Harga Membangun Rumah 2 Lantai Di Serpong

Harga Membangun Rumah 2 Lantai Di Serpong

Harga Membangun Rumah 2 Lantai Di Serpong
Ilustrasi Foto: shutterstock

Biaya bangun rumah 2 lantai.

Keterbatasan serta mahalnya harga tanah dijual di Indonesia membuat banyak calon penghuni membangun rumah mereka secara vertikal, bukan horizontal. Ya, pada ukuran lahan yang tidak terlalu besar ini Anda masih dapat membangun rumah yang luas.

Tidak hanya luas, membangun rumah 2 lantai atau lebih dengan dekorasi menarik akan membuat Anda semakin betah di rumah. Lalu bagaimana dengan biaya bangun rumah 2 lantai?

Tenang, biaya bangun rumah 2 lantai sederhana hingga mewah jauh lebih murah daripada Anda membangunnya ke samping. Dengan berbagai ukuran lahan dan rumah, Anda dapat membangun rumah impian!

Apa saja tips biaya bangun rumah two lantai? Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya:

Cek Juga: Proyek Andara Hamlet

Tips Membangun Rumah ii Lantai

Biaya Tukang Bangunan

Sebelum membangun rumah, pastikan Anda memiliki jasa tukang bangunan terlebih dahulu. Tukang bangunan dibagi dua, yakni harian dan borongan. Singkatnya, kalau harian dihitung perhari, sementara borongan dihitung per meter persegi.

Biaya yang dibanderol sebenarnya tergantung seberapa besar proyek yang dikerjakan. Untuk tukang bangunan harian, biasanya

range

harganya mulai dari Rp 100 ribu – Rp 200 ribu perhari, sementara kalau borongan, harganya mulai Rp 30 ribu sampai Rp 100 ribu per meter persegi.

Tipsnya, kalau Anda hanya membangun beberapa bagian saja, sebaiknya menggunakan tukang bangunan harian. Tetapi kalau membangun seluruh rumah, sebaiknya menggunakan borongan.

Cek Juga: Proyek Rajasanagara Cinunuk

Menghitung Bangun Rumah two Lantai Secara Kasar

Sebelum masuk ke dalam rincian lebih dalam, Anda dapat menghitung biaya bangun rumah 2 lantai secara kasar. Caranya adalah pertama Anda harus mengetahui rata-rata harga bangun rumah di sekitaran daerah Anda, kemudian harga tersebut dikali total keseluruhan ukuran bangunan rumah Anda.

Read:  Hitung Biaya Bangun Rumah Excel

Sebagai contoh, misal harga bangun rumah di daerah Anda adalah Rp vii juta untuk per meternya. Kemudian Anda ingin membangun rumah seluas 130 meter persegi. Bagiannya adalah lxx meter untuk lantai 1 dan 60 meter di lantai two.

Cek Juga: Rumah Dijual Di Kelapa Gading

Nah perhitungannya adalah seperti ini:

130 meter x seven juta:  Rp 910 juta

Kalau totalnya adalah Rp 910 juta, sebaiknya Anda menyiapkan uang sebesar Rp 950 juta hingga Rp 1 Miliar untuk pengeluaran tidak terduga.

Biaya Hunian 2 Lantai Secara Umum

Mungkin Anda berpikir, apakah dengan uang 100 juta an dapat membangun rumah 2 lantai? Ada dua cara bangun rumah 2 lantai, umum dan merinci. Untuk umum, biasanya Anda hanya memberikan sejumlah uang sesuai dengan ukuran lahan dan rumah yang sudah direncanakan. Kemudian mandor akan mengerjakan semuanya, sehingga Anda terima jadi saja.

Rincian biayanya berikut ini:

Ukuran Bangunan Rumah 2 Lantai

Biaya

36 meter persegi

Rp 165 juta – Rp 200 jutaan

45 meter persegi

Rp 235 juta – Rp 250 jutaan

100 meter persegi

Rp 370 juta – Rp 500 jutaan

200 – 300 meter persegi

Rp 500 juta – Rp 1 Miliar

Di atas 300 meter persegi

Di atas Rp 1 Miliar

Biaya Rumah 2 Lantai Merinci

Selanjutnya adalah membangunnya secara satuan. Singkatnya, bangun rumah dengan sistem ini adalah Anda sebagai calon penghuni menjadi mandor, atau bekerja sama dengan mandor tersebut. Anda harus mengetahui segala rincian mulai dari tanah kosong hingga rumah tersebut selesai dibangun. Untuk tipsnya, simak di bawah ini:

  1. Survey dan bandingkan harga material bangunan, cari dengan kualitas terbaik
  2. Cari tukang bangunan yang berpengalaman, periksa

    track record-

    nya
  3. Buat desain rumah impian. Anda dapat meminta bantuan arsitek untuk lebih merinci di setiap ruangan
  4. Hitung perkiraan bangun rumah 2 lantai tersebut. Apakah sebulan, dua bulan atau lainnya
  5. Buat

    timeline

    pengerjaan
  6. Hitung biaya keseluruhan
Read:  Biaya Membangun Rumah Minimalis Luas Lahan 72 M

Untuk sistem ini, Anda mungkin bisa mendapatkan harga lebih terjangkau karena segala pengeluaran jelas tertulis di satu tempat.

Jangan Satukan Harga Tanah dengan Bangun Rumah

Memang harganya tidak akan berbeda, tetapi Mengapa jangan digabungkan? Hal tersebut dikarenakan supaya Anda tidak merasakan beban tersendiri. Misalnya Anda membeli tanah dengan harga Rp 200 juta, kemudian biaya bangun rumah adalah Rp 450 juta.

Kalau Anda sudah memiliki

upkeep

keduanya, tidak masalah. Tetapi tetap sebaiknya dipisah menjadi dua catatan supaya beban pembayaran Anda tidak terlalu terasa.

Baca Juga:
Langkah Mudah Cara Cek BI Checking Via HP

Harga Membangun Rumah 2 Lantai Di Serpong

Source: https://www.lamudi.co.id/journal/biaya-bangun-rumah-2-lantai/

Check Also

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal Rencana Anggaran Biaya (RAB) Bangunan Tahun 2020 File Sofcopy Dalam …