Kerusakan Tv Polytron & Solusinya (Lengkap)

Joss
Read Time6 Minute, 47 Second

Pada kesempatan kali ini aku akan menyebarkan pengetahuan wacana elektronik televisi lagi, yaitu duduk masalah kerusakan tv polytron, sebagai seorang teknisi tentunya kita harus paham dan hafal mengenai apa saja kerusakan yang sering terjadi pada setiap brand tv semoga Anda sudah mengetahui bagaimana cara memperbaikinya, dibawah ini akan aku bahas beberapa kerusakan yang sering dialami pada tv polytron.

Polytron ialah salah satu brand populer dalam bidang barang elektronik, baik itu smartphone, televisi dan produksi lainnya, brand ini cukup mempunyai pengguna yang banyak, lantaran produknya sanggup dibilang mempunyai kualitas cukup anggun dan harga jual yang tidak terlalu mahal, salah satu produk yang paling banyak dipakai ialah TV Polytron.

Hampir semua barang elektronik niscaya mempunyai kekurangan dan kelebihan masing masing, baik itu dari sisi design, kualitas, kuantitas, ketahanan dan masih banyak yang lainnya, TV polytron ialah salah satu televisi yang banyak dipakai orang, tetapi walaupun begitu tetap sering ditemukan duduk masalah tv polytron.

Kerusakan TV Polytron tidak hanya satu atau dua saja, tetapi bervariasi, sanggup jadi kerusakan tersebut menyerang pecahan software atau perangkat lunak yang ditandai dengan beberapa ciri, ada juga yang menyerang hardware atau perangkat keras, namun yang paling sering memang terletak pada hardware dan ini kerjaan teknisi untuk memperbaikinya.

Pada kesempatan kali ini aku akan memperlihatkan beberapa macam macam kerusakan tv polytron baik itu LCD ataupun Tabung, bukan sekedar itu saja, aku juga akan sekaligus memperlihatkan tutorial bagaimana cara memperbaikinya untuk setiap kerusakan yang berbeda beda, untuk isu lebih jelasnya Anda sanggup membaca artikel ini hingga selesai.

Kerusakan TV Polytron

 

Pada kesempatan kali ini aku akan menyebarkan pengetahuan wacana elektronik televisi lagi Kerusakan TV Polytron & Solusinya (LENGKAP)

Sering kali aku mendapatkan orderan untuk memperbaiki televisi brand ini, sesuai pengalaman ternyata memang kerusakannya bervariasi, tidak hanya satu saja, aku juga pernah memperbaiki yang permasahalannya ada pada software, oleh lantaran itu aku akan menyebarkan pengalaman untuk pembaca setia blog .

1. Kerusakan TV Polytron Slim 21″ Gambar Melebar

Permasahalan pertama, pernahakah Anda mendapatkan orderan untuk memperbaiki tv polytron gambar melenbar? maksud melebar disini sanggup ke arah horizontal ataupun vertikal, bekerjsama kerusakan ini tidak terlalu parah dan masih tergolong gampang untuk diperbaiki, kalau Anda menemukan masalah ibarat ini, sanggup eksklusif mengikuti langkah dibawah:

Cara memperbaiki TV Polytron Slim gambar melebar:

Setelah diperiksa beberapa lama, ternyata kerusakan ini disebabkan lantaran duduk masalah pada elco ukuran kecil disekitar horizontal, tetapi sebelum itu Anda harus mengecek tegangan B+ yang terletak pada FBT JF0501-19587 yang tegangan normalnya ialah 115volt, kalau kurang dari itu atau tidak ada tegangan sama sekali Anda sanggup mencopot dan mencoba mengganti dengan yang lain, apabila masih tidak ada perubahan sanggup eksklusif mengecek komponen lainnya.

Selain itu juga Anda harus meragukan komponen kapasitor pecahan horizontal yang letaknya masih berdekatakan dengan FBT, ibarat masalah yang sering terjadi, kalau kapasitor rusak biasanya akan merusak transistor horizontal juga, yang harus Anda ketahui, kapasitor dibagi menjadi dua pecahan kalau dilihat dari cara kerjanya.

Yang pertama rangkaian kapasitor out yang mempunyai tegangan lebih rendah sekitar 250-450 Volt, yang kedua kapasitor input yang mempunyai tegangan tinggi yaitu berkisar 1600-2000 volt yang berafiliasi dengan kolektor pada transistor horizontal, jadi jangan lupa untuk mengecek kapasitor apakah ada kerusakan atau tidak.

Solusi yang selanjutnya, Anda sanggup mengecek pada pecahan elco kecil yang letaknya akrab dengan tranasistor horizontal atau sekitar horizontal, Anda sanggup mengecek elco sekitaran itu dan eksklusif ganti kalau sudah menemukan kerusakannya.

2. Kerusakan TV Polytron Slim 21″ Mati Total (Suara Denging)

Banyak sekali yang mendapatkan masalah tv mati total, sebelumnya aku sudah membahas bagaimana cara memperbaiki TV mati total, disana diberikan solusi lengkapnya, jadi Anda sanggup membaca artikel yang sebelumnya sudah aku buat, tetapi tetap akan diberikan solusinya juga disini lantaran kasusnya sedikit berbeda, disertai dengan bunyi denging.

Baca Juga: Cara Memperbaiki TV Mati Total Dan Mengenal Penyebabnya

Cara memperbaiki TV Polytron Slim mati total:

Jika Anda menemukan kerusakan tv polytron yang mati dan mengeluarkan bunyi berdenging itu berarti power supplay mendapatkan beban yang berat, dan yang yang membebani power supplay itu biasanya ialah komponen IC power vertikal atau Transistor power horizontal yang sanggup jadi salah satunya mengalami kerusakan.

Tips semoga Anda sanggup dengan gampang mengetahui pecahan mana yang rusak, sanggup mencoba matikan mencopot transistor power horizontal kemudian menghidupkannya kembali, kalau kini posisi standby berkembang menjadi normal dan tv masih keadaan mati, sanggup jadi transistor power horizontal tersebut rusak, Anda sanggup mencoba untuk menggantinya.

Selanjutnya, kalau kini poisisnya tetap di standby coba Anda matikan dan pasang kembali transistor yang tadi dilepas, kemudian Anda coba untuk melepas pecahan IC power vertikal , kalau tv posisi standby menjadi normal (kemungkinan ada garis terang horizontal pada layar tv) sanggup dipastikan IC tersebut rusak dan Anda perlu menggantinya.

Kerusakan ini juga sanggup disebabkan lantaran duduk masalah pada Flyback B+ yang short dengan ground, solusinya Anda harus mengganti flyback tersebut sesuai dengan tipe, jangan hingga menggantinya dengan tipen yang berbeda.

3. Kerusakan TV Polytron MX1458 Menyala Sebentar & Mati Lagi

Sebenarnya, kerusakan TV Polytron yang hidup sebentar kemudian mati lagi itu biasa disebut dengan istilah Protect yang artinya tv terkunci, kalau Anda menemukan masalah kerusakan ibarat ini sanggup eksklusif diperbaiki dengan menilik beberapa komponen yaitu:

Cara memperbaiki TV Polytron MX1458 menyala sebentar mati lagi:

Penyebab umum kenapa TV Polytron sanggup terproteksi ialah lantaran ada kerusakan pada beberapa komponen diantaranya ialah driver horizontal, flyback, bunyi dan tunner serta pada IC Vertikal, tetapi yang sering ditemukan ialah lantaran kerusakan IC vertikal yang disebabkan lantaran menerunnya kualitas elco pendukung pada rangkaian ic vertikal, tidak jarang ic vertikalnya rusak sekaligus tahanan dari flyback.

Anda harus harus menonaktifkan sistem perlindungan tersebut kalau ingin memperbaiki tv polytron protect, pola kerusakan ada pada ic vertikal, Anda tidak sanggup memotong atau menjumper jalur untuk menghilangkan perlindungan apalagi melepas IC vertikal, lantaran tegangan pada pin protect didapatkan dari frekuensi vertikal.

Untuk memperbaikinya Anda juga sanggup mengganti elco protect dari vertikal, Anda harus mencari jalur protect, dari IC akan ada elco 1uf dan 10uf dan mencoba untuk menggantinya, terutama 1UF ganti dengan 10UF dibagian vertikal, semoga berhasil.

4. Kerusakan TV Polytron LED Gambar Gelap Suara Normal

Jika Anda menemukan kerusakan ibarat ini yaitu gambar tidak ada namun bunyi normal pada umumnya disebabkan lantaran beberapa hal yaitu kerusakan IC akrab modul Tcon, lampu backlight short atau mati dan juga sanggup lantaran duduk masalah software yang mengharuskan Anda untuk flash firmware tv tersebut, aku sudah membahas bagaimana cara mengatasi tv gambar gelap bunyi normal yang disebabkan lantaran duduk masalah yang sudah aku sebutkan tadi, eksklusif saja baca artikelnya dibawah ini:

Baca Juga: Cara Memperbaiki TV LED Gambar Gelap Suara Normal

5. Kerusakan TV Polytron LCD Tidak Ada Siaran

Pada kesempatan kali ini aku akan menyebarkan pengetahuan wacana elektronik televisi lagi Kerusakan TV Polytron & Solusinya (LENGKAP)

Selanjutnya, pernahkah Anda mengalami duduk masalah tv tidak sanggup menangkap siaran atau sering ada peringatan dengan goresan pena “tidak ada sinyal” ? kalau iya Anda harus membaca bagaimana cara memperbaikinya, penyebabnya bervariasi, sanggup lantaran channel yang hilang dan harus di cari ulang, atau lantaran kerusakan hardware, Anda sanggup membaca artikel sebelumnya dengan judul:

Baca Juga: Cara Mencari Chanel TV Yang Hilang

Cara memperbaiki TV Polytron LCD tidak ada siaran:

Anda harus melaksanakan pengecekan tegangan pada pecahan tunner, kalau normal maka Anda sanggup melaksanakan penggantian pada tunner, kalau jadinya nihil coba untuk mengganti  IC CFnya. Anda juga harus memeriksa tegangan B+ yang masuk ke tunner, kalau diukur dengan multittester, biasanya tegangan akan mengambarkan angka sekitar 12Volt, selain itu periksa juga tegangan pada arus AGC pada tunner dan pastikan angkanya naik dari 0 hingga kurang lebih 3.3 volt.

Baca Juga:

Diatas sudah aku jelaskan 5 kerusakan tv polytron yang sering terjadi serta bagaimana cara memperbaikinya, kalau ada waktu luang aku akan terus memperbarui artikel ini dan menambah daftar kerusakan lainnya yang mungkin belum Anda temukan disini, kalau ada pertanyaan sanggup eksklusif diajukan dikolom komentar.

Cukup sekian artikel pada kesempatan kali ini, semoga Anda merasa puas lantaran sudah mengetahui beberapa kerusakan tv Polytron, jangan lupa untuk membagikan artikel ini kalau dirasa bermanfaat, baca artikel menarik lainnya di , sekian dan terimakasih….

0 0
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Next Post

Cara Mencari Chanel Tv Samsung Manual & Otomatis

Kami akan membahas cara mencari chanel TV Samsung. Saat ini pengguna TV Samsung setiap harinya terus bertambah, sebab memang produksi yang tidak ada hentinya, selain sebab harga yang murah, Samsung juga digemari sebab kualitasnya yang dapat dibilang cukup bagus. Sudah banyak barang elektronik yang diproduksi oleh samsung, salah satunya yaitu […]

Subscribe US Now