Kayu Yang Bagus Untuk Bangunan Rumah

Kayu Yang Bagus Untuk Bangunan Rumah

Kayu Yang Bagus Untuk Bangunan Rumah

Kayu untuk Bikin Rumah
– Kayu merupakan bagian batang, cabang maupun ranting dari tanaman yang bersifat keras akibat adanya proses lignifikasi (pengayuan). Ada beragam tujuan penggunaan kayu. Yakni untuk memasak, membuat perabot baik meja ataupun kursi, bahan bangunan yakni pintu, jendela dan rangka atap, bahan kertas dan masih banyak lagi.

Penggunaan material kayu juga bukan hal baru. Kayu biasanya digunakan untuk bahan konstruksi bangunan baik yang sederhana maupun mewah. Penggunaan kayu memiliki beberapa kelebihan di antaranya adalah awet, kokoh, banyak pilihan dan memiliki nilai estetika yang baik.

Beberapa manfaat penggunaan kayu di antaranya adalah sebagai konstruksi bangunan seperti untuk pembuatan kusen, atau batang jendela. Kayu juga bisa dipakai sebagai penyangga kaca.

Sebagai material not-struktural, ada beragam cara pemakaian kayu di antaranya adalah bentuk kayu lapis (plywood), pasticleboard, blockboard, fiberboard, dan sebagainya.

Cukup banyak jenis material kayu yang bisa digunakan masyarakat untuk bahan bangunan, di antaranya:

one. Kayu Jati

kayu jati

Cloth kayu jenis kayu jati terkenal kuat, kokoh dan awet. Tak heran jika kayu jati adalah salah satu jenis kayu yang berharga mahal. Ia awet karena tahan terhadap jamur, rayap maupun serangga.

Alasan keawetan pada kayu jati ini berasal dari kandungan minyak di dalamnya yang anti serangga. Ia merupakan pilihan utama apabila akan dijadikan material bangunan. Kayu ini juga terkenal akan keindahan dan kestabilannya.

Kayu ini bahan mentahnya pun punya harga “spesial” dibandingkan jenis kayu yang lain, bahkan yang tidak kalah mengejutkannya ada yang mengklaim bahwa kapal Nabi Nuh juga dibuat menggunakan Kayu Jati.

Kayu Jati termasuk kayu keras tropis yang masuk kategori Angiouspermae atau tumbuhan berbunga. Tumbuhan ini termasuk dalam keluarga Lamiaciae yang merupakan tumbuhan yang memiliki wewangian tertentu. Pohon ini terdapat pada genus Tectona dan spesies Grandis. Pohonnya memiliki bunga putih yang wangi serta daun yang lebar agak berbulu pada permukaan bawahnya.

Kayu Jati memiliki banyak potensi. Kayu yang terkenal dengan kekerasan, keawetan dan corak kayu yang menawan ini ternyata telah dimanfaatkan sejak berabad-abad yang lalu oleh masyarakat diseluruh dunia. Diluar negeri kayu yang dikenal dengan Teak Wood ini banyak yang menyebutnya sebagai Burma Teak.

Read:  Harga Bangun Rumah 5 14

Kayu ini bewarna coklat ke emasan dan hingga coklat muda dengan corak yang cukup tampak. Coraknya cenderung lurus meskipun sesekali ada yang bergelombang bahkan keriting. Pori-porinya kecil namum masih dapat terlihat tanpa miskroskop. Ukuran pori-pori ini adalah karakteristik kayu keras karena menyangkut kepadatan kayu. Pori-pori yang kecil mengantar air yang cukup karena kayu ini berhabitat ditanah yang kering. Kayu ini merupakan standar tertinggi bagi kayu yang tahan terhadap kerusakan. Oleh karena itu sangat populer hampir diseluruh dunia. Baik teras maupun gubalnya sangat tahan dari rayap maupun air.

Pohon Jati banyak tumbuh di Republic of indonesia, dan terbilang cukup mudah untuk di jumpai, bahkan pohon Jati sendiri dapat tumbuh di daerah yang kering dan berkapur. Pohonnya sendiri sangat tinggi, bahkan bisa mencapai ketinggian fifty Meter, bahkan faktanya semakin tua pohon ini tersebut makan ia akan terus tumbuh tinggi dan semakin menanjak.

Selain itu, semakin tua pohon Jati tersebut makan semakin kuat, maka dari itu untuk bahan pembuatan kapal ataupun perabotan rumah banyak menggunakan kayunya yang sudah tua.

Dari zaman dahulu penggunaan kayu Jati pada rumah meningkatkan pamor bagi pemiliknya. Harga kayu ini yang tidak murah memberikan kesan mewah bagi penggunanya. Sehingga penggunaan kayu ini sebagai konstruksi perlu ekpose yang baik agar terlihat oleh tamu yang datang. Kayu ini dapat digunakan hampir disegala komponen rumah, mulai dari lantai, rangka rumah, dinding, pintu dan sebagainya.

ii. Kayu Merbau

Jenis material kayu merbau memiliki karakteristik keras dan stabil. Tak heran apabila kemudian ia sangat cocok untuk dipakai sebagai penyangga maupun tiang untuk atap rumah.

Jenis kayu merbau juga tebilang mahal lantaran ia hampir tak memiliki kelemahan. Biasanya kayu ini difinishing menggunakan melamin berwarna gelap.

3. Kayu Melanin

Material kayu jenis kayu melanin memiliki aroma yang khas yang membuatnya kerap disebut sebagai kayu kamper.

Ia memiliki kelebihan berupa ketahanan yang baik dari serangga, serta berat yang lebih ringan jika dibandingkan dengan kayu jati.

Harga kayu melanin umumnya juga relatif lebih terjangkau. Selain itu ia memiliki serat kayu yang cukup halus dan berwarna indah.

Read:  Judu Lagu Sekolah Minggu Orang Bodoh Membangun Rumahnya

Umumnya, kayu kamper digunakan sebagai pilihan untuk dipakai sebagai bahan pembuatan pintu dan jendela yang berukuran standar.

4. Kayu Bengkirai

five. Kayu Kelapa

Kayu jenis ini yang paling pas dipakai sebagai bahan bangunan adalah yang berusia lx tahun ke atas. Di usia pohonnya yang demikian, ia sudah layak untuk diganti pohon yang baru sehingga kayu ini dapat ditebang dan kemudian dimanfaatkan.

Kayu kelapa sangat mudah untuk dijadikan sebagai balok maupun tiang penyangga atap rumah.

half dozen. Kayu Meranti Merah

Jenis material kayu meranti merah terbagi menjadi dua jenis yakni meranti merah muda dan tua.

Kelebihan keduanya adalah sama-sama bagus apabila dipakai sebagai bahan material bangunan. Namun kekurangan dari Kayu Meranti Merah ia kurang tahan terhadap adanya pengaruh cuaca. Karena itulah kayu ini kurang bagus apabila dipakai sebagai eksterior atau penggunaan luar ruangan.

Read:  Pembangunan Rumah Sakit Muhammadiyah Di Babat

seven. Eboni

Kayu untuk bikin rumah selanjutnya adalah kayu Eboni. Jenis cloth kayu ini berasal dari tanaman dengan nama latin
Diospyros celebica. Ia merupakan tanaman yang kini telah cukup langka keberadaannya.

Tanaman ini memiliki paduan warna hitam dan coklat dengan penampakan urat yang kontras. Di Indonesia, jenis tanaman eboni yang kerap dipakai sebagai bahan bangunan adalah tanaman yang kerap disebut dengan Macassar Ebony maupun Black Ebony.

Ekspor kayu eboni memuncak di tahun 1973. Jumlah kayu terus menurun, dan akhirnya ia ditetapkan oleh IUCN dan 2000 WCN Red List of Threatened Species sebagai jenis kayu yang dilindungi.

Pemakaian jenis material kayu ini paling sering dipakai untuk pembuatan gitar, piano hingga biola.

Juga sering dipakai sebagai bahan ukir-ukiran seperti patung.

viii. Trembesi

Material jenis kayu untuk bikin rumah selanjutnya adalah trembesi cukup diminati pada pasar lokal maupun Asia untuk dipakai sebagai bahan baku furnitur, ukiran hingga patung. Urat kayu trembesi dinilai cukup menawan.

Dalam pembuatan furnitur, kayu trembesi lebih cocok dipakai untuk furnitur indoor. Hal itu karena ia memiliki kekuatan yang kurang dan cukup lentur sehingga condong dipotong besar.

kayu trembesi

Ia juga memiliki kepadatan atau density yang kurang sehingga kurang pas dijadikan bahan baku furnitur outdoor.

Kayu trembesi selain sebagai furnitur juga sering dipakai untuk bahan pembuatan veneer.

Adapun berat jenis kayu ini adalah 0,six dengan tingkat keawetan kelas IV dan Kelas Kuat 3.

Ia kurang awet karena minyak kayu yang dihasilkan tidak sebanyak pada jenis cloth kayu jati.

***

Demikian pembahasannya tentang material jenis kayu untuk bikin rumah, semoga Sobat Parbo terinspirasi dalam memahami dunia plywood secara mendalam, ya! Jangan lupa, untuk mencari tempat
jual plywood Solo
dengan kualitas terbaik dan produk terlengkap, Sobat Parbo bisa langsung memesan kepada kami.

Klik saja tombol WhatsApp di sebelah kanan bawah
website
ini, ya! Customer service kami akan siap membantu segala kebutuhan
plywood
Sobat!

Kayu Yang Bagus Untuk Bangunan Rumah

Source: https://www.parbohouse.com/kayu-untuk-bikin-rumah/

Check Also

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal Rencana Anggaran Biaya (RAB) Bangunan Tahun 2020 File Sofcopy Dalam …