda pernah membentuk sistem
restore point
pada kondisi normal sebelumnya, maka kamu dapat loh mengamankan laptop tidak bisa masuk ke Windows dengan prinsip mengakses
restore point
tersebut agar kondisi sistem boleh dikembalikan ke dalam kurun waktu
restore point

dibuat.

Read:  Mesin Cuci Keluar Air Terus

Apabila kamu ingin tahu lebih lengkapnya, mari kunjungi artikel tentang prinsip restore Windows ke copot (versi) sebelumnya yang sudah lalu pernah kami telaah secara detail. Lebih jauh untuk restore sistem Windows, kamu bisa melakukannya melampaui safe gaya.

Berikut makin lengkapnya:

  1. Mula-mula, mari masuk ke safe tendensi dengan cara yang sederajat seperti sebelumnya, yakni dengan tombol F8.
  2. Jika sudah masuk ke safe tendensi, yuk buka
    Command Prompt
    melalui rubrik search Windows.
  3. Atau boleh juga dengan menekan tombol kombinasiWindows + Rkemudian ketik
    CMD
    lalu tekan Enter.
  4. Setelah Command Prompt termengung, silakan kamu masukkan kode perintah%systemroot%system32restorerstrui.exe kemudian tekanEnter.
  5. Jika sudah, maka akan muncul Windows System Restore. Puas adegan ini silakan kamu membeda-bedakan
    Restore My Computer to an Earlier Time.
  6. Lebih lanjut, klikNext kemudian akan muncul kalender untuk cek kondisi ketika sistem sedang dalam kondisi resmi.
  7. Sudahlah, selanjutnya ia bisa serempak restore Windows ke sungkap yang tertera di sana.

Reset Windows

Cara final untuk mengatasi laptop tidak bisa masuk ke sistem Windows merupakan dengan reset sistem propaganda Windows. Reset ini akan mengembalikan kondisi Windows ke
default-nya, sehingga bisa dipastikan kalau kondisi itu sistem masih normal, dan tak terserah masalah laptop tidak bisa turut ke Windows.

Ayo ikuti awalan-langkah di bawah ini buat melakukannya:

  1. Pertama, silakan dia hidupkan laptop maupun PC terlebih dahulu.
  2. Setelah masuk ke bootloader, marilah tekan tautologis tombolF11
    secara tautologis bikin masuk ke Advance Start up Options.
  3. Jikalau tidak boleh memperalat F11, maka silakan search terlebih lalu kenop bikin mengakses Advance Tiba up Options sesuai merk laptop kamu.
  4. Jika sudah berhasil, pada menu yang muncul, yuk pilih opsiStart up Settings.
  5. Kemudian pilih menuRecovery Mode.
  6. Puas babak Choose an option, silakan kamu pilih menuTroubleshoot.
  7. Setelah turut ke troubleshooting, silakan pilihReset This PC.
  8. Selanjutnya, yuk pilih opsi reset.
  9. Setelah itu, yuk ikuti petunjuknya sampai selesai.

Fitur Reset This PC ini sekadar terletak pada Windows 10 & 11 saja, dan buat Windows varian di bawahnya belum terwalak fitur instal ulang Windows dengan cara reset tersebut. Padalah, metode lain nan bisa kamu gunakan yaitu menggunakan Flashdisk / DVD installer sebagai prinsip bagi instal ulang Windows.

Atau dapat pun dengan menggunakan Hiren Boot USB. Tersapu kaidah instalasi dengan media-sarana tersebut bisa kamu lakukan melalui BIOS.

Penghabisan Prolog

Sekian sangat artikel yang boleh kami bagikan pada kesempatan ini mengenai cara tanggulang laptop tidak bisa timbrung Windows. Cara-cara di atas cukup
work
dan tentu tidak seperti itu repot, karena jika kerusakannya buka pada
hardware
(RAM/HDD) maka tentu mudah normal lagi, bahkan enggak sebatas instal ulang Windows.

Semoga bermanfaat dan membantu.

Laptop Tidak Bisa Masuk Windows Dan Safe Mode

Source: https://www.pinhome.id/blog/cara-mengatasi-laptop-tidak-bisa-masuk-windows/

Check Also

Cara Memperbaiki Jaringan Internet Di Hp Xiaomi

Cara Memperbaiki Jaringan Internet Di Hp Xiaomi

Pengaturan APN xiaomi Ketika smartphone Xiaomi bukan bisa connect internet, Sira kelihatannya akan panik dan …