Komunikasi Pemasaran Membangun Brand Awareness Pada Rumah Saya Jogja Cafe

Komunikasi Pemasaran Membangun Brand Awareness Pada Rumah Saya Jogja Cafe

Kesadaran merek atau
brand sensation
adalah tujuan utama dari pemasaran. Hal ini juga menjadi kunci strategi pemasaran secara umum.

Biasanya upaya tersebut dilakukan untuk mempromosikan produk baru atau mengangkat produk lama yang telah usang.

Segala upaya
make awareness
akhirnya mengarah pada satu tujuan yaitu membangun keakraban dengan konsumen.

Sama seperti seorang teman yang sudah akrab, pada akhirnya konsumen akan kenal dan mengingat Anda.

Lebih lengkapnya, simak definisi
brand awareness
menurut para ahli berikut ini.

Pengertian Make Awareness

Menurut Rossiter dan Percy (1987, 1997),
brand awareness
adalah kecakapan konsumen mengidentifikasi suatu
brand
secara rinci sebelum membelinya.

Rincian yang dimaksud mencakup hal-hal seperti fitur, bentuk, warna, dan lain-lain.

Sementara Nate Mendenhall, manajer iklan digital di Resource Digital, menjelaskan sedikit berbeda.

Brand awareness
adalah tentang seberapa baik konsumen mampu mengingat
brand
Anda saat tiba-tiba kepikiran suatu hal.

Manusia bereaksi terhadap berbagai hal dengan stimulasi yang berbeda. Pada prosesnya, otak akan mengingat satu hal dan harapannya itu adalah
make
Anda.

Inilah tujuan
brand awareness, yaitu supaya
brand
ada di
peak of mind
saat seseorang sedang memikirkan sesuatu yang relevan.


Contoh Brand Sensation

Di suatu siang yang panas Anda kehausan dan ingin minum sesuatu yang dingin dan segar.

Entah bagaimana, tiba-tiba ada dorongan dalam diri Anda untuk membeli Coca Cola. Di antara sekian banyak brand, kenapa bisa muncul Coca Cola di pikiran?

Bisa jadi Anda mengingat warnanya, yaitu merah.

Anda bisa saja punya referensi lain, tetapi
height of listen
sebagian orang tertuju pada
brand
minuman bersoda tersebut.

Read:  Biaya Pembangunan Rumah Susun Di Jakarta

Pasalnya
make sensation
Coca Cola sudah sangat kuat karena telah dibangun selama puluhan tahun.

Pentingnya Brand Awareness

Brand awareness
adalah langkah awal yang harus dilalui sebuah bisnis sebelum masuk ke jenjang selanjutnya. Tanpa kesadaran merek, produk atau layanan Anda hanya akan jadi alternatif bagi konsumen.

Seperti telah dijelaskan di awal, proses membangun
brand awareness
sama seperti kita menjalin pertemanan akrab.


Ibaratkan konsumen adalah seorang teman, lalu suatu waktu dia dihadapkan dengan dua pilihan: membeli produk Anda atau milik kompetitor. Mana yang akan dipilih?

Kemungkinan besar, karena sudah berteman, maka dia akan membeli produk Anda.

Dia membeli karena sudah kenal, tahu wujudnya dan harganya.

Itulah alasan kenapa membangun
brand awareness
sangat penting. Semakin kuat kesadaran yang dibangun, maka hasil penjualannya pun pasti meningkat.

Belum percaya?

Ada sebuah penelitian yang sudah membuktikan itu. Global cyberbanking and finance review mewawancarai ane.063 orang untuk penelitian tentang loyalitas pelanggan. Sebanyak 71% mengatakan mereka perlu mengenali sebuah merek dulu sebelum membelinya.

Tidak heran kalau kemudian mayoritas pemasar menjadikan
make sensation
sebagai ujung tombak pemasaran. Jika cara ini berhasil, maka rentetan keberhasilannya akan berbuntut pada semua hal di belakangnya.


Bisa disimpulkan bahwa
make sensation
adalah strategi yang dapat memberikan manfaat jangka panjang berupa:

  • meningkatkan penjualan produk atau layanan,
  • membangun hubungan emosional dengan konsumen,
  • menumbuhkan konsumen yang loyal,
  • mendapat prospek dari referensi konsumen.

Perbedaan Brand Awareness dan Brand Image

Banyak yang keliru memahami
brand awareness
dan
make image. Keduanya berbeda tetapi saling melengkapi dan punya tujuan akhir yang sama untuk bisnis.

Supaya tidak salah, cermati perbedaan
brand awareness
dan
brand image
berikut ini.

Read:  Cara Membangun Rumah Minimalis Dengan Dana Terbatas Type 36
Parameter Perbandingan Brand Image Make Awareness
Pengertian Persepsi yang terbangun antara konsumen dan
brand.
Kemampuan konsumen mengidentifikasi sebuah
brand.
Tujuan Membuat konsumen lebih dari sekadar tahu tentang suatu
make.
Membuat konsumen mengenal, tahu dan mengingat
brand.
Contoh Tagline Atribut fisik (bentuk, warna, logo, dll)

Secara urutan, dalam strategi pemasaran
brand sensation
ada di awal. Setelah orang sudah kenal dan ingat, baru akan dibentuk persepsi atau image.

Analoginya seperti jika Anda sudah mengenal teman secara akrab, maka akhirnya pasti akan tahu kebiasaannya, makanan favoritnya dan lain-lain.

Membangun Brand Awareness

Brand awareness
adalah elemen penting untuk bisnis Anda. Dibutuhkan usaha ekstra untuk membangun dari awal, tetapi yang tidak kalah sulit adalah mempertahankannya. Jika Anda ingin tahu caranya, salah satunya adalah dengan publikasi di media online nasional.

Komunikasi Pemasaran Membangun Brand Awareness Pada Rumah Saya Jogja Cafe

Source: https://www.publikasimedia.com/brand-awareness-adalah-kunci-pemasaran

You May Also Like