Inovasi Dalam Membangun Rumah Sakit Di Desa

Inovasi Dalam Membangun Rumah Sakit Di Desa

Inovasi Dalam Membangun Rumah Sakit Di Desa

yamaha-nmax

opini 1 foto

Oleh: Diana Sondang Tiurma

Mahasiswi STIKIM Djakarta, 02180200053

PENERAPAN
sistem pemerintahan secara desentralisasi telah memungkinkan adanya inovasi-inovasi dalam sistem kesehatan sesuai dengan kondisi masing-masing daerah. Salah satu inovasi yang perlu dikembangkan untuk desentralisasi daerah adalah cara untuk mendapatkan fasilitas layanan yang mudah dijangkau baik dari segi jarak tempuh , segi biaya serta kenyamanan dalam mendapatkan fasilitas kesehatan.

Penumpukan pasien di Rumah sakit terlebih lagi di Rumah Sakit Umum Daerah sering kali kita temui khususnya di daerah Jakarta pasien rela antri dari pagi buta hanya untuk mengambil nomor antrian belum antri untuk diperiksa dokter, kadang tidak semua pasien bisa di layani pada hari itu juga. Belum soal jarak yang harus ditempuh oleh pasien dari rumah sampai ke Rumah sakit .  Hal ini adalah yang menjadi dasar pemerintah mencari cara agar masalah tersebut bisa diatasi dan masyarakat pun terbantukan dalam hal kesehatan.

Sesungguhnya dengan adanya puskesmas kelurahan dan kecamatan sudah sangat membantu agar dapat menjangkau masyarakat hingga tinggkat faskes pertama. Akan tetapi layanan yang disajikan oleh Puskesmas terbatas, tidak semua penyakit dapat ditangani oleh puskesmas yang pada akhirnya harus dirujuk Ke Rumah sakit yang dianggap bisa memberikan layanan yang dibutuhkan oleh pasien tersebut anggap saja RSUD besar (RSUD Tipe A,B,C atau khusus).

Biasanya jarak tempuh Puskesmas ke RSUD cukup jauh sehingga ini dianggap kurang efisien dan efektif terlebih lagi kalau soal kesehatan penanganannya harus cepat dan akurat. Lalu masalah lainnya adalah jumlah pasien  yang di rujuk atau pasien yang datang langsung ke RSUD jumlahnya pasti besar sedangkan petugas dan fasilitas kesehatan terbatas ini bisa mengakibatkan kualitas pelayanan yang tidak masimal.

Read:  Cat Tembok Warna Cement Bangunan Rumah

Tahun 2015 Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan mentransformasikan 15 puskesmas menjadi rumah sakit umum Kecamatan (RSU Kelas D), Pemprov DKI Djakarta juga segera membangun 29 rumah sakit dengan klasifikasi yang sama. Namun, proses pembangunan dilakukan secara bertahap dikarenakan  keterbatasan lahan. Rumah sakit umum Kecamatan (RSU Kelas D) ini terletak di setiap kecamatan-kecamat di Djakarta walaupun belum di semua kecamatan memiliki RSUD Tipe D seperti ini.

Berharap dengan dibangunya RSUD di setiap kecamatan ini dapat memberikan kemudahan untuk masyarakat khususnya dalam bidang kesehatan dengan jarak tempuh yang lebih dekat dan harga yang terjangkau tentunya karena tariff yang digunakan sudah diatur oleh pemerintah daerah yang fokusnya harga dapat dijangkau oleh masyarakat terutama menengah ke bawah. Dan yang lebih penting lagi penumpukan pasien di RSUD besar (Tipe A,B,C) diharapkan berkurang dikarenakan adanya RSUD ini karena Rumah sakit Umum kelas D ini adalah faskes rujukan pertama dari puskesmas ataupun dari klinik-klinik terdekat.

Beberapa fasilitas layanan yang ada di Rumah sakit umum Kecamatan (RSU Kelas D) antara lain pelayanan dasar, pelayanan spesialis anak, pelayanan spesialis kebidanan, bedah dan penyakit dalam. Ada juga pelayanan penunjang yang disiapkan, misalnya anastesi. Adapaun nama-nama RSU Kelas D yang Sudah Berhasil Dibangun hingga saat ini adalah sebagai berikut :

Pemerintah Provinsi DKI tetap terus akan mencoba agar di setiap kecamatan di DKI Dki jakarta memiliki RSU Kecamatan dan juga meningkatkan kualitas layanannya,ini tidak lain agar masyarakat mendapat pelayanan yang lebih mudah dijangkau dari segi biaya,jarak dan dari segi kenyamanan dapat juga masyarakat rasakan ,walaupun pembangunan RSU ini dilakukan secara bertahap dikarenakan keterbatasan lahan. Semoga Rumah sakit ini juga bisa menjadi contoh untuk daerah –daerah lainnya agar pemerataan pembangunan bisa terlaksana dan masyrakat Indonesia derajat kesehatannya semakin baik.
(*)

Read:  Arti Mimpi Membangun Rumah Baru

Inovasi Dalam Membangun Rumah Sakit Di Desa

Source: https://www.radardepok.com/2020/02/desentralisasi-inovasi-pemprov-dki-jakarta-dalam-bidang-kesehatan-membangun-rumah-sakit-di-setiap-kecamatan/

Check Also

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal Rencana Anggaran Biaya (RAB) Bangunan Tahun 2020 File Sofcopy Dalam …