Kenapa Touchpad Laptop Asus Tidak Berfungsi

Kenapa Touchpad Laptop Asus Tidak Berfungsi Foto: Pixabay

Pemakai laptop pasti sudah familiar dengan touchpad, salah suatu komponen utama pada laptop yang berkarya dengan mengakui respon sentuhan jari pengguna ini sangat penting, sehingga kehadirannya santa vital ketika laptop digunakan.

Beberapa turunan ada nan mengganti touchpad dengan mouse, sahaja untuk bilang insan lainnya, peristiwa tersebut sangat merepotkan, terutama cak bagi pengguna laptop dengan mobilitas tahapan.

Sampai-sampai, tidak semua orang mempunyai waktu untuk mencari meja seharusnya bisa menunggangi mouse, karena dengan touchpad, laptop yang diletakkan di pangkuan pula mutakadim boleh digunakan segera. Namun touchpad juga rentan mengalami problem.

Cara Memperbaiki Touchpad Rusak

Seperti peralatan elektronik lainnya, touchpad juga bisa mengalami berbagai kelainan mulai berbunga nan kecil, malar-malar hingga kebinasaan nan menyebabkannya tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Ada tiga masalah umum nan sah terjadi pada touchpad laptop. Ketiga ki aib ini selayaknya boleh Anda atasi sendiri tanpa mesti mengapalkan laptop ke kancah servis. Berikut cara memperbaiki touchpad laptop yang rusak.

1. Touchpad Tak Sengaja Disable

Pada laptop biasanya ada cembul yang berfungsi untuk menonaktifkan touchpad. Tentunya pada tiap laptop, letak dan cara mengantifkan tombil ini bisa berbeda-beda.

Plong artikel ini, kami menggunakan laptop, dimana terdapat tombol F7 yang lagi berfungsi untuk mengaktifkan / menonaktifkan touchpad. Saat kami mengakses tombol F7, touchpad lega laptop ini dapat berfungsi lagi dengan baik.

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, letak tombol ini tidak majuh sederajat lega setiap komoditas laptop, namun pada biasanya memiliki gambar yang mirip, dengan ikon jari menyentuh touchpad, lalu ada simbol guri dengan garis garit di tengahnya.

Bisa saja sonder sengaja Kamu menekan tombol ini, sehingga touchpad bukan bisa digunakan. Periksa habis apakah benar ini nan terjadi, sebelum membawa laptop Anda ke tempat servis.

Read:  Mikrotik Tidak Bisa Di Reset

2. Driver Touchpad Corrupt ataupun Pelir Update

Driver kembali bisa menjadi salah suatu penyebab kehancuran puas touchpad, karena n kepunyaan andil penting di tiap hardware yang ada pada perangkat laptop. Bisa saja terjadi driver corrupt atau tidak update, yang membuat touchpad tidak berkreasi.

Untuk mengecek harga diri dan updatenya, Engkau bisa ke Device Manager dengan cara klik kanan plong tombol start Windows, lalu klik ‘Device Manager’.

Lebih jauh, pilih ‘Mice and other pointing devices’ dan klik pada sub kategorinya, dulu klik kanan dan pilih ‘Update driver’. Tunggu sekitar 5 menit cak bagi merelakan laptop mengerjakan update dan jangan matikan laptop.

Setelah selesai update driver, restart laptop Anda, adv amat cek apakah touchpad sudah lagi berkarya dengan normal. Takdirnya tak memiliki koneksi internet, Anda boleh menggunakan CD atau DVD driver yang biasanya tersedia di dalam paket pembelian.

Browse CD tersebut dan temukan Touchpad Driver, sangat Install dan ikuti instruksi selanjutnya. Selaras seperti di atas, setelah proses instalasi selesai, restart laptop Beliau.

3. Hardware Touchpad Kemungkus

Kebolehjadian yang bontot yakni kerusakan puas hardware touchpad. Kerusakan ini dapat terjadi karena hardware yang sudah usang atau terlalu sering overheat.

Overheat biasanya terjadi karena kurangnya sirkulasi awan nan masuk pada alat laptop, yang menyebabkan perangkat keras touchpad ikut menjadi panas dan mengalami kerusakan.

Anda dapat mengatasi problem ini denga membongkar pasang seorang touchpad plong laptop, dan menggantinya dengan hardware baru. Namun mandu ini lain kami sarankan bila Engkau tak paham dengan onderdil-komponen laptop.

Bila hal tersebut nan menjadi persoalan penting, maka Kamu boleh meminta bantuan orang yang lebih paham, ataupun mengirimkan laptop tersebut ke tempat servis terdekat.

Read:  Lampu Led Yang Paling Terang Untuk Motor

Cara Merawat Touchpad Laptop

Selain masalah-komplikasi umum di atas, touchpad laptop kembali sewaktu-waktu jadi tidak berfungsi karena ada masalah lain seperti rataan yang kotor, maupun kegagalan puas sistem.

Untuk mencegah terjadinya masalah-masalah timbul, maka touchpad laptop juga perlu dirawat. Berikut cara merawat touchpad laptop yang pas mudah bikin dilakukan.

1. Bersihkan Permukaan Touchpad nan Kumuh

Tampak sepele, tapi sebenarnya hal ini cukup berpengaruh terhadap keberlangsungan touchpad di laptop Anda. Touchpad mengandalkan sensor motorik nan terdapat dipermukaannya.

Jika bidang touchpad jarang dibersihkan, maka probabilitas besar dapat menjadi penyebab penting touchpad Anda tidak dapat berfungsi dengan baik. Bersihkan touchpad laptop secara rutin paling setiap habis pemakaian.

2. Scan Laptop dengan Anti Virus

Virus komputer memang yang paling berbahaya karena selain berisiko menginfeksi/destruktif file system (yang dapat menyebabkan kegagalan system misalnya system tak dapat booting).

Selain itu, virus pada komputer juga dapat menyebabkan kegagalan sistem aksi cak bagi membereskan perlengkapan keras, salah satunnya yakni touchpad.

Ancang minimum umum yang diambil n domestik menindak fasad sistem operasi yang disebabkan oleh virus komputer adalah dengan berbuat scanning memperalat antivirus, pilihlah antivirus yang “top rated” misalnya AVG, Bitdefender, Avira dan tidak sebagainya

Prinsip Mengganti Touchpad Laptop

Cara Mengganti Touchpad Laptop Foto: ifixit

Sebenarnya cara ini mempunyai risiko yang cukup tinggi bila Anda belum terlazim dan berpengalaman mengutik-ngutik laptop, doang lamun semacam itu prinsip ini tetap bisa Anda lakukan.

Kejadian nan mula-mula Anda harus pahami bahwa komponen touchpad berada di dalam bodi laptop Anda. Maka sekiranya Anda cak hendak mengganti komponen tersebut Anda harus membongkar tubuh laptop Anda secara keseluruhan.

Dibutuhkan akurasi serta ketabahan dalam berbuat peristiwa ini, berikut ialah peralatan serta ancang-langkah apa sekadar nan Kamu harus bakal:

Read:  Mbr or Gpt for Ssd

Siapkan suku cadang hardware yang diperlukan:

  • Pastikan bahwa laptop Dia kerumahtanggaan keadaan mati
  • Silakan lepas baterai laptop Anda
  • Lepaskan bingkai laptop putaran atas dengan melepas skrup nan cak semau pada bagian belakang, atau menyingkirkan klip pengaitnya.
  • Yuk lepaskan skrup keboard yang suka-suka episode atas kanan dan kidal
  • Angkat secara perlahan atau hati-hati (kesalahan umum nan sering dilakukan ketika Sira pertama kali membuka keyboard ialah berlebih lestari mengangkat keyboard sehingga menyebabkan putusnya kabel variabel keyboard dan trackpad)
  • Buang telegram keyboard dari sirkuit board laptop
  • sehabis selesai membongkar dan menggilir onderdil touchpad maka pasang kembali seperti semula dan start coba hidupkan juga.

Pastikan Dia mencoba beberapa tips dan cara memperbaiki touchpad laptop di atas sebelum membawanya ke tempat servis. Bila semenjana grusa-grusu kerjakan menyelesaikan sesuatu, alternatif dengan memperalat mouse bisa Ia pilih.

Kenapa Touchpad Laptop Asus Tidak Berfungsi

Source: https://www.pricebook.co.id/article/tips_tricks/12076/cara-memperbaiki-touchpad-laptop

Check Also

Windows 7 Tidak Bisa Konek Wifi

Windows 7 Tidak Bisa Konek Wifi

Windows 7 Tidak Bisa Konek Wifi Laptop Enggak Bisa Connect WiFi January 1, 2022 3 …