Lama Bangun Rumah Ukuran 9×12

Lama Bangun Rumah Ukuran 9×12

Membangun rumah merupakan hal yang menimbulkan gairah tersendiri. Anda pun jadi tak sabar kapan melihat wujud baru maupun menghuni bangunan baru yang dinanti-nantikan. Di sisi lain, durasi pekerjaan konstruksi juga membuat Anda
deg-degan
untuk urusan lainnya. Makin lama proses pembangunan berlangsung, makin banyak pula biaya yang harus Anda keluarkan. Oleh sebab itu, alangkah lebih baiknya jika Anda memahami tahapan berikut estimasi waktu pengerjaan bangunan yang diharapkan. Dengan demikian, Anda sudah memiliki gambaran dan ekspektasi tentang waktu pembangunan rumah serta budget yang harus disediakan.

Tahapan Pekerjaan Pembangunan Proyek Rumah

Secara garis besar, pembangunan sebuah rumah dari nol akan melalui delapan tahapan sebagai berikut.

Pekerjaan Awal

Tahap ini adalah menentukan posisi serta batas-batas (area) dari bangunan yang akan didirikan. Setelah itu, titik bangunan akan ditentukan dan biasanya dilakukan dengan memberi batas pagar seperti menggunakan papan maupun tali.

Selanjutnya, tukang akan mulai membuat galian pondisi dengan lebar dan kedalaman yang disesuaikan desain kebutuhan. Oleh karena pondasi adalah kunci utama dari ketahanan sebuah bangunan, maka pastikan Anda beserta tim yang ditunjuk telah melakukan perhitungan secara rinci.

Struktur dan Pondasi

Pekerjaan ini dimulai dengan pemasangan pondasi dari batu kali serta pembuatan lantai kerja. Lantai kerja yang dimaksud tak lain berupa urukan pasir dengan ketebalan tertentu. Setelah itu, struktur bangunan dikerjakan sesuai desain yang disepakati. Tak lupa, tahap ini juga melibatkan pembuatan kolom.

Pemasangan Dinding

Usai pengerjaan pondasi, tahap selanjutnya ialah pemasangan dinding menggunakan batu bata atau batako dengan ukuran sesuai kebutuhan. Dinding yang sudah dibangun kemudian dilapisi dengan plasteran untuk memperkuat daya tahan atau struktur bangunan sekaligus melindungi dinding bangunan.

Read:  Rab Pembangunan Rumah Type 45

Pengerjaan Kusen, Pintu, dan Jendela

Saat proses pengerjaan dinding, pastikan bahwa ada ruang untuk rancangan kusen, pintu, dan jendela untuk dipasang nantinya. Agar tak menimbulkan kesalahan dan membongkar ulang pekerjaan, lakukan pemasangan kusen, pintu, dan jendela bersama dengan
handle
sebagai pengaitnya.

Rangka Atap

Material paling umum untuk membuat rangka atap adalah baja dan kayu. Anda bisa menyesuaikannya dengan bujet berikut kelebihan serta kekurangan masing-masing bahan.

Pengerjaan Saluran, Kelistrikan, dan Pendukung Lain

Tahap ini melibatkan pekerjaan pemasangan saluran seperti air untuk wastafel, kamar mandi, bak cucian, dan sebagainya. Selain itu, penataan jalur dan instalasi juga turut diselesaikan.

Finishing

Finishing
adalah tahap penyempurnaan, seperti pada lantai, kusen, atap, lapisan cat interior, hingga lapisan cat eksterior.

Eksterior dan Pembersihan

Setelah semua urusan di bagian dalam bangunan sekaligus, sekarang saatnya beralih ke sisi eksterior. Beberapa aktivitas yang dilakukan dalam tahap ini adalah pemasangan pagar, kanopi, dan sebagainya.

Tahap paling akhir adalah pembersihan. Apabila segala tahap selesai dan eksterior sudah genap, maka jangan lupa untuk membersihkan sisa cat hingga puing-puing yang dihasilkan selama proses pembangunan.

Baca juga: Lebih Baik Tukang Borongan atau Tukang Harian?

Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan dalam Proyek?

Lama Bangun Rumah Ukuran 9×12
Photo by Lukas Blazek on Unsplash

Tidak ada ukuran waktu yang pakem untuk menjawab pertanyaan ini. Pasalnya, ada banyak faktor yang memengaruhi durasi pengerjaan proyek. Kendati begitu, ada beberapa ukuran yang dapat Anda jadikan patokan. Biasanya, secara umum, pengerjaan rumah satu lantai dengan tipe 36 dapat dilakukan sekitar 2 bulan saja. Adapun perhitungan waktunya sesuai dengan delapan tahap yang telah dijelaskan sebelumnya adalah sebagai berikut.

  • Pekerjaan awal                                                       : 2 hari
  • Struktur dan pondasi                                             : four hari
  • Pemasangan dinding                                             : 48 hari
  • Pengerjaan kusen, dinding, keramik, dsb.   : 4 hari
  • Rangka atap dan pemasangan genteng         : 7 hari
  • Pengerjaan saluran                                               : three hari
  • Finishing                                                                : 7 hari
  • Eksterior dan pembersihan                                : 3 hari
Read:  Menteri Yang Rumahnya Digusur Demi Pembangunan

Tentunya, hitungan waktu pembangunan rumah ini sangat mungkin berbeda bahkan untuk tipe rumah yang sama. Hal ini dapat dipengaruhi dari produktivitas tenaga kerja, jumlah tenaga kerja, cuaca, dan lain-lain. Untuk mendapat hitungan lebih rinci, Anda bisa mendiskusikannya dengan tim konsultan terbaik dan terpercaya seperti Cipta Kreasi. Dengan begitu, Anda bisa merencanakan lebih matang bujet yang perlu dipersiapkan. Klik tombol di bawah ini untuk mendapatkan konsultasi complimentary dengan tim Cipta Kreasi.

Lama Bangun Rumah Ukuran 9×12

Source: https://cipta-kreasi.com/2021/perkiraan-waktu-pembangunan-rumah-berdasarkan-tahap-proyek/

Check Also

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal Rencana Anggaran Biaya (RAB) Bangunan Tahun 2020 File Sofcopy Dalam …