Klik Disini…3 Cara Upgrade Android Xiaomi Redmi

Sarah Lea
Rahasia
 Cara Upgrade Versi Android Xiaomi Redmi Klik Disini...3 Cara Upgrade Android Xiaomi Redmi

3 Cara Upgrade Versi Android Xiaomi Redmi

Agar suatu ponsel cerdas android mempunyai kinerja yang optimal maka diinginkan perangkat lunak yang mutahir pula. Oleh alasannya merupakan itu google dan perusahaan produsen hape yang menjadi mitranya dalam menciptakan ponsel cerdas android terus melaksanakan riset guna mendapatkan formula yang sempurna guna menciptakan perangkat lunak yang bebas problem (bug).

System modern juga diberikan pemanis fitur-fitur yang akansemakin membuat lebih gampang penggunanya dalam mengoperasikan perangkat mereka.

Sejatinya, pembaruan perangkat lunak pada perangkat android biasanya dan  xiaomi pada utamanya sanggup diperoleh dengan dua cara yakni : mengunduh pribadi dari perangkat masing-masing atau mendownload firmware (ROM) terlebih dulu disitus resmi xiaomi en.miui.com kemudian menginstallnya secara manual. Terkadang alasannya merupakan banyak sekali hal tidak terduga, seringkali terjadi kegagalan dalam melaksanakan instalasi, sehingga diinginkan metode lain dalam proses instalasi ROM.

Ada tiga cara yang sanggup anda gunakan untuk mengembangkan model android hape Xiaomi tipe Apapun baik itu Redmi 3, Redmi 5 maupun seri Note.

Sedangkan untuk materi uji coba pada postingan ini saya menggunakan Redmi 4X yang sebelumnya menjalkankan Android Marshmallow untuk di Upgrade ke Versi Nougat. Tentunya dengan balutan antar tampang MIUI 9 jikalau ingin mengerjakan yang model Stabil atau MIUI 10 untuk yang mau coba model Developer.

Cara 1. Upgrade Android Secara Onlin (Over The Air)

Istilah Over The Air (OTA) tujuannya merupakan kita mendownload ROM modern pribadi dari perangkat xiaomi dengan mengakses hidangan pembaruan yang ada pada setiap perangkat xiaomi.

Caranya, buka hidangan : Setelan / Tentang Ponsel / Pembaruan Sistem / Periksa Pembaruan. Apabila tersedia pembaruan perangkat lunak terbaru, anda tinggal mengikuti isyarat yang diberikan yakni mengklik tombol update (perbarui).

Karena ukuran file yang mesti didownload cukup besar yakni sekitar 1,5 GB, semestinya anda menggunakan jaringan Wifi (yang kencang tentunya) ketika mendownload file update.

Mengapa…?

Karena kalau anda menggunakan jaringan seluler, data yang diinginkan lumayan banyak (tidak apa-apa kalau paket data internet anda melimpah).

Selain itu, proses download agak lebih usang alasannya merupakan tergantung keadaan jaringan provider internet yang anda gunakan.

Bukan itu saja problem yang hendak didapatkan apabila anda nekad download pembaruan android dengan data seluler, alasannya merupakan mendownload menggunakan data akan menciptakan hape cepat panas sehingga menyedot daya baterai lebih cepat. Untuk itu pastikan keadaan baterai dalam keadaan sarat 100%.

Syarat lain agar  sanggup menginstall paket permbaruan tata cara setidaknya diperlukan 2 GB ruang kosong pada ruang penyimpanan internal dan keadaan daya baterai minimal 30%.

Jika tidak menyanggupi kedua syarat tersebut maka proses install tidak akan sanggup dilakukan.

Metode OTA ini sungguh gampang dijalankan, namun mengingat data internet yang digunakan lumayan banyak dan juga tidak siapa saja punya jaringan Wifi yang kencang, ada baiknya untuk anda untuk menimbang-nimbang pilihan kedua yakni Cara manual.

Cara 2. Upgrade Android Xiaomi Secara Manual

Yang saya maksud metode manual merupakan firmware atau ROM modern kita download manual terlebih dahulu. Downloadnya pun bebas darimana saja, sanggup pribadi dari Hape atau dari komputer jikalau anda tidak mempunyai paket data cukup untuk mendownload File update.

Yang perlu anda ingat adalah, download ROM MIUI yang tepat dengan Tipe Hape dan Tipe ROM yang ketika ini perangkat anda gunakan. Karena kalau berbeda, maka proses instalasi tidak sanggup ditangani atau sanggup saja berhenti ditengah jalan yang kemungkinan akan menciptakan hape jadi Bootloop.

Cara Cek Versi Android Xiaomi

Seperti yang sudah disebut diawal tadi, untuk mengerjakan proses Upgrade Android pada ponsel Xiaomi anda pastikan ROM MIUI yang hendak didownload sesuai dengan Tipe Hape dan Versi Android dan MIUI yang ketika ini sedang anda jalankan.

Bagaimana cara downloadnya…?

Pertama datangi https://en.miui.com 

Klik tombol MIUI 9 yang ada disebelah kanan, kemudian anda akan diarahkan kehalaman download ROM untuk masing-masing perangkat. Disini anda tidak perlu heran jikalau ROM MIUI tidak cuma tersedia untuk perangkat xiaomi saja namun juga tersedia juga untuk brand hape lain menyerupai Samsung, Motorola, Oppo, HTC dll. Untuk mulai mendownload ROM anda cuma tinggal klik “All Device” kemudian scroll layar perangkat kebawah dan peroleh brand dan tipe hape yang anda gunakan.

Jika saya ingin mendownload ROM untuk hp Xiaomi lain, bagaimana cara mengenali tipe hp yang saya gunakan. Untuk mengenali tipe perangkat, anda sanggup menyaksikan box (kemasan) perangkat anda dan niscaya ada. Tapi kalau anda beli barang bekas, anda sanggup membuka hidangan : Setelan / Tentang Ponsel.

Disana anda sanggup menyaksikan Nomor Model perangkat anda umpamanya Redmi 4X, Redmi 3, Redmi 3S, Redmi 5A dll. Selain itu ada isu model android yang anda pakai ketika ini dan tipe ROM (Versi MIUI).

Dengan isu ini maka ketika anda ingin mendownload ROM pastikan sudah sesuai dengan tipe ROM yang digunakan kini (Stabil atau Developer), umpamanya :Versi Android 6.11 dengan Versi MIUI : MIUI 8 Global 8.2 Stabil atau MIUI 8.2 Beta untuk Developer ( angka yang tercantum cuma tumpuan saja).

Setelah ketemu pribadi klik saja kemudian anda akan dibawa kehalaman download firmware untuk perangkat xiaomi anda. Ada dua pilihan firmware yang hendak diberikan yakni : Global ROM dan Chinese ROM. Dua ROM ini dibagi lagi menjadi dua model yakni : model Stabil (direkomendasikan) dan model Developer yang ditujukan untuk para developer (pengembang).

Perbedaan antara ROM model Global dan China terletak pada eksistensi aplikasi Google.

Sebagaimana kita ketahui, di china Google sudah ditendang dan produk mereka dilarang, sehingga pada ROM China tidak akan anda peroleh Playstore, Gmail, Google Maps dll, melainkan diganti produk sejenis yang dikembangkan developer dalam negeri China sendiri. Untuk menginstall aplikasi google pada ROM China, anda membutuhkan aplikasi Google Installer.

Rahasia

Google installer merupakan aplikasi yang hendak menginstall Google Playstore pada perangkat Xiaomi dengan ROM China, sehabis Plasystore terinstall anda tinggal download aplikasi google lain menyerupai perangkat android pada umumnya. Sedangkan ROM Global sudah pasti kebalikan dari ROM china dimana semua aplikasi Google sudah nangkring dan dijadikan selaku aplikasi default.

Lalu…apa perbedaan ROM model Stabil dan Developer…?

Perbedaan antara ROM Stabil (Stable) dan Developer (Beta) merupakan pada tampilan dan jadwal updatenya.Untuk urusan tampilan ROM Stabil lebih baik, alasannya merupakan hamper semua BUG yang ada sudah diperbaiki secara maksimal. ROM model stabil sungguh disarankan buat anda pengguna ponsel cerdas android harian yang tidak doyan oprek sistem.

Untuk ROM Developer (Beta) bisanya mendapat jadwal update MIUI lebih singkat beberapa bulan daripada model Stabil (seperti kasus MIUI 9 kemarin), namun ROM ini mempunyai kelemahan berupa masih banyak bug. Maklum saja kalau dalam pengoperasiannya ROM Developer sering Crash, alasannya merupakan ROM ini masih dalam masa pengembangan lebih lanjut.

ROM model Developer berkala mendapat update setiap ahad tepatnya pada hari Jum’at. Setelah anda menegaskan ROM yang anda perlukan, silahkan download filenya kemudian letakkan pada memori internal tanpa dimasukkan kedalam folder lagi mudah-mudahan nanti gampang dicari ketika melaksanakan instalasi.

Untuk menginstall ROM yang sudah didownload buka hidangan : setelan / wacana ponsel / pembaruan systemArahkan perhatian anda ke pojok kanan atas dibawah icon baterai, ada tombol berupa tiga buah titik untuk memperlihatkan pilihan berikutnya dari hidangan pembaruan system. Akan ada 5 buah pilihan yakni : unduh pembaruan, pilih paket pembaruan, pembaruan otomatis, mulai ulang ke mode pemulihan (Recovery) dan apa yang baru.

Karena kita sudah punya file upgrade yang diinginkan maka kita menegaskan pilihan kedua yakni “ Pilih paket pembaruan “ . Pilih pilihan tersebut kemudian cari file yang sudah didownload tadi dengan aplikasi Mi File Manager dan klik file yang dimaksud kemudian tekan “ OKE”. Pastikan anda terkoneksi internet alasannya merupakan sebelum diinstall file akan diverifikasi terlebih dahulu. Setelah itu akan timbul tombol perbarui yang artinya ROM siap untuk diinstall.

Setelah proses instalasi akibat berikutnya perangkat melaksanakan restart untuk menyempurnakan proses instalasi system baru. Namun terkadang, kedua proses diatas mengalami kebuntuan alasannya merupakan perangkat menolak untuk menginstall ROM.

Terus bagaimana solusinya…?

Ibarat orang kalau sudah pakai cara halus menyerupai dua metode diatas namun tidak mempan, maka langkah berikutnya kita menggunakan cara kasar. Cara berangasan yang dimaksud dengan menginstallnya lewat CustomRecovery pihak ketiga menyerupai TWRP.

Cara 3. Upgrade Android Menggunakan Custom Recovery TWRP

Menginstall Custom Recovery menyerupai TWRP ada banyak keuntungannya walaupun ada juga resikonya menyerupai kerusakan perangkat (jarang terjadi) dan hangusnya garansi.

Manfaat Menginstall TWRP pada perangkat Xiaomi :

  1. Memudahkan kita melaksanakan penginstalan ROM modern maupun berpindah ROM umpamanya dari ROM Stabil ke model Developer atau sebaliknya;
  2. Memudahkan kita menginstall custom ROM ;
  3. Memungkinkan kita melaksanakan Rooting pada perangkat sehingga anda sanggup mengoprek system ;
  4. Memudahkan kita mengisntal aplikasi tertentu menyerupai Dolby Atmos mudah-mudahan mutu audio makin jernih dan kencang atau aplikasi tweak system menyerupai Xposed ;
  5. Memudahkan kita membersihkan system dari file cache dan sampah yang sering kali tidak sanggup dihapus lewat aplikasi pembersih bawaan Xiaomi ;
  6. Memudahkan kita melaksanakan Back up ROM dan merestorenya kembali tanpa perlu flash ulang.

Masalahnya, Untuk sanggup menginstall TWRP ada syaratnya yakni : perangkat xiomi sudah Unlock Bootloader, dengan mengirim tuntutan unlock ke pihak Xiaomi terlebih dahulu.

Lalu bagaimana tepatnyacaraUnlock Bootloader dan install TWRP itu sendiri..?

Saya tidak akan menerangkan cara Unlock Bootloader dan install TWRPkarena postingan ini akan menjadi panjang. Untuk klarifikasi wacana cara unlock bootloader panduannya sanggup anda baca pada postingan berikut ini wacana cara unlock bootloader dan disini untuk install TWRP yang sudah diterangkan dengan sungguh lengkap.

Setelah bootloader terbuka dan TWRP terinstall, saatnya sanksi menginstall ROM gres menggunakan Custom Recovery TWRP. Masuk ke TWRP dengan cara menekan tombol “ Volume Up + Power “  dan tahan, tunggu hingga perangkat bergetar kemudian lepaskan.

Jika malas mematikan perangkat, anda sanggup masuk TWRP dengan cara masuk hidangan : Setelan / Tentang Perangkat / Pembaruan SistemSeperti yang sudah diterangkan diawal tadi, klik titik tiga dipojok kanan atas untuk mengakses pilihan selanjutnya, kemudian pilih pilihan yang keempat yakni “ Mulai Ulang Ke Mode Pemulihan “ kemudian klik tombol mulai ulang sekarang.

Ada 8 buah hidangan yang diberikan yakni : Install, Wipe, Backup, Restore, Mount, Setting, Advance, dan Reboot. Karena kita akan menginstall ROM, langkah permulaan kita bersihkan dulu system yang digunakan ketika ini dengan melaksanakan Wipe Cache dan Dalvik / ART Cache. Caranya, klik hidangan WIPE, Advance View kemudian centang ART/Dalvik Cache dan Cache kemudian Swipe untuk eksekusi.

Mengapa ini perlu…?

Dari beberapa klarifikasi yang saya dapat, melaksanakan Wipe data dan Cache meminimalisir terjadinya Error pada ketika proses install ROM baru, untuk itu tidak ada salahnya untuk dijalankan.

Selanjutnya..

Tekan tombol back dan kembali ke hidangan utama, klik hidangan install, cari file update yang hendak kita install dan swipe untuk eksekusi. Proses instalasi agak sedikit lama, terlebih ketika proses sudah meraih 90%. Setelah selesai, Reboot / Restart perangkat dengan mengklik tombol Reboot dan pilih Reboot ke System. Dengan demikian proses upgrade sudah sukses dilakukan.

KESIMPULAN

  1. Melakukan upgrade perangkat lunak android pada ponsel cerdas Xiaomi anda itu perlu banget, tidak cuma untuk sekedar berganti model android dari Android A ke B, namun dalam tiap edisinya, Google dan partnernya menyerupai Xiaomi terus berupaya menyebabkan perangkat anda makin cepat kinerjanya dan disertai dengan menyertakan fitur yang tidak ada pada model sebelumnya.
  2. Cara melaksanakan upgrade sanggup dengan dua cara, via OTA dan Manual, untuk anda yang ogah mempunyai problem dengan perumpamaan asing menyerupai Bootloader, Unlock, custom Recovery dll disarankan mengerjakan update via OTA.

Kalau anda menggemari postingan ini, sudah pasti anda juga akan suka dengan postingan saya yang ini Cara Upgrade Android Smartphone Samsung.

Rahasia
Next Post

Cara Nonton Live Liga Inggris Di Android Tanpa Gangguan

Pertandingan Liga Inggris  Liga inggris ialah ajang sepakbola paling bergengsi di dunia alasannya yakni liga yang satu ini senantiasa dibungkus lebih menawan dan bintang sepakbola dunia pada ngumpul disana. Anda selaku penikmat pertarungan bola pastinya tak mau melalaikan pertarungan penting klub kesayangan anda bukan…? Tapi sayangnya, tidak siapa pun bias […]
Cara Nonton Live Liga Inggris Di Android Tanpa Gangguan
/* */