Ka-andal Rumah Sakit Terbangun

Ka-andal Rumah Sakit Terbangun

RAPAT TIM KOMISI PENILAIAN FORMULIR ANDAL & RKL RPL RUMAH SAKIT dr. RUBINI KABUPATEN MEMPAWAH

nineteen Apr 2022

Berdasarkan Undang – Undang No. 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja Bidang Persetujuan Lingkungan pasal 63 ayat (2) huruf f, bahwa di dalam Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, Pemerintah Provinsi berdasarkan NSPK yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat, melakukan kebijakan mengenai AMDAL dan UKL – UPL. Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 22 Tahun 2020 Tentang PPLH pasal three, bahwa Persetujuan Lingkungan wajib dimiliki oleh setiap Usaha dan/atau Kegiatan yang memiliki dampak penting atau tidak dampak penting yang menjadi prasyarat penerbitan Perizinan Berusaha atau Persetujuan Pemerintah melalui salah satunya dengan penyusunan AMDAL dan Uji Kelayakan AMDAL. Dari dasar peraturan diatas, maka DLHK Prov. Kalbar melaksanakan kegiatan Uji Kelayakan AMDAL melalui Rapat Tim Teknis Penilaian Formulir ANDAL & RKL RPL yang menjadi wewenang gubernur.

            Pemda Kabupaten Mempawah berencana membangun Rumah Sakit Umum Daerah bernama dr. Rubini yang berlokasi di Kelurahan Tengah, Kecamatan Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah. Untuk mendapatkan Persetujuan Pemerintah maka Pemda Kabupaten Mempawah berkewajiban menyusun dokumen AMDAL sebagai persyaratan. Rumah Sakit dr. Rubini Mempawah direncanakan dibangun di atas lahan seluas iv,nine ha dengan luas bangunan 31.037 m2. Berdasarkan PermenLHK No. iv Tahun 2021 Tentang Daftar  Usaha dan/atau kegiatan yang wajib AMDAL, UKL UPL dan SPPL  Lampiran I sektor kesehatan dan Lampiran II Multisektor dengan No. KBLI 86101 untuk kegiatan multisektor luas lahan terbangun ≥ 10.000 m2 untuk wajib AMDAL, maka Rumah Sakit dr. Rubini Mempawah memenuhi kriteria wajib AMDAL karena memiliki total luas bagunan  31.037 m2 (≥ 10.000 m2) .

            Berdasarkan Lampiran Undang – Undang No. 23 Tahun 2014 Tentang Pemda Urusan Pemerintah Bidang Kesehatan, bahwa penerbitan izin Rumah Sakit Kelas C dan D menjadi wewenang Kabupaten/Kota. Berdasarkan Notulensi Rapat Tindak Lanjut Hasil Rapat KA-ANDAL RS Kabupaten Mempawah pada tanggal thirteen Desember 2021 yang dipimpin Sekda Mempawah, maka Rumah Sakit Kabupaten Mempawah merupakan Type C dengan Kepala Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Mempawah sebagai Pemrakarsa. Walaupun Persetujuan Pemerintah Rumah Sakit dr. Rubini Mempawah merupakan wewenang Bupati Mempawah tetapi Pemrakarsanya Kepala DisHubLH Kab. Mempawah maka Tim Uji Kelayakan AMDAL menjadi wewenang DLHK Prov. Kalbar, sebagaimana tercantum di Peraturan Pemerintah No. 22 Tahun 2021 Tentang PPLH Pasal 79 ayat (ii) huruf c.

Read:  Pembangunan Rumah Sakit Di Cilogra

            Telah dilaksanakan Rapat Tim Teknis ANDAl dan RKL RPL Rumah Sakit Rubini Mempawah pada tanggal 12 Apr 2022. Hasilnya disepakati untuk dilanjutkan rapat Tim Komisi ANDAL dan RKL RPL Rumah Sakit dr. Rubini Mempawah pada tanggal 13 Apr 2022 di Hotel Ibis, Pontianak. Hal ini disebabkan Usaha dan/atau Kegiatan Rumah Sakit dr. Rubini Mempawah memiliki permasalahan dan dampak yang kompleks, sebagimana tercantum di Peraturan Pemerintah No. 22 Tahun 2021 Tentang PPLH pasal 45 ayat (ii). Tujuan dari Rapat Tim Komisi ANDAL & RKL RPL Rumah Sakit dr. Rubini Mempawah untuk menelaah secara cermat dan mendalam tentang dampak penting suatu rencana usaha dan/atau kegiatan berserta penanganan dan pemantauan dampak lingkungannya melalui uji kelayakan oleh Tim Teknis, masyarakat, LSM, Kepala Wilayah dan Kepala Instansi terkait, sebagaimana tercantum di Peraturan Pemerintah No. 22 Tahun 2021 Tentang PPLH pasal 1 angka 16, 18, nineteen dan 22. Rapat komisi ini melibatkan masyarakat, LSM dan Kepala Instansi terkait untuk mendengar saran dan rekomendasi mereka terhadap dampak dari kegiatan Rumah Sakit dr. Rubini Mempawah. Dengan demikian, diharapakan adanya Rumah Sakit dr. Rubini Mempawah dapat memenuhi persyaratan pembangunan berkelanjutan.

            Rapat ini dipimpin oleh Ibu Yenny, S.Hut Kabid PPLH DLHK Prov. Kalbar yang dilaksanakan secara
 Offline
di ruang Hotel Ibis, Pontianak pada hari Rabu, 13 April 2022 pada pukul 09.00. Rapat dihadiri oleh Tim Ahli AMDAL DLHK Prov. Kalbar, Dinas Kesehatan Prov. Kalbar, DPMPTSP Prov. Kalbar, Bappeda Prov. Kalbar, BPKH Wilayah Three Pontianak, BPN. Biro Hukum Prov. Kalbar, Dinas PUPR Kab. Mempawah, Dinas Kesehatan Kabupaten Mempawah, DisHubLH Kab. Mempawah dan DPMPTSP Kab. Mempawah, Rumah Sakit dr. Rubini Mempawah, perwakilan masyarakat, kepala Desa dan Lurah Tengah serta Camat Mempawah Hilir.

            Rapat Tim Komisi Penilaian Formulir ANDAL & RKL RPL Rumah Sakit dr. Rubini Mempawah menghasilkan poin – poin Berita Acara (BA) yang harus ditindaklanjuti oleh DisHubLH Kab. Mempawah selaku pemrakarsa berserta Tim Konsultan AMDAL PT. Senayan, sebagai berikut :

  1. Camat Mempawah Hilir menyatakan bahwa saran dan pendapat dari masyarakat dan kepala Desa dan Lurah sangat diperlukan untuk memperkaya Dokumen ini.
  2. Kades Kuala Secapah mengharapakan Rumah Sakit dr. Rubini Mempawah dapat meningkatkan lapangan kerja dengan mensuport programme Bumdes Desa Kuala Secapah.
  3. Roliyanda (perwakilan masyarakat) meminta adanya deklarasi dari masyarakat untuk mensuport kegiatan Rumah Sakit ini.
  4. Hasanuddin (perwakilan masyarakat) meminta adanya CSR dari Pemda untuk penyediaan sarana PDAM bagi masyarakat di sekitar Rumah Sakit.
  5. Muhamaad (perwakilan masyarakat) mengharapkan adanya armada khusus untuk penanganan limbah domestik sampah yang dihasilkan dari Rumah Sakit untuk dikirim ke TPA.
  6. Etty dan Hamdani (perwakilan masyarakat) setuju dengan yang disampaikan kawan – kawan sebelumnya.
  7. Burhanuddin (perwakilan masyarakat) meminta adanya CSR dari Pemda Mempawah karena disekitar lokasi Rumah Sakit masih banyak rumah yang tidak layak huni.
  8. Usman (perwakilan masyarakat) meminta adanya pelibatan masyarakat di dalam dewan pengawas Rumah Sakit dr. Rubini Mempawah.
  9. Anwar (perwakilan masyarakat) meminta relokasi rumah yang berada di atas parit di sekitar lokasi Rumah Sakit karena dapat berdampak terhadap kualitas parit tersebut.
  10. Dinas Perhubungan Prov. Kalbar menyarankan ditambahkan Pita Pengaduh (marka kejut) untuk Jalan Daeng Manambon di depan Rumah Sakit dr. Rubini Mempawah.
  11. Bappeda Prov. Kalbar menyarankan untuk memperbaiki sisitem drainase di lokasi Rumah Sakit karena dapat menyebabkan genangan dan penambahan penyakit.
  12. Pangdam Tanjungpura menyarankan Rumah Sakit untuk mengikuti prosedur yang ada.
  13. BPKH Wilayah III Pontianak meminta untuk memperhatikan penyediaan air karena mempengaruhi tanah dan air sekitarnya.
  14. Dinas Tenaga Kerja Prov. Kalbar mengharapkan Rumah Sakit mengambil tenaga kerja non PNS dari masyarakat sekitar dan melaporkan kepada aplikasi karierhub dan bisa kerja.
  15. DPMPTSP Kab. Mempawah meminta Rumah Sakit untuk mengurus two perijinan, yaitu : izin operasional dan izin mendirikan Rumah Sakit.
  16. Bappeda Kab. Mempawah mengharapkan adanya Rumah Sakit ini meningkatkan nilai IPM Kab. Mempawah yang berada di peringkat ten skala provinsi kalbar memalui pengurangan kemiskinan.
  17. Dinas PerkimTan Kab. Mempawah meminta Rumah Sakit menambahkan sistem manajemen lingkungan.
  18. Rumah Sakit dr. Rubini Mempawah menyatakan siap untuk melaksanakan arahan dari RKL RPL Dokumen AMDAL dan meminta pembinaan dari instansi terkait.
  19. Dinas PUPR Kab. Mempawah menyarankan lebih mengedepankan penggunaan jalan Kabupaten dr. Rubini daripada jalan Nasional Daeng Manambon didalam keluar masuk kendaraan Rumah Sakit.
  20. Dinas Kesehatan Kab. Mempawah meminta perhatian pihak Rumah Sakit untuk memperhatikan sanitasi pekerja konstruksi dan operasional Rumah Sakit.
  21. Biro Hukum Prov. Kalbar mengharapkan tidak ada masalh nomenklatur dasar hukum Rumah Sakit dr. Rubini Mempawah.
  22. DPMPTSP Prov. Kalbar mengarahkan perizinan genset didalam OSS RBA bagi Rumah Sakit.
  23. Kabid PSBLB3 DLHK Prov. Kalbar meminta fasilitas incinerator dan fasilitas penyimpan limbah B3 medis sesuai dengan peraturan perundang – undangan.
  24. Pak Nurul (DLHK Prov. Kalbar) menyarankan Peta untuk diperkecil skalanya dari i : 100.000 menjadi 1 : 50.000.
  25. LSM berharap ruang kosong yang ada di lingkungan Rumah Sakit dapat dimanfaatkan untuk BUMDES.
  26. BPN menyatakan peta status tanah dan pola ruang belum dimasukkan.
  27. Pak Alfian menyatakan bahwa penjelasan masalah nonorer 2023 harus dioutsurcing dampaknya untuk dijelaskan.
  28. Dinkes Prov. Kalbar meminta penambahan alat ukur debit IPAL.
  29. Tim Ahli (Bu Titien) mengarahkan pengurangan timbulan Limbah B3 dan limbah cair dengan melakukan efisiensi penggunaan bahan.
  30. Tim Ahli (Pak Asnan) meminta kepada Rumah Sakit untuk memperhatikan administrasi Limbah B3 dan fasilitas penyimpanan Limbah B3 medis.
  31. Tima Ahli (Pak Ahmad Yani) mensuport BUMDES dilibatkan didalam kegiatan penunjang Rumah Sakit tetapi untuk RTH tidak bisa karena itu merupakan privat Rumah Sakit.
  32. Tim Ahli (Pak Gun Gun) menanyakan tentang sertifikasi tim andalalin Kab. Mempawah.
Read:  Undang2 Bangun Rumah Dengan Tetangga

            Rapat ini dilanjutkan dengan penjelasan dari pihak Pemrakarsa oleh Bapak Aswin, KadisHubLH Kab. Mempawah. Beliau menyampaikan poin – poin sebagai berikut : Beliau setuju bahwa Bumdes dimasukkan di dalam Dokumen untuk kegiatan penunjang Rumah Sakit sebagaimana arahan Bappeda, tetapi untuk kegiatan rumah makan skala berat berada diluar area Rumah Sakit. Masalah tanah sebagian Rumah Sakit yang masih menjadi milik Pemprov Kalbar sudah diajukan ke BPN. Permasalahan rumah singgah pernah diajukan tetapi keterbatan lahan mungkin kedepannya akan dicarikan lahannya. Masalah PDAM bahwa Pemprov Kalbar dan Pemkab Mempawah sudah ada dana sharing untuk pengembangan fasilitas PDAM. Permasalahan penambahan prsarana sampah akan diajukan ke Bappeda penganggarannya.

            Rapat Komisi ANDAL & RKL RPL Rumah Sakit dr. Rubini Mempawah ditutup pada pukul 15.00 oleh Kabid PPLH DLHK Prov. Kalbar. Ibu Kabid menegaskan perbaikan Dokumen KA ANDAL & RKL RPL Rumah Sakit dr. Rubini Mempawah harus ditindaklanjuti konsultan supaya segera keluar Persetujuan Lingkungannya. .Selesai.

Ka-andal Rumah Sakit Terbangun

Source: https://simpeduli.kalbarprov.go.id/home/berita/detail/rapat-tim-komisi-penilaian-formulir-andal-rkl-rpl-rumah-sakit-dr-rubini-kabupaten-mempawah.html

Check Also

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal Rencana Anggaran Biaya (RAB) Bangunan Tahun 2020 File Sofcopy Dalam …