Fungsi Kapasitor Pompa Air Dan Ukurannya

Sarah Lea
Rahasia

Kapasitor yakni komponen elektronik yang dapat menyimpan muatan listrik. Komponen ini sanggup didapatkan pada pompa air dengan ukuran yang berbeda-beda. Hampir semua pompa air dilengkapi dengan kapasitor yang mempunyai kegunaan penting. Lalu apa fungsi kapasitor pompa air?

Umumnya, kapasitor yang dipakai pada pompa air berupa silinder dengan lebar diameter yang bervariasi, tetapi fisik komponen ini sanggup berubah jikalau terjadi kerusakan atau terbakar, menyerupai menjadi menggelembung, retak dan berminyak.
Sedangkan ukuran kapasitor pompa air telah diubahsuaikan dengan seberapa besar dinamo yang digunakan. Singkatnya, jikalau pompa air tersebut mempunyai dinamo berskala besar, maka ukuran kapasitor yang dipasang juga mesti besar, menyerupai 20uF atau 30uF.

Fungsi Kapasitor Pompa Air

kipas angin atau kulkas. Kapasitor berfungsi selaku start atau pendorong permulaan saat pompa air pertamakali dinyalakan, dinamo pompa air akan berputar dengan derma arus listrik yang telah tersimpan di kapasitor.
Jadi, jikalau kapasitor dilepas dan pompa air dinyalakan, maka cuma akan terdengar dengungan saja atau dalam artian pompa air tersebut tidak berputar. Jadi, jikalau pompa air dirumah Anda rusak tidak berputar dan cuma berdengung saja, kemungkinan besar kapasitornya bermasalah.

2. Kapasitor Pompa Air Sebagai Running

Selain itu, ada beberapa pompa air yang dilengkapi dengan 2 kapasitor, yang pertama yakni berfungsi selaku start (memiliki nilai lebih besar) sedangkan yang kedua yakni kapasitor running (memiliki nilai yang lebih kecil).
Pada umumnya, running kapasitor pada pompa air berfungsi untuk membedakan fase antara lilitan bantu dan lilitan utama dan juga berfungsi untuk menyeleksi arah putaran dinamo yang tergantung pada penempatan kapasitor tersebut.
Pemasangan kapasitor running juga dihentikan sembarang dan ukurannya pun mesti sesuai dengan nilai dinamo pompa air, jikalau terlalu besar akan membuat dinamo mendengung, cepat panas dan terbakar.

Berapa Ukuran Kapasitor Pompa Air?

Ada banyak ukuran kapasitor pompa air, mulai dari yang paling kecil hingga paling besar. Semakin mempunyai efek daya dorong pompa air maka akan kian besar ukuran kapasitor yang diperlukan.
Pada pompa air biasa menyerupai Shimizu, cuma dikehendaki kapasitor dengan ukuran mulai dari 6uF, 8uF dan 15uF. Sedangkan pada pompa air dengan daya dorong yang kuat, menyerupai Jet Pump biasanya dilengkapi dengan kapasitor berskala lebih besar, mulai dari 20uF hingga 30uF.
Jadi, kapasitor pompa air mempunyai ukuran yang berbeda-beda, yakni selaku berikut:
  • 6uF
  • 8uF
  • 15uF
  • 16uF
  • 20uF
  • 30uF

Berapa Harga Kapasitor Pompa Air?

Perlu Anda ketahui, harga kapasitor untuk pompa air juga beragam dan tergantung berapa besar ukurannya. Jadi, kian besar ukuran kapasitor maka akan kian tinggi pula harganya.
Anda sanggup berbelanja komponen ini di toko elektronik offline ataupun online, menyerupai Tokopedia, Bukalapak dan Lazada. Umumnya, kapasitor pompa air dijual dengan harga mulai dari Rp. 16.000 – Rp. 165.000.

Rahasia
Ukuran Kapasitor Harga Kapasitor Marketplace
6uF/450v Kisaran Rp 16.000 Tokopedia
8uF/450v (York) Kisaran Rp 29.000 Lazada
15uF/400v-450v Kisaran Rp 33.000 Tokopedia
20uF/450v (Shimizu) Kisaran Rp 77.300 Bukalapak
30uF/300v-450v (Shimizu)  Kisaran Rp 165.000 Tokopedia
Baca juga: Fungsi Tabung Pompa Air (Pressure Tank)
Nah, demikian postingan singkat yang sanggup kami bagikan perihal fungsi kapasitor pompa air dan ukurannya. Kesimpulannya, nyaris semua pompa air dilengkapi kapasitor dengan ukuran yang berbeda-beda, tergantung nilai dinamo pompa air tersebut. Semoga bermanfaat.
Rahasia
Next Post

Download Firmware Wiko Tommy 3

Download Firmware Wiko Tommy 3. If a problem occurs after downloading the firmware then you can re-download the firmware and return it to the previous state. We recommend using the instructions in this article so that the update is easy and smooth. Wiko Tommy 3 16GB + Google Home Mini […]
Download Firmware Wiko Tommy 3
/* */