Harga Bangun Rumah Kost Sederhana Perm2

Harga Bangun Rumah Kost Sederhana Perm2

Membangun kos-kosan untuk disewakan tentu memerlukan perhitungan matang. Terlebih, ada banyak orang masih belum mengetahui bagaimana cara menghitung biaya bangun kost sederhana tersebut. Padahal, hal ini sangat penting demi membangun hunian yang nyaman dan menarik banyak orang.

Daftar Baca Cepat :

  • Daftar Biaya Bangun Kost Sederhana
    • Berikut Perhitungan Total Biaya Membangun Kos Sederhana :
    • Rincian Jangka Waktu Balik Modal :
    • Keuntungan bersih yang diperoleh :
  • Perencanaan Bisnis Mengelola Bangunan Kos Sederhana
    • Biaya Lahan/Tanah
    • Tipe Kos-kosan
    • Urus Perizinan Bangunan
    • Tentukan Target Pasar
    • Sediakan Fasilitas Lengkap
    • Jasa Kebersihan Kosan
    • Beri Harga Sewa Bersaing


Daftar Biaya Bangun Kost Sederhana

Harga Bangun Rumah Kost Sederhana Perm2

Ada banyak biaya yang Anda perlukan saat ingin membangun kos-kosan. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menghitungnya dengan matang. Itulah mengapa sangat penting memperkirakan berapa total biaya agar usaha kos-kosan dapat berdiri. Di bawah ini beberapa biaya tersebut:

Berikut Perhitungan Full Biaya Membangun Kos Sederhana :

Luas tanah mereka sekitar 20 meter persegi dan harga per meter perseginya adalah Rp i juta. perhitungannya tersebut adalah:

Harga tanah x luas tanah total
1 juta Rpx20m2 = Rp20 juta.

Oleh karena itu, hitunglah luas rumah kost tersebut dengan mengeluarkan biaya pembangunan kost tersebut. Artinya, 2,5 juta rupiah/meter persegi.

per Kamar: 4m x 4m = 16m²
Biaya ten pintu: x pintu x 16m2 = 160 meter persegi.
Biaya untuk bangun rumah kos, terdapat dua metode atau cara yang bisa kamu lakukan. Yaitu :

Luas 1 kamar kos ten harga per meter persegi
sixteen m2 x Rp ii,5 juta = Rp xl juta
Atau bisa pula dengan :

Luas kamar kos 10 pintu x harga per meter persegi
160 meter persegi x Rp 2,5 juta = Rp 400 juta

Read:  Cara Membangun Rumah Dengan Rangka Baja

Rincian Jangka Waktu Balik Modal :

Bagi kamu yang ingin mengetahui seberapa besar keuntungan yang bisa diperoleh. Khususnya dengan modal yang sudah diperhitungkan di atas. Maka cara paling mudah ialah dengan :

Sewa satu bulan : Rp one juta
Total sewa 1 tahun : Biaya sewa x jumlah kamar ten jumlah bulan
Total sewa : Rp 1 juta ten 10 pintu x 12 bulan = Rp 120 juta
Sedangkan untuk pengeluaran :

Petugas kebersihan Rp 900 ribu x 12 bulan = Rp 10,viii juta
Listrik dan air : Rp 600 ribu x 12 bulan = Rp 7,two juta
Biaya Maintenance = Rp 4 juta
Total Pengeluaran = Rp 22 juta


Keuntungan bersih yang diperoleh :

Total sewa – total pengeluaran
Rp 120 juta – Rp 22 juta = Rp 98 juta
Sedangkan untuk biaya perhitungan (durasi) agar bisa balik modal. Maka perhitungan tersebut ialah :

Total biaya pembangunan : Biaya sewa 1 bulan
Rp 400 juta : Rp 1 juta = 400 bulan atau 33 tahun iii bulan
Dengan demikian, kamu akan memperoleh modal kembali selama 33 tahun 3 bulan. Kenaikannya tidak kurang dari Rp 270 juta.

Baca juga Hal yang Perlu Anda Perhatikan Saat Renovasi Bangunan


Perencanaan Bisnis Mengelola Bangunan Kos Sederhana


Biaya Lahan/Tanah

Biaya pertama yang perlu Anda siapkan untuk membangun kos-kosan adalah lokasi sekaligus harga lahannya. Tentu saja dua hal tersebut tidak dapat terpisahkan. Pasalnya, lokasi tersebut tentu dapat mempengaruhi berapakah harga tanahnya.

Apabila sudah menentukan harga tanah yang Anda beli, maka tentukan juga berapakah biaya membangun kos-kosan per meternya. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk merencanakan biaya atau tarif kos serta menghitung modal berapa lama dapat kembali.


Tipe Kos-kosan

Apabila Anda sudah berhasil menentukan tanah, maka langkah selanjutnya adalah dengan memilih tipe kos-kosan. Pastikan sudah memiliki rencana tentang seperti apa desain rumah kos tersebut agar nantinya dapat menarik perhatian banyak orang.

Read:  Kendala Teknis Pembangunan Rumah Sakit Pendidikan

Desain ini dapat berbentuk memanjang sehingga akan ada banyak kamar/kos. Tidak ada salahnya juga membangun kos-kosan dengan lantai dua. Akan tetapi, tentu saja biaya membangunnya jauh lebih banyak daripada lantai satu saja.


Urus Perizinan Bangunan

Sangat penting juga bagi Anda untuk mengurus perizinan bangunan kos-kosan. Hal tersebut agar nantinya proses pembangunan tidak akan melanggar aturan sehingga dapat memberikan masalah di hari kedepannya saat kos-kosan sudah jadi.

Selain itu, adanya perizinan bangunan tersebut juga akan menjadikan bangunan Anda jauh lebih terpercaya serta terjamin keamanannya. Manfaat lainnya adalah dapat menghindarkan pemilik dari isu aktivitas ilegal pasalnya hal ini sering terjadi pada bisnis kos-kosan.

Baca juga Cara Menghitung Biaya Bangun Rumah Kost 2 Lantai


Tentukan Target Pasar

Apabila semuanya sudah siap, maka pastikan untuk segera mencari pelanggan. Perhatikan juga strategi pemasarannya agar bagus. Apakah ingin membangun kos untuk para pelajar dan mahasiswa atau hanya untuk para pekerja kantoran saja.

Kemudian pikirkan bagaimana cara memasarkan usaha kos-kosan tersebut. Pastikan juga untuk memberikan harga ramah di awal bagi pelanggan. Akan tetapi, sangat penting juga untuk tetap memperhatikan keuntungan yang Anda peroleh.


Sediakan Fasilitas Lengkap

Biaya lain yang perlu Anda siapkan adalah dalam pengadaan fasilitas lengkap kos-kosan. Pasalnya, selain mempertimbangkan lokasi, para pencari kos tentu akan mengecek dan melihat dahulu seperti apa saja fasilitas di dalamnya. Itulah mengapa penting menyediakan fasilitas lengkap.

Kos sendiri memang termasuk sebagai tempat tinggal sementara. Dengan begitu, tentu saja perlu memberikan fasilitas terbaik bagi penghuninya agar semakin betah. Cara ini juga terbilang cukup efektif agar mendapatkan lebih banyak peminat untuk menghuni kos.


Jasa Kebersihan Kosan

Ada banyak orang kurang memperhatikan kebersihan kos-kosan. Padahal, sangat penting untuk menyewa jasa kebersihan kosan. Hal ini bisa Anda lakukan beberapa kali saja agar kosan tersebut selalu dalam keadaan bersih. Tentu akan membuat penghuninya semakin nyaman.

Read:  Jurnal Pengambilan Keputusan Kebijakan Jokowi Pembangunan 1 Juta Rumah

Terlebih, setiap orang tentu ingin tinggal di kosan yang rapi dan bersih agar lebih betah. Oleh sebab itu, pastikan juga untuk menyiapkan biaya khusus untuk jasa kebersihan kosan tersebut. Tambahkan pada rincian biaya kebersihan dan pemeliharaan kosan.


Beri Harga Sewa Bersaing

Ketika usaha kosan sudah berjalan, maka ada baiknya Anda memberi harga sewa bersaing kepada pelanggan. Sebelum menentukan harga sewa tersebut, maka cek dahulu ke lingkungan lainnya. Mulai dari fasilitas serta harga rata-ratanya.

Apabila fasilitasnya jauh lebih menarik dan unggul daripada pesaing, maka tidak ada salahnya mencoba mematok harga sewa bersaing dengan sedikit lebih tinggi dari lainnya. Akan tetapi, tetap perhatikan harga rata-rata di sekitar agar tidak terlampau jauh dari lainnya.

Itu tadi penjelasan lengkap tentang bagaimana cara menghitung biaya bangun kost sederhana. Tentu saja sangat penting bagi Anda untuk memahami dahulu bagaimana cara menghitungnya di atas. Agar nantinya lebih cepat untuk menyiapkan biaya sesuai kebutuhan. Tertarik dengan membangun rumah kost dengan harga dan jasa bangun rumah kosan yang profesional ? sudah saatnya menghubungi kontak yang ada

Harga Bangun Rumah Kost Sederhana Perm2

Source: https://bikinrumah.co.id/biaya-bangun-kost-sederhana/

Check Also

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal Rencana Anggaran Biaya (RAB) Bangunan Tahun 2020 File Sofcopy Dalam …