Kayu Kayu Kuat Untuk Bangunan Rumah

Kayu Kayu Kuat Untuk Bangunan Rumah

Kayu Kaso –
Seperti yang kita ketahui bahwasanya material kayu sedari dulu sudah banyak dimanfaatkan untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan manusia terutama di dalam bidang infrastruktur dan konstruksi bangunan.

Hal ini bukan tanpa alasan, mengingat bahwa fabric kayu mempunyai beberapa keunggulan yang jarang dimiliki oleh jenis material lain.

Di era yang modernistic ini, penggunakan textile kayu sudah semakin beragam dan terus meningkat seiring berjalannya waktu.

Salah satu kegunaan material kayu yang sering dimanfaatkan oleh sebagian besar orang adalah dijadikan sebagai kayu kaso yang berfungsi untuk pembangunan hunian atau rumah.

Ingin mengetahui lebih dalam mengenai kaso kayu? Mulai dari harga, kelebihan dan kekurangan, karakteristik serta jenis material kayu terbaiknya.

Simak ulasannya dibawah ini:

Apa itu kayu kaso?

Kaso kayu merupakan jenis material bangunan yang terbuat dari bahan kayu asli, tanpa bahan campuran lain. Fungsi utamanya digunakan untuk rangka atap dasar pada sebuah bangunan.

kegunaan kaso kayu untuk bangunan

Selain itu, tidak jarang juga kayu kaso dimanfaatkan sebagai material penopang plafon dan untuk keperluan proses pengecoran.

Walaupun saat ini sudah ada kaso alternatif seperti besi hollow, namun kaso yang terbuat dari kayu masih banyak disukai didalam dunia konstruksi terutama dalam pembangunan rumah.

Biasanya jenis material kayu yang digunakan sebagai bahan baku pembuatan kaso terbuat dari kayu berkualitas bagus, baik dari segi kekerasan, ketahanan maupun tingkat keawetannya.

Para produsen atau pengrajin kayu biasanya membuat kaso dari kayu ini berukuran iv x 6 cm dan 5 x 7 cm dengan ukuran panjang sekitar 4 meter. Tentunya harga yang ditawarkan relatif murah dan tergantung tipe ukuran serta jenis kayu yang dipakai.

Read:  Sketsa Gambar Bangunan Rumah Minimalis

Terdapat beberapa poin plus-minus kaso kayu yang bisa kalian jadikan bahan pertimbangan sebelum membeli atau menggunakannya. Berikut ini :

Kelebihan kaso kayu

  • Tersedia beragam tipe ukuran dan jenis bahan material kayu yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan budget anggaran.
  • Biasanya kayu yang dipakai untuk kaso tahan akan rayap, lapuk dan mampu menahan beban berat.
  • Walaupun kokoh, namun bobot beratnya tergolong ringan.
  • Kaso kayu cenderung mudah diaplikasikan pada jenis bangunan dan tidak banyak menggunakan alat-alat berat atau peralatan khusus.
  • Struktur material kaso kayu cukup awet dan kuat untuk kegunaan plafon atau kerangka atap rumah.
kaso adalah

Kekurangan kayu kaso

  • Tampilan kaso kayu memang terlihat natural, namun terkesan ketinggalan zaman. Sehingga kurang cocok diterapkan pada desain rumah minimalis modernistic.
  • Exploitasi terhadap kayu untuk pembuatan kaso semakin tahun terus meningkat, hal ini mengancam populasi pohon di Indonesia.
  • Harga kayu kaso sering berubah-ubah, tergantung musim dan kebutuhan pasar.

Artikel terkait :
6 Jenis material kayu bahan bangunan

Ciri-ciri kayu ideal untuk kaso

jenis kayu untuk kaso

Tidak semua jenis kayu komersial di Indonesia dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan material kaso. Terdapat beberapa kriteria atau ciri-ciri jenis kayu yang cocok untuk kaso, diantaranya :

1. Bobot kayu harus sesuai

Salah satu kriteria kayu yang platonic untuk dijadikan sebagai material kaso ialah bobot kayu tersebut harus tergolong ringan. Jangan terlalu berat, sesuaikan dengan kebutuhan bangunan.

2. Mudah dibentuk

Selain bobotnya harus ringan, namun kita juga harus menetukan jenis kayu yang mudah diolah maupun dibentuk sesuai keinginan. Baik digergaji, diskrup hingga dipaku.

Sehingga proses instalasi pemasangan kayu kaso pada bangunan tidak akan memakan waktu yang banyak dan cenderung mudah diaplikasikan.

Read:  Dalam Pembangunan Sebuah Rumah Dapat Diselesaikan 12 Orang

iii. Tahan guncangan

Sementara pada kualitas kayu, diusahakan kalian memilih jenis kayu yang tahan terhadap guncangan atau getaran yang diakibatkan oleh gempa, badai atau cuaca ekstrim.

Pastikan juga bahwa jenis kayu kaso yang kalian pilih tidak mudah berubah bentuk, seperti melenting atau melengkung pada saat masa pemakaian.

4. Memiliki tingkat kuat dan awet yang bagus

Dikarenakan kaso kayu akan dimanfaatkan sebagai penopang plafon rumah dan untuk rangka atap bangunan, maka kualitas kayu mesti kalian perhitungkan.

Disarankan memilih jenis kayu komersial yang mempunyai tingkat kekuatan atau kekerasan yang tinggi, dengan didukung tingkat awet yang mumpuni. Tahan rayap maupun jamur.

Artikel terkait :
4 Jenis bahan textile konstruksi rangka atap rumah

Saat ini terdapat jenis kayu ideal yang cocok dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan kaso, Simak ulasannya dibawah ini :

Jenis kayu kaso paling banyak dicari

harga kayu kaso 1 ikat

Jika kalian berencana ingin membuat atau memakai kaso yang terbuat dari bahan kayu asli, perlu diketahui bahwa terdapat beberapa jenis material kayu yang sesuai dengan kriteria dan cocok untuk konstruksi bangunan.

Apa saja jenis kayu untuk kaso?

Kayu kamper

Salah satu jenis kayu untuk kaso paling ekonomis dari segi harga dan cukup mudah ditemukan antara lain yaitu kayu kamper.

Selain memiliki olfactory property khas kamper atau kapur barus yang tidak disukai oleh rayap maupun serangga pemakan kayu, namun
kayu asal Kalimantan
ini juga mempunyai tampilan pola serat kayu yang menarik.

Sifat kayunya cenderung mudah dibentuk dan tidak membutuhkan finishing kayu yang lama untuk terlihat estetik. Disamping itu juga, kayu kamper termasuk sebagai kayu kelas one dan 2 berdasarkan tingkat kuat dan awet.

Informasi Selengkapnya :
Keunggulan dan kelemahan kayu kamper

Kayu meranti

Di Indonesia terdapat ii jenis kayu meranti yang dibedakan berdasarkan warna kayu, ada meranti merah dan meranti putih.

Read:  Rumah Murah Bogor Bangunan 1.5 Lantai Desain Minimalis

Salah satu jenis kayu meranti yang memiliki kualitas bagus adalah jenis meranti merah, tingkat kekuatannya tergolong sebagai kayu kelas II-IV dan mampu bertahan hingga puluhan tahun.

Jenis kayu meranti merah juga terlihat begitu elegan dan menawan, terlebih jika sudah difinishing. Selain dijadikan kaso kayu, kegunaan jenis meranti merah juga tidak jarang dimanfaatkan sebagai bahan mebel atau furniture.

Informasi Selengkapnya :
Karakteristik kayu meranti beserta harganya

Kayu jati

Jenis kayu kaso terbaik dengan kualitas dan tampilan yang bagus jawabannya bisa kalian dapatkan dengan memilih kayu jati perhutani.

Kayu jati juga bisa menjadi solusi untuk keperluan konstruksi bangunan berupa rangka atap rumah, penopang plafon dan sebagai dekorasi interior seperti
lantai parket jati.

Informasi Selengkapnya :
Ciri-ciri kayu jati dan perbandingan dengan kayu lain

Kayu bengkirai

Selain jati, salah satu jenis kayu solid yang memiliki kualitas bagus dan cocok dijadikan sebagai textile kayu kaso terbaik adalah kayu bengkirai.

Sebagai alternatif pengganti, kayu bengkirai ini cukup bisa diandalkan didalam bidang konstruksi bangunan. Tingkat kekerasannya kelas I, sehingga selain tahan rayap namun juga kokoh dan tahan banting.

Baca juga :
Perbandingan kayu bengkirai dengan kayu ulin


Demikian pembahasan kita kali ini mengenai kayu kaso, semoga ulasan diatas dapat bermanfaat ya. Terimakasih sudah membaca artikel ini hingga usai.

Kayu Kayu Kuat Untuk Bangunan Rumah

Source: https://www.lantai-kayu.co.id/kayu/kayu-kaso-harga/

You May Also Like