Kajian Pustaka Makalah Penggunaan Bahan Bangunan Pada Rumah

Kajian Pustaka Makalah Penggunaan Bahan Bangunan Pada Rumah

Kajian Pustaka Makalah Penggunaan Bahan Bangunan Pada Rumah

Konstruksi bangunan gedung atau rumah tak bisa lepas dari penggunaan beberapa jenis material bahan baku penyusun. Selain mudah di dapat dan faktor durabilitas, kebutuhan estetika sering menjadi alasan penggunaan bahan tertentu.

Konsep membangun hunian yang nyaman sudah tercetus sejak peradaban manusia kuno. Untuk mewujudkannya, beberapa material dari alam sering digunakan. Selain mudah di dapat, ternyata bahan tersebut memiliki  kelebihan, salah satunya mengusir hawa panas lingkungan sekitar.

Nah, berikut beberapa material bahan baku konstruksi bangunan yang sering digunakan untuk mendirikan rumah, atau bahkan gedung modern:

Bahan Jerami

Jerami adalah batang tumbuhan sisa panen yang dikeringkan. Dalam aktivitas konstruksi, bahan ini juga kerap dimanfaatkan untuk struktur bangunan. Bahan ini juga memiliki kelebihan, sebagai penyerap panas yang baik.

Banyak kebudayaan suku bangsa di dunia yang memanfaatkan Jerami selain untuk pakan ternak. Yakni membangun rumah, karena pada dasarnya bahan ini sangat mudah di dapat, dan jumlahnya melimpah pada saat musim panen tiba.

Salah satunya digunakan untuk membangun rumah atau bangunan lain yang lebih besar. Jerami dapat digunakan sebagai bahan baku menyusun tembok dan atap yang pas. Cara ini banyak dijumpai pada suku tradisional di Afrika, bahkan Eropa kuno.

Meski sejak era industrial bahan ini mulai ditinggalkan, namun desain kembali ke alam membuat bahan ini kembali trend di kalangan masyarakat. Salah satunya di Belanda akhir-akhir ini. Tekstur jerami yang khas sering dimanfaatkan untuk meningkatkan estetika bangunan atau rumah.

Bahan Alami, Kayu

Berbeda dengan batu atau lumpur yang tersedia dan bisa digunakan langsung sebagai textile bahan bangunan, dibutuhkan sedikit proses pengolahan agar kayu bisa memiliki fungsi yang sama. Bahan ini bisa didapat dari batang pohon yang dibelah serta dibentuk sedemikian rupa untuk membangun rumah, bangunan bahkan gedung.

Read:  Cara Membuat Proposal Pembangunan Rumah

Dalam kebutuhannya olahan Kayu sering digunakan untuk kebutuhan lebih komplek dalam membangun struktur bangunan. Sehingga tak hanya mengambil keuntungan dalam hal durabilitas, tekstur unik kayu sering memenuhi kebutuhan estetika interior bahkan eksterior rumah.

Dibanding bahan material bangunan yang lain, Kayu memiliki fungsi lebih banyak. Hampir semua struktur bangunan bisa dibuat hanya dengan menggunakan bahan kayu, seperti tembok, kusen, pintu, jendela, pondasi bahkan kuda-kuda dan atap.

Bahan yang mudah di daur ulang membuat kayu juga kerap dijadikan kampanye rumah atau bangunan ramah lingkungan. Sehingga tak jarang, selain rumah, konstruksi bangunan gedung sering menggunakan bahan ini secara keseluruhan agar lebih ramah terhadap lingkungan.

Tanah Liat

Bukan hal baru, campuran lumpur dan tanah liat, merupakan material bahan bangunan kuno yang sering digunakan untuk aktivitas konstruksi, membangun bangunan. Bahkan beberapa bangunan hingga kini tetap kokoh berdiri, meski sudah berusia ribuan tahun.

Hingga kini, campuran lumpur dan tanah liat masih sering digunakan, meski dalam penerapannya dimodifikasi dengan material lain. Seperti baja dan beton untuk membangun struktur bangunan, seperti rumah dan sebagainya.

Campuran tradisional yang didapat dari alam ini memiliki kelebihan yang tidak didapat dari jenis bahan bangunan lain. Yakni sebagai peredam panas, terutama di daerah tropis dengan paparan sinar matahari sangat tinggi.

Bahan lumpur pada dasarnya dapat bekerja sebagai isolator, yang dapat menyerap panas dengan baik.  Panas yang ditampung kemudian dilepas secara perlahan, sehingga saat berada di dalam rumah, suhu tinggi tidak akan terasa, sehingga rumah akan terasa nyaman.

Tekstur yang khas membuat bahan ini juga dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan estetika. Sehingga rumah atau bangunan tampak alami dan cantik jika ditata dengan baik dan benar, disamping manfaat durabilitas saat dicampur dengan textile lain.

Read:  Spanduk Doa Restu Pembangunan Rumah Kajian Islam

Batuan Alam

Seperti lumpur dan tanah liat, bebatuan merupakan textile bahan konstruksi bangunan gedung, rumah atau bangunan yang mudah dijumpai. Karena umumnya tersedia di alam, dan bisa langsung digunakan tanpa proses produksi.

Dalam pemanfaatannya batu sering digunakan dengan campuran pasir kapur, atau lumpur sebagai media perekat alami pengganti semen. Meski demikian, tak jarang batu hanya ditumpuk untuk mendapat sebuah struktur bangunan rumah sederhana yang dibutuhkan.

Dalam konstruksi bangunan modern, tekstur batu memberi kesan tersendiri. Membuat rumah terasa memiliki nuansa alam, disamping desain lain yang digunakan. Seperti minimalis mod, hingga rumah bergaya industrial.

Komposisi batu dengan semen kerap digunakan untuk membangun struktur bangunan yang kokoh. Penggunaan kedua bahan ini sering dilakukan untuk membangun tembok, bahkan pondasi untuk rumah lebih kokoh dalam jangka waktu lama.

Material Perekat, Semen

Semen merupakan textile pengikat dan menjadi elemen penting dalam proses pembangunan Konstruksi Bangunan Gedung atau rumah. Bahan ini terbuat dari material batu kapur yang digunakan bersamaan dengan bahan bangunan lain.

Seperti pasir besi dan baja, akan membuat kombinasi keduanya memiliki tingkat kekuatan sangat baik dalam jangka waktu lama. Penggunaan fabric ini dengan komposisi yang tepat akan membuat bangunan berdiri lebih dari puluhan bahkan ratusan tahun lamanya.

Dalam fungsinya, semen digunakan sebagai media perekat fabric lain, seperti batu bata atau batako untuk struktur bangunan tembok hingga pondasi. Campuran dari batu kapur ini sudah sejak lama digunakan untuk produk konstruksi, dan hingga kini masih digunakan pada jutaan bangunan modern di dunia.

Bahan olahan besi

Bahan metal dibuat dari biji besi yang di dapat dari alam, di olah sedemikian rupa dalam proses pabrikasi dan dibentuk sedemikian rupa. Sehingga dalam pemanfaatannya, bahan mudah dirakit, salah satunya untuk produk konstruksi.

Read:  Biaya Bangun Rumah Perancis Klasik 3 Lantai

Bahan metal dikenal memiliki durabilitas sangat baik, sehingga sering digunakan sebagai pendukung elemen penting sebuah bangunan, gedung atau rumah. Seperti bagian pondasi, bahkan hingga kuda-kuda atap.

Dalam perkembangannya, bahan metal diolah sehingga didapat beragam jenis turunan yang dapat digunakan sesuai kebutuhan. Salah satunya produk baja ringan yang memiliki tingkat kekuatan sangat baik, namun dengan bobot lebih ringan.

Dalam kebutuhan konstruksi bahan ini sangat bisa diandalkan, dan proses instalasinya dapat dilakukan dalam waktu singkat tanpa menggunakan peralatan berat. Terlebih produk sudah berbentuk rangkaian yang dapat dipasang satu dengan yang lain.

Selain digunakan secara keseluruhan, tak jarang kombinasi antar bahan bangunan akan didapat hasil yang maksimal. Sehingga dalam hal fungsi, tak hanya nyaman, tapi rumah atau bangunan terlihat sedap dipandang, dan yang pasti awet ditinggali dalam waktu lama.


PT Anggaza Widya Ridhamulia merupakan perusahaan konstruksi swasta yang sudah menangani berbagai proyek skala nasional selama lebih dari 1 dekade. Apabila Anda membutuhkan layanan jasa konstruksi profesional, silahkan hubungi kami untuk informasi dan konsultasi lanjutan.

Kajian Pustaka Makalah Penggunaan Bahan Bangunan Pada Rumah

Source: https://www.awrm.co.id/material-untuk-konstruksi-bangunan-gedung-dan-rumah/

Check Also

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal Rencana Anggaran Biaya (RAB) Bangunan Tahun 2020 File Sofcopy Dalam …